Soal Ujian Perspektif Global PDGK4303 (bagian 1

)
No 1. Berikut adalah pengertian dari perspektif global yaitu .... A. suatu pemikiran yang berlandaskan kepada kepentingan bersama B. suatu cerminan perilaku manusia yang harus memperhatikan kehidupan global C. suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global D. suatu tindakan manusia yang dapat merugikan orang lain jika tidak sesuai aturan No 2. Menurut Hamijono (Mimbar,1990) salah satu dari beberapa ciri yang terkait dengan gl;obalisasi adalah .... A. batasan wilayah suatu negara tidak jelas B. pengaruh negara maju sangat besar terhadap negara berkembang C. adanya saling ketergantungan antarnegara D. peran suatu negara sangat berarti terhadap negara lain No 3. Salah satu penyebab hilangnya budaya suatu tempat oleh budaya globaladalah .... A. tingkat pendidikan rendah B. gaya hidup global C. pengaruh teknologi D. budaya global lebih baik No 4. Sejalan dengan perkembangan jaman, bahwa ada dua ciri utama era globalisasi, satu diantaranya adalah .... A. tidak ada larangan bagi warga negara Indonesia untuk pindah menjadi warga negara asing B. kebebasan untuk bergerak di bidang sektor ekonomi

C. semua warga negara bebas menentukan jalan hidupnya masing-masing D. adanya pasar bebas yang menuntut kemampuan, kreasi, dan produk yang berkualitas No 5. Mendorong mahasiswa untuk mempelajari lebih banyak tentang materi dan masalah yang berkaitan dengan masalah global termasuk dari .... A. tujuan diberikannya materi perspektif global B. manfaat diberikannya materi perspektif global C. sasaran dari materi perspektif global D. fungsi dan materi perspektif global No 6. Adanya saling mengisi saling mengilhami sehingga ada kemajuan dan peningkatan antarbudaya bangsa merupakan bagian dari .... A. tujuan diberikannya materi perspektif global B. empat dimensi budaya dalam era globalisasi menurut Makagiansar C. model-model kerjasama dalam bidang budaya dengan negara lain D. strategi dari penanaman budaya bangsa yang harus dimiliki anak bangsa No 7. Pendekatan pragmatis dalam penerapan area-area subtansial yang terdapat didalamnya untuk kepentingan bersama, pendekatan ini merupakan .... A. peluang untuk suksesnya perwujudan APEC B. prinsip-prinsip APEC C. kesepakatan anggota APEC D. deklarasi negara-negara APEC No 8.

H. A. perubahan model rumah C. A.. produksi pertanian. dan masa yang akan datang merupakan definisi dari .. relasi sosial B. Mengamati. perspektif lingkungan No 9. merupakan ungkapan yang disampaikan oleh . Cole B. Tokoh yang terkait dengan kejadian itu adalah ..... John Naisbitt D. Gorbachev D. perilaku sosial No 12.. sosiologi psikologi antropologi geografi No 13. Menurut W.... pandangan global B...... perubahan cara bermasyarakat A.. Marshall McCluhan No 14. jika kita berusaha mempertahankannya..W. pendapat ini dikemukakan oleh . tujuan global D..... dan masalah serta peristiwa yang bersifat global untuk kepentingan umat manusia. konsumsi sumber daya. D. Alvin Toffler C. lingkungan sosial D. manghayati. baik untuk masa lampau. dan industrialisasi tidak terkendalikan. perspektif sejarah B. A. perspektif keruangan D. D.S. urbanisasi sebagai suatu proses dan terjadi karena adanya 3 peristiwa saling berkaitan. yang termasuk dalam proses urbanisasi adalah . masa kini. dan akan kelihatan ketika seseorang . Selama pertumbuhan penduduk.. Hubungan antarmanusia dalam lingkungan yang terbentuk oleh manusia itu sendiri disebut sebagai . B. Jiwa nasionalisme seseorang terkadang dipertanyakan.. fenomena. Brown & Brown B. Suatu pemahaman terhadap pengetahuan.Suatu kemampuan memandang secara mendalam berkenaan dengan fenomena.D. wawasan global C. H. proses. A. C. dan masalah keruangan permukaan bumi. J. A.. Waworoentoe.J. dan memprediksi perkembangan kebudayaan secara menyeluruh dimana aspek dan unsur kehidupan terintegrasi dalam kehidupan manusia termasuk dalam sudut pandang . Otto Sumarwoto No 15. kalimat ini mempunyai makna . . hubungan sosial C. Teknologi adalah penerapan pengetahuan oleh manusia untuk mengerjakan suatu tugas yang dikehendakinya. A.. Meadows C. A. Emil Salim D. Vladimir PutinNo 11. perspektif antropologi C. persepsi global No 16. A. membeli produk bangsanya lebih murah dibandingkan produk negara lain No 10. perubahan cara hidup orang kota B. Bush B.. Pengaruh perkembangan glasnotsdan perestroika menyebabkan negara adi kuasa Uni Soviet pecah menjadi negara-negara kecil. dan pencemaran global akan mengancam planet bumi. John Neisbit C.. perubahan model pakaian D.

A. abad informasi C. A. barsakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian B. hal ini sesuai dengan pendapat . Susanto Astrid S.. Melalui pendidikan kita memperluas persepsi anak. mangan ora mangan ngumpul. kasih anak sepanjang jalan No 22. hal ini merupakan bagian dari . gelombang ketiga .. peningkatan kebutuhan akan sandang dan pangan B.. HAR Tilaar C. A. Era globalisasi merupakan era informasi dengan sarana-sarananya yang dikenal dengan superhighway. kotak ajaib D. meningkatnya impor beras dan tekstil ke Indonesia D. Air susu dibalas air tuba. mengatasi situasi No 19. wacana ini menunjukkan bahwa dunia telah menjadi .. Susanto No 21. mengakomodasi B. pertama B.. merasa aman dan nyaman tinggal di negerinya sendiri C. hal tersebut ditunjukkan oleh .. Penguasaan terhadap sarana komunikasi seperti penguasaan bahasa yang merupakan syarat mutlak termasuk dalam era globalisasi .B. A... terjadinya peningkatan dalam penggunaan teknologi informasi No 23. ketiga D. dan mendidik untuk mengadakan reorientasi sikap dan nilai sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas. diantara pepatah tersebut adalah . Kasih ibu sepanjang jalan. Berakit-rakit kehulu berenangrenang ketepian. oleh karena itu pemanfaatan informasi superhighway marupakan suatu kebutuhan masyarakat modern.. terjadinya kenaikan jumlah pelanggaran HAM C.. kompetitif B. kualitas C. Dengan teknologi yang sangat tinggi orang sekarang tidak sulit dalam mencari informasi secara rinci sesuai dengan keinginannya.. Banyak pepatah dan motto yang nampaknya tidak lagi relevan dengan perkembangan dan kehidupan global. teknologi No 20.. dusun global B.. mereorientasi C... kekuatan ini oleh Emil Salim digolongkan ke dalam gelombang globalisasi . Salah satu ciri bahwa kualitas kemampuan penduduk sebagai sumber daya manusia (SDM) meningkat.. Suatu keadaan yang mencerminkan betapa cepatnya arus berita serta informasi yang harus direspon dengan cepat... A. kedua C. A. mengantisipasi D. komunikasi D. mewakili negaranya dalam kompetisi olahraga di tingkat internasional No 17. A.. Emil Salim B.. dalam keadaan susah kita tetap bersama C. memperjuangkan hak milik publik atau rakyat D. keempat No 18.. kebaikan dibalas dengan kejahatan D.

kemajuan IPTEK yang menghasilkan multimedia C. urbanisasi D. Republik Afrika Selatan B. A.. dan fisik maupun kehidupan sosial manusia dipermukaan bumi beraneka ragam. Ethiopia D. Menurut Merry M. Globalisasi banyak menimbulkan berbagai perubahan pada kehidupan manusia termasuk didalamnya isu-isu global yang bersifat negatif yaitu . Pizza Hut C. dibangunnya jaringan telepon melalui satelit D... A. Banglades No 30.No 24. banyaknya jumlah warga negara yang menggunakan telepon genggam (HP) B. penggunaan wartel dan warnet oleh anak usia sekolah C.. A. biskuit D.. Faktor yang mempercepat terjadinya arus informasi dari suatu kawasan ke kawasan lain dipermukaan bumi ini adalah ... masuknya penduduk ke negara tersebut disebut . berkembangnya model rambut dan model pakaian B.. Keterbatasan lapangan pekerjaan di tanah air menyebabkan penduduk Indonesia mencari pekerjaan ke negara Malaysia. kondisi. roti No 31. Secara alamiah. Dalam perkembangan dunia. hak asasi manusia D.. A. emigrasi B. imigrasi.. Kehidupan yang sudah mengglobal ternyata telah menyisakan kemiskinan hingga 40 % dari penduduk dunia yang ada . Yang termasuk pada ras kuning adalah . Bergulirnya globalisasi yang telah merambah diberbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya jenis-jenis makanan yang telah mengglobal yang dikelola oleh perusahaan tingkat dunia yaitu . dan pengungsian No 28. transmigrasi C. penduduk dan keluarga berencana C. banyak didirikan pusat-pusat perbelanjaan (Mall) No 25. Indian No 27.... sehingga secara rasial dapat dibedakan. A. Ghana C..... Hanamasa B. kaukasoid C. setiap negara daat digolongkan pada masingmasing golongan tergantung pada tingkat kemampuan menguasai IPTEK dan mengolah sumber daya alam bagi kepentingan kemakmuran penduduknya . negroid B. A.. imigrasi No 29. terjadinya penyalahgunaan obat terlarang No 26. hak rakyat menentukan pemerintahan sendiri B... A. Marryfield terdapat isu-isu yang terkait dengan masalah global salah satunya adalah self determination yang berarti . Adapun yang termasuk pada golongan negara sedang berkembang adalah . mudahnya memperoleh barangbarang berharga D. emigrasi. mongoloid D..

Oleh seorang tokoh hal ini disebut sebagai . Marryfield C.dalam tingkat kemiskinan yang serius. sekolah B. Henry J. Foley D. A. A. A... Dalam kehidupan di era global bahwa kita harus berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Masyarakat yang mengolah rotan menjadi barang jadi seperti kursi. C. Dengan berhasilnya perkembangan teknologi. Bartelmus No 34. Lingkungan rumah C.. A. perilaku manusia dengan segala akibatnya C. tertier D. warman B.. Mac Cluhan D.. Proses globalisasi yang tidak mengenal batas dan ruang dan batas waktu.. gaya hidup dan aktivitas manusia B. D. penyajian materi perspektif global tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan tidak lagi mengalami kesulitan mengingat sumber materi dapat diperoleh dari . bahan bacaan No 35. A. Muesing No 37. Kegiatan ini dapat dikatakan telah memasuki industri .. perspektif global dusun global Kepemilikan global batas global No 36... meja bahkan menjadi barang perdagangan luar negeri.. Parker dan Jarolimek B.. kendaraan No 32. Secara ideal sumber daya Alam (SDA) dapat menjamin kesejahteraan masyarakat dan sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan budaya dalam bentuk penerapa IPTEK. menunjukan bahwa hubungan antarkawasan atau negara seolah tidak ada batas lagi. Seorang pakar filsafat yang juga sejarawan dan geografiwan yang mengemukakan bahwa sejarah dan geografi . ekonomi C... Makagiansar B. A. HAR Tilaar No 33.. A. sekunder C. Emanuel Kant C. perumahan D.. tingkat lokal atau global D. A... eksploitasi manusia terhadap sumber daya alam No 38.. Hal ini sesuai dengan pendapat dari . pendidikan B. hal ini tertuang dalam "Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat dunia" yang disunting oleh . Hamijoyo D.. Mulya Lubis C. penduduk manusia dengan pertumbuhannya D. Dalam Pemberajaran IPS. faktor utamanya disebabkan oleh . Bagi masyarakat lapisan bawah yang lemah sangat sukar untuk mendapatkan perlakuan dan pelayanan HAM-nya secara wajar. Ungkapan ini dikemukakan oleh . kemiskinan ini menyangkut kebutuhan . T. kuliner No 39.. Marry M... B... primer B. G.

peraturan. Tokoh tersebut adalah . evaluasi konsep No 47.. memberi tugas kepada siswa mulai dari kepatuhan hingga ketepatan waktu No 46. A. media D. Henry J. A. Ada beberapa pengembangan terkait dengan keruangan yaitu ... strategi pembinaan konsep B. D.. penerapan konsep D. hukum. Gerald Foley No 40. Kelompok Roma yang telah mencanangkan masalah keterbatasan kemampuan planet bumi menjamin kehidupan. pembinaan konsep C.. jika tidak dilakukan upaya-upaya mengenai pembatasan pertumbuhan penduduk dan menekan kebutuhan hidup hingga batas minimal. dan undang-undang tertulis "hitam di atas putih" merupakan ciri negara yang . A.... metode No 45.. The Limit to Growth No 41. mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai fenomena yang kontroversial D.. A.. Warman D. Melakukan karyawisata dalam rangka mengembangkan kemampuan observasi menemukan realita.. Perspectives of Global Education B. membiarkan lingkungan D.... Suatu kondidi yang menggambarkan norma dan nilai telah tersusun dalam struktur tata tertib.. Pembinaan konsep dalam menanamkan berbagai pengertian tentang perspektif global seperti fenomena isu dan masalah controversial oleh karena itu dalam proses pembelajaran hal ini termasuk dalam . merekayasa lingkungan No 43. dan mengalami langsung kehidupan bagi siswa. Tesisnya terkenal dengan judul . Penerapan model pembelajaran perspektif global dengan cara memperhatikan hakikat dasar mental yang melekat pada diri siswa diantaranya adalah . James C. sangat modern B. memperhatikan konteks lingkungan C. A.merupakan "ilmu dwitunggal". Preston E.. terbelakang No 42.. A. metode yang diterapkan strategi yang diterapkan media pengajaran yang diterapkan teknik evaluasi yang diterapkan No 44. . Emmanuel Kant B. mempertahankan diri B... Environment ang Development C. B. memberi latihan dari yang sederhana ke arah yang kompleks C.. dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan B... evaluasi B. A... Dalam pembelajaran IPS salah satu yang perlu diperhatikan adalah konteks keruangan. A. modern C. Suatu proses pengajaran aspek konotatif dari konsep-konsep kegiatan merupakan . mengelompokkan seperti membuat tabel oleh John Jarolimek dimasukkan dalam pembinaan konsep tertuang dalam strategi . hal tersebut merupakan proses kegiatan pembelajaran dengan menerapkan .. strategi C. tradisional D.. Membuat daftar. C.

. terbuka B. sasaran evaluasi C. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif No 3.. A... menyeluruh.. tujuan evaluasi No 50. asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan B. lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan. fungsi evaluasi D.A.. prosedur evaluasi D. pertama kedua ketiga keempat D. terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat B.. C. asessmen No 4. A. C.. Best B. C. alat evaluasi Soal Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 (bagian 1) No 1. bermakna D. Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ..... kinerja guru C. Evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang dilakukan untuk mengungkapkan mutu atau hasil. adil No 5. asas evaluasi C. Steiner No 49. pengukuran D. tes B.. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah . John W. definisi tersebut dikemukakan oleh . terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar No 48. mutu pendidikan . evaluasi... Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli. hal tersebut termasuk dalam . kemajuan sekolah No 2. C.. B. A. Membuat laporan presentasi peserta didik berkenaan dengan hasil pembelajaran yang harus diketahui oleh orang tua masingmasing. A. A. A. D.. hasil belajar siswa B. A. tujuan evaluasi B. Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa . dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang A. Membuat kisi-kisi tes tertulis dalam rancangan prosedur dan alat evaluasi hasil pembelajaran perspektif global termasuk dalam . hakikat evaluasi B.. Alexander Graham Bell D. Hal ini sesuai dengan prinsip …. asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes D. Loren Bagus C.

Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi. memahami C. mengingat B. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah . mudah melakukan koreksi B.C. Perhatikan butir soal uraian berikut.. Penempatan C. Berdasarkan hasil tes. menerapkan D. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif.. membaca diagram. bakat No 7.. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes objektif. A.. seleksi B. satu soal hanya ada satu jawaban yang benar D.. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar D. maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah …. tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya D. A. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal.. melengkapi pilihan B. kecuali . pre test -post tes D. Butir soal tersebut ….. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur B... Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian. D. A.. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes .. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas No 12. A. tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat No 6.. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti C. melengkapi berganda No 8. sulit dalam penyusunan butir soal D. A. hindari pengulangan kata pada pokok soal C. A.. ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah . menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya C... satu soal hanya ada satu alternatif jawaban No 13. hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar B... tidak dapat digunakan untuk menggali ide No 9. Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa. A. menganalisis No 10. kecuali .. para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan D. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah C. hubungan antar hal C. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek No 11. kecuali . A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa B. penentuan alokasi waktu .

mengindentifikasi kemampuan siswa No 20. Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis .. karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap.. harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan …. tahun 1850 c.... yang berarti . langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka hasil belajar adalah . a. tahun 1951 d. dan pengalaman yang telah dimiliki. ada pengulangan kata tahun B. A. saran guru lain B.. disertai dengan kunci jawaban yang objektif No 19. Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep. tahun 2005 Butir soal tersebut tidak baik karena. Jika dibandingkan dengan analitic rubric. mampu menilai aspek kognitif. Rogers No 17. deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat .. mampu mengukur proses dan hasil belajar D. pertanyaan terlalu singkat No 15. penentuan indikator/tujuan D. Brunner C. khusus C. penentuan pokok bahasan C. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut . Pendapat ini dikemukakan oleh . A.. Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar. C.. A. hasil uji coba. melakukan uji coba D. Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian . A.. pendiatribusian butir soal No 14... dapat digunakan untuk berbagai jenis tes D. Perhatikan butir soal berikut. menentukan skala yang akan digunakan C.. R Spiro B.. mampu menyajikan nilai pretest dan post-tes B. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif D.. umum B. mengukur ingatan C. tahun 2001 b. Letusan gunung kelud yang cukup besar terjadi pada . A... lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif B. panjang .. A. tidak ditulis oleh guru yang mengajar C. biaya asesmen alternatif lebih murah B. A. pengetahuan.. saran kepala sekolah pertimbangan guru No 21.. A. pendek D..B. lebih bersifat bottom-up No 16. pokok soal merupakan kalimat yang belum selesai D. waktu yang diperlukan lebih singkat C. A menentukan tugas yang akan dinilai B. lebih mudah dalam pelaksanaannya No 18. afektif dan psikomotor C. Wittrock D...

kebijakan guru C. kumpulan nilai siswa D. guru dengan kepala sekolah B. A.... rekaman hasil karya siswa C. Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui .. meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.. A. maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara . Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. kebijakan sekolah No 24.. Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio A. A. memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa No 25. menjawab pertanyaan C.. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi/emosi anak adalah …. siswa dengan siswa lain No 27. kumpulan hasil karya siswa. wawancara C. gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah . kekurangan dan kelebihan siswa D. kelebihan yang ada pada diri siswa C. Pada tingkat receiving. kriteria tertentu B... namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah . Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah. A. guru dengan siswa.. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli.. kuesioner No 23. rangkaian hasil karya siswa D.. mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa D. mengajukan pertanyaan B. meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian No 26. A.. menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan C. . C. pengamatan langsung B.. menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik C. kekurangan yang ada pada diri siswa B.. cita-cita para siswa No 29. B. A..No 22. mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras B. angket D. siswa dengan kepala sekolah D. melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa B. memperhatikan uraian guru dengan baik D. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portopolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan . A. keinginan siswa D.. Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan. mengerjakan soal-soal yang diberikan No 28.

17. 80. maka persentase penguasaan Ali adalah .00 B.00 B. jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….No 30. A. 90. nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lain B. A.. 60. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam. reliabilitas C.. cara yang paling tepat dilakukan adalah . kebijakan guru D. A. menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah No 31. maka nilai ulanagan umum bahasa Indonesia yang diperoleh Ali adalah …. kriteria yang telah ditetapkan No 36. mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah B.00 D. Jika pendekatan kriteria dengan skala 100 yang digunakan. yang sangat kompleks No 32. 24. sedangkan jumlah skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45. maka nilai Sila adalah ..00 C. 77. Hasil pengamatan/observasi terhadap suatu kegiatan siswa dapat dikelompokkan berdasarkan . Ali mengerjakan 17 butir soal dengan benar. 80.. menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah D.00 No 34. Sila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar. capabilitas ... berpegang pada pedoman penskoran No 33. Dari 25 soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Dari 30 butir soal tes objektif. tes uraian terbatas C. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan tentang butir soal yang baik dilihat dari segi .. Sementara kawan yang terpandai hanya 1 butir soal yang salah. 10.77 B. tujuan pembelajaran B. A. yang sederhana D. pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksa C. Untuk menghindari terjadinya halloefect dalam pemeriksaan hasil tes uraian... A.00 C.00 D.. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidakmenggunakan formula tebakan. 68... tes uraian bebas B. A. pedoman penilaian C. Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35. 24.77 No 35.77 C.. lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan II D. dan anak yang terbodoh di kelas itu hanya mampu mengerjakan 5 butir soal dengan benar. menunjukkan hasil yang relatif sama. 96.. A.. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah …. A.00 No 37. Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler.77 D. 70. Suatu tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali. mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul C. validitas B.

55 D. 0. Dalam menjawab butir soal nomor 5.45. Berikut ini adalah data jawaban siswa dari butir soal no. 3. 7 dari siswa kelompok atas menjawab benar dan hanya 2 dari 10 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara . C. 0. menambah jumlah butir soal semaksimal mungkin B. A. penulisan butir soal D. 0... 0. No 42..80 No 44.50. dan tingkat reliabilitas rendah D.. kemampuan guru dalam menulis soal akan meningkat.. perhitungan skor B.. mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelek D. Setelah ditambah dengan 20 butir soal yang homogen. 0. 1. crediibilitas No 38. tingkat validitas tinggi.51 B. maka tingkat reliabilitasnya akan menjadi . Berikut ini adalah data tentang jawaban siswa pada suatu butir soal Dari tabel tersebut. tingkat reliabilitas tinggi No 39. 0.67 No 41. 0. tingkat validitas dan reliabilitas tinggi B. Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal adalah 0.40 B. tingkat validitas rendah.20 B. A. 0. menambah jumlah butir soal yang homogen C. 0. Daya beda butir soal tersebut adalah ….. Kaitan antara validitas dan reliabilitas yang dapat menunjukkan kualitas tes yang baik adalah ….50 C.70 D. Dengan melakukan analisis butir soal . A. angka yang menunjukkan tingkat kesukaran butir soal adalah … A. perhitungan koefisien C.. 0.00 No 43. A.. perbaikan butir soal. .53 C. tingkat validitas dan reliabilitas rendah C. 0.70 D.D. A. mengganti soal-soal yang dianggap jelek No 40. karena mereka terlatih dalam melakukan .

maka butir soal tersebut perlu direvisi pada …. D. dapat disimpulkan bahwa Nana … A. Berdasarkan data tersebut. .option B C. Dengan melihat hasil pre-test. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas. A... penelusuran B. A. melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya B.. nilai rata-rata diatas SKBM No 49. Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan . tidak lulus. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan posttest C. menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswa D. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar. lulus karena nilai rata-rata yang diperoleh lebih tinggi dari SKBM C. kunci jawaban A. pokok soal B. pengecekan C.keputusan komite sekolah No 48. pencarian D. keputusan kepala sekolah A. karena nilai matematika di bawah SKBM D. Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar. A. B. maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah …. tidak lulus. Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan nilai ujian yang diperoleh Nana. A. kebijakan pemerintah daerah setempat. option C No 45. penyimpulan No 46. seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar.. melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test No 50.. lulus karena jumlah nilai yang diperoleh lebih tinggi dari SKBM B. Jika Anda sebagai guru. manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi. melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah No 47. keputusan pemerintah pusat C.. C.Dari data di atas. menjelaskan kembali seluruh materi pelajaran C. A. yaitu . D. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik B. Seorang guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai siswa.

.. Pemanfaatan ruang yang terbatas dengan beberapa guru.. data nilai yang terkumpul lebih lengkap C. A. A. satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda B. . A. Pembelajaran kelas rangkap adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam … A. Soal Ujian Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302 (bagian 1) No 1.ciri model PKR 221 adalah. B.. Alasan yang mendasar diselenggarakannya pembelajaran kelas rangkap dari segi geografis adalah. C. pemanfaatan sumber secara efisien. dua mata pelajaran. guru mendorong dan meningkatkan keikutsertaan seluruh siswa dalam belajar.. D.. terbatasnya dana yang dikeluarkan.Berdasarkan hasil penilaian portofolio. B.. Jumlah guru berlebih B. D. Dari ilustrasi di atas yang perlu diperhatikan guru sesuai dengan prinsip PKR yang ideal adalah. D. nilai yang terkumpul lebih sempurna Salah satu prinsip khusus pembelajaran kelas rangkap yang menuntut muridnya mempunyai kemampuan berpikir dan mandiri adalah.. guru lebih mudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran. A. Tindakan yang dilakukan Santi tersebut mencerminkan salah satu prinsip PKR yaitu... D. satu kelas dalam satu ruangan D.. pedagogis B. kuantiti. tiga kelas dalam dua ruangan No 2..temannya untuk membantu teman lainnya mengerjakan tugas. D... mengisi waktu kosong. No 7. Satu kelompok murid sudah dapat membaca sedangkan kelompok yang lain belum bisa membaca dengan lancar.. Jumlah penduduk yang padat. Ciri. menyuruh Santi murid kelas 4 yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dibanding temam. Hal ini merupakan PKR dari segi. Bu Denta mengajar murid kelas 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan dua kelompok murid yang berbeda kemampuannya dalam satu ruangan.. dua kelas. pelaksanaan penilaian lebih mudah D. No 5. keserempakan kegiatan belajar. kehadiran guru yan kontinyu. kontak psikologis guru dan murid. No 4. A. waktu keaktifan akademik. dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswa B. No 3.pindah. keserempakan kegiatan pembelajaran. ekonomi. A. kadar tinggi waktu keaktifan akademik C. pemanfaatan sumber secara efisien. guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.. C. pemukiman yang berpindah. karena dengan penilaian ini …. C. keamanan.. A. C. kontak psikologis B. No 6. satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama C. satu ruangan. Bu Citra yang sedang mengajar kelas 3 dan kelas 4.

Yang termasuk kegiatan menutup pelajaran dalam proses belajar mengajar adalah. dua mata pelajaran. mengemukakan ide. dan kelas 5 dapat memberi contoh pemanfaata sumber daya alam. mengevaluasi proses belajar anak. nilai dan sikap.. merangkum materi pelajaran. Dengan harapan selesai belajar siswa kelas 6 dapat memecahkan kasus pencemaran lingkungan dari sudut hukum. pengait masalah. meningkatkan kesempatan siswa untuk mengeluarkan pendapat. kecuali. Berikut merupakan contoh PKR 321. memberikan aba. C. di mana kelas 4 dan kelas 5 akan mempelajari IPS dengan topik kekayaan alam. No 14. memperlihatkan gambar menarik. Setelah selesai pelajaran. . A. memberikan PR No 9. dua kelas. mengaitkan konseptual No 11. B. satu kelompok. memperhatikan minat siswa. mengemukakan tujuan dan batasbatas tugas.. memberikan tugas perseorangan. menumbuhkan motivasi belajar anak.. C.... B. D. D. D. memperlihatkan benda / gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran. C. dua kemampuan.. Berikut ini merupakan salah satu kegiatan guru untuk mengetahui penguasaan materi dalam proses pembelajaran adalah. memusatkan perhatian. No 8.. membuat rangkuman. D.aba perhatian dan ucapan salam pembuka. keterampilan. dan kebiasaan belajar melalui pemanfaatan rangsangan dari luar siswa. menarik perhatian siswa. Tindakan guru tersebut mempunyai tujuan untuk. membunyikan peluit. C. No 10. pertanyaan pemicu belajar. No 15. B. mendemonstrasikan keterampilan. menimbulkan motivasi. mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas. No 12. C. dua kelompok. meninjau kembali. memacu proses berpikir siswa dengan cara mengajukan pertanyaan. Komponen membuka pelajaran untuk menarik perhatian siswa dengan menggunakan model PKR 321 adalah sebagai berikut. mengemukakan tujuan dan batasbatas tugas. dua kelas. Berikut merupakan identifikasi keterampilan dasar mengajar untuk mendorong siswa belajar aktif. proses memperoleh pengetahuan. B. sedangkan kelas 6 akan mempelajari PPKn... Dari pernyataan di atas kegiatan tersebut mengacu pada cara guru. D. B. A. B... A.. menyampaikan pertanyaan apersepsi. satu mata pelajaran.. Berikut merupakan contoh kegiatan menarik perhatian siswa dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan. A. yaitu. memeratakan kesempatan siswa berbicara. B. C... kelas 4 diharapkan dapat mengidentifikasi sumber daya alam. No 13.. dua mata pelajaran. A. C. A. Bu Sinta menunjukkan muka yang manis serta penuh semangat dalam menjelaskan materi pelajaran. A. C. satu kelas... D.B. D. D...

pengaturan sinar. kelompok sosial. 2 C. kemudahan bergerak anak. Cakupan penataan ruang kelas yang baik meliputu hal. D.hal sebagai berikut.. olah pikir sejoli (OPS). No 20. dan berkemampuan lambat. fokus pada satu kelas D. mengarahkan dan memberi kemudahan belajar... 3 No 22.. No 24. No 23. daerah pemajangan. persamaan kemampuan.. B. A. Pernyataan tersebut tergolong kelompok belajar berdasarkan. A.. Olah pikir berebut (OPB). C. panas dan ventilasi B. B. diadakan pengamatan selama belajar.. 3. A. D. B.hal sebagai berikut.. B. konsultasi intra kelompok (KIK). 2. C. 2. Pada saat merencanakan kegiatan kelompok belajar secara teliti dapat dilakukan dengan. B. posisi meja guru. No 19. kecuali A. 3. 3.... A. persamaan hak. membuat pengaturan kelompok belajar... A. D. C. Siswa dapat mengembangkan kemampuan dan kebiasaan untuk saling berbagi ide dan membuat kesepakatan bersama mengenai sesuatu hal. penggunaan keterampilan. tidak diperlukan sudut aktifitas. 1 B. 1 D. A. tutorial teman sebaya (TTS) No 17. D. Salah satu identifikasi denah ruang kelas yang sesuai dengan model PKR adalah. TIK di atas sesuai dengan model. semua sumber belajar ada di dalam satu ruangan. Pembentukan kelompok belajar yang didasarkan pada murid yang berkemampuan cepat.. C... B. No 16. . D. sinar. A. C. 2.. kemampuan berbeda. mengadakan pendekatan secara pribadi. C..Berikut merupakan contoh perilaku guru dalam mengelola kelas PKR adalah sebagai berikut. berkemampuan sedang. sudut bermain peran. sudut seni dan kerajinan tangan.. Papan tulis Papan tulis guru Kelas 3 bhs Kelas 4 IPA Dari gambar tersebut guru kelas menerapkan kelas model.. A.. 2. C. serta menuangkan hasil kesepakatan dengan bahasa sendiri. sulit melakukan benerapa bentuk kegiatan yang bervariasi. Penentuan pemajangan hasil karya siswa merupakan penataan fisik kelas dari aspek. C. D. 2. No 18. perpustakaan. No 21. B. menggunakan ragam media D. pemberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan siswa. kemudahan bergerak.. menata kegiatan belajar mengajar. Pengaturan ruang PKR perlu memperhatikan hal. lapangan. membatasi gerak siswa.

C. No 30..Bu Denti mengajar merangkap kelas 4 dan kelas 5. mendiamkan saja. tidak perlu membahas materi tersebut. dan penghapus sebelum pembelajaran dimulai merupakan. D. No 25. C. Dari kegiatan di atas siswa kelas 5 merupakan tutor. A. D.. penggaris. diberikan bantuan belajar. proses belajar. aturan ruti kelas. No 26. bercocok tanam. kakak. Untuk menganti sipasi anak yang akan menyelesaikan tugasnya lebih awal. A. Dari kegiatan di atas. kelompok.. B...tiba ada seorang siswa yang membuat keributan dengan memukul. untuk membantu siswa kelas 4. Dalam proses pembelajaran. melakukan negosiasi. No 28. A. memberi hukuman. B.. tiba. B. langkah yang diambil guru tersebut merupakan. A. B. D. D. maka guru tersebut memerlukan bantuan siswa kelas 5 yang pandai... Dalam proses pembelajaran Bu Ani mengajar kelas 3 dan kelas 4.. mendatangkan guru bidang studi lain. mengundang sebagai nara sumber. A. . mengerjakan tugas sesuai perintah. C. proses evaluasi No 27. berkebun. pemanfatan tutor. C... budidaya laut B. agar tidak mengganggu siswa lain.. diberi hadiah. No 29. melaporkan keadaan sekolah. kegiatan siap B. Sekolah dalam melaksanakan kegiatannya mengatur langkah. mengumpulkan data B.... merangkap beberapa kelas. membagi kelas menjadi dua bagian.. Memeriksa persediaan kapur tulis. aturan rutin kelas. masingmasing kelompok sudah mengerjakan sesuai dengan tugas yang diberikan.. No 31. Contoh belajar mandiri yang disesuaikan dengan kondisi sekoplah didaerah pantai adalah. D. A. Dari kasus diatas yang dapat dilakukan guru tersebut adalah.mukul meja sehingga mengganggu siswa lainnya yang sedang belajar.langkah agar mendapatkan dukungan untuk membangun kerja sama dengan pihak lain disebut. maka Bu Siska merangkap mengajar kelas 5 hingga Bu Siska perlu mengumpulkan kedua kelas tersebut menjadi satu ruangan. Memanfaatkan sesama guru dari satu sekolah sebagai sumber belajar dalam PKR dapat dilakukan dengan cara. D.. C.. mempelajari bidang studi yang lain. Dari ilustrasi di atas yang harus dilakukan guru adalah. Karena banyak anak yang perlu diperhatikan. sebaya. mendiskusikan dengan guru lain yang lebih tahu. C. Bu Siska mengajar siswa kelas 4. memberikan penghargaan.. C. kegiatan siap.. D.. menjanjikan honor lebih. A... A. C. guru tersebut menyiapkan pekerjaan yang akan diberikan kepada siswa. karena Pak Hari tidak bisa hadir. B. Bu Siska pada waktu menjelaskan kurang menguasai materi yang diajarkan. berpasangan.

B. No 39. Perlengkapan dan sumber belajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan pusat sumber belajar adalah. D.. mandiri mengerjakan tugas. Prosedur dasar atau urutan langkah dalam pengembangan kerangka rencana pembelajaran sesuai dengan KTSP adalah. Pernyataan tersebut merupakan.. pengalaman belajar dan proses pembelajaran. perseorangan membuat kliping tokoh. D. D.. memanfaatkan hasil hutan. A.. No 38. jika rumusan indikatornya berbunyi siswa dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara di lingkungan desa dan kecamatan. standar kompetensi.. No 35.tokoh masyarakat. kompetensi dasar. memerlukan biaya tingga. indikator atau tujuan pembelajaran. D. lingkungan alam... sosial budaya.. C.. No 36. kantin. C. B. prinsip pemetaan materi B. wartel. A. indikator atau tujuan pembelajaran. C. A.. D. No 37. D. kompetensi dasar... Hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan lingkungan sebagai sumber belajar adalah sebagai berikut. indikator atau tujuan pembelajaran. pesuruh sekolah.. yang dapat dijadikan sumber belajar diantaranya adalah. A. berkaitan dengan materi yang diajarkan. maka yang dapat dijadikan sumber belajar adalah. posyandu. adat istiadat.. A. B. kompetensi dasar. B. bank. C.. Apabila ingin memperkenalkan tentang cara menabung kepada anak. mudah dijangkau. perseorangan membuat karangan tentang" menjaga kebersihan lingkungan" B. aman.. guru yang tidak menguasai materi.. tujuan pemetaan materi. puskesmas.. No 33. pengalaman belajar dan proses pembelajaran. Bu Dini mengajar mata pelajaran PPKn kelas 4.. A. pengalaman belajar dan proses belajaran. C. standar kompetensi.. maka pengalaman belajar siswa yang harus dirancang oleh guru di kelas berdasarkan PKR tersebut adalah siswa secara. standar kompetensi.. pengalaman belajar dan proses pembelajaran. Yang dapat dijadikan nar sumber pada waktu anak melakukan pengatan tentang terjadinya banjir adalah. dukungan orang tua siswa.D. Di kalangan tokoh masyarakat sebagai nara sumber. kakak kelas. C. No 34. media elektronik.. lembaga pemerintahan. berkelompok berdiskusi tentang lingkungan.. A. D. B. kompensi dasar. A. No 32. . menentukan standar kompetensi. tutor sebaya B. Guru perlu memanfaatkan sarana pendukung belajar murid yang tersedia atau dapat diadakan.. C. budayawan. indikator atau tujuan pembelajaran.

terstruktur. D. bekerja bakti di lingkungan RT. A. kelas 4. guru memantau dan selanjutnya murid berlatih di luar kelas.. A... mandiri B. pengembang. Kegiatan tersebut di atas merupakan bentuk latihan . . murid ditugaskan untuk memaparkan hasil diskusinya dan guru.murid berdiskusi secara kelompok dengan materi bahasan IPA. guru memberi balikan hasil diskusi murid tersebut. terbimbing. Setelah menyelesaikan diskusi. B. bermain bersama.. terstruktur. terbimbing..C. toleransi beragama.. Berdasarkan topik tersebut materi yang sesuai untuk kelas 1 adalah. perayaan natal bersama. No 42... B. D. D. di kelas 4 Bu nina menugaskan murid. C. Kegiatan tersebut sesuai dengan model Weil M & Mc Greal. Pada waktu bersamaan Bu Denta mengajar mata pelajaran PPKn dengan topik" Hidup rukun" di kelas 1.. C. yaitu merupakan bentuk latihan. dan kelas 5. Murid memahami konsep baru atau menguasai keterampilan. fungsi pemetaan materi. A. pengembangan. dasar pemetaan materi. Dalam proses pembelajaran. C. No 40. No 41. D. bebas.