P. 1
Pengertian Vitamin

Pengertian Vitamin

5.0

|Views: 9,749|Likes:
Published by Muhammad Ikhsan
VItamin ADALAH TITIk-TITIk..!!!


BACA ndiri
VItamin ADALAH TITIk-TITIk..!!!


BACA ndiri

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Muhammad Ikhsan on Feb 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2013

PENGERTIAN VITAMIN

Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita. Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air : - Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C - Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A, D, E, dan K atau disingkat Vitamin ADEK. Menurut Dr. Michael B. Sporn, M.D.Vitamin adalah mikronutrien organik yang bekerja dalam tubuh bersama-sama dengan enzim untuk mengatur proses-proses metabolik dan mengubah protein dan karbohidrat menjadi jaringan dan energi Pengertian Menurut Wikipedia Vitamin ialah bahan organik yang sangat diperlukan oleh badan dengan jumlah kecil. Ia berperanan dalam pertumbuhan normal, pengawalan kesihatan, dan pencegahan penyakit. Vitamin biasanya disebut sebagai mikronutrien. Ia membantu pertumbuhan proses protein, karbohidrat, dan lemak dalam badan anda.
Vitamin adalah zat organik penting yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk berbagai reaksi metabolisme dan mempertahankan kesehatan tubuh. Vitamin terutama disuplai dari makanan. Sumber vitamin yang paling baik adalah makanan sehingga orang sehat yang makanannya bermutu baik mesti sudah mendapat jumlah vitamin yang cukup. Manusia tidak dapat mensintesa vitamin dalam tubuhnya kecuali vitamin D pada kulit, nicotinamide dan tryptophan. (http://apotekputer.com)

MANFAAT VITAMIN
Menurut Barbara Paulsen pakar kesehatan dari Amerika, konsumsi vitamin boleh dilakukan kapan saja begitu kita ingat. Sebab, hanya sedikit perbedaan manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi vitamin secara teratur. Bagi mereka yang ingin mengonsumsi vitamin secara teratur, Barbara Paulsen menyebut sejumlah tips yang bisa dilakukan agar manfaat vitamin lebih optimal. Katanya, konsumsilah vitamin bersama makanan untuk membantu proses penyerapan oleh tubuh. Karena ada sebagian vitamin dan mineral, seperti misalnya, pil zat besi yang berdampak keras bila dikonsumsi dalam perut keadaan kosong.

1. Vitamin A
Vitamin A adalah vitamin yang dapat dipecahkan lemak dengan empat fungsi utama pada tubuh:
- sumber vitamin A = susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain) - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A = rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain. Manfaat Vitamin A Menurut Prof.

DR. Ir. Made Astawan, MS Dosen di Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi IPB Vitamin A bukan hanya berguna untuk mencegah kebutaan, tapi sanggup memicu pertumbuhan balita dan sebagai menangkal radikal bebas. Vitamin A juga penting untuk pemeliharaan rambut dan kulit serta berguna membantu hormon yang berperan dalam proses reproduksi. Ibu hamil yang mengonsumsi vitamin A setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat sumbing langit-langit mulut (cleft palate). Demikian hasil penelitian yang dilakukan Anne Marte W Johansen dari Universitas Oslo.

2. Vitamin B1
- sumber yang mengandung vitamin B1 = gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur, dan sebagainya - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1 = kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, daya tahan tubuh berkurang.

Manfaat : - Sebagai bagian dari enzim - Membantu fungsi sel syaraf. - Diperlukan untuk produksi energi di dalam ota 3. Vitamin B2 - sumber yang mengandung vitamin B2 = sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, susu, dan banyak lagi lainnya. - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B2 = turunnya daya tahan tubuh, kilit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sebagainya.

Manfaat : - Diperlukan untuk metabolisme energi dan membangun jaringan. 4. Vitamin B3 - sumber yang mengandung vitamin B3 = buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B3 = terganggunya sistem pencernaan, otot mudah keram dan kejang, insomnia, bedan lemas, mudah muntah dan mual-mual, dan lain-lain manfaat : - Diperlukan untuk metabolisme energi, pencernaan dan sistem syaraf yang sehat 5. Vitamin B5 - sumber yang mengandung vitamin B5 = daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain. - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5 = otot mudah menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik, dan lain-lain 6. Vitamin B6 - sumber yang mengandung vitamin B6 = kacang-kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging, dan lain-lain. - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B6 = pelagra alias kulit pecah-pecah, keram pada otot, insomnia atau sulit tidur, dan banyak lagi lainnya. 7. Vitamin B12 - sumber yang mengandung vitamin B12 = telur, hati, daging, dan lainnya - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B12 = kurang darah atau anemia, gampang capek/lelah/lesu/lemes/lemas, penyakit pada kulit, dan sebagainya 8. Vitamin C "Asam askorbat yang populer dengan nama vitamin C memperbaiki ketersediaan zat besi nonheme dua hingga tiga kali lipat. Vitamin ini berperan dalam menghasilkan enzim yang terkait dengan perubahan zat besi nonheme menjadi bentuk yang lebih mudah diserap, yaitu zat besi ferrous," ujar Georgianna Donadio, Ph.D, Direktur Program untuk National Institute of Whole Health di Massachusetts. - sumber yang mengandung vitamin C = jambu klutuk atau jambu batu, jeruk, tomat, nanas, sayur segar, dan lain sebagainya - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin C = mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri pada persendian, dan lain-lain

9. Vitamin D Steven Pratt, MD, penulis buku SuperFoods HealthStyle: Proven Strategies for Lifelong Health, menyebutkan bahwa vitamin D merupakan pengatur utama dari penyerapan kalsium. Ini artinya, tanpa ketersediaan vitamin D, tulang tidak akan memperoleh manfaat maksimal dari makanan kaya kalsium. Menurut Susan E. Brown, Ph.D, Direktur Osteoporosis Education Project, tanpa vitamin D yang cukup, tubuh menyerap 65 persen kalsium Iebih sedikit. Coba kombinasi salmon dan yogurt. Carol Fenster, Ph.D, penulis Gluten Free Quick and Easy, merekomendasi kombinasi yoghurt kaya kalsium dengan salmon yang merupakan sumber vitamin D, untuk membantu pembentukan tulang. - sumber yang mengandung vitamin D = minyak ikan, susu, telur, keju, dan lain-lain - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D = gigi akan lebih mudah rusak, otok bisa mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentuk huruf O atau X. 10. Vitamin E Menurut ahli bahasa Jerman dan Wolf Luczak Vitamin E adalah perangkat untuk youngness berotot dan darah. Jika hal ini benar, maka berakhir sel modul apace diganti oleh sel baru lahir. Sel mati adalah dipersalahkan untuk penyakit apa saja, termasuk kanker, AIDS, HIV, kanker dan sebagainya. Bahkan, T-sel yang memburuk adalah dipersalahkan untuk AIDS, telah jenis kanker, herpes simplex, dan seterusnya.
"Vitamin E yang merupakan antioksidan inilah yang sangat berperan dalam mencegah terjadinya proses oksidasi dalam tubuh. Dengan begitu vitamin E dapat menghambat risiko terjadinya PJK," terang Prof. DR. Ir. Ali Khomsan, dari Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Faperta, IPB.

Vitamin E juga dapat membantu mencegah terjadinya gumpalan darah beku (koagulasi) yang dapat menimbulkan serangan jantung. Dibenarkan oleh Dr. H. Djoko Maryono, Sp.PD., Sp.JP, bahwa vitamin E memang berguna untuk mencegah timbulnya plak atau bisul pada jaringan pembuluh darah jantung - sumber yang mengandung vitamin E = ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan, havermut, dsb - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin E = bisa mandul baik pria maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dll

11. Vitamin K - sumber yang mengandung vitamin K = susu, kuning telur, sayuran segar, dkk - Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin K = darah sulit membeku bila terluka/berdarah/luka/pendarahan, pendarahan di dalam tubuh, dan sebagainya. Dr. Joseph Mercola dan Rachael Droege : vi-tamin K baik itu terhadap kesehatan darah dan arteri maupun kontribusinya memperkuat sistem imunisasi adalah sama penting. Dalam tubuh, menurut dr. Deby, vitamin K jenis K2 diproduksi bakteri dalam usus besar secara alami. Vitamin K yang dihasilkan bakteri "baik" tersebut nantinya diedarkan pembuluh darah ke seluruh sistem tubuh yang membutuhkan. Bukan hanya berfungsi menghentikan pendarahan melalui mekanisme pembekuan darah, vitamin K ternyata juga mampu mencegah penuaan dini. Dalam tubuh, vitamin K juga berperan membantu pembentukan protein dalam tulang dan ginjal, sehingga memengaruhi jumlah kalsium yang diserap tubuh. Pada ginjal, vitamin K berperan dalam proses pembentukan protein yang memiliki peran vital dalam menjaga fungsi ginjal serta mencegah terbentuknya batu ginjal.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->