P. 1
Perkembangan Fisik Peserta Didik

Perkembangan Fisik Peserta Didik

|Views: 41|Likes:
Published by Cahya Putri Prayogi

File PPT.

Pengertian pertumbuhan fisik.

Pertumbuhan yang normal.

Pengaruh pertumbuhan fisik terhadap tingkah laku.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik.

Perbedaan individual dalam pertumbuhan fisik.

Upaya membantu pertumbuhan fisik dan implikasinya bagi pendidikan.

Fase perkembangan fisik.

Anak awal,anak akhir,remaja.

File PPT.

Pengertian pertumbuhan fisik.

Pertumbuhan yang normal.

Pengaruh pertumbuhan fisik terhadap tingkah laku.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik.

Perbedaan individual dalam pertumbuhan fisik.

Upaya membantu pertumbuhan fisik dan implikasinya bagi pendidikan.

Fase perkembangan fisik.

Anak awal,anak akhir,remaja.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Cahya Putri Prayogi on Dec 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

PERSENTASI BY 2F

KELOMPOK ANAK AWAL :  Nova Aniki M. (10.411.221)  Zuyyina Aulia (10.411.242)  Cahya Putri P. (10.411.263) KELOMPOK ANAK AKHIR :  Reny indrarti (10.411.235)  Aprilia Riyanti (10.411.236)  Nugroho Trias (10.411.239) KELOMPOK REMAJA :  Nirmala Anas (10.411.246)  Yuli Sasmitaningsih (10.411.251)  Citra Hapsari (10.411.252)

Pertumbuhan adalah suatu perubahan fisiologis yang bersifat progresif dan kontinu berlangsung dalam periode tertentu. Perubahannya bersifat kuantitatif dan berkisar hanya aspek-aspek fisik individu.

Setelah dilahirkan, pertumbuhan fisik anak terjadi secara pesat pada tahun pertama, pada tahun kedua percepatan pertumbuhannya menurun. Setelah dua tahun anak tumbuh secara pelan-pelan tetapi konstan selama sepuluh tahunan. Ketika anak menuju ke puncak masa remaja, pertumbuhannya terjadi sangat pesat, setelah itu setelah menuju ke taraf dewasa jasmani kecepatan pertumbuhan semakin menurun. Setelah usia 21 tahun, badan semakin kekar progresif menutu ketuaan, dan akhirnya mati.

Pertumbuhan fisik akan membawa sampai pada suatu kondisi jasmaniah yang siap untuk melaksanakan tugas perkembangan secara lebih memadai. Pada gilirannya, terjadilah perubahan tingkah laku yang progresif dan semakin sempurna.

1.

a) b)
2.

Faktor Internal

a) b)

Faktor Eksternal

Sifat jasmaniah yang diwariskan dari kedua orang tua Kematangan Kesehatan Makanan Stimulasi lingkungan

c)

Perbedaan faktor keturunan, kondisi kesehatan, gizi makanan, dan stimulasi lingkungan menyebabkan perbedaan pertumbuhan fisik individu yang akan sangat bervariasi.

Percepatan pertumbuhan fisik dapat dibantu dengan usaha, yaitu : 1. Menjaga kesehatan badan 2. Memberi makanan yang baik Implikasi bagi pendidikan adalah perlunya memperhatikan faktor-faktor berikut : 1. Sarana dan prasarana 2. Waktu istirahat 3. Diadakannya jam-jam olahraga

ANAK AWAL
• 2 - 5/6 tahun

ANAK AKHIR
• 6/7 – 12/13 tahun

REMAJA
• 12/13 – 18 tahun

Usia 2 - 5/6 tahun

1. NUTRISI
Pertumbuhan fisik dan kesehatan bergantung pada nutrisi yang baik. Makanan yang diberikan hendaknya memenuhi gizi yang seimbang. Kecenderungan gemuk pada masa anak awal dipengaruhi oleh faktor keturunan, makanan dan olahraga.

2. PERKEMBANGAN MOTORIK

Kemampuan motorik kasar semakin sempurna karena otot semakin kuat dan paru-paru semakin membesar. Cth : berlari dan melompat Kemampuan motorik halus semakin sempurna karena semakin matangnya otak dan otot. Cth : menggambar, mengancingkan baju, dll.

3. POLA TIDUR
Pada malam hari anak akan tidur nyenyak namun mereka masih memerlukan tidur siang. Mimpi buruk di waktu malam dialami oleh 1 dari 4 anak usia 3-8 tahun. Biasanya mimpi akan menghilang pada usia 6 tahun.

4. NGOMPOL Anak yang ngompol menunjukkan ketidakmampuan untuk mengontrol organ yang berkaitan dan kemampuan motorik yang kurang.

Masalah : telambat berjalan Penyebab :  Kematangan otot  Nutrisi  Kurangnya kesempatan dari orang tua

Usia 6/7 – 12/13 tahun

1. PERTUMBUHAN FISIK
-

-

Anak usia 7 tahun tidak akan banyak berubah sampai usia 9 tahun (Tarner : 1973) Anak pada usia 10 tahun, berat badannya bertambah ± 3.5 kg dan bertambah tinggi.

2. NUTRISI DAN PERTUMBUHAN

Anak mempunyai nafsu makan yang kegiatannya menuntut energi yang besar. Berat badan biasanya meningkat 2 kali.

baik,

karena

Penelitian yang dilakukan Guetemala menemukan bahwa : - Pemberian nutrisi ketika usia 0-2 tahun dapat menjadi predictor untuk tingkah laku sosial di usia sekolah. Kekurangan protein pada masa bayi dapat menyebabkan anak cenderung pasif dan bergantung pada orang dewasa.

Masalah : anak usia SD sering

sakit-sakitan Penyebab :  Pola makan yang tidak teratur dan jajan sembarangan.  Terlalu banyak aktifitas (main).  Kurang istirahat siang.  Kurang menjaga kesehatan badan.

Usia 12/13 – 18 tahun

Menurut Hurlock (1998) perubahan tubuh selama masa remaja maliputi : a. Perubahan Tubuh b. Citra Tubuh

A. PERUBAHAN TUBUH
1.

Tinggi dan Berat Badan  rata-rata anak perempuan mencapai tinggi yang matang antara usia 17-18 tahun.  Rata-rata anak laki-laki mencapai tinggi yang matang antara usia 18-19 tahun.  Perubahan berat badan mengalami peningkatan namun lebih mudah dikendalikan.

lanjutan PERUBAHAN TUBUH
2.

3.

Proporsi Tubuh Bagian-bagian tubuh yang sebelumnya terlalu kecil, pada masa remaja menjadi terlalu besar. Organ Seks Organ seks mencapai kematangan pada akhir remaja. Kematangan seksual merupakan serangkaian dari perubahan-perubahan yang terjadi pada masa remaja yang ditandai dengan perubahan pada ciri-ciri seks primer dan ciri-ciri seks sekunder.


Masalah : Obesitas

Penyebab :  Aktivitas fisik yang sangat minim.  Kebiasaan makan yang buruk.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->