P. 1
jurnal

jurnal

|Views: 103|Likes:
Published by Jijin Kuwi Kuprit

More info:

Published by: Jijin Kuwi Kuprit on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2013

pdf

text

original

Kritisi Jurnal 1.

Kelebihan dan Kekurangan Kekurangan :  Publikasi analisa statistikanya kurang menarik  Sulit dipahami untuk orang awam  Tahun di refrensi ada yang lebih dari 10 tahun yg ke belakang  Tidak menyebutkan kekurangan dari penelitiannya sendiri Kelebihan :  Jurnal ini masih termasuk jurnal terbaru, cocok untuk refrensi.  Abstark dijelaskan dengan rinci mulai dari latar belakang, tujuan, desain, sampel, intervensi, dan kesimpulan.  Dari segi penulisan nama peneliti lengkap beserta departemen yg menaunginya, nama jurnal, dan tahun terbitnya.  Dari segi isinya, juga lengkap dari abstrak sampai pembahasan  Penulisan daftar pustaka sesuai dengan aturan  Hasil penelitian sesuai dengan hipotesis atau teori yang ada.  Jelas tentang kerangka teori atau alur pengumpulan data dari penelitian.

2. Dari Isi Dari hasil penelitian Yohanita (2010) terdapat pengaruh stretching terhadap penurunan nyeri sendi ekstremitas bawah pada lansia. Karena proses penuaan fungsi muskulo jadi terganggu dan dapat diatasi salah satunya dengan stretching. Dengan uji statistik Wilcoxon Match Pair Test dengan tingkat kemaknaan p = 0,00.

Sependapat dengan penelitian diatas, Afifka Dyah (2012) melakukan penelitian dengan hasil uji statistik Wilcoxon diperoleh nilai p-value 0,001 yang berarti sig<α=(0,05). Nilai signifikansi 0,001 < 0,05 artinya hipotesa diterima. Kesimpulannya pemberian terapi senam lansia efektif mengatasi nyeri lutut pada lansia. Dengan sering bergerak maka dengan begitu akan mengurangi kekakuan otot dan mengurangi nyeri.

3. Aplikasi dalam Keperawatan

Pemberian Intervensi Senam Lansia Pada Lansia Dengan Nyeri Lutut. http://ejournal-s1. fisioterapi.id/index. http://puslit2. perawat memberikan pendidikan kesehatan ke masyarakat utamanya lansia tentang pentingnya nutrisi dan olahraga yang ringan untuk kesehatan tubuh Sebagai advokat.ac. perawat memberikan konseling bagi lansia yang mengalami artritis reumatoid.dkk. Daftar Pustaka Afifka D. Pengaruh Latihan Gerak Kaki (Stretching) terhadap Penurunan Nyeri Sendi Ekstremitas Bawah pada Lansia di Posyandu Lansia Sejahtera GBI Setia Bakti Wiyata.gout dan osteoartritis. perawat memberikan intervensi keperawatan lansia yang mengalami masalah kesehatan muskuloskeletal.id/ejournal. Peran perawat dalam kasus ini adalah sebagai pendidik. konselor.undip.petra.org . Sebagai konselor.2010. advokat.dkk.ac. perawat bertanggung jawab menginterpretasikan informasi dari dokter. Sebagai care giver. atau ahli gizi untuk melakukan jenis olahraga yang tepat untuk lansia. Sebagai pendidik. 2012. dan care giver.php/jnursing. Yohanita.

JURNAL PENELITIAN PENGARUH LATIHAN GERAK KAKI (STRETCHING) TERHADAP PENURUNAN NYERI SENDI EKSTREMITAS BAWAH PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA SEJAHTERA GBI SETIA BAKTI KEDIRI Disusun Oleh : VIRGINIA SEPTIN A. 10210026 S-1 KEPERAWATAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT INSTITUT ILMU KESEHATAN BHAKTI WIYATA KEDIRI 2012/2013 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->