P. 1
GLOSARIUM SOSIOLOGI

GLOSARIUM SOSIOLOGI

|Views: 479|Likes:
Published by Aura Net

More info:

Published by: Aura Net on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2014

pdf

text

original

GLOSARIUM

“SOSIOLOGI”
Disusun dalam rangka menunaikan tugas mata pelajaran Sosiologi

Disusun Oleh : Kelas : X-5      Aprian Dwi K Faisal Dwi N M.Herlik Manhatan R.Gugum gumelang Tintus Imam M

SMA NEGERI 2 PANDEGLANG 2010/2011
1|Hal

dan sadistis Upaya penyelesaian perkara melalui pengadilan Pengetahuan yg diperoleh semata-mata melalui penalaran pribadi Suatu proses penyesuaian social dalam interaksi antara individu dan antar kelompok untuk meredakan pertentangan Suatu aksi yg menempatkan kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok tertentu diatas kepentingan umum Suatu pelanggaran terhadap norma-norma dan nilai-nilai sosial yg disengaja oleh individu atau sekelompok orang Kontak kebudayaan.GLOSARIUM SOSIOLOGI No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 Kata Abstrak Abstraksi Acceptance Achieved status Adaptasi Adat istiadat Afektif Agama Agent of acculturation Agent of change Agresi Ajudikasi Akal sehat Akomodasi Aksi Antisosial Aksi Konformitas Akulturasi Ambiguitas Analisis deskriptif Angket Anti sosial Antropologi Apartheid Arti Tidak berbentuk nyata. peleburan dua unsur kebudayaan yg berbeda tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan masingmasing Kemungkinan yg mempunyai dua kemungkinan. prinsip kepercayaan kepada Tuhan dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban yg bertalian dengan kepercayaan itu Orang-orang yg menjadi unsur pembawa kebudayaan asing Pihak yg merencanakan terjadinya suatu perubahan Reaksi primitif dalam bentuk kemarahan hebat dan ledakan sampai tanpa kendali. kekerasan. tidak berwujud Metode untuk menemukan pengertian melalui penyaringan terhadap gejala atau peristiwa sehingga menunjukkan sebab akibat atau pengertian umum Asimilasi yg berhasil dari pola tingkah laku dan nilai dari suatu kebudayaan baru oleh orang-orang atau kelompok Kedudukan yg diperoleh dengan berusaha atau berjuang dengan kerja keras Penyesuaian terhadap situasi dan kondisi tertentu Tata kelakuan yg berupa aturan-aturan yang mempunyai sanksi lebih keras Menunjukkan perasaan yg berhubungan dengan suatu idea tau tindakan Sistem. ketidaktentuan atau ketidakjelasan Analisis statistik yg bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data penelitian berdasarkan kategori tertentu Instrument penelitian berupa daftar pertanyaan yg harus dijawab oleh subjek penelitian Sikap yg bertentangan dengan nilai dan norma sosial dalam masyarakat Ilmu pengetahuan yg mempelajari tentang keanekaragaman manusia beserta dengan kebudayaannya Sistem pembedaan warna kulit 2|Hal .

dan tingkah laku formal serta jasa yg diharapkan dari fungsi dan jabatan tersebut Kedudukan atau derajat seseorang di dalam suatu kelompok yg daoat dibedakan dengan derajat atau status individu lainnya Kedudukan yg diperoleh dari pemberian Alternatif jawaban dari suatu masalah Pendengar Kecenderungan menutup diri secara total terhadap dunia luar.24 25 26 27 28 system Apatis Apresiasi Arbitrase Arbitrasi Artikel ilmiah 29 30 Ascribed status Asimilasi 31 32 Askripsi Aspek dinamis 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 Aspek statis Assigned status Asumsi Audience Autisme Avunkulokal Bargaining Basic institution Bilateral Bilokal Budaya nasional Cemooh Acuh tak acuh. dan palsu Pasangan pengantin baru yg bertempat tinggal di rumah saudara laki-laki ibu dari pihak suami Kerjasama social berdasarkan suatu perjanjian atau kontrak Lembaga sosial yg bertujuan untuk memelihara dan mempertahankan tertib sosial Sistem penarikan garis keturunan melalui keluarga ayah dan ibu Pengantin baru yg menetap secara bergantian antara tempat kerabat istri dan kerabat suami Sistem gagasan yg menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia dalam bersikap dan berperilaku Ejekan atau hinaan yg dilakukan seseorang kepada orang lain 3|Hal . sikap. masa bodoh Harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yg akan datang Salah satu pengendalian konflik yg dilakukan jika perselisihan atau konflik sulit diatasi dengan kompromi Penyelesaian pertentangan atau konflik oleh pihak ketiga yg dipilih berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak yg bertikai Laporan yg berisi intisari dari laporan lengkap. dan prosesproses mental dengan memperhatikan kepentingankepentingan dan tujuan-tujuan bersama Cara memperoleh keturunan melalui kedudukan Kedudukan seseorang dalam kelompok yg berhubungan erat dengan peranan sosial tertentu dalam pengertian jabatan. jahat. Penulisannya harus dilakukan lebih padat dan disesuaikan dengan jumlah halamn yg disediakan dalam jurnal-jurnal ilmiah Kedudukan yg didapat dengan sendirinya atau secara otomatis Suatu proses sosial dalam taraf kelanjutan. dunia sekitar dianggap kotor. tidak peduli. fungsi. yg ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaanperbedaan yg terdapat antara orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia dan juga meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindak.

perbuatan lari dan memihak kepada musuh Proses pencabutan identitas dirinya yg lama 4|Hal 54 Cultural shock 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 Dampak Dampak perubahan sosial Data Data empiris Data Etnografi Data kualitatif Data kuantitatif Data primer Data sekunder Data sosial Demografi 66 67 68 69 Demoralisasi Desentralisasi Desersi Desosialisasi . tetapi beberapa unsur berkaitan erat dengan unsur-unsur yg berubah dengan sangat lambat Guncangan budaya. ilmu yg memberikan uraian atau gambaran statistik yg mengenai suku bangsa yg dilihat dari sudut politik Penurunan kualitas moral dengan pergaulan hidup. dan perkembangan penduduk. kondisi jiwa yg tertekan akibat ketidakmampuan seseorang atatu kelompok sosial dalam menyesuaikan nilai-nilai atatu unsur-unsur budaya baru yg masuk dan berkembang pesat dan gencar Akibat yg ditumbulkan dari suatu peristiwa Akibat yg timbul dari peristiwa perubahan sosial Keterangan mengenai variabel penelitian yg diperoleh dari responden/informan yg dibutuhkan untuk membuat generalisasi Data realita di lapangan Data mengenai suku bangsa tertentu Data berbentuk kata-kata atau gambar atau symbol Data yg berbentuk kata-kata Data yg diperoleh secara langsung oleh peneliti terhadap objek penelitian tanpa melalui perantara Data yg diperoleh peneliti melalui perantara (kolektor) Semua keterangan atau kenyataan yg berada di dalam masyarakat yg berkaitan dengan segi kemanusiaan Ilmu yg mempelajari tentang susunan.45 46 47 48 49 50 51 52 53 Cicilation Civilization Commonplace Community sentiment Connubium Asimetris Connubium Simetris Corrupting Cresive institution Cultural lag Usaha untuk mempertemukan pihak-pihak yg berselisih melalui cara-cara yg damai dan rasional Peradaban Tindakan yg lazim Keadaan saling memerlukan dan tempat tinggal yg memberikan kehidupan pada semua Hubungan perkawinan sepihak Hubungan perkawinan secara timbal balik Perlaku orang tua mengajarkan yg salah pada anaknya Lembaga sosial yg secara tidak sengaja muncul dari adatistiadat Ketimpangan budaya. tetapi tanpa tujuan tertentu Sistem pemerintahan yg lebih banyak memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah Perbuatan lari meninggalkan dinas ketentaraan. pembelotan kepada musuh. adanya unsur-unsur dalam masyrakat yg berubah secara cepat. jumlah.

70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 Diferensiasi Diferensiasi Ras Diferensiasi sosial Difusi antarmasyara kat Difusi intramasyarak at Difusi kebudayaan Difusi kebudayaan Dinamis Discovery Disintegrasi Diskriminatif Egosentris Ekshibisme Ekskusivitas Eksogami Eliminasi Elite Empati Empiris Enacted institution Endogami Enkulturasi Etiket Akibat umum dari proses interaksi sosial Pembedaan manusia berdasarkan ciri-ciri fisiknya Pembedaan dalam masyarakat yg bersifat horizontal Proses persebaran unsur-unsur kebudayaan yg terjadi dari suatu masyarakat ke masyarakat lain Proses persebaran unsur kebudayaan dari individu lain yg terjadi dalam suatu masyarakat individu ke Suatu proses persebaran kebudayaan yg dilakukan oleh suatu bangsa Suatu proses persebaran kebudayaan yg dilakukan oleh suatu bangsa yg pelaksanaannya bisa berupa berita dari mulut ke mulut Penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut Penemuan unsur kebudayaan baru baik berupa alat maupun gagasan yg diciptakan seoran individu atau serangkaian ciptaan individu Disorganisasi. proses berpudarnya norma-norma dan nilainilai dalam masyarakat karena sebuah perubahan yg terjadi di masyarakat Bersifat membeda-bedakan Bersifat menjadikan diri sendiri sebagai titik pusat pemikiran Perilaku untuk mendapat kepuasaan seksual dengan cara menunjukkan alat kelaminnya kepada orang lain Kecenderungan untuk memisahkan diri dari masyarakat Sistem melarang perkawinan dengan sesama anggota kelompok Upaya penyelesaian sengketa karena salah satu pihak bersedia mengalah dan meminta maaf Orang kaya dan orang-orang yg menempati kedudukan atau pekerjaan yg oleh masyarakat sangat dinilai (dihargai) Perasaan yg mendalam terhadap orang lain atau kelompok lain Pengetahuan yg didasarkan pada data yg diperoleh dari kenyataan sosial maupun alam Lembaga sosial yg sengaja dibentuk untuk memenuhi tujuan tertentu yg berakar dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat Sistem yg mewajibkan perkawinan dengan sesama anggota kelompok Proses pembudayaan seorang individu ke dalam kebudayaan kelompoknya Tata cara dalam masyarakat dan sopan santun dalam upaya memelihara hubungan baik antara manusia 5|Hal .

bisa dalam bentuk cerita negatif maupun positif Penelitian yg didasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan. menetapkan konsep-konsep. kasih terhadap seseorang Berhubungan dengan susunan masyarakat yg dikuasai oleh kaum bangsawan Perilaku seksula yg disalurkan melalui bermasturbasi dengan benda yg dapat meningkatkan hasrat seksual Pelekatan pada satu pola tingkah laku yg kaku stereotypes dan tidak wajar Bentuk pengendalian sosial dengan cara meminta bantuan kepada pihak lain Fungsi yg tidak tampak dan tidak disengaja Fungsi yg jelas. yg perlu diuji kebenarannya Perlaku seksual yg cenderung tertarik pada sesame jenis Peraturan yg dibuat oleh penguasa atau adatyg berlaku bagi semua orang di suatu . senang. serta bertujuan untuk mengadakan generekisasi empiris. tampak. dan diakui Suatu sifat yg melekat pada laki-laki atau perempuan yg tersusun secara sosial dan cultural Lembaga sosial yg terdapat pada hampir semua masyrakat Suatu proses unsur-unsur sosial ekonomi dan psikologis dari masyarakat yg menunjukkan peluang-peluang kea rah polapola baru melalui sosialisasi dan pola-pola perikelakuan yg terwujud pada aspek-aspek kehidupan modern Suatu keadaan yg bersifat mendunia atau mondial karena kehidupan manusia dimotivasi oleh kesadaran hidup dalam satu bumi atau satu dunia Desas-desus.asyarakat Perilaku/tindakan. biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yg meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain Perubahan sosial yg terjadi dalam jangka waktu lama dan berlangsung secara lambat Pengunjukan rasa suka. obrolan tentang orang lain.93 Etnosentrisme 94 95 96 97 98 99 10 0 10 1 10 2 10 3 10 4 10 5 10 6 10 7 Evolusi Favoritisme Feodal Fetishisme Fiksasi Fraudulens Fungsi laten Fungsi manifes Gender General institution Gerak sosial Sikap atau pandangan yg berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri. disengaja. membuktikan dan mengemukakan teori dimana pengumpulan data dan analisis data berjalan pada waktu yg bersamaan Keanekaragaman Dugaan jawaban atas pertanyaan penelitian. sistem energy yg langsung berhubungan dengan dunia luar Nafsu/keinginan berisi dorongan-dorongan primitif yg belum dipengaruhi oleh kebudayaan atau hasil belajar 6|Hal Globalisasi Gosip Grounded Research 10 8 10 9 11 0 11 1 11 2 11 3 Heterogenitas Hipotesis Homoseksual Hukum Ich (ego) Id (ech) .

tetapi memakai cara yg dilarang oleh masyarakat Lembaga sosial yg memenuhi tugas produksi dan distribusi barang-barang dan jasa dalam masyarakat Perangkat peraturan dan status yg mengkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang Terjadi karena adanya unsur perpaduan dari berbagai unsur. dan kebutuhannya tidak boleh disamaratakan Perilaku mengikuti tujuan yg ditentukan oleh masyarakat. atau agama. dan budaya yg membentuk jati diri suatu bangsa Penyesuaian di antar unsur-unsur kebudayaan yg saling berbeda sehingga mencapai keserasian fungsinya dalam kehidupan masyarakat Proses penyatuan unsur-unsur nasional agar tercapai suatu kesatuan nasional yg serasi dan harmonis bagi suatu Negara Berasal dari kata integration yg berarti pembauran hingga menjadi kesatuan yg utuh dan bulat Proses penyesuaian di antara unsur-unsur yg saling berbeda dalam kehidupan sosial sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yg serasi fungsinya bagi masyarakat Daya membuat penyesuaian yg cepat dan tepat. ekonomi. sehingga terwujud satu kesatuan wilayah politik. tradisi. terhadap pengalaman-pengalaman baru. diterima serta diterapkan oleh masyarakat Perilaku orang tua yg tidak menginginkan anaknya bersosialisasi secara normal denga rekan-rekan sebayanya 7|Hal 12 5 12 6 12 7 12 8 12 9 Integrasi kebudayaan Integrasi nasional Integrasi sosial Integrasi sosial Intelegensi 13 0 13 1 13 2 13 3 Interaksi sosial Intimidasi Invention Isolating . dan kelompok dengan kelompok Tindakan menakuti atau mengancam terutama untuk memaksa orang melakukan sesuatu Penemuan baruyg sudah diakui. tidak berkaitan dengan seseorang Larangan melakukan perkawinan dengan keluarga yg sangat dekat (sedarah) Paham yg menganggap manusia secara pribadi perlu diperhatikan. sosial budaya. kepercayaan.11 4 11 5 11 6 11 7 11 8 11 9 12 0 12 1 12 2 12 3 12 4 Identifikasi Identifikasi Ignoring Imitasi Impersonal Incest taboo Individualisme Inovasi Institusi ekonomi Institusi politik Integrasi bangsa Dorongan untuk menjadi identik (sama) dengan orang lain Penentu atau penetapan identitas seseorang Perilaku orang tua yg tidak emnunjukkan kedekatan dengan anaknya Suatu proses belajar dengan cara meniru atau mengikuti perilaku orang lain Tidak bersifat pribadi. seperti suku bangsa. individu dengan kelompok. membuat pengalaman dan pengetahuan yg telah dimiliki siap untuk dipakai apabila dihadapkan pada faktafakta atau kondisi-kondisi baru Hubungan timbal balik antara individu dengan individu. dan sistem ekonomi. sosial. baik secara fisik maupun mental. kesanggupan.

karena sifatnya bervariasi Kepribadian yg terbuka. keluarga yg anggotanya terdiri atas ayah. dan anak-anaknya Keluarga inti yg diperluas keanggotaannya Kepribadian campuran yg tidak dapat digolongkan. dan sukar menyesuaikan diri Kepribadian yg dipengaruhi oleh firasat Kepribadian yg dipengaruhi oleh akal sehat Kepribadian yg dipengaruhi oleh pancaindera sehingga cepat bereaksi 8|Hal Keluarga batih Keluarga luas Kepribadian ambivert Kepribadian ekstrovert Kepribadian emosional Kepribadian introvert Kepribadian intuitif Kepribadian rasional Kepribadian sensitif . ibu. suka bergaul. di dalamnya anggota yang dewasa mempunyai tanggung jawab untuk memelihara Keluarga inti. artinya dimiliki oleh daerah tertentu Kebudayaan yg tumbuh dan berkembang secara nasional sebagai akibat berdirinya Negara Kesatuan RI Kebutuhan manusia untuk mewujudkan kehidupan bersama dengan manusia lainnya Kelompok yg hanya memenuhi satu persyaratan.13 4 13 5 13 6 13 7 13 8 13 9 14 0 14 1 14 2 14 3 14 5 14 6 14 7 14 8 14 9 15 0 15 1 15 2 15 3 15 4 15 5 Jenis kelamin Joint venture Kapitalisme Kasta Kebiasaan Kebudayaan daerah Kebudayaan nasional Kebutuhan sosial Kelompok kemasyarakat an Kelompok sosial Kelompok statistik Keluarga Penyifatan atau pembagian jeni kelamin manusia yg ditentukan secara biologis dan melekat pada jenis kelamin tertentu Kerjasama dalam pengumpulan modal usaha atau dalam mengerjakan proyek tertentu Paham ekonomi dimana modal kegiatan industrinya bersumber pada modal pribadi dengan ciri persaingan pasar bebas Suatu pelapisan sosial yg bersifat tertutup Perbuatan yg berulang-ulang dalam bentuk yg sama Kebudayaan yg berciri khas daerah. sehingga sifatnya pendiam. yaitu kesadaran akan persamaan di antara mereka Suatu kumpulan individu yg memiliki hubungan serta saling berinteraksi sehingga mengakibatkan tumbuhnya rasa kebersamaan serta rasa memiliki Kelompok yg bukan merupakan organisasi karena tidak ada hubungan sosial antaranggota dan tidak ada kesadaran jenis kelompok orang yang secara langsung dihubungkan oleh hubungan-hubungan kekeluargaaan. tidak senang bergaul. dan mudah menyesuaikan diri Kepribadian yg dipengaruhi perasaan Kepribadian yg tertutup dan berorientasi kepada diri sendiri. suka menyendiri. berorientasi ke dunia luar. sehingga sifatnya ramah.

dan harmonis sesuai dengan nilai dan norma yg berlaku Kelompok tertentu di dalam masyarakat yg menjadi sasaran komunikasi Keinginan psikologis dari seseorang dimana penderita memiliki keinginan yg kuat untuk mendapatkan benda milik orang lain di bawah sadarnya Persaingan.15 6 15 7 15 8 15 9 16 0 16 1 16 2 16 3 16 4 16 5 16 6 16 7 16 8 16 9 17 0 17 1 17 2 Kerjasama sosial Keteraturan sosial Khalayak Kleptomania Kompetisi Komunal Komunikasi Usaha bersama antara dua individu atau dua kelompok untuk mencapai tujuan yg sama Suatu keadaan dimana hubungan-hubungan sosial yg berlangsung di antara anggota masyarakat berlangsung selaras. proses sosial yg ditandai oleh terjadinya persaingan seseorang atau kelompok sosial tertentu agar mencapai kemenangan untuk mencapai tujuan tertentu tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik Bersangkutan dengan milik rakyat atau umum Tindakan seseorang menyampaikan sinyal (pesan) kepada orang lain dan orang lain tersebut memberikan tafsiran atas sinyal tadi dan mewujudkannya dalam perilaku Pengiriman atau penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami Proses sosial dimana orang per-orang atau kelompok manusia berusaha mencapai tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan dengan menggunakan ancaman atau kekerasan Pertentangan yg umumnya disebabkan oleh perbedaan kepentingan Pertentangan yg terjadi karena persaingan untuk mendapatkan mata pencaharian hidup yg sama atau terjadi pemaksaan unsure-unsur kebudayaan tertentu Pertentangan yg umumnya terjadi pada lapisan elite strategis. proses sosial yg diwarnai oleh pertentangan karena perbedaan pandangan dan kepentingan antara perorangan ataupun antar kelompok masyarakat tertentu yg berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan dengan ancama atau kekerasan Perilaku mengikuti tujuan dan cara yg ditentukan masyarakat 9|Hal Komunikasi Konflik Konflik antarkelas sosial Konflik antarkelompo k Konflik berbasis massa Konflik internasional Konflik politik Konflik pribadi Konflik rasial Konflik sosial 17 Konformitas . serasi. dengan memanfaatkan kekuatan masa Pertentangan yg melibatkan beberapa kelompok Negara (blok) karena perbedaan kepentingan Pertentangan yg menyangkut golongan-golongan dalam masyarakat maupun di antara Negara-negara yg berdaulat Pertentangan yg terjadi antara orang per orang karena masalah pribadi Pertentangan kelompok ras yg berbeda karena kepentingan dan kebudayaan yg saling bertabrakan Pertentangan sosial.

yg menyatukan nilai-nilai dan prosedurprosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Lembaga penegaka aturan undang-undang/hukum yg ada di Indonesia berupa Mahkamah Agung. dan para menterinya beserta para birokrasi pemerintahan Sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan terorganisir yg menyatukan Sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yg terorganisir . wibawa. dan adil Perpindahan posisi atau kedudukan dari lapisan satu ke dimensi lapisan lainnya 10 | H a l Kontravensi Lembaga eksekutif Lembaga pendidikan Lembaga sosial Lembaga yudikatif Lingkungan kerja Masalah Masalah sosial Masyarakat Masyarakat ahli Masyarakat meritokratis Matrilineal Mediasi Milenarisme Mobilitas sosial . dimana setiap anggota mempunyai kedudukan yg relatif sama dan mempunyai ikatan yg erat satu sama lain Adanya ketidaksesuaian antara keinginan dan kenyataan yg ada Gejala kehidupan sosial yg tidak normal Kelompok funsional yg mempunyai daerah geografis jelas Masyarakat yg setiap orangnya berperan sesuai keahlian atau spesialisasi yg dimiliknya Masyarakat yg merit. tetapi tidak menimbulkan konflik sosial Lembaga pelaksana undang-undang yg biasanya berupa presiden.3 17 4 17 5 17 6 17 7 17 8 17 9 18 0 18 1 18 2 18 3 18 4 18 5 18 6 18 7 18 8 18 9 19 0 19 1 19 2 Konjungal Konsanguinal Konsiliasi Kontak Sosial Sistem kekeluargaan yg menekankan pada hubungan perkawinan Sistem kekeluargaan yg menekankan pada hubungan darah Usaha mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak-pihak yg berselisih untuk mencapai penyelesaian masalah Hubungan antara satu pihak dengan pihak laim yg merupakam awal terjadinya interaksi social dan masingmasing pihak saling bereaksi meski tidak harus bersentuhan secara fisik Proses sosial yg ditandai oleh adanya sikap dan perasaan tidak suka yg disembunyikan. perubahan kebudayaan di masyarakat yg sudah dinantikan bersamaan dengan munculnya pemimpin yg dianggap bijaksana. lembaga-lembaga peradilan bawahan MA dan Mahkamah Konstitusi Kelompok yg anggotanya relatif sedikit. yaitu kemampuan seseorang yg memegang peranan utama dalam menentukan posisinya di masyarakat bukan latar belakan keluarga Sistem penarikan garis keturunan melalui ibu dan saudara sedarahnya Salah satu pengendalian konflik yg melibatkan pihak ketiga sebagai penasihat dalam penyelesaian konflik Mesianisme.

dan tahan lama Organisasi dari orang-orang yg mendukung satu ideology tertentu dan berjuang untuk mewujudkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan cara berusaha mencari jalan dan mempertahankan kekuasaan dalam pemerintahan. dan benar untuk mengatur kehidupan social Lembaga sosial yg berfungsi menjalankan atau mengoperasikan atau menggerakan lembaga-lembaga sosial yg ada Bentuk kehidupan bersama yg anggotanya diikat oleh hubungan batin murni. melalui pemilihan umum untuk melaksanakan kebijakan umum atau kebijakan pemerintah 11 | H a l Norma kelaziman Norma kesopanan Operative institution Paguyuban Partai politik .19 3 19 4 19 5 19 6 19 7 19 8 19 9 20 0 20 1 20 2 20 3 20 4 20 5 20 6 20 7 20 8 20 9 21 0 Mobilitas sosial horizontal Mobilitas sosial vertikal Modernisasi Motivasi Narsisme Neurosis Nilai material Nilai sosial Nilai spiritual Nilai vital Nominasi Norma Norma hukum Perpindahan kedudukan individu atau objek-objek sosial lainnya dari satu kelompok sosial ke kelompok sosial lain yg sederajat Perpindahan individu atau objek sosial dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan lainnya yg tidak sederajat Suatu bentuk perubahan sosial yg biasanya merupakan perubahan terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan yg dinamakan social planning Dorongan. sehingga hidupnya tertekan Segala benda yg berguna bagi manusia Konsep atau pandangan yg hidup dalam alam pikiran sebagian besar individu warga masyarakat tentang hal-hal yg dianggap baik dan bernilai Segala sesuatu yg berguna bagi rohani manusia Hidup dan mengadakan kegiatan atau aktivitas Terjadi jika kebudayaan setempat terdesak dan lenyap oleh kebudayaan baru Suatu standar-standar tingkah laku yg terdapat di dalam semua masyarakat Aturan perilaku atau kaidah hidup tertulis yg dibuat secara resmi oleh badan Negara yg ditujukan untuk mengatur kehidupan manusia dalam bermasyarakat. pantas. dan bernegara Aturan perilaku atau adat kebiasaan melakukan sesuatu yg didasarkan pada tradisi budaya Aturan perilaku atau tata karma pergaulan hidup yg bersumber dari hasil hubungan social segolongan masyarakat tentang yg dianggap baik. paling penting. bersifat alamiah. pengaruh atau stimulus yg diberikan seseorang kepada orang lain dengan berbagai cara sehingga orang yg diberi motivasi menuruti apa yg dimotivasikan Menganggap diri sendiri superior. maha bisa. dan segala paling dari orang lain Tidak dapat menyalurkan golongan primitifnya. paling kuasa. berbangsa.

tanpa melalui paksaan atau dilakukan dengan cara damai Masuknya kebudayaan asing melalui cara paksaan Kegiatan memperhatikan dengan seksama objek penelitian. kepercayaan-kepercayaan. nilai-nilai.21 1 21 2 21 3 21 4 21 5 21 6 21 7 21 8 21 9 22 0 22 1 22 2 22 3 22 4 22 5 22 6 22 7 Patembayan Patrilineal Pembangunan Pemberontaka n Penalaran Penalaran deduktif Penalaran induktif Pendidikan Pendidikan Penelitian Penelitian kualitatif Penelitian kuantitatif Penelitian sosial Penetrasi pasifique Penetrasi violente Pengamatan Pengendalian sosial Bentuk kehidupan bersama berdasarkan ikatan lahir (pamrih) yg berlaku untuk jangka waktu pendek Sistem penarikan garis keturunan melalui ayah dan saudara sedarahnya Usaha terencana dan terarah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia yg menuntut adanya perubahan sesuai cita-cita yg lebih baik Penarikan diri dari tujuan dan cara-cara konvensional yg disertai dengan upaya untuk melembagakan tujuan dan cara baru Kegiatan berpikir tentang sesuatu secara sungguh-sungguh dan logis Suatu cara berpikir ilmiah yg bertolak dari pernyataan atau alasan-alasan bersifat umum ke pernyataan-pernyataan yg bersifat khusus Suatu cara berpikir ilmiah yg bertolak dari pernyataan atau alasan-alasan yg bersifat khusus ke pernyataan-pernyataan yg bersifat umum Proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orag dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran atau pelatihan Bentuk sosialisasi khusus yg secara sistematis dan formal melakukan transmisi keterampilan-keterampilan. bahkan memaksa anggota masyarakat agar mematuhi norma dan nilai yg berlaku di dalam kehidupan suatu masyarakat Pengendalian sosial yg dilakukan dengan memaksa para anggota masyarakat agar berperilaku sesuai dengan normanorma yg berlaku 12 | H a l 22 8 Pengendalian sosial koersif . pengetahuan. mendidik. sikapsikap. serta mencatat setiap keadaan yg relevan dengan tujuan penelitian Berbagai cara dan proses pengawasan. dan norma-norma Cara ilmiah untuk menemukan jawaban atas pertanyaan Penelitian yg umumnya diarahkan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan data yg ditransformasikan dalam bentuk angka Penelitian yg umumnya berusaha untuk memahami jaringan makna yg ada dibalik data sosial yg diamati oleh peneliti Upaya menemukan jawaban atas pertanyaan yg berkenaan dengan fenomena sosial atau kemasyarakatan berdasarkan cara kerja logiki empiris Masuknya kebudayaan asing dengan tidak sengaja. baik yg direncanakan maupun yg tidak direncanakan dengan tujuan untuk mengajak.

status formal. peranan-peranan. nilai-nilai. harapan yg negatif.22 9 23 0 23 1 23 2 23 3 23 4 23 5 23 6 23 7 23 8 23 9 24 0 24 1 24 2 24 3 24 4 24 5 24 6 24 7 24 8 Pengendalian sosial persuasif Pengucilan Penyimpangan individual Penyimpangan kelompok Penyimpangan primer Penyimpangan sekunder Penyimpangan sistematik Penyimpangan situasional Peranan Performance role Perilaku menyimpang Perserikatan Perspektif global Perubahan kebudayaan Populasi Positivisme Pranata sosial Profesional Proyeksi Psikomatis Pengendalian sosial yg dilakukan dengan pendekatan dan sosialisasi agar masyarakat mematuhi norma-norma yg ada Bentuk pengendalian sosial dengan cara melarang untuk bekerja sama maupun komunikasi denga seseorang Tindakan yg dilakukan oleh seorang individu saja dan menyimpang dari norma-norma Tindakan sekelompokorang yg bersama-sama menentang norma-norma masyarakat Penyimpangan yg bersifat sementara. kekerdilan dan kesalahan sendiri kepada orang lain. dan moral tertentu yg semuanya berbeda dengan situasi umum Penyimpangan yg terjadi karena pengaruh situasi dalam pribadi atau kelompok-kelompok tertentu sehingga menjadi bagian integral Tingkah laku yg diharapkan diperbuat seseorang sesuai dengan statusnya Cara seseorang melaksanakan peranannya Penyimpangan terhadap kaidah-kaidah dan nilai-nilali dalam masyarakat Susunan kompleks dari kelompok-kelompok khusus dalam manusia untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu Suatu wawasan yg bertolak dari anggapan bahwa saat ini telah terjadi saling ketergantungan di antara bangsa-bangsa dan penduduk di dunia Ketidaksesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yg berbeda Kelompok besar yg menjadi sasaran generalisasi Aliran filsafat yg beranggapan bahwa pengetahuan itu semata-mata berdasarkan pengalaman dan ilmu yg pasti. pertama kali dilakukan. bertentangan dengan metafisika Pola terorganisir dari kepercayaan-kepercayaan dan perilaku yg terpusat pada kebutuhan sosial dasar Orang yg berijazah serta bergelar dari dunia pendidikan yg berhasil Melemparkan isi pikiran. normanorma. dan hanya menguasai sebagian kecil kehidupan seseorang Perbuatan yg dilakukan dengan mengulangi perilaku menyimpang yg pernah dilakukan sebelumnya Tindakan menyimpang yg melibatkan organisasi sosial khusus. terutama untuk mempertahankan harga diri Penyakit fisik yg timbul akibat gangguan psikologis 13 | H a l .

tetapi masih tetap berpegang pada cara-cara yg telah digariskan oleh masyarakat Sadomasokism Perilaku seseorang yg cenderung mandapatkan kepuasan e seksual dengan cara saling menyakiti Sampel Bagian dari populasi penelitian yg dipilih dengan teknik tertentu atau kelompok kecil yg menjadi sasaran penelitian Sanksi Hukuman atau denda yg diberikan kepada orang yg melakukan menyimpang Simpati Rasa tertarik kepada orang lain dan membuatnya seolah-olah berada dalam keadaan orang lain Sinkretisme Perubahan kebudayaan di masyarakat secara damai. yg semuanya akan menganggu kemampuan adaptasi anak Lembaga sosial yg berfungsi mengawasi tata kelakuan masyarakat Reorganisasi. proses perubahan norma-norma dan nilai-nilai yg baru untuk meyesesuaikan diri denga lembaga kemasyarakatan yg mengalami perubahan Perilaku orang tua yg menunjukkan penolakan terhadap anaknya Pertukaran barang dan jasa yg kira-kira nilai yg didapat antara kedua belah pihak Pemberian identitas baru yg didapat melalui institusi sosial Lembaga sosial yg hanya terdapat dalam masyarakat tertentu Perilaku yg meninggalkan. agama tanpa menggunakan kekerasan Reaksi primitif dalam bentuk perilaku kekanak-kanakan. baik tujuan konvensional maupun cara pencapaiannya Perubahan yang cukup mendasar dalam suatu bidang Perilaku yg telah meninggalkan tujuan budaya. tidak sesuai dengan tingkat usia anak. politik. sehingga sering melanggar norma/aturan Berbicara kepada umum. sebuah kegiatan yg berintikan pada interaksi sosial Rancangan tertulis yg berisi gambaran ringkas dan jelas mengenai keseluruhan tahap-tahap proses penelitian yg akan dilakukan oleh peneliti Golongan manusia yg mempunyai ciri fisik sama Pengetahuan yg sesuai dengan akal sehat Timbulnya gerakan atau perasaan penolakan terhadap akulturasi dengan penekanan pada faktor psikologis Perubahan radikal untuk perbaikan dalam bidang social. tidak ada pertentangan karena kedua kebudayaan yg berpadu sinkron arahnya 14 | H a l .24 9 25 0 25 1 25 2 25 3 25 4 25 5 25 6 25 7 25 8 25 9 26 0 26 1 26 2 26 3 26 4 26 5 26 6 26 7 26 8 26 9 27 0 Psikopati Public speaking Rancangan penelitian Ras Rasional Reaksi Reformasi Regresi Regulative institution Reintegrasi Rejecting Resiprositas Resosialisasi Restricted institution Retreatisme Revolusi Ritualisme Terlalu dikuasai oleh dorongan primitive.

27 1 27 2 27 3 27 4 27 5 27 6 27 7 27 8 27 9 28 0 28 1 28 2 28 3 28 4 28 5 28 6 28 7 28 8 28 9 29 0 Sintesis Sistem sosial Sistematis Sistematis Social inequality Socialsanction institution Sosial Sosialisasi Terjadinya percampuran dua kebudayaan yg berbeda dan melahirkan bentuk kebudayaan baru yg berbeda dari keduanya Suatu sistem yg sudah distabilisasikan dan merupakan hasil dari hubungan antara struktur sosial dan sistem kebudayaan Teratur menurut sistem Pengetahuan yg diperoleh melalui tahap demi tahap Ketidaksamaan sosial Lembaga sosial yg diterima oleh masyarakat Berkenaan dengan masyarakat Suatu proses seseorang mempelajari dan menghayati normanorma kelompok atau kesatuan kerja dimana ia hidup sehingga ia sendiri menjadi seorang pribadi yg unik dan berperilaku sesuai dengan harapn kelompok Sosialisasi yg mengutamakan adanya partisipasi dari anak Sosialisasi pertama yg dijalani individu semasa kecil dan menjadi pintu bagi seseorang memasuki keanggotaan masyarakat Sosialisasi yg mengutamakan adanya ketaatan anak pada orangtua Proses berikutnya yg memperkenalkan kepada individu sektor-sektor baru dunia objektif masyarakat Tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial sehubungan dengan orang lain dalam kelompok tersebut Pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat Jalinan antara unsur-unsur sosial yg pokok. dan sikap yg diberikan kepada orang lain dan diterima oleh pihak lain. lembaga sosial. sehingga orang tersebut mengikuti pandangan/pengaruh tersebut tanpa berpikir panjang Suatu golongan manusia yg terikat oleh kesadaran dan identitas kesatuan kebudayaan Akal sehat. kelompok sosial. yaitu kaidahkaidah atau norma-norma sosial. berisikan dorongan-dorongan untuk berbuat baik sebagai hasil belajar terhadap lingkungan alam dan kebudayaan Pengendalian sosial yg dilakuakn dengan cara memberikan peringatan atau kritikan kepada seseorang yg melakukan penyimpangan sosial 15 | H a l Sosialisasi partisipatif Sosialisasi primer Sosialisasi represif Sosialisasi sekunder Status sosial Stratifikasi sosial Struktur sosial Subsidiary institution Sugesti Suku bangsa Superego (uber ich) Teguran . pandangan. dan lapisan sosial Lembaga sosial yg sifatnya melengkapi Suatu pendapat.

ataupun mandi Proses komunikasi langsung dengan responden atau informan Usaha meniru gaya hidup orang Barat secara berlebihan 16 | H a l . batasan dan proposisi yg menyajikan pandangan sistematis tentang gejala-gejala dengan jalan menetapkan hubungan yg ada diantara variabel-variabel dan dengan tujuan untuk menjelaskan serta meramalkan gejala-gejala tersebut Perilaku oran tua yg mengkritik anaknya secara berlebihan.29 1 Teori 29 2 29 3 29 4 29 5 29 6 29 7 29 8 29 9 30 0 Terrorizing Tradisi Transeksual Unsanction institution Vested interest Violent offense Voyeurisme Wawancara Westernisasi Suatu himpunan pengertian yg saling berkaitan. menghukum dengan. dan mengolok-ngolok anaknya secara berlebihan Pengetahuan yg dianggap benar karena merupakn cara hidup yg sudah sejak lama dipercaya sebagai hal yg benar dan dipraktekkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari Perilaku seseorang yg cenderung mengubah karakteristik seksualnya Lembaga sosial yg ditolak oleh masyarakat Kepentingan-kepentingan tertentu dari satu pihak yg menyebabkan adanya penolakan terhadap perubahan demi mempertahankan keuntungan yg telah diperoleh sebelumnya Kejahatan yg disertai kekerasan pada orang lain Perilaku mendapatkan kesenangan seksual dengan cara mengintip orang lain yg sedang telanjang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->