PROPOSAL PENINGKATAN RUAS JALAN SIMPANG AIR TABIK – PAUH KENAGARIAN KAMANG MUDIK KECAMATAN KAMANG MAGEK

(SEBUAH USULAN YANG HARUS DIBAHAS DALAM MUSYAWARAH PERKEMBANGAN NAGARI) *)

1. LATAR BELAKANG Data : a. Sejarah daerah Meliputi : Sejarah perang kemerdekaan dan basis perjuangan Sejarah ruas jalan dan status jalan Rencana jalan penghubung ke kabupaten Pasaman dan provinsi Sumatera Utara. Akhir-akhir ini berkembang konsep pengembangan wilayah untuk menjadikan jalan ini sebagai jalan penghubung kabupaten Agam wilayah timur dengan kabupaten Pasaman atau lebih jauh ke Sumatera Utara. Hal ini diduga akan memperpendek jarak dan memperkecil resiko. Namun hal ini tentu akan lebih baik jika dikaji dampaknya dalam perencanaan menyeluruh dan terpadu dalam koridor pengembangan wilayah.

b. Letak geografis dan kondisi fisik daerah Nagari Kamang Mudik kecamatan Kamang Magek terletak disebelah utara kota Bukittinggi, berbatasan langsung dengan saudara tuanya kecamatan Tilatang Kamang (dulu masuk kecamatan ini), nagari ini semakin jauh dari perhatian, terbukti sangat tertinggal jauh dari saudara tuanya dipandang dari segala segi. Ketertinggalan dari segi pembangunan sangat mendominasi jika kita mencoba menghitung secara matematik. Sebetulnya sudah lebih dahulu terabaikan sejak kepindahan ibu kota kabupaten ke Lubuk Basung, “ ibu mati bapak

Pengguna akses ruas jalan ini …… jorong dan ……. Hasil bumi Padi …… ton/kali panen.. sepanjang …… km sudah mempunyai perkerasan hot mix.. orang umur dibawah 50 th dan ……. Diduga sebagian besar dana anggaran pembangunan tersedot ke ibu kota yang baru tersebut sampai sekarang. Ha/km2 Jorong dan kampung Nagari Kamang Mudik terdiri dari …… jorong dan …….bajalan” itulah yang paling tepat kita tempatkan kepada sebuah nagari yang tepat terletak disimbol paga nagari Minangkabau dikaki bukit barisan ini. Kondisi masyarakat pengguna akses jalan ini Jumlah penduduk ……. produksi padi didaerah ini tergolong sangat kecil karena ketiadaan saluran irigasi teknis dan tampa penyuluhan dari dinas pertanian. . Orang dan perempuan …… orang. Ha c. termasuk ruas jalan yang akan menjadi topik pengusulan pada proposal ini. km. Orang. sisanya masih jalan penetrasi macadam yang sudah rusak parah. Luas nagari Kamang Mudik ……. laki-laki ……. Kampung Panjang jalan Kabupaten seluruh nagari Kamang Mudik adalah …. kampung Luas sawah dan kebun pengguna akses ruas jalan ini ……. begitu juga dari sektor peternakan dll Pendapatan perkapita ………. Kalau diuraikan berdasarkan usia ……. Jumlah penduduk usia produktif ……………… Pekerjaan penduduk ………… Pengangguran …………. Orang diatas 50 th.

Kondisi fisik jalan Ruas jalan simpang air tabik – pauh terdiri dari lapisan penetrasi macadam dengan lebar perkerasan hanya 3. entah karena beban kendaraan atau mungkin juga sudah lapuk dimakan usia. Km dari ujung ruas jalan ini. Bahkan batu atau kerikil sudah ada yang pecah. d. Ketika hari hujan sudah timbul kolam-kolam air dan akan hilang bersamaan dengan telah meresapnya air masuk kedalam badan jalan. Km dari tempat terjauh dan Sekolah menengah Atas (SMA) …… buah yang terletak ……. Saat ini kondisi ruas jalan tersebut sangat mengkhawatirkan sekali.- Pajak Bumi dan Bangunan  NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) yang sangat rendah ………. Keterbelakangan potensi daerah dan kondisi masyarakat ini lebih disebabkan oleh rendahnya tingkat edukasi dan penyuluhan yang nyaris tidak pernah dilakukan apalagi ditingkatkan. sehingga batu atau kerikil sudah terpisah. Aspal yang berfungsi untuk menyatukan antar material batu atau kerikil pembentuk perkerasan sudah terkelupas semua. - Sekolah dasar (SD) ada disetiap jorong . Sudah tidak terlihat lagi mana yang aspal dan mana yang tanah. Sulitnya menjangkau daerah menjadi alasan klasik yang selalu menjadi alasan bagi para petugas atau personil dinas yang bersangkutan untuk merealisasi tugasnya. km ini dibeberapa tempat sudah tidak ada bahu jalan lagi karena sudah runtuh kedalam ‘sungai’ (baca : banda).50 m yang sudah lama habis umur rencananya (jalan hot mix mempunyai umur rencana maksimal 10 tahun). Ruas jalan sepanjang …. Dan ketika hari hujan juga lobang-lobang yang tadinya kecil akan . hampir tidak ada jalan yang tidak berlobang. Sekolah Menengah Pertama (SMP) …… bh dengan jarak ……..

tidak hanya sebatas teori saja. 2. kendaran per hari (LHR). akan tetapi hanya sektoral semata tampa ada kriteria yang jelas.membesar. padahal jaraknya hanya 13 km. Pemeliharaan inipun tidak menyeluruh.. Sebagaimana kita ketahui ruas jalan ini baru satu kali dilakukan penetrasi macadam dan itupun sudah sangat lama sekali yaitu kurang lebih 30 tahun yang silam. RASIONAL Berdasarkan latar belakang dan tujuan diatas. Lebih kurang 4 km dari 13 km tersebut ruas jalannya sudah hot mix. Entah kenapa hanya sepanjang itu. Hari ini ruas jalan ini sudah semakin parah seiring dengan sering datangnya hujan. TUJUAN Meningkatkan jalan kabupaten dari simpang Air Tabik ke Pauh (Sungai Dareh) sepanjang 6 km menjadi perkerasan kelas A dan lapisan penutup AC-BC 3. Selama masa itu memang ada pemeliharaan tidak rutin. Zaman dahulu pemeliharaan atau perbaikan atau entah apa namanya itupun dilakukan jika akan pemilu atau jika ada pejabat daerah yang akan berkunjung. mungkin sekali dalam 5 tahun. Sangat jelas diwaktu inilah kita menyaksikan air adalah musuh utama badan jalan. hanya ada sepenggal harapan yang sudah lama mengkristal didalam setiap sanubari . Ruas jalan ini dilalui tiap hari oleh kendaraan umum ke dan dari kota Bukittinggi mengangkut penumpang dan hasil bumi ……. kita tidak tahu. Kita juga tahu bahwa penetrasi macadam adalah jenis perkerasan yang tidak tahan terhadap cuaca tropis yang banyak musim hujannya. Untuk mencapai kota Bukittinggi dari Jorong Pauh saat ini dapat ditempuh dengan waktu 45 menit dengan menggunakan mobil.

Tetapi sangat sedikit kompensasi yang diterima didalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Keinginan untuk dapat menikmati kemerdekaan yang hakiki selalu menyeruak diantara kemajuan daerah lain yang tidak lagi berfikir tentang tugas yang seharusnya diemban oleh aparat negeri ini. 4. sampai saat ini. lapisan penutup (surface) AC-BC dengan tebal 5 cm. perang kemerdekaan. Biaya.00 m dengan bahu jalan kiri-kanan masing-masing 1.masyarakat didaerah tertinggal dan akan semakin tertinggal ini.00 m dengan perkerasan kelas C dengan ketebalan 15 cm. Banyak konstribusi yang telah diberikan oleh masyarakat di wilayah ini terhadap kabupaten Agam sejak dahulu. baik semasa penjajahan sampai sekarang ini tetap menjadi bagian dari daerah dibawah kekuasaan otoritas yang dikenal sekarang dengan daerah otonom Kabupaten Agam. Betapa tidak meratanya pembangunan ini. Kita semua juga sudah pergi kepelosok lain didaerah ini dan kita juga sering menemukan ruas jalan hot mix yang tertutup oleh daun-daun pepohonan yang sudah berguguran. pertanda pada ruas jalan tersebut kurang dilewati oleh lalu lintas kendaraan. MEKANISME Masyarakat tidak akan minta ganti rugi dari tanah dan tanaman yang kena pelebaran jalan atau membuat saluran samping ??? 5. Amanah memang berat. Siapa yang akan menjawab terlebih dahulu ?. Lebar jalan diharapkan 6. baik semasa penjajahan. terutama pembangunan. akankah sesak didada setiap diri kita akan selalu ada disetiap saat pikiran kita berkontribusi terhadap negara ini ?. Spesifikasi teknis yang diharapkan pada ruas jalan ini adalah penambahan perkerasan (base) kelas A dengan tebal 20 cm. SUMBER DAYA A. Baik legislatif maupun eksekutif yang memang mengemban amanat penderitaan rakyat seperti yang tertuang didalam UUD 45 maupun amandemennya. tetapi mari kita melihat satu daerah yang selama ini. Pada bagian-bagian .

diharapkan bagian ini harus ada penahan badan jalan berupa tembok penahan tanah dari pasangan batu kali serta pembuatan saluran samping untuk menjaga aliran air agar tidak mempengaruhi badan jalan.000.000 20.000. Dengan harapan ditempatkan kepada skala prioritas utama pada tingkat pengambil kebijakan.000 6. Sumber Biaya Sumber biaya ini diharapkan dari APBD Kabupaten.000.000 Total Biaya (Terbilang : Enam milyard tujuh ratus enam puluh delapan juta rupiah) (*) Man Mounth masih perkiraan dan dapat dihitung secara detail B. Untuk tercapainya hasil perencanaan secara maksimal diharapkan pekerjaan ini harus diawasi secara komprehensif.00 0 4 00.000 800 1 1 HARGA SATUAN (Rp) 158.tertentu terdapat keruntuhan badan jalan akibat gerusan air. 6.000.768. APBD Provinsi maupun APBN.Pauh (Sungai Dareh) sepanjang 6 km N O 1 2 3 4 5 URAIAN PEKERJAAN Fisik jalan Bahu jalan Tembok penahan tanah dan saluran samping. terutama dipinggir ‘sungai’ (baca : banda) dan sawah. data dan fakta dilapangan maka diharapkan agar dilakukan perencanaan teknis terlebih dahulu.000.000 1 2.000 2 00.68 8. RENCANA ANGGARAN BIAYA Ruas jalan Simpang Air Tabik .000 4 00.000 300.000.000 JUMLAH HARGA (Rp) 5. Perencanaan Pengawasan SATUA N m2 m2 m3 MM * MM * VOLUM E 36 .000.000 2 40. Agar didapat spesifikasi teknis yang lebih detail dengan pertimbangan berbagai faktor.000 2 00. WAKTU .00 0.000 240.

8. Beberapa sektor usaha tentu akan bermunculan. 7. Tentu prospek kedepan tidak dapat dilihat pada satu sisi saja dan tidak juga dapat dilihat dalam rentang waktu yang terbatas. Selain menggunakan pemasangan rambu-rambu maka pemasangan portal juga menjadi alternatif yang baik. Tetapi yang lebih jelas kesenjangan pembangunan sudah mengecil. Namun kami berharap lihatlah masa lalu negri ini dan buatlah goal yang pasti untuk negri ini kedepan dan jangan tinggalkan satu jengkalpun wilayah yang telah memberikan banyak konstribusi ini. Namun untuk lebih akurat dan ada jaminan investasi dari pengambil kebijakan maka sebaiknya penelaahan hal ini dengan data dan fakta yang lebih lengkap. Jumlah uang yang beredar ditengah-tengah masyarakat harus kita usahakan semakin meningkat sesuai dengan salah satu indikator peningkatan ekonomi rakyat. distorsi yang terjadi ditengah-tengah masyarakat juga akan semakin berkurang. Diferensiasi waktu yang semakin pendek akan mengakibatkan terbukanya peluang untuk menciptakan peningkatan hal-hal yang positif sesuai dengan edukasi yang selalu diciptakan terutama oleh sang pengambil kebijakan. Dalam jangka pendek lapangan kerja terbuka lebar dan yang lebih penting adalah nilai edukasi yang diterima masyarakat akan menjadi awal kebangkitan nagari Kamang Mudik baru. Tentu hal ini sudah diketahui oleh para pengelola dan pengurus negri ini. baik peningkatan hasil bumi yang sudah mudah dan cepat dalam pengangkutan dan pendistribusian. KEBERLANJUTAN Dengan ditingkatkannya ruas jalan ini maka sudah dapat dimaklumi bahwa akan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat pengguna jalan ini. .Diharapkan waktu pelaksanaan adalah pada bulan April 2008 dan selesai tepat pada tanggal 17 Agustus 2008 menggunakan biaya tahun anggaran 2008. RENCANA PENGEMBANGAN Pembatasan tonase kendaraan harus dibatasi sesuai dengan manual kapasitas jalan yang akan dibuat.

ini juga salah satu faktor untuk mempertahankan umur rencana jalan.T. maka diharapkan dapat direncanakan meningkatkan kelas jalan sesuai dengan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR). 9.Hal ini adalah untuk menjaga umur rencana jalan sesuai dengan yang diharapkan dalam perencanaan. M. Tetapi jika akan ditingkatkan menjadi jalan provinsi atau akan dilewati oleh kendaraan dengan tonase lebih tinggi atau akan dilewati dengan jumlah kendaraan perhari (LHR) yang lebih tinggi juga. Dan Lain-lain *) Pengusul adalah IR. (ANAK NAGARI PAUH KAMANG MUDIK) . Kita juga tidak menginginkan terjadinya pemborosan keuangan rakyat melalui ekonomi biaya tinggi. Apalagi jika realisasi rencana peningkatan jalan kabupaten menjadi jalan provinsi yaitu sebagai awal dari jalan tembus ke Kabupaten Pasaman. Namun demikian pemeliharaan rutin harus tetap dilakukan setiap tahun. Begitu juga jika ruas jalan ini akan dilewati oleh kendaraan barang pengangkut bahan industri dengan kategori kendaraan berat maka diharapkan perencanaannya menggunakan spesifikasi Heavy Load (HL) dengan kriteria khusus. INDRA FARNI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.