P. 1
KISI - KISI Tik Kelas Vii

KISI - KISI Tik Kelas Vii

|Views: 59|Likes:
Published by Turiman_Prayogi60

More info:

Published by: Turiman_Prayogi60 on Dec 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2013

pdf

text

original

KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AKHIR SEMESTER (UKAS) SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Kurikulum

Mata Pelajaran Kelas / Semester No. 1. : KTSP : Teknologi Informasi dan Komunikasi : VII (tujuh) / 1 Kompetensi Dasar 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bahan Kelas/smt VII/1 Materi Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi Alokasi Waktu : 90 Menit Jumlah soal : 45 PG dan 5 uraian Indikator Soal - Siswa dapat menentukan tujuan utama manusi dalam berkomunikasi. - Disajikan contoh karya ; Lukiasn, Foto, dan Grafis, Siswa dapat menentukan bentuk komunikasi yang dimaksud. - Siswa dapat menentukan ciri yang tidak termasuk ciri-ciri media komunikasi tradisional/kuno. - Siswa dapat menentukan contoh media yang tidak termasuk media komunikasi modern tercetak (printed media) - Disajikan pernyataan tentang asal kata telephone ; tele dan phone, Siswa dapat menentukan artinya ”Phone” - Siswa dapat menentukan nama perangkat komunikasi nirkabel yang bergerak (mobile). - Siswa dapat menentukan nama perangkat komunikasi yang menggunakan teknik modulasi FM dan AM - Siswa dapat menentukan arti kata ”tele” dan ”vision” yang membentuk kata televisi. Bentuk Soal PG PG No. Soal 1 2

Standar Kompetensi Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di Masa Mendatang.

PG PG

3 4

PG

5

PG PG PG

6 7 8

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Bahan Kelas/smt

Materi

Indikator Soal - Siswa dapat menentukan bahasa latin dari Komputer. - Siswa dapat menentukan kepanjangan dari WWW dalam dunia Internet. - Siswa dapat menuliskan pengertian dari istilah Telekomunikasi.

Bentuk Soal PG PG ESSAY

No. Soal 9 10 46

2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari masa lalu sampai sekarang

VII/1

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

- Siswa dapat menentukan masa yang tidak termasuk dalam pembagian masa perkembangan TIK. - Siswa dapat menentukan teknologi yang diciptakan oleh bangsa Sumeria abad ke-33. - Siswa dapat menentukan teknologi yang ditemukan bangs Mesir abad ke-31. - Siswa dapat menentukan penemu teknologi telepon pada tahun 1874. - Siswa dapat menentukan kepanjangan dari GSM. - Siswa dapat menentukan nama bapak komputer berkat hasil temuannya : mesin Analytical Engine - Siswa dapat menentukan tahun diciptakan dan dikembangkannya Komputer generasi pertama (I). - Disajikan pernyataan tentang ciri-ciri komputer, Siswa dapat menentukan generasi komputer yang di maksud. - Siswa dapat menuliskan 4 alat hitung modern sebagai dasar perkembangan teknologi Komputer.

PG PG PG PG PG PG PG PG

11 12 13 14 15 16 17 18

ESSAY

47

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar 3. Menjelaskan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan seharihari

Bahan Kelas/smt VII/1

Materi Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Indikator Soal - Siswa dapat menentukan bidang yang menggunakan konsep E-learning. - Siswa dapat menentukan istilah penggunaan TIK dalam bidang Pemerintahan. - Siswa dapat menentukan contoh pemanfaatan TIK dalam bidang perbankan. - Siswa dapat menentukan keuntungan yang dirasakan oleh nasabah Bank ketika menggunakan fasilitas E-banking - Siswa dapat menentukan manfaat bagi konsumen ketika memilih perdagangan elektronik (internet) - Siswa dapat menuliskan 4 dampak pofitif penggunaan perangkat TIK dalam bidang Pendidikan.

Bentuk Soal PG PG PG PG

No. Soal 19 20 21 22

PG ESSAY

23 48

5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

VII /1

Dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

- Siswa dapat menentukan istilah tindak kejahatan memalsukan kartu kredit. - Siswa dapat menentukan dampak negatif dari Segi Sosial dengan hadirnya TIK. - Siswa dapat menentukan contoh yang tidak termasuk dari contoh-contoh kejahatan yang memanfaatkan jaringan Internet. - Siswa dapat menentukan dampak negatif yang terjadi disebabkan posisi duduk yang salah ketika menggunakan komputer.

PG PG PG

24 25 26

PG

27

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Bahan Kelas/smt

Materi

Indikator Soal - Siswa dapat menentukan istilah kegiatan memasuki jaringan secara Ilegal dengan maksud merusak dan mencari kelemahan sistem orang lain. - Siswa dapat menentukan ciri yang tidak termasuk ciri-ciri perilaku negatif akibat masuknya budaya asing. - Siswa dapat menentukan tindak kejahatan yang menyembunyikan kekurangan suatu barang melalui iklan. - Siswa dapat menentukan nama pelanggaran terhadap suatu hak cipta seseorang. - Siswa dapat menentukan aspek/ dampak negatif ketika menggunakan sistem E-learning - Siswa dapat menentukan nama perangkat TIK yang digunakan untuk melakukan penipuan melalui SMS. - Siswa dapat menentukan istilah kejahatan yang berhubungan dengan Internet. - Siswa dapat menentukan hal yang tidak termasuk dalam hal-hal / upaya pencegahan Virus.

Bentuk Soal PG

No. Soal 28

PG

29

PG

30

PG PG PG PG PG

31 32 33 34 35

3. Melakukan operasi dasar pada Operating System dengan sistematis

VII/1

Sistem Operasi

- Siswa dapat menentukan istilah ketika pertama kali menghidupkan komputer. - Siswa dapat menentukan tombol Shortcut untuk mematikan komputer.

PG PG

36 37

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Bahan Kelas/smt

Materi

Indikator Soal - Siswa dapat menentukan software yang tidak termasuk Sistem Operasi (operating system) - Siswa dapat menentukan shortcut yang tidak termasuk diantara Ikon-ikon pada Desktop komputer. Soal No. 40, 41, dan 42 disajikan potongan gambar kotak dialog Display Properties dan bernomor pada masing-masing Tab nya :

Bentuk Soal PG PG

No. Soal 38 39

- Siswa dapat menentukan Tab yang digunakan untuk mengatur Screen Saver - Siswa dapat menentukan Tab yang digunakan untuk mengganti background Desktop. - Siswa dapat menentukan nama dari Tab yang dimaksud. - Siswa dapat menentukan nama atau bagian yang ditampilkan melalui Kolom kiri jendela Windows Eksplorer. - Siswa dapat menentukan pengaturan yang tidak termasuk plihan dalam jendela Windows Eksplorer. - Disajikan langkah kerja ; Sorot File – Klik Kanan Mouse – Rename, Siswa dapat menentukan fungsinya.

PG PG PG PG

40 41 42 43

PG PG

44 45

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Bahan Kelas/smt

Materi

Indikator Soal - Siswa dapat menuliskan pengertian dari software Sistem Operasi. - Siswa dapat menuliskan fungsi dari bagian-bagian Desktop berikut ; Wallapaper, Ikon Shortcut, Taskbar, dan Quick Launch

Bentuk Soal ESSAY ESSAY

No. Soal 49 50

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->