P. 1
Fungsi Gigi

Fungsi Gigi

|Views: 114|Likes:
Published by Nurtiara Oktaviana

More info:

Published by: Nurtiara Oktaviana on Dec 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2013

pdf

text

original

*http://rumahkusorgaku.multiply.com/journal/item/50* Fungsi gigi susu 1.

Untuk mengunyah guna membantu memudahkan pencernaan dan penyerapan zat gizi makanan. Hal ini sangat penting mengingat masa anak-anak adalah masa aktif pertumbuhan dan perkembangan. 2. Aktifitas mengunyah akan merangsang pertumbuhan tulang rahang. Para orangtua hendaklah 'memberi contoh' dan mengajar anaknya cara mengunyah makanan yang benar yaitu dilakukan pada kedua sisi rahang (kanan dan kiri) untuk merangsang agar pertumbuhan tulang seimbang. Bila anak berkebiasaan mengunyah hanya dengan satu sisi rahang saja, sisi yang jarang terpakai tampak lebih kotor dibanding sisi yang sering dipakai mengunyah. 3. Mempertahankan ruangan dalam lengkung gigi sebagai persiapan pertumbuhan gigi permanen sekaligus menentukan arah pertumbuhan gigi pengganti. Sebagai contoh gigi geraham susu mempunyai dua akar; di antara dua akar gigi tersebut terletak benih gigi penggantinya. Arah pertumbuhan gigi pengganti akan sejalan dengan arah atau jalan tanggalnya gigi susu. Apabila gigi susu karena suatu sebab terpaksa dicabut sebelum waktunya, maka gigi yang terletak di depan ataupun di belakangnya akan bergeser ke tempat bekas gigi yang dicabut. Ini mengakibatkan kekurangan ruang untuk gigi permanennya kelak. Gigi pengganti akan kehilangan penuntun arah. Dampaknya, gigi penggantinya tumbuh berjejal dan salah arah. 4. Berperan dalam pengucapan huruf-huruf tertentu. Kehilangan atau kerusakan parah pada gigi seri dapat menimbulkan kesulitan pengucapan huruf-huruf seperti; F, V, S, Z, Th. Namun dapat dikoreksi setelah gigi penggantinya muncul. 5. Estetika. Bila gigi susu terawat baik punya andil menjaga estetika; penampilan anak lebih lucu, lebih menarik, dan lebih sehat kalau mereka tersenyum dengan geligi yang utuh dan bersih.

Diperkirakan dengan adanya mutasi berbagai bakteri yang ada di air ludah maka penyakit periodontal akan semakin muncul. karena takut akan sakit gigi lagi dan gigi yang berlubang cukup diisi dengan kertas timah. luka pada gusi. Penyakit lainnya adalah penyakit jaringan periodontal yang mempunyai frekuensi masih cukup tinggi di Indonesia. luka pada sudut bibir. Prof Dr drg Munakhir Mudjosemedi SU SpRKG. tumor pada tulang rahang masih kurang mendapatkan perhatian. Dikatakan oleh Prof Munakhir.pdgi-online. Bila cairan berlebih juga akan banyak berpengaruh pada rasa kepercayaan diri karena terganggunya aktivitas seseorang. Dahulu masyarakat pedesaan dalam merawat kesehatan gigi dan mulutnya sangat sederhana yakni hanya dengan berkumur dan menggosok gigi dengan abu sekam. penyakit pada jaringan lunak dan keras seperti stomatitis.'' ujar Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UGM Yogyakarta. Masyarakat pedesaan bila mempunyai gigi berlubang umumnya minta dicabut saja. Fenomena itu disebabkan perubahan paradigma bahwa gigi mempunyai peran ganda dari fungsi utamanya. Implikasinya antara lain terganggunya keseimbangan flora mulut. sebab adanya tonjol gigi maka makanan mudah dilembutkan. Beberapa laporan menyebutkan bahwa insidensi bibir sumbing di Indonesia seperti di NTT dan Kalimantan cukup besar. ketika menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai guru besar pada Fakultas Kedokteran Gigi UGM. batu bata merah yang dihaluskan dan di berbagai tempat dengan cara menginang dapat juga membantu membersihkan mulut. Menurut Prof Munakhir. gambir bahkan diisi dengan bubuk ragi. berbagai penyakit pada wilayah ini dapat disebutkan seperti berkurangnya cairan mulut akibat terganggunya kelenjar ludah. Archer (1966) melaporkan bahwa satu dari 1. fungsi gigi dan mulut sangatlah sederhana yaitu hanya untuk pengunyahan. Karena itu teori tentang munculnya tonjol gigi manusia dari Osborn (1967) mendukung bahwa gigi mempunyai tugas pokok sebagai alat pengunyah. lidah yang seperti terbakar. bibir sumbing dan pada langit-langit bercelah.*http://www.200 kelahiran terdapat kasus bibir sumbing. Tetapi kebiasaan menginang yang umumnya dilakukan oleh wanita kini mulai ditinggalkan. ''Sejauh ini fungsi gigi dan mulut membantu untuk bertutur masih dalam penelitian yang mendalam. tetapi belakangan lebih menonjol sebagai fungsi estetis dari pada . sulit menelan makanan. serta kurang lancarnya dalam olah berbicara.com/v2/index. Dan juga merawat gigi yang tumbuhnya tidak teratur bari beberapa tahun belakangan ini mulai populer. sedangkan laporan terbaru jauh lebih tinggi lagi yakni satu dari 600 kelahiran. yang berakibat berkurangnya suatu elemen dalam air ludah.php?option=com_content&task=view&id=455&Itemid=1* Masa Lalu Fungsi Gigi dan Mulut Hanya Pengunyahan Menengok pada masa lalu. halitosis.

3. Gigi ini berfungsi untuk memotong makanan yang keras. Gigi geraham berfungsi untuk menghancurkan makanan. Tulang alveolar. kita mengenalnya sebagai gusi. Gigi seri (gigi insisivus) berbentuk seperti pahat terletak di bagian depan lengkung rahang berjumlah 4 buah pada setiap rahang. Rongga yang terletak pada mahkota gigi dikenal dengan kamar pulpa. dan rongga yang terdapat sepanjang akar gigi disebut saluran akar. dikenal sebagai akar gigi. terletak disetiap sudut bibir. yang pada ujungnya terdapat lubang disebut foramen apikal.com/2009/08/mengenal-gigi-kita.blogspot. yaitu jaringan lunak yang menutupi tulang alveolar dan bagian leher gigi. Di sebelah dalamnya terdapat dentin. Gigi kita terdiri atas lapisan-lapisan. . pembuluh darah dan pembuluh limfe. Fungsi gigi sebagai alat pengunyah akan berjalan dengan baik jika jaringan pendukung I sekitarnya juga sehat. keras tetapi tidak sekeras dentin. tidak pada gigi susu. yaitu meliputi: 1.( bambang ujianto/Cn07 ) Sumber : suaramerdeka. berjumlah 4 buah pada setiap rahangnya. berjumlah 2 buah pada setiap rahangnya. Gigi geraham (gigi molar). 2. ada bagian dari gigi kita yang tak terlihat karena tertanam dalam tulang alveolar yang menempel pada rahang. yaitu selaput yang mengikat gigi dengan tulang alveolar 3. berbentuk seperti mata tombak di bagian luar. Gigi dan tulang rahang kita dilapisi oleh jaringan lunak yang terbentuk sesuai dengan lekuk gigi. Gusi. pada keadaan sehat berwarna merah muda. Bagian terluar yaitu email merupakan lapisan yang paling keras. Di bagian paling dalam terdapat rongga yang berisi saraf. Gigi ini berfungsi untuk memotong makanan. Fenomena itu perlu mendapat perhatian para dokter gigi. Gigi geraham kecil (gigi premolar). sedangkan perbatasan antara mahkota dan akar gigi disebut leher gigi. Gigi geraham kecil hanya dijumpai pada masa gigi permanen. terletak di bagian belakang dari lengkung rahang. yang berfungsi melindungi gigi. lapisan keras yang melapisi akar gigi 4. namun memiliki dataranseperti gigi geraham. Gigi geraham kecil tumbuh menggantikan gigi geraham susu anak-anak.com *http://rahasiagigisehat. 4. Sementum. Selaput periodontal. Fungsi gigi ini merupakan kombinasi dari gigi taring untuk memotong makanan yang keras dan juga menghancurkan makanan seperti pada gigi geraham. Ada beberapa bentuk gigi sesuai dengan fungsinya 1. terletak di belakang gigi taring. tempat akar gigi tertanam 2. Pada anak anak-anak berjumlah berjumlah 4 buah gigi geraham pada setiap rahang.html* MENGENAL GIGI KITA Gigi yang kelihatan rapi di dalam rongga mulut kita dikenal sebagai mahkota gigi. Gigi taring (gigi caninus) berbentuk seperti mata tombak. sebab implikasi dari perubahan tersebut akan menyebabkan esensi fungsi gigi untuk membantu proses penghalusan makanan akan semakin berkurang. gigi ini berbentuk petak dan memiliki dataran kunyah.pengunyahan.

Pada setiap sisi rahang terdiri atas 2 gigi seri. 16 buah pada masing-masing rahang. 1 gigi taring. Pada setiap sisi rahang terdapat 2 gigi seri. terdiri 10 buah pada rahang atas dan 10 buah pada rahang bawah. Formulasi gigi susu m(2) c(1) i(2) | i(2) c(1) m(2) gigi susu berjumlah 20 buah. Formulasi gigi permanen M(3) P(2) C(1) I(2) | I(2) C(1) P(2) M(3) Gigi permanen berjumlah 32 buah. 2 gigi geraham kecil dan 3 gigi geraham . Gigi geraham permanen tidak menggantikan gigi geraham susu.sendagkan ada gigi permanen berjumlah 6 pada setiap rahang. 1 gigi taring dan2 gigi geraham.

*http://www. pdf* .sikatgigipagimalam.com/Upload/whybrushdayandnight/fordentists/teacher_sheet_01.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->