P. 1
analisa cerpen

analisa cerpen

|Views: 37|Likes:
Published by griyya
cerpen
cerpen

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: griyya on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2013

pdf

text

original

• • • • • • •

RESENSI BUKU PENGETAHUAN Judul Buku : Duku, Potensi dan Peluangnya Nama Pengarang : Tony Luqman Lutoni Tahun Terbit : 1993 Nama Penerbit : KANISIUS (anggota IKAPI) Cetakan : cetakan pertama Tebal Buku : 79 halaman Ringkasan Isi Buku :

Dalam buku ini dijelaskan bahwa tanaman duku merupakan komoditas hortikultura yang diperkirakan sebagai tanaman asli Asia Tenggara. Tanaman duku memiliki daging buah berwarna putih bening atau jernih, pada umumnya rasanya manis. Selama ini dikenal tiga jenis tanaman buah-buahan bangsa duku yang sama-sama mempunyai nama latin Lansium domesticum Corr. Ketiga jenis tanaman yang termasuk dalam famili Meliaceae tersebut adalah duku, langsat, dan kokosan. Tanaman lain yang termasuk sebagai kerabat dekat duku yang termasuk jenis tanaman dari famili Meliaceae, adalah kecapi, mahoni, dan suren. Jenis buah duku yang unggul adalah duku komering, duku condet, dan duku metasih. Tanaman duku dapat diperbanyak melalui perbanyakan generatif maupun perbanyakan vegetatif. Perbanyakan dan pembibitan duku dapat dilakukan melalui biji, melalui pencangkokan, melalui okulasi, melalui penyambungan pucuk, dan melalui penyusuan. Di kawasan Asia Tenggara, tanaman duku umumnya tumbuh dengan baik di daerah-daerah yang mempunyai iklim tropis basah. Di daerah-daerah ini, tanaman duku menghendaki lahan mempunyai ketinggian tidak lebih 650 meter di atas permukaan air laut dengan tipe iklim basah dan curah hujannya berkisar antara 1.500 – 2.500 mm per tahun. Dalam buku ini dijalaskan pula mengenai penanaman duku yang herus memahami persyaratan tumbuh tanaman duku agar dapat tumbuh dengan optimal. Untuk proses penanaman sendiri diawali dengan persiapan bertanam, kemudian pembuatan lubang tanam, penanaman bibit, dan pemeliharaan tanaman. Ditambah lagi mengenai penjelasan pemanenan dan pasca panen, dan tentang hama dan penyakit pada tanaman duku. Peluang untuk berbisnis buah-buahan tropis seperti duku cukup menjanjikan dengan berbagai macam alasan. Pertama, peluang pasar buah-buahan di negara-negara Eropa, Amerika Serikat, Timur Tengah, dan juga negara-negara Asia lain utamanya Jepang, Singapura, dan Hongkong masih terbuka sangat lebar. Kedua, Indonesia memiliki banyak buah-buahan tropis yang diminati oleh Negara-negara tersebut. Ketiga, peluang itu ternyata belum digarap secara sungguh-sungguh sehingga masih merupakan tambang devisa yang potensial. Ikhwal terakhir yang dijelaskan dalam buku ini adalah mengenai produksi dan prospek bisnis, gambaran mengenai perkembangan produksi buah-buahan, perkembangan produksi duku, daerah potensial untuk bertanam duku, dan prospek berbisnis duku.  Kelebihan Buku : isinya cukup lengkap sehingga pembaca tidak perlu mencari referensi lain dan tulisan yang disajikan cukup praktis sehingga mudah dimengerti.  Kekurangan Buku : buku ini menggunakan gambar-gambar yang tidak berwarna sehingga kurang dapat merangsang imajinasi pembaca.  Kesimpulan : terlapas dari kekurangan yang ada, buku ini cukup baik dijadikan sebagai bahan literatur pembuatan makalah misalnya, atau hanya sekedar sebagai bahan bacaan saja.

Apalagi setalah Marzuki mendengarkannya sendiri dari para tetangganya Man (yang tidak tau Man sebenarnya) bahwa dirinya adalah orang yang sangat baik dan tidak pernah berbuat tidak terpuji seperti membawa perempuan kerumahnya yang kecil itu sehingga menguatkan Marzuki untuk berniat menjadikan Man sebagai menantunya. yang telah menyelamatkan jiwanya terhadap peristiwa dimasa pemberontakan PRRI pada masa PKI.Analisa Cerpen BUDI Oleh : Bejo Sutrisno Pada cerita ini dikisahkan seorang raja copet yang mempunyai panggilan Man yang berusaha untuk membalas budi akan kebaikan seorang Overste MPP. Pemuda Man yang melihat dan merasa kasihan kepada lakik-laki tua itu yang sudah merasa tidak kuat lagi dan bahkan semaput selama di bus kota berusaha untuk menolongnya dari desakan para penumpang yang diantaranya adalah para pencopet yang tidak lain adalah teman seprofesi dengan dirinya. hendak mengunjungi kerabatnya yang ada di Jakarta. Marzuki. karena tidak selamanya orang itu jahat namun dibalik kejahatan itu menyimpan kebaikan. Dari cerita ini si pengarang menggambarkan tentang sifat kontradiksi antara kebaikan dan kejejahatan. Setting/latar dari cerita ini adalah ditengah hiruk-pikuk sesak penumpang didalam bis kota Jakarta. Si pengarang menyampaikan pesan kepada si pembaca untuk tidak selalu berprasangka buruk kepada orang yang suka berbuat jahat. yang adalah laki-laki tua yang jujur dan telah menolong banyak orang dimasa silam. Nilai balas budi sangat nampak pada cerita ini meskipun peristiwa itu sudah berlangsung dimasa silam namun kebaikan tetap ada pada diri seseorang meskipun itu adalah penjahat kelas kakap seperti Man si raja copet. Rupanya Man yang merupakan raja copet di Jakarta mempunyai jiwa penolong yang sangat besar seperti menolong orang tuanya sendiri. Niat baik Man yang telah merawat Marzuki mendapat repon positif dari Marzuki yang berniat untuk menjodohkan dengan anak perempuannya yang masih kuliah. Sampai-sampeai Marzuki pulang ke kampung pun Man membelikan semua kebutuhannya termasuk tiket pesawat dan oleh-oleh untuk sanak saudarannya. . yaitu Marzuki . Ternyata dapat digambrkan bahwa orang yang jahat tidak selamanya jahat namun dia bisa berbuat lebih baik dari orang yang sebenarnya bukan penjahat.

dimana kedua orang tuanya bercerai karena ayah dari wanita itu menikah lagi dengan wainita lain sehingga menimbulkan rumah tangganya berantakan. Namun sayangnya Glen sudah mempunyai seorang istri dan juga seorang anak. Ia adalah penokohan yang dipakai dalam cerita ini untuk pelaku utama. Bahkan Glen lah yang bisa membuat si wanita itu melupakan kenangan pahit semasa kecilnya yaitu melupakan betapa kecewa hati ibu ketika ayah meninggalkan mereka demi perempuan lain.MENEPIS HARAPAN Oleh : Bejo Sutrisno Pada cerpen ini dikisahkan seorang wanita yang ingin menemukan jati dirinya dalam hidupnya. melupakan kebencian terhadap perempuan yang telah merenggut ayahnya pergi. Pesan yang didapat dari sipengarang cerpen ini adalah sebuah kisah kehidupan rumah tangga yang tidak harmonis pada diri si wanita. . Nilai dari cerita ini adalah bahwa tidak ada gunanya mengganggu kehidupan rumah tangga orang lain yang akan berakibat pada penderitaan berkepanjangan dan seakan-akan dunia itu serasa hampa. Setting pada cerita ini adalah suasana gemerlap di Hotel berbintang lima yang penuh dengan hura-hura. Sementara Glen merupakan sosok pria yang telah singgah di hati wanita itu yang rupanya kenangan yang tidak terlupakan. dan juga melupakan kemarahannya kepada ibu yang setelah itu berubah sikap danmemukulinya setiap hari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->