P. 1
bahan kuliah manajeman

bahan kuliah manajeman

|Views: 4|Likes:
Published by Kecian Deh

More info:

Published by: Kecian Deh on Dec 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2014

pdf

text

original

Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol. Berbeda dengan Informasi Akuntansi keuangan, Informasi Akuntansi manajemen adalah:

• • •

Dirancang dan dimaksukan untuk digunakan oleh pihak manajemen dalam organisasi sedangkan informasi Akuntansi keuangan dimaksudkan dan dirancang untuk pihak eksternal seperti kreditur dan para pemegang saham; Biasanya rahasia dan digunakan oleh pihak manajemen dan bukan untuk laporan publik; memandang ke depan, bukan sejarah; Dihitung dengan mengacu pada kebutuhan manajer, sering menggunakan sistem informasi manajemen, bukan mengacu pada standar akuntansi keuangan.

Hal ini disebabkan karena penekanan yang berbeda: informasi akuntansi manajemen digunakan dalam sebuah organisasi, biasanya untuk pengambilan keputusan.

Penganggaran/budgeting
Penganggaran terletak pada dasar dari setiap rencana keuangan. Tidak masalah jika Anda hidup dari gaji ke gaji atau penghasilan enam angka setahun, Anda perlu tahu di mana uang Anda pergi jika Anda ingin memiliki pegangan pada keuangan Anda. Tidak seperti apa yang Anda mungkin percaya, penganggaran tidak semua tentang membatasi apa yang Anda menghabiskan uang dan memotong semua kesenangan dalam hidup Anda. Ini benar-benar tentang memahami berapa banyak uang yang Anda miliki, di mana ia pergi, dan kemudian merencanakan cara terbaik untuk mengalokasikan dana tersebut. Berikut adalah semua yang Anda butuhkan untuk membantu Anda membuat dan mengelola anggaran. 1. penganggaran Dasar Apakah Anda tahu mengapa anggaran begitu penting? Di permukaan sepertinya membuat anggaran hanya latihan keuangan membosankan, terutama jika Anda merasa keuangan Anda sudah dalam keadaan baik. Tapi Anda mungkin terkejut melihat betapa berharganya anggaran dapat. Sebuah anggaran yang baik dapat membantu menjaga pengeluaran Anda pada jalur dan bahkan mengungkap beberapa masalah arus kas tersembunyi yang mungkin membebaskan lebih banyak uang untuk menempatkan arah tujuan lain keuangan. 2. Cara Membuat Anggaran
Bagian tersulit dari membuat anggaran yang duduk dan benar-benar menciptakan satu. Ini seperti menatap selembar kertas kosong ketika Anda harus menulis sesuatu dan bahwa langkah pertama tampaknya seperti sebuah rintangan besar. Jangan khawatir - aku dipecah proses pembuatan anggaran menjadi beberapa mudah untuk mengikuti langkah-langkah. Anda akan bisa duduk dan membuat anggaran dasar hanya dalam beberapa menit. 3. 3 Sifat untuk Sukses Penganggaran

Setelah Anda sudah meluangkan waktu untuk membuat anggaran, sekarang saatnya untuk memastikan Anda mengikutinya. Penganggaran bisa seperti pergi pada diet-Anda mulai dengan niat baik, tapi setelah beberapa minggu atau bulan Anda melayang jauh dari rencana Anda. Jangan biarkan hal itu terjadi pada Anda. Berikut adalah ciri-ciri dasar yang akan memastikan keberhasilan penganggaran. 4. Lembar Kerja Anggaran Dasar Jika Anda mengalami kesulitan datang dengan semua kategori pengeluaran berbagai anggaran Anda, saya telah membuat sebuah worksheet anggaran yang dapat membantu Anda mengatur segalanya. Lembar kerja ini memiliki biaya yang paling umum dan dapat membantu Anda melacak segalanya secara teratur. 5. Bagaimana overspending Breaks Anggaran Anda Alasan utama untuk membuat anggaran adalah untuk membantu Anda menjaga keuangan Anda di bawah kontrol dengan melacak berapa banyak uang yang Anda menghabiskan dan di mana ia pergi. Ketika Anda mulai menyimpang dari anggaran Anda itu biasanya karena menghabiskan uang terlalu banyak di suatu tempat. Tapi jika Anda memiliki anggaran yang memberitahu Anda persis berapa banyak Anda harus menghabiskan, mengapa begitu mudah untuk menyebar uang? Ada beberapa alasan kami mengeluarkan terlalu banyak uang, jadi ketika Anda memahami apa yang menyebabkan overspending, Anda dapat membantu menghentikan dan menjaga anggaran Anda pada jalur.

kenyamanan ini datang pada biaya. tapi membantu Anda memvisualisasikan betapa banyak uang yang Anda benar-benar menghabiskan. kita bisa masuk dan keluar dengan pembelian dalam hitungan detik. Dengan menggunakan plastik kita dapat mulai kehilangan jejak berapa banyak uang sebenarnya dibelanjakan. 4 dolar di sana.6. Salah satu trik untuk membantu menjaga pengeluaran harian Anda di bawah kontrol adalah dengan menggunakan uang tunai bukan kredit atau kartu debit. . itu tidak tampak seperti banyak pada saat pembelian. Cobalah untuk Jauhkan Menggunakan Kas Pengeluaran Dalam Pengendalian Plastik menggesekkan telah menjadi sangat mudah. Dengan kedua kartu kredit dan kartu debit. tetapi jika Anda tidak hati-hati mereka benar-benar dapat menambah dan payudara anggaran Anda. dua dolar di sini. Tentu. Ini mungkin tidak secepat. Sayangnya.

Analisis aspek pemasaran Dalam analisis pasara ada beberapa komponen yang harus dianalisis dan dicermati. apa saja halhal yang mungkin akan kita temukan dalam melakuakn bisnis ini. pemerintah lebih menitik-beratkan manfaat dari investasi tersebut secara makro baik bagi perekonomian. aspek pasar dan pemasaran. * Masa hidup produk. nah untuk meminimumkan resiko kita harus sudah tau seluk-beluk bisnis yang akan kita lakukan.Study Kelayakan Bisnis Dalam melakukan setiap usaha pasti ada resikonya. Studi kelayakan Bisnis untuk Siapa? Studi kelayakan sangat diperlukan oleh banyak kalangan. pemerataan kesempatan kerja. Untuk itu yuk. dll. aspek teknis dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya. kita coba belajar tentang Study Kelayakan Bisnis Pengertian studi kelayakan peroyek atau bisnis Pengertian studi kelayakan peroyek atau bisnis adalah penelitihan yang menyangkut berbagai aspek baik itu dari aspek hukum. dll. * Struktur pasar * Persaingan dan strategi pesaing Analisis aspek produksi Beberapa unsur dari aspek produksi/operasi yang harus dianalisis di antaranya : * Lokasi operasi * Volume operasi. bank berkepentingan untuk mengetahui tingkat keamanan kredit yang diberikan dan kelancaran pengembaliannya. * Segmentasi pasar * Target. di antaranya : * Kebutuhan dan keinginan konsumen. dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan tidak dijalankan. Investor berkepentingan dalam rangka untuk mengetahui tingkat keuntungan dari investasi. apakah prospek kedepannya bagus. * Nilai tambah. * Tenaga kerja. yang tentunya kepentingan semuanya itu berbeda satu sama lainya. sosial ekonomi dan budaya. bank selaku pemberi kredit. dan pemerintah yang memberikan fasilitas tata peraturan hukum dan perundang-undangan. apakah sebaiknya proyek atau bisnis layak dikerjakan atau ditunda atau bahkan dibatalkan. * Bahan baku dan bahan penolong. khususnya terutama bagi para investor yang selaku pemrakarsa. * LAY-OUT Analisis aspek manajemen Beberapa unsure yang harus dianalisis di antaranya . * Mesin dan peralatan.

THREAT (Ancaman). * Sumber dana. Hasil FS pada prinsipnya digunakan untuk antara lain : • • • Merintis usaha baru. Analisis aspek keuangan Meliputi komponen-komponen sebagai berikut : * Kebutuhan dana. Analisis SWOT: STRENGHT (Kekuatan). Pihak masyarakat dan pemerintah. Adapun pihak yang memerlukan FS diantaranya: • • • Pihak wirausaha (pemilik perusahaan ) Pihak investor dan penyandang dana. * Proyeksi neraca. OPPORTUNITY (Peluang).* Kepemilikan * Organisasi * TIM Manajemen * Karyawan. Studi Kelayakan Usaha (Feasibility Study of Business) 2. * Proyeksi laba rugi. Mengembangkan usaha yang sudah ada Memilih jenis usaha atau investasi/proyek yang paling menguntungkan. yaitu : 1. Ada dua studi yang dapat digunakan. WEAKNESS (Kelemahan). * Proyeksi aliran kas (cash flow) STUDI KELAYAKAN USAHA adalah suatu penelitian tentang layak tidaknya suatu usaha dilakukan dengan menguntungkan secara terus menerus. .

personil sistem yang tidak memadai. layanan. termasuk sistem informasi berbasis internet. dan kerjasama kelompok kerja. Penyebabnya antara lain ialah: struktur organisasi keseluruhan yang kurang wajar. sistem pakar. Banyak organisasi yang ingin membangun sistem Informasi Manajemennya sendiri. berikut ini akan diberikan definisi ringkas dan formal dari sistem Informasi Manajemen yaitu: “serangkaian sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu menstransformasikan data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer”. transaksi e-commerce. dan telah menyediakan dana yang cukup. tetapi ternyata usaha tersebut sering kali gagal. Secara akademis. bisnis. 1. dokumen. atau dalam aktivitas bisnis lainnya. Teknologi informasi dapat membantu segala jenis bisnis. dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar yang berasal dari teori sistem umum. teknis. misalnya sistem pendukung keputusan. hingga dapat memperkuat posisi kopentitif mereka dalam pasar yang cepat sekali berubah. MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Sebelum membahas konsep sistem Informasi Manajemen lebih lanjut. atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif. pengambilan keputusan manajerial. rencana organisasi keseluruhan yang belum memadai. Kerangka kerja tersebut dipusatkan kedalam 5 area pengetahuan SI berikut in. Konsep konsep dasar Konsep dasar keprilakuan. proses dukungan untuk pelanggan. . atau suatu strategi bisnis. dan yang terpenting adalah kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem.KONSEP SISTEM MANAJEMEN INFORMASI SEBAGAI SUMBER DAYA Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system. mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat. memainkan peranan penting dalam bisnis. dan sistem informasi eksekutif. meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis mereka. istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia. Gambar berikut memperlihatkan kerangka kerja konseptual yang berguna untuk mengatur pengetahuan yang disajikan dan memberi garis besar tentang hal yang perlu diketahui mengenai system informasi. Hal ini berlaku ketika teknologi informasi digunakan untuk mendukung tim pengembangan produk. teknologi. Konsep Dasar Manajemen Informasi Teknologi informasi. dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk.

mengembangkan. seperti program sistem operasi. pengembangan. 5. Contohnya. program analisis penjualan. yang mengendalikan serta mendukung operasi sistem computer. 4. Sumber daya hardware Dapat digolongkan menjadi: Mesin dan Media. pembuat software. Mereka meliputi sistem analis. prosedur entri data. Sumber daya data . 2. manajemen dan keunggulan kompetitif bisnis. meliputi: 1. Data dan Jaringan. Aplikasi bisnis Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi. Teknologi informasi Konsep – konsep utama. tenaga penjualan. yang mengoperasikan perintah bagi orang orang yang akan menggunakan sistem informasi. software. Dibawah ini merupakan contoh Sumber daya sistem informasi dan produknya. manajemen data. akuntan dan para manajer. yang memprogram pemrosesan langsung bagi penggunaan tertentu komputer oleh pemakai akhir. dan global dalam bisnis. Sumber daya manusia Pemakai akhir merupakan orang orang yang menggunakan sistem informasi atau informasi yang dihasilkan sistem tersebut. Sumber daya software • • • Software sistem. Prosedur. Para pakar merupakan orang orang yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi. Tantangan manajemen Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir.2. Contohnya. prosedur untuk memperbaiki kesalahan. perusahaan. 4. jaringan. Software aplikasi. prosedur pendistribusian cek gaji. dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis. program pengolahan kata dan program penggajian. operator sistem. Mereka berupa pelanggan. Hardware. staff administrasi. 3. 3. yaitu: Manusia. teknisi. dan banyak teknologi berbasis internet. Software. Proses pengembangan Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan. Sumber Daya Sistem Informasi Sistem informasi terdiri dari 5 sumber daya dasar. dan berbagai isu manajemen teknologi informasi yaitu meliputi hardware.

3. 2. Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar. Pengertian Tentang Sistem Informasi (SI) • • • Sistem Informasi merupakan suatu kombinasi teratur dari orang-orang. Pemakai Akhir (End User) : Orang Lain Yang Menggunakan Sistem Informasi. hardware. Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. database persediaan. perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software). Monitor Video. mengubah. formulir kertas dan kartu plastik. KONSEP SISTEM. Konsep – Konsep Dasar Sistem Informasi (SI) Sumber Daya Sistem Informasi dan Produknya 1. Sumber Daya Manusia (SDM) • • Para Pakar : Sistem Analis. 5. Sumber Daya Hardware • • Mesin : Komputer. software jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan. DATA DAN INFORMASI Realitas Sistem Informasi (SI) Sejak permulaan peradaban. Sumber Daya Software . file kepegawaian. Sumber daya jaringan Media komunikasi. catatan pelanggan. Media : Floppy disk magnetic tape. PENGGUNA INFORMASI DIPANDANG DARI TINGKAT MANAJEMEN DAN AREA FUNGSIONAL PERUSAHAAN 3. dll. 2.Termasuk deskripsi produk. disk drive magnetis. software untuk akses dan pengendalian jaringan. saluran komunikasi (jaringan) dan data yang di simpan (sumber daya data). suara maupun tulisan. Tetapi Pengertian Sistem Informasi Secara umum merupakan kegiatan atau aktifitas yang melibatkan serangkaian proses dan berisi informasi-informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan. Pembuat Software dan Sistem Operator. Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain dan dengan menggunakan berbagai jenis instrumen/alat fisik (hardware). dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. pemroses komunikasi. printer.

Mainframe adalah komputer yang berukuran relatif besar yang ditujukan untuk menangani data yang berukuran besar. Sumber Daya Jaringan : Media Komunikasi. Secara fisik sebuah server dapat berupa komputer (mainframe.1998).dengan ribuan terminal untuk mengakses data dengan tanggapan yang sangat cepat dan melibatkan jutaan transaksi. (Laudon 1998). tetapi bisa saling berinteraksi dalam pertukaran data. pemrosesan komunikasi. Arsitektur Informasi adalah desain sistem komputer secara keseluruhan (termasuk sistem jaringan) untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan organisasi yang spesifik. software untuk akses pengendalian jaringan. Server adalah sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client.• • Program : Program sistem operasi. . Arsitektur Informasi Yang Mendukung Tujuan Ada beberapa definisi tentang arsitektur informasi : • • Arsitektur informasi adalah bentuk khusus yang menggunakan teknologi informasi dalam organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan atau fungsi-fungsi yang telah dipilih. prosedur perbaikan kesalahan dan prosedur dan pendistribusian cek gaji. 4. Sistem pemrosesan data terdistribusi (atau biasa disebut sebagai komputasi tersebar) sebagai sistem yang terdiri atas sejumlah komputer yang tersebar pada berbagai lokasi yang dihubungkan dengan sarana telekomunikasi dengan masing-masing komputer mampu melakukan pemrosesan yang serupa secara mandiri. Ada 3 Macam Arsitektur Informasi Yang Mendukung Tujuan Diantaranya adalah : • Arsitektur Tersentralisasi Arsitektur ini sudah dikenal semenjak tahun 1960-an dengan mainframe sebagai faktor utama. Sumber Daya Data : Deskripsi produk. 5. program spreadsheets. workstation ataupun PC) atau piranti lain (misalnya printer). • Arsitektur Desentralisasi Arsitektur desentralisasi merupakan konsep dari pemrosesan data tersebar (terdistribusi). Catatan Pelanggan. file kepegawaian dan database persedian. program word prcessing dan program penggajian. mini – komputer. Prosedur : Prosedur entri data. (Zwass. • Arsitektur Client/Server Pada arsitektur ini ada sebagian yang disebut client dan ada yang disebut server.

server akan segera menanggapinya dengan memberikan data yang diminta ke client bersangkutan. Fungsi penting yang dibentuk S IA pada sebuah organisasi antara lain: • • • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi 2. Model dari Computer Based Information System (CBIS) Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan informasi. Sistem informasi berbasis komputer (computer-based information system) atau CBIS digunakan untuk menggambarkan lima subsistem yang menggunakan computer. Ketika sebuah client meminta suatu data ke server. SIM. Terutama dalam aktivitas pengambilan keputusan Suatu proses memasukkan beberapa aspek dari mekanisme keputusan ke dalam SIM. yang dirancang untuk membantu para manajer dalam aktivitas sehari-hari. Konsep penggunaan komputer sebagai S IM. Fokus baru pada informasi.Client mempunyai kemampuan untuk melakukan proses sendiri. Sistem Informasi Akuntansi (S IA) Sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. DSS. perhatian difokuskan pada otomatisasi kantor Fokus potensial pada konsultasi. Sistem pendukung keputusan Fokus pada Komunikasi. Pengolahan Data Elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (S IA). sehingga pengambilan keputusan pada dasarnya hanyalah tinggal memilih saja 3. Sistem Informasi Manajemen • • Merupakan sistem informasi yangmenghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen Sistem informasi Manajemen adalah serangkaiansub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga . yaitu : 1. Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari tiap area aplikasi yang berbasis komputer – SIA. EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER • • • • • Fokus awal pada data. OA. dan ES. Informasi disajikan secara lisan atau tulisan oleh suatu pengolah informasi. Setelah diterima client segera melakukannya. Fokus revisi pada pendukung keputusan. contoh Sistem Pakar MODEL SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER 5. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support S ystem) • • Suatu sistem yang berbasis computer secara terpadu. 4.

Tergantung dari desainnya. Otomatisasi Kantor • • Sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai denganmgaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. S istem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan. 4. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. 5. . Sistem Pakar • • • Sistem pakar adalah suatu program komputer yangmengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan.

atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko. dan tidak berakhir dengan penjualan. Orientasi pada Konsumen 2. dan ada pula yang berbeda.[1] Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus. . Konsep pemasaran Sebagai falsafah bisnis. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi. dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk. Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan. akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. ada yang cocok sama satu sama lain. Kepuasan Konsumen Perilaku Organisasi Definisi Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi. perencanaan. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral 3. Secara definisi.Manajemen pemasaran Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya. bekerjasama secara rasional dan sistematis. Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton. pelaksanaan. 1982). Tiga unsur konsep pemasaran: 1. terencana. Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya. 1978). dan penjualan. untuk berkembang. 1980). dan untuk mendapatkan laba. konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran".

• • • • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama [2].[1] Pada dasarnya partisipasi didefinisikan sebagai keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan.[1] Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.[1] Partisipasi Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah semata. mesin. metode.[1]. meskipun pada saat mereka menjadi anggota. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama [3].[1] Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih[4]. lingkungan). Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka. orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.[1] Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan mental. dalam memanfaatkan sumber daya (uang. yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.[1] Unsur-unsur . Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi. sarana-parasarana. bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar.[6]. James D. Chester I. pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran [1] Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi.[1] Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan. terpimpin dan terkendali.[1] Rasa keterkaitan ini. material. Stephen P. karena memberikan kontribusi seperti. pikiran. dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.[1] Akan tetapi sebaliknya. dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan. [5].terorganisasi. data.

kesukarelaan untuk membantu kelompok. maka unsur-unsur itu ditumbuhkan oleh komunikator. misalnya menggunakan bahasa yang sama atau yang sama-sama dipahami. 2. lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah. sehingga tercipta pertukaran pikiran yang efektif atau berhasil. bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan. yaitu sebagai berikut[1]: 1. dan kalupun belum ada. Pesan tersebut mengandung informasi mengenai apa dan bagaimana serta mengapa diperlukan peran serta[1].[1] Partisipasi harus memiliki kemampuan untuk berpartisipasi. Bilamana dalam kegiatan partisipasi ini diperlukan dana perangsang. Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness”. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota. Pikiran dan tenaga Keahlian Barang Uang Syarat-syarat Agar suatu partisipasi dalam organisasi dapat berjalan dengan efektif.[1] Para pihak yang bersangkutan bebas di dlam melaksanakan peran serta tersebut sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. hendaknya dibatasi seperlunya agar tidak menimbulkan kesan “memanjakan”. 6. Untuk dapat berpatisipasi diperlukan waktu. artinya tidak dilakukan pemaksaan atau penekanan yang dapat menimbulkan ketegangan atau gangguan dalam pikiran atau jiwa pihak-pihak yang . yang akan menimbulkan efek negatif.[1] Bila partisipasi diadakan untuk menentukan suatu kegiatan hendaknya didasarkan kepada kebebasan dalam kelompok.[1] Subyek partisipasi hendaknya relevan atau berkaitan dengan organisasi dimana individu yang bersangkutan itu tergabung atau sesuatau yang menjadi perhatiannnya. Jenis-jenis Keith Davis juga mengemukakan jenis-jenis partisipasi. dalam arti kata yang bersangkutan memiliki luas lingkup pemikiran dan pengalaman yang sama dengan komunikator. 4. Unsur ketiga adalah unsur tanggung jawab. membutuhkan persyaratanpersyaratan yang mutlak yaitu . Tenaga (physical partisipation) 3. [1] • • • Partisipasi harus memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi timbal balik. Unsur kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok. • • • • Waktu. 5. Waktu yang dimaksudkan disini adalah untuk memahamai pesan yang disampaikan oleh pemimpin.Menuruth Keith Davis ada tiga unsur penting partisipasi[1]: 1. 3. Unsur pertama. bahwa terdapat rasa senang. Pikiran (psychological participation) 2. Ini berarti.

3. 5. Organisasi politik Organisasi sosial Organisasi mahasiswa Organisasi olahraga Organisasi sekolah Organisasi negara . Hal ini didasarkan kepada prisnsip bahwa partisipasi adalah bersifat persuasif. 6. 4.[1] Bentuk-bentuk organisasi 1.bersangkutan.[1] Partisipasi dalam organisasi menekankan pada pembagian wewenang atau tugas-tugas dalam melaksanakan kegiatannya dengan maksud meningkatkan efektif tugas yang diberikan secara terstruktur dan lebih jelas. 2.

Kas . Sedangakan keseimbangan kualitatif merupakan keseimbangan antara elemen-elemen kekayaan dengan elemen-elemen utang dam modal perusahaan. Ia harus mempunyai sejumlah dana untuk membeli dan membayar suatu rekening. bagaimana mendapatkan dana. Investasi yang paling besar dalam perusahaan pada umumnya berbentuk aktiva tetap yang merupakan investasi jangka panjang. yaitu penggunaan jangka pendek dan penggunaan jangka panjang. Penggunaan jangka pendek dapat ditujukan sebagai aktiva lancar. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa manajer keuangan itu bertanggung jawab baik mengumpulkan maupun mengeluarkan uang. Ia juga harus dapat menilai beberapa alternatif sumber dana untuk menentukan salah satu yang dianggap paling ekonomis. pembelanjaan itu menyangkut fungsi perusahaan yang berkaitan dengan pencarian dan penggunaan dana secara efektif dan efisien. Ini berarti bahwa penggunaan jangka panjang tersebut meliputi elemen-elemen yang tidak dapat ditukarkan dalam bentuk kas selama periode satu tahun. dan peralatan. pabrik. Keseimbangan kuantitatif adalah keseimbanagan nilai rupiah atara kekayaan dengan utang dan modal yang memerlukan persyaratan-persyaratan tertentu. sekaligus menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar.Pembelanjaan Perusahaan Pembelanjaan Arti Pembelanjaan dan Fungsi Manajer Pembelanjaan adalah sutau usaha menyangkut bagaimana perusahaan harus mengorganisir untuk mendapatkan dana. Penggunaan Dana Metode penggolongan untuk penggunaan dana ini dibagi menjadi dua. merupakan fungsi yang paling pokok bagi manajer keuangan atau manajer pembelanjaan perusahaan. Didalam perusahaan harus dipelihara adanya keseimbangan yang menguntungkan untuk mendukung perkembangannya. baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Dana jangka pendek ini sangat penting kegiatan perusahaan sehari-hari. bagaimana menggunakan dana. Keseimbangan tersebut terjadi antara kekayaan (aktiva lancar dan aktiva tetap) di satu pihak dengan utng dan modal (pasiva) di lain pihak. Keputusan tentang sumber dana yang paling baik dan bagaimana dana tersebut harus digunakan. Penggunaan Dana Jangka Pendek 1. Jadi pada prinsipnya. Aktiva dapat diartikan sebagai elemen kekayaan dan jangka pendek menunjukkan bahwa elemen-elemen tersebut diharapkan dapat ditukarkan menjadi uang tunai/kas dalam jangka waktu tidak lebih dari satu tahun. dan bagaimana laba perusahaan akan didistribusikan. seperti tanah.

Sertifikat deposito merupakan tanda bukti kewajiban membayar yang dikeluarkan oleh bank komersial. Surat-surat Berharga Manajer keuangan yang sedang memelihara keseimbangan antara likuiditas dan profitabilitas mempunyai alternatif untuk cenderung memegang jumlah kas yang lebih besar. 2. persediaan barang dalam proses atau barang setengah jadi dan persediaan barang jadi. Manajer keuangan bertanggung jawab membuat kepastian bahwa kas selalu tersedia bilaman diperlukan dan memanfaatkan kas untuk memaksimumkan pendapatan bunga. Aktiva tetap tersebut dapat berupa : 1. Peralatan yang dimiliki peruashaan berupa mesin. . harus mempunyai sejumlah investasi di situ. Dari sejumlah kas yang dipegang oleh manajer. bagi perusahaan piutang ini sering terjadi dari adanya penjualan kredit kepda pembeli yang jumlahnya dapat mencapai 20% dari seluruh aktiva. sebagaian besar investasinya pada umumnya diwujudkan dalam bentuk aktiva tetap jangka panjang.Sejumlah dana yang ada dalam perusahaan diwujudkan dalam bentuk kas. dan peralatan lainnya yang dipakai dalam produksi. Persediaan Bagi perusahaan yang memelihara sejumlah persediaan barang untuk memenuhi permintaan pembeli secara cepat. Investasi tersebut dapat dilakukan secara terus menerus dalam bentuk persediaan bahan. tidak selruhnya berwujud uang tunai. Luas tanah ini tidaka akan berpengaruh pada pajak pendapatan meskipun dapat dikenai dengan pajak yang lain. 4. Tugas manajer keuangan yaitu mengetahui aliran kas dan anggaran kas. Pada saat bangunan tersebut habis umurnya. Penggunaan Dana Jangka Pnjang Untuk perusahaan manufaktur. Prinsip tersebut adalah meminimumkan jumlah kas yang diperlukan untuk kegiatan perusahaan dan memaksimumkan jumlah dana untuk investasi yang dapat menghasilkan bunga. Salah astu jenis surat berharga yang banyak beredar di Indonesia adalah sertifikat deposito (certificates of deposit). Bangunan yang dimiliki oleh perusahaan harus ditentukan umurnya. 3. perusahaan dapat membeli bangunan baru yang sama dengan menggunakan dana yang sudah berkumpul sekian tahun. tetapi berwujud cek yang setiap saat dapat diuangkan di bank. Ini diperlukan untuk mengolah bahan menjadi produk jadi. Semua peralatan tersebut juga perlu disusut karena daya gunanya semakin lama semakin berkurang dan penyusutan ini akan berpengaruh pula pada pembayaran pajak pendapatan. Jumlah uang dan jangka jatuh temponya berbeda-beda. Piutang Untuk mempertahankan pembeli-pembeli yang ada dan untuk menarik pembeli baru. Tanah yang dimiliki oleh perusahaan merupakan aktiva tetap dengan jangka waktu yang tidak terbatas. 3. 2. terutama untuk membayar gaji dan rekening-rekening lainnya. Jadi. Dalam pengelolaan kas terdapat suatu prinsip umum yang harus dipegang oleh manajer. Kemudiaan perusahaan harus menyisihkan sejumlah dana setiap tahun dari penghasilannya. ia dapat menginvestasikan kas tersebut ke dalam surat-surat berharga yang dapat mengfashilkan bunga. banyak perusahaan yang memberikan atau mengenakan pembayaran secara kredit kepada mereka. alat angkut.

Analisis Investasi Ktiva Tetap Setiap investasi dana perusahaan ke dalam aktiva tetap memerlukan suatu analisis. yang meliputi : • Dana dari pemilik. Metode internal rate of return (IRR) c. Nilai uang pada saat ini (present value) b. Nilai uang yang akan datang c. Berdasarkan konsep berbunga ini. Analisis tersebut bertujuan melihat apakah investasi itu dapat memberi kontribusi yang cukup baik terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Berasal dari dalam perusahaan. Dana ini biasanya diwujudkan dalam bentuk saham dan pembelanjaannya disebut pembelanjaan sendiri. • Dana dari utang/pinjaman yang dapat berupa utng jangka pendek dan utang jangka panjang. Metode pay off period (POP) Dua metode pertama. pay off period mengukur efisiensi dari aspek waktu. Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan dari kedua sumber dana tersebut. yang meliputi : • Penggunaan laba perusahaan • Penggunaan cadangan • Penggunaan laba yang tidak dibagi/ditahan 2. Masalah time value of money dipengaruhi oleh tiga faktor.250. Sebagai contoh. Metode net present value dan internal rate of return dalam penerapannya dipakai konsep time value of money. Terdapat tiga metode analisis investasi yaitu : a.000. Tingkat bunga (tingkat of return) Sumber Dana Jika ditinjau dari asalanya. Pembelanjaan dengan sumber dana dari luar perusahaan ini disebut pembelanjaan ekstern. net present value dan internal rate of return mengukur efisiensi investasi dai aspek penggunaan uang. Konsep bunga berbunga dari uang yang ditanamkan merupakan basis dari masalah time value of money ini. sedang metode ketiga.00 pada tahun kedua nilai uang itu akan menjadi Rp 132. Dapat digunakan sewaktu-waktu . • Dari dalam perusahaan Kebaikan : 1. yaitu : 1.000. Pembelanjaan dengan sumber dana dari dalam perusahaan ini disebut pembelanjaan intern. sumber dana perusahaan dapat dibagi menjadi 2 golongan besar. Metode net present value (NPV) b. Pemihan Sumber Dana Ada dua sumber dana yaitu dari dalam perusahaan dan dari luar perusahaan. Berasal dari luar perusahaan. bila waktu berjalan nilai uang akan semakin bertambah. maka nilai uang setahun mendatang akan menjadi sebesar Rp 115.00. kita mempunyai uang Rp 100. Faktor-faktor tersebut adalah : a.00 bila tingkat bunga sebesar 15% per tahun.

Kredit jangka panjang adalah kredit yang jangka waktunya lebih dari satu tahun. Menggunakan dana intern dan ekstern Sumber Dana Intern Cara yang paling mudah memenuhi kebutuhan dana perusahaan adalah dengan cara mengambil dana yang sudah tersedia di perusahaan. Jumlah dana sangat terbatas 2. Kredit jangka pendek adalah kredit yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun. Perusahaan dihadapkan pada pilihan untuk digunakan sendiri atau digunakan untuk hal lain yang lebih menguntungkan • Dari luar perusahaan Kebaikan : 1. Ada kewajiban untuk mengembalikan utang Masalah pemilihan sumber dana yang harus diatasi oleh perusahaan adalah mngusahakan keseimbangan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Menggunakan dana intern saja 2. Jumlah dana tidak terbatas 2. Termasuk kredit jangka pendek ini adalah : • Kredit rekening Koran • Kredit belening • Kredit wesel • Kredit penjual • Kredit pembeli • Aksep 2. Tidak ada kewajiban membayar bunga 3. pemecahannya dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip opportunity cost yaitu dengan memberikan beban bunga pada dana milik sendiri yang dipakai sendiri. dana intern ini dapat diinvestasikan pada sektor mlain seperti pembelian saham atau obligasi dari perusahaan lain. Beberapa alternatif yang dapat dipilih adalah : 1. Menggunakan dana ekstern dengan menjual saham dan mencari pinjaman 5. Dapat diperoleh dari berbagai sumber 3.2. Tidak ada kewajiban mengembalikan Kelemahan : 1. Menggunakan dan ekstern dengan mencari pinjaman/kredit 4. Termasuk . Menggunakan dana ekstern dengan menjual saham 3. Perusahaan dikenakan beban utang dan dividen untuk saham 2. Apabila perusahaan menghadapi masalah seperti itu. Tetapi dana intern ini biasanya sangat terbatas. Sumber Dana Ekstern Pada umumnya kredit dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu : 1. Jika digunakan sendiri kurang menguntungkan. Bersifat fleksibel Kelemahan : 1.

Jangka kritis b. yaitu : 1. Kredit Lembaga Keuangan Kredit yang diajukan oleh perusahaan akan disetujui apabila perusahaan tersebut dianggap “layak” untuk diberi. beban bunga kredit jangka pendek ini lebih besar daripada beban bunga kredit jangka panjang 2. Capital Capital atau modal ini merupakan salah astu syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan. perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor berikut ini : 1. Capability Capability ini merupakan kemampuan perusahaan untuk mengangsur atau mengembalikan .dalam kredit jangka panjang : • Hipotik • Obligasi • Kredit bank • Kredit dari negara lain Optimisasi Modal Sebagai pedoman untuk menentukan batas waktu antara kredit jangka pendek dengan kredit jangka panjang adalah periode satu tahun. Jangka kritis Yang dimaksud dengan jangka kritis adalah jangka waktu di mana penggunaan modal asing jangka pendek biasanya (beban bunganya) sama besar dengan apabila preusahaan menggunakan modal asing jangka panjang Adapun kriteria yang bisa dipakai untuk menentukan apakah menggunakan kredit jangka pendek atau kredit jangka panjang ada dua macam yaitu : a. Bunga kredit jangka panjang 3. Beban bunga Dari segi beban bunga manakah yang lebih rendah. Dan harus dihitung pula pemanfaatan modal atau simpanan yang diterima dari modal yang tidak digunakan sejak berakhirnya jangka waktu penggunaan sampai dengan berakhirnya masa kredit. Untuk mendapatkan kredit perusahaan sekurang-kurangnya harus memiliki modal sebesar 25% dari jumlah kredit. 2. Bunga kredit jangka pendek Biasanya. Jangka waktu pemakaian modal Jangka waktu pemakaian modal ini bisa dalam beberapa bulan atau bias lebih dari satu tahun 5. Hal ini harus dibuktikan dengan suatu studi kelayakan (feasibility study) dan syarat-syarat lain yang biasa disebut dengan 4 C. Bunga simpanan bank Bunga simpanan bank ini merupakan bunga yang diterima oleh seseorang apabila ia menyimpankan uangnya di bank 4. itulah yang dipakai. Untuk menentukan apakah sebaiknya mengambil kredit jangka pendek atau kredit jangka panjang.

cukup dengan surat perintah kerja (SPK) dari pemberi kerja (bouwher). dengan mencari current ratio dan quick ratio. yaitu : a. 3. Mampu membayar utang-utangnya pada setiap saat ditagih. Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua utang-utangnya pada saat perusahaan dilikuidasi/dibubarkan. Tujuan dari quick ratio adalah untuk mengetahui jumlah kekayaan yang dapat dengan cepat dicairkan dalam bentuk uang tunai. Collateral Collateral ini merupakan syarat di mana setiap kredit yang diterima perusahaan harus dijamin dengan harta tetap sekurang-kurangnya bernilai 150% dari jumlah kredit. . Kemampuan ini disebut likuiditas perusahaan Untuk menentukan likuiditas dapatlah digunakan dua rumus berikut. Kredit Kelayakan Kredit ini tidak harus dijamin dengan harta tetap. Termasuk dalam kategori aktiva lancar ini : • Kas • Bank • Surat-surat berharga • Piutang • Persediaan barang Utang lancar adalah semua utang jangka pendek perusahaan.pinjaman dan membayar bunga. Apabila perusahaan mampu memenuhi semua kewajibannya pada saat dibubarkan. Kemampuan ini disebut likuiditas badan usaha b. Ini dapat dilihat dalam neraca sisi debet. kewajiban-kewajiban yang harus dapat dipenuhi oleh perusahaan ada dua macam. Sedangkan kalau perusahaan tidak mampu memenuhinya. Besarnya kredit sangat terbatas. dikatakan insolvabel. Mampu membiayai operasi perusahaan sehari-hari. Sedangkan total aktiva adalah semua kekayaan perusahaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan neraca perusahaan. berarti perusahaan tersebut dalam keadaan solvabel. Untuk menentukan solvabilitas dapatlah digunakan rumus sebagai berikut : Solvabilitas = Total Aktiva : Total Utang Utang perusahaan yang dimasukkan dalam rumus tersebut meliputi baik utang jangka pendek (utang lancar) maupun utang jangka panjang. Character Character ini dimaksudkan sebagai sifat pimpinan perusahaan karena dialah yang bertanggung jawab terhadap pengembalian kredit. Pada pokoknya. Rumus Current Ratio = Aktiva Lancar : Utang Lancar Rumus Quick Ratio = Aktiva Lancar – persediaan : Utang Lancar Aktiva lancar adalah aktiva/kekayaan peruashaan yang dapat dengan segera dicairkan dalam bentuk uang tunai. 4. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansialnya setiap saat. 2. Likuiditas Dan Solvabilitas 1. yaitu 30% dari kontrak kerja yang ditandatangani. meliputi aktiva lancar dan aktiva tetap.

sebab rentabilitas modal sendiri akan lebih besar dibandingkan apabila digunakan modal sendiri. Ada dua macam rentabilitas. sebab rentabilitas modal sendiri akan lebih besar dibandingkan apabila digunakan modal asing. Saham perusahaan ini dapat dibedakan ke dalam dua golongan. ditinjau dari likuiditas dan solvabilitas. Saham Preferen (Preferred Stock) Saham preferen atau saham dengan preferensi ini merupakan bentuk pemilikan dengan hak istimewa. Rentabilitas ekonomis dan rentabilitas modal sendiri mempunyai kaitan yang sangat erat dan saling mempengaruhi dalam setiap keputusan yang diambil. rentabilitas ini dapat diartikan sebagai kemampuan menghasilkan laba dari sejumlah dana yang dipakai untuk menghasilkan laba tersebut. Hak istimewa yang ada pada pemegang saham preferen ini adalah : • Pembagian dividen yang didahulukan • Pembagian dividen kumulatif . Solvable – likuid b. Insolvabel – illikuid Rentabilitas Secara umum. Rentabilitas Modal Rentabilitas modal sendiri merupakan kemampuan untuk menghasilkan laba dari sejumlah modal sendiri yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.Dengan demikian. Pasar Surat-Surat Berharga Dan Pasar Modal 1. para pemilik akan memperoleh pembagian keuntungan (dalam bentuk dividen) hanya apabila perusahaan memperoleh laba. 2. yaitu masalah apakah di dalam memenuhi kebutuhan dana perusahaan akan menggunakan modal asing (kredit) ataukah modal sendiri. yaitu : a. Rentabilitas Ekonomis Rentabilitas ekonomi merupakan kemampuan untuk menghasilkan laba dari keseluruhan modal. Artinya. Apabila rentabilitas ekonomis lebih besar disbanding dengan tingkat bunga modal asing. Beberapa kriteria yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan itu adalah : a. Saham Biasa (Common Stock) Saham biasa merupakan bentuk pemilikan tanpa hak istimewa. Insovabel – likuid c. maka lebih baik digunakan modal asing. Rentabilitas ini dapat dipakai sebagai alat pengukur untuk mengambil keputusan tentang financial leverage. Saham Saham merupakan tanda penyertaan di dalam perusahaan. yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. yaitu : 1. baik modal asing maupu modal sendiri. perusahaan mempunyai beberapa kemungkinan : a. Apabila rentabilitas ekonomis lebih kecil dari tingkat bunga modal asing. Solvabel – illikuid d. b. b. lebih baik menggunakan modal sendiri.

Obligasi dengan jaminan. piutang. perusahaan jawatan. Obligasi Secara formal obligasi merupakan surat perjanjian utang yang sengaja dikeluarkan oleh perusahaan sebagai salah satu sumber dan ekstern. masih ada jenis yang lain. Sesuai dengan pihak yang mengeluarkan a. Obligasi umum. rumah. yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan umum. Obligasi tanpa jaminan. yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah b. Kelemahannya adalah bahwa para pemegangnya tidak memiliki hak suara di dalam rapat pemegang asham. Adapun sifat-sifat dari obligasi ini adalah : • Dapat diperjual-belikan • Terdapat kewajiban untuk mnembalikan pokok pinjamannya • Terdapat kewajiban untuk membayar bunga • Terdapat jangka waktu yang pasti Jenis-jenis obligasi 1. mesin dll Selain jenis-jenis obligasi tersebut. Callable bond d. Obligasi perusahaan. Sesuai dengan karakter jaminan a. Registered bond c. yaitu : a. jaminan yang bias dipakai di sini antara lain : saham. yang biasanya diadakan paling sedikit sekali setiap tahun.• Pembagian kekayaan yang didahulukan Di samping hak-hak istimewa tersebut. saham preferen ini juga mempunyai kelemahan. dan perseroan terbatas 2. Convertible bond . seperti income bond dan debenture bond b. tanah. Coupon bond b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->