P. 1
Resume Prosedur Penelitian

Resume Prosedur Penelitian

|Views: 71|Likes:

More info:

Published by: Hermanto Deli El-Faraby IV on Dec 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/30/2013

pdf

text

original

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2012

PROSEDUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK

12/12/2011

BAB I KEGIATAN PENELITIAN A. Siapakah Yang Pelu Meneliti Pada waktu belum ada ekuivalen tesis atau ekuivalen skripsi ,mahasiswa masih serius mempelajari metodologi penelitian karena akan merupakan bekal untuk mengadakan penelitian dalam rangka penulisan skripsi atau tesisnya.setelah mereka di perbolehkan mengambil ekuivalen skripsi atau ekuivalen tesis.lalu beranggapan bahwa ilmu tentang penelitian tidak di perlukan lagi. Mereka lupa atau mugkin belum menyadari bahwa siapapun boleh meneliti bahkan meneliti bahkan dengan tegas dikatakan bahwa siapapun dapat meneliti ,karena hanya dengan penelitianlah ilmu dapat dikembangkan secara ilmiah. Ahli-ahli lain mulai dari tukang sepatu ,pabrik rokok,tukang pakaian,konfleksi sampai ke ahli-ahli yang menanagani bom neutron dan voyager,semuanya sedang mengadakan penelitian wlaupun prosedur penelitianya berbeda-beda. B. Bagiamana Penelitian Di Lakukan 1. Operation research (action research) Adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh seseorang yang bekerja mengenai apa yang sedang ia lakukan sistem pelaksanaanya.Operation Research menunjuk pada kegiatan yang sedang berlangsung yakni bahwa penelitian yang dilakukan bukan menciptakan yang baru semata,tetapi menempel pada suatu kegiatan sedang berlansung. 2. Eksperimen Eksperimen adalah suatu cara yang mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua factor daan segaja di timbulkan oleh peneliti dengan mengelimimtasasi atau mengurangi atau meyisihkan factor-faktor lain yang menggangu. Secara ilmiah metodologis ada tiga cara menyisihkan faktor-faktor non –eksperimen:

PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK

Page 2

a. Disisihkan secara fisik dalam bentuk percobaan-percobaan di laboratorium. b. Disisihkan secara selektif c. Disisihkan dengan manipulasi statistic C. Apa Yang Di Teliti Penlitian yang berobjek masalah-masalah persekolahan,bertujuan untuk meningkatkan efektivitas program belajar-mengajar agar tercapai prestasi belajar secara maksimal. Siapapun ,dari bidnag manapun orang membutuhkan penelitian untuk menigkatkan usaha yang dilakukan .caranya ada dua macam yaitu meneliti apa yang telah terlaksana menurut kejadianya atau dengan segaja menimbulkan kejadian(eksprimen).dalam eksperimen di kenal adanya factor non-eksperimen yaitu : disisihkan secara fisik ,disisihkan secara selektif dan disisihkan dengan manipulasi statistik.

PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK

Page 3

maka percatatan-percatatan berikutnya juga harus diakukan pada bulan yang sama sehingga kondisinya sama.yaitu kelas I.satu hal yang mengutungkan adalah bahwa datanya dengan cepat dapat terkumpul.III.IV.dan VI .ingin mencoba metode pengajaran yang berprograman sebagai metode penyampaian pembelajaran. Penelitian Di Tinjau Dari Bidang Ilmu Berkenaan dengan jenis spesialisasi dan interes.maka tentu saja bidang yang di teliti banyak sekali ragamnya menurut siapa yang mengatakan penelitian . Pendekatan longitudinal (pendekatan bujur) Dengan pendekatan ini maka peneliti mencatat kemampuan berpikir sejak anak duduk di kelas I .berturut-turut setiap tahun perkembangan di catat yaitu kelas II.III.pendekatan silang tidak menggunakan subjek yang sama. Penelitian Ditinjau Dari Pendekatan 1.dalam waktu yang bersamaan. Pendekatan cross-sectional (pendekatan silang) Berbeda dengan pendekatan bujur.Apabila peneliti melakukan pencatatatan pertama pada bulan juni.II. 2. B. C.V.BAB II RAGAM PENELITIAN A.Ragam PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 4 .V dan kelas VI.peneliti mengadakan percatatan tentang perkembangan berpikir anak-anak sekolah dasar secara serentak.Yang perlu di perhatikan disinilah adalah waktu pencatatan di lakukan .maka disusun seri buku berprograman dari muali di coba dan di gunakan di sekolah.Jelas.yang dalam hal ini departemen pendidikan dan kebudayaan. Penelitian Ditinjau Dari Tujuan Pada tahun 1970 pemerintah Indonesia .IV.

analisis isi buku (conteent analysys) merupakan kegiatan yang cukup mengasyikan . D.lay-out.keteknikan . Penelitian Ditinjau Dari Tempatnya Selain penelitian di laboratorium.untuk dapat member keputusan mana yang baik –tepatnya lebih cocok penggunaan suatu pendekatan.perbankan.namun secara singkat dapat dikatakan variabel adalah hal-hal yang menjadi objek penelitian.dari istilah variabel itulah yang terkandung makna “variasi” variabel juga di sebut dengan istilah “ubahan”karena dapat di berubah-ubah.Dalam pertumbuhan ilmu pengetahuan suatu teori baru. E.penelitian ini akan menghasilkan suatu kesimpulan tentang gaya bahasa buku.Disebut sebagai variabel yang akan dating belum terjadi.juga yang ada dalam penelitian.ruang angkasa.bervariasi. Penelitian dilakukan terhadap variabel masa yang akan dating.dan sebagainya.maka teori yang ditumbangkan tersebut pasti tidak berlaku lagi.pendidikan ekonomi.penelitian di tinjau dari bidangnya adalah penelitian terhadap pendidikan (lebih sempit lagi pendidikan guru. Penelitian Ditinjau Dari Hadirnya Variabel Pengertian variable sendiri akan di jelaskan lebih banyak dalam bab lain.tentu tidak terlepas dari kebaikan dan kelemahan.tata tulis.adalah penelitian eksperimen seperti telah di sebutkan di bagian depan.keolahragaan. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 5 .dan kerugian. F.kecenderugan isi buku. Penelitian Kuantitatif Dan Kaulitatif Suatu pendekatan atau metode ilmiah.dan sebagainya).penelitian di perpustakaan juga banyak dilakukan .tetapi segaja didatangkan atau diadakan oleh peneliti dalam bentuk perlakuan (treatment)yang terjadi dalam eksperimen.yang menunjukan variasi baik secara kuantitatif maupun kaulitatif.kedokteran.dengan kata lain jika suatu toeri belum tumbang pasti masih memiliki keampuhan.ilustrasi.oleh karena itu.pertanian.terlebih dahulu perlu di pahami masing-masing pendekatan tersebut.keuntungan .yang ditetapkan (dijinggleng-jawa)dalam suatu kegiatan penelitian (point to be noticed).pendidikan kesehatan .

Pelaksanaan Penelitian 3. Persyaratan Penelitian Tampa ada penelitian. Memilih masalah 2. Ada tiga persyaratan penting dalam mengadakan kegiatan penelitian yaitu sistematis berencana dan megikuti konsep ilmiah. Merumuskan anggapan dasar .pengetahuan tidak akan bertambah maju padahal pengetahuan adalah dasar semua tindakan dan usaha. Pembuatan Rancangan Penelitian 2. Studi pendahuluan 3.BAB III CARA MENGADAKAN PENELITIAN A. Berencana: artinya dilaksanakan dengan adanya unsure dipikirkan langkahlangkah pelaksaannya. B.jadi penelitian sebagai dasar untuk menigkatkan pengetahuan .harus diadakan agar meningkatkan pula pencapaian usahausaha manusia. Pembuatan Laporan Penelitian Langkah-langkah penelitian tersebut selegkapnya adalah sebagai berikut: 1. Mengkuti konsep ilmiah: artinya mulai awal sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah di tentukan yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Merumuskan masalah 4. • • • Sistematis : artinya dilaksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana sampai kompeks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efesien. Prosedur Penelitian Sebenarnya masih dapat di sebutkan langkah-langkah penelitian lain yang lebih menitikberatkan pada kegitan administrative yaitu 1.merumuskan hipotesis PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 6 .

menentukan variabel dan sumber data. 8. 7. Menulisan laporan PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 7 . 9.5. Mengumpulkan data Analisis data Menarik kesimpulan 10. Memilih pendekatan . 6. Menentukan dan menyusun instrumen.

dua hal yang pertama bersumber dari peneliti (faktor intern) dan dua hal yang terakhir bersumber dari luar peneliti(factor ekstern).apabila disarikan ada empat hal yang harus di penuhi bagi terpilihnya masalah atau judul penelitian .Dari mana masalah di peroleh yang jelas masalah mesti merupakan bagian dari “kebutuhan “ seserang untuk dipecahkan. Penelitian dapat dilaksanakan 3. Masalah Judul Penelitian Secara singkat dapat di kemukan disini bahwa factor-faktor kondisi tersebut ada yang bersumber dari diri penelitian maupun dari luar.peneliti mempermaslahan fonemena atau gejala atas tiga jenis: PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 8 . B.Bagi orang yang belum berpengalaman meneliti menentukan atau masalah bukanlah pekerjaan yang mudah bahkan boleh dikatakan sulit .yaitu harus sesuai dengan minat peneliti harus dapat dilaksanakan harus tersedia factor pendukung dan harus bermanfaat .Secara garis besar . Jenis Penelitian Permaslahan dalam penelitian sering pula disebut dengan istilah problema atau problematic. Hasil penelitian bermanfaat C.BAB I V MEMILIH MASALAH A. Penelitian Harus Sesuai Dengan Minat Peneliti 2. Dari Mana Masalah Di Peroleh Memilih masalah penelitian adalah suatu langkah awal dari suatu kegiatan penelitian . Tersedia factor pendukung 4. 1.

3.1. Merumusakan Judul Ada orang berpendapat bahwa sebaiknya judul penelitian di tulis selegkap mugkin sehingga membaca judul dapat di ketahui kehendak peneliti dengan kegiatannya itu. Korelasi sejajar misalnya korelasi antara kemapuan berbahasa inggris dan kesetiaan ingatan. Problema untuk membandingkan dua fonemena atau lebih(problema komparasi). Korelasi sebab akibat misalnya korelasi antara teriknya sinarnya matahari dari larisnya es mambo. 2. Problema untuk mencari hubungan antara dua fonemena (problema korelasi) ada dua macam problema: a. 3.ada pula orang lain yang berpendapat bahwa judul penelitian sebaiknya sesingkat mugkin jika pembaca ingin tahu lebih lanjut apa yang di maksudkan oleh si peneliti . 3. 5. Judul penelitian yang legkap diharapkan mencakup 1. Sebaiknya . 2. Peneliti ingin mengetahui hubungan antara dua fonemena atau lebih.penelitian hitstoris.dan filosofis. 4. Sifat dan jenis penelitian Ojek yang di teliti Subjek penelitian Lokasi /daerah penelitian Tahun/waktu terjadinya peristiwa PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 9 . D. Jenis-jenis permaslahan tersebut biasanya lalu dijadikan dasar dalam merumuskan judul penelitian 1. Peneliti ingin membagun membandigkan status dua fonemena atau lebih. Peneliti ingin mengetahui status sesuatu 2. Problema untuk mengetahui status dan mendeskripsikan fonemena sehubungan dengan jenis permasalahan ini terjadilah penelitian deskriptif (termsuk didalamnya survey).harus membaca penjelasan dibagian lain. b.

Manfaat studi pendahuluan Didalam megadakan studi pendahuluan mugkin ditemukan bahwa orang lain sudah berhasil memecahkan masalah yang ia ajukan sehingga tidak ada gunanya ia bersusah payah menyelidiki mugkin juga ia megetahui hal-hal yang relevan dengan masalahnya sehingga memperkuat keinginannya untuk meneliti karena justru orang lain juga masih memaslahkan.Winarmo dikatakan bahwa setelah studi eksploratoris peneliti menjadi jelas terhadap masalah yang dihadapkan dari aspek historis hubungan nya denganilmu yang lebih luas situasi dewasa ini.calon peneliti dapat megetahui metode apa yang digunakan . Tahu bagaimana cara memperoleh data atau informasi 4.factor –faktor apa yang mendukung dan hambatan apa yang telah diambil untuk megatasi hambatan penelitiannya. Tahu dimana/kepada siapa informasi dapat diperoleh 3. 1. Selanjutnya oleh Dr. Dapat menentukan cara yang tepat untuk meganalisis data PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 10 . Megetahui dengan pasti apa yang aka diteliti 2.apabila ada orang lain meyelidiki masalah yang hampir sama atau belum terjawab persoalannya .hasil-hasil apa yang telah dicapai bagian mana dari penelitian itu yang belum terselesaikan .dan kemugkinankemgkinan yang akan datang dan lain-lainnya.BAB V STUDI PENDAHULUAN A.

dilihat .5.karena ternyata daerah yang akan dikujungi terlalu sulit untuk dicapai sehingga tidak akan seimbang antara biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang dicapai studi pendahuluan juga disebut pilot studi atau preliminary study.disingkat dengan tiga P.laporan penelitian atau penemuam sebelumnya (findings).majalah atau bahan tertulis lainya baik berupa teori .dokumen. Tahu bagaimana harus mengambil kesimpulan serta memanfaatkan hasil B. 1.mugkin megurungkan niatnya setelah mengadakan penelitian pendahuluan .lokasi atau benda-benda yang terdapat di tempat penelitian seseorang yang berhasrat besar untuk mengadakan penelitian kedaerah pendalaman.buku-buku. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 11 .yang dimaksud dengan objek disini adalah apa yang harus dihubungi .dan berkonsultasi.oleh karena dinyatakan dalam kata bahasa inggris untuk lebih mudahnya megingat . 2.studi ini juga disebut kepustakaan atau literature studi. Paper.bertaya. Person: bertemu .diteliti atau kunjungi yang kira-kira memberikan informasi tentang data yang akan dikumpulakan .ketiga objek tersebut ada yang berupa tulisan-tulisan dalam kertas(paper). denga dengan para ahli atau manusia sumber. Cara megatasi studi pendahuluan Seperti teori pengumpulan data pada umumnya maka sumbangan pengumpulan informasiuntuk megadakan studi pendahuluan ini dapat dilakukan pada 3 objek.manusia (person) atau tempat (place). 3. Place: tempat .

BAB VI MERUMUSKAN MASALAH A. Penjelasan seperti ini .metodologi(meliputi teknik sampling .alasan mengadakan penelitian .langkahlangkah jadwal kerja.harus memulai membuat rancangan telebih dahulu .ada yang meyebutnya dengan istilah proposal penelitian atau usulan penelitian sebenarnya desain dan proposal tidaklah sama.landasan teori penelaahan kepustakaan . Perlunya Merumuskan Masalah B.selain dicatumkan dalam rancangan penelitian juga dituliskan pada permulaan laporan penelitian yaitu: 1. Desain (design) penelitian adalah rencana atau rancangan yang dibuat oleh peneliti sebagai ancar-ancar kegiatan yang akan dilaksanakan.tujuan meneliti kegunaan hasil penelitian . Bagaimana Merumuskan Masalah Sebelum seseorang peneliti memulai kegiatannya meneliti .dan pembiayaan. Penegasan judul PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 12 . Didalam desain penelitian sekurang-kurangnya temuat judul penelitian penegasan masalah.rancangan tersebut diberinama desain penelitian.metode pngumpulan data dan metode analisis data).

Dr. BAB VII MERUMUSKAN ANGGAPAN DASAR A. Agar ada dasar berpijak yang kukuh bagi masalah yang sedang di teliti. Guna menentukan dan merumuskan hipotesis.Sc. Pengertian Menurut prof . Alasan pemilihan judul 3. Peneliti perlu merumuskan anggapan dasar: 1.apa yang sudah dibaca sebaiknya langsung dicatat pada kartu-kartu. 2. Tujuan penelitian 5. Untuk mempertegas variabel yang menjadi pusat perhatian 3.anggapan dasar atau postulat adalah sebuah titik tolak pemikiran yang kebenarannya diterima oleh penyelidik . PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 13 .seorang peyelidik mugkin meragukan sesuatu anggapan dasar yang oleh orang lain diterima sebagai kebenaran.2.dikatakan selanjutnya bahwa setiap penyelidik dapat merumuskan potulat yang berbeda. Winarno surakhmad M. Problematic 4. B.Ed. Keguanaan hasil penelitian. Cara Menentukan Anggapan Dasar Sebagai bahan pendukung anggapan dasar peneliti sebaiknya studi perpustakaan untuk mengumpulkan teori-teori dan buku maupn penemuan dari penelitian.cara ini sering disebut dengan istilah pada pencatatan pada sistem kartu bahan-bahan yang sudah di baca di tulis dalam sebuah kartu dengan topic subyek matter atau bagian dari permasalahanya.

BAB VIII MERUMUSKAN HIPOTESIS A.E.dicapai setelah penelitian selesai yaitu setelah pengolahan terhadap data. 3.R brurrough mengutarakan bahwa penelitaan berhipotesis(penelitian hipotesis) penting dilakukan dibagi: 1.Sutrisno Hadi MA. Jawaban permasalahan yang berupa kebenaran pada taraf teoretik. Jawaban terhadap permasalahan ini dibedakan menjadi2 hal sesuai dengan taraf pencapaian yaitu : 1. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 14 .tentang pemecahan masalah ini seringkali peneliti tidak dapat memecahkan permasalahannya hanya dengan sering kali jalan. Pengertian Pendapat dari Prof.dicapai melalui di baca.Drs. Penelitian meghitung banyaknya sesuatu(magnitude) 2.dan mencari jawaban melalui penelitian yang dilakukan. 2. Jawaban permasalahan yang berupa kebenaran pada taraf praktik. Peneltian tentang perbedaan (differencies).permasalahan itu akan di selesaikan segi demi segi dengan cara mengajukan pertayaan-pertayaan untuk tiap-tiap segi. Penelitian hubungan (relationship). Sehungan dengan hal ini G.

atau tidak terbukti sebaiknya mugkin seorang peneliti merumuskan sebuah hipotesis yang salah tetapi setelah dicocokan dengan datanya . Kekeliruan yang terjadi dalam pengujian hipotesis Benar tidaknya hipotesis tidak ada hubungan dengan terbukti dan tidaknya hipotesis tersebut .tetapi setelah data terkumpul dan dianalisis ternyata bahwa hipotesis tersebut ditolak .oleh karena itulah maka dari peneliti dituntut kemampuan untuk dapat merumuskan hipotesis ini dengan jelas . Hipotesis kerja 2. Hipotesis harus didukung oelh teori-teori yang dikemukan oleh para ahli atau hasil penelitian yang relevan. Cara menguji hipotesis PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 15 . Jenis-jenis hipotesis Hipotesis merupakan suatu pernyataan yang penting kedudukannya dalam penelitian . Hipotesis harus dirumuskan dengan singkat tetapi jelas 2. Hipotesis nol C. Ada dua jenis hipotesis yang digunakan dalam penelitian 1.hipotesis yang salah tersebut terbukti keadaan ini akan berbahaya apabila mengenai hipotsis tentang sesuatu yang berbahaya.soerang aahli bernama borg yang dibantu oleh temanya gal(1976:61) mengajukan adanya persyaratan untuk hipotesis sebagai berikut: 1. D. 3.Mugkin seorng peneliti merumuskan hipotesis yang diisikn benar . Hipotesis harus dengan nyata menunjukan adanya hubungan antara dua atau lebih variabel.B.

yang digambarkan dengan grafik seperti di bawah.Untuk keperluan ini dicontohkan penerapannya pada sebuah populasi berdidtribusi normal.bahan pengujian hipotesis tentu akan sampai kepada suatu kesimpulan menerima atau menolak hipotesis tersebut.Apabila penelitian telah mengumpulkan dan mengolah data. Didalam menetukan penerimaan dan penolakan hipotesis maka hipotesis alternative(Ha) diubah menjadi hipotesis nol(Ho). PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 16 .dengan asumsi bahwa tergambar di kurva normal.

Jenis pendekatan menurut timbulnya variabel adalah • • Pendekatan non-eksperimen Pendekatan eksperimen 3. Jenis pendektan menurut pola-poala atau sifat penelitian eksperimen sehubungan dengan pendekatan jenis ini maka dibedakan : a.BAB IX MEMILIH PENDEKATAN A. Jenis pendekatan menurut teknik sampling adalah: • • • Pendekatan populasi Pendekatan sampel Pendekatan kasus 2. Penelitian korelasi d. Penelitian historis e. Jenis-jenis pendekatan 1. Penelitian kasus (case-studies) b. Penelitian kausal komparatif c. Penelitian filsofis PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 17 .

Peneltian tindakan partisipatori(participatory action research)yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan menekankan keterlibatan masyarakat agar merasa ikut serta memiliki program kegiatan tersebut serta berniat ikut aktif memecahkan masalah berbasis masyarkat.sekaligus mencari dukungan ilmiahnya. Peneltian tindakan institusi (institutional action research) yaitu dilakukan oleh pihak pengelola sekolah sebagai sebuah organisasi pendidikan untuk menigkatkan kinerja. Prinsip penetuan pendekatan Ciri terpenting dari penelitia tindakan adalah bahwa penelitian tersebut merupakan suatu upaya untuk memechakan masalah.dari ciri tersebut maka penelitian tindakan dapat dilakukan dengan tujuan setting dan lokasinya sekaligus tertuang dalam namanyaa antara lain: a.dan produktivitas lembaga. b.4. C.yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru ke kelas atau sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan prkatis belajar. d. Penelitian tindakan kelas (classroom actin research ). c. Cross-sectional B. Model penelitian pendekatan PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 18 .proses. Penelitian tidakan kritis (cristal action research)yaitu penelitian dilakukan dengan menekankan adanya niat yang tinggi untuk bertindak memecahkan masalah dan menyempurnakan situasi. Longitudinal c. Jenis pendekatan menurut model pengembangan atau pertumbuhan adalah: a. One –shot b.

Unsur lingkungan g. Pelaksanaan tindakan Pengamatan Refleksi atau pantulan D. Unsur hasil pembelajaran f. Unsur pengelolaan E.Secara utuh tindakan di terapkan dalam penelitian tindakan kelas seperti digambarkan dlam bgan melalui thapan sebagi berikut: • • • • Menyusun rancangan tindakan yang dikenal dengan perencanaa. Sasaran objek penelitian tindakan Hal-hal yang dapat diamati sehungan dengan seiap unsur pembelajran tersebut antara lain adalah sebagimana yang disajikan dalam bagian berikut: a.sudah akan di penuhi dengan penjelasan tentang alasan.kemudian cerita tentang tindakan dengan siklus-silkusnya.tujuan. Unsur materi pelajaran d. Unsur peralatan atau sarana pendidikan e.manfaat dan isi penelitian . Unsur jiwa b. Laporan penelitian tindakan Membuat karya tulis laporan penelitian sebetulnya akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan artikel karena lahan tulisan . Unsur guru c.Pada akhir tulisan tinggal disampaikan hasil penelitian yaitu keberhasilan yang di peroleh dan hambatan atau kesulitan dalam pelaksanaan PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 19 .

pasangan penelitian dapat mengambil kepala sekolah dan atau guru yang supervise. Tujuan penelitian 2.apa saja aspek tersebut yang dapat kita angkat sebagai objek penelitian tindakan.kerja sama yang dilakukan dengan pengawas lain.apabila pengawasan melakukan penelitian kolaboratif .menurut pengalaman guru yang sudah melaksanakan satu kali ingin mengulangi lagi karena ada rasa senang.dapat dibicarakan bersama di sekolah atau kalau mugkin juga dalam forum komite sekolah apabila kita sudah terbiasa melakukan penelitian tindakan kelas jawaban untuk pertayaan itu bukan merupakan hal yang sulit.dan bagaimana strategi yang dapat kitapilih untuk implementasinya. G. Penelitian tindakan untuk kepala sekolah dan pengawas Pengawas dapat melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk menigkakan kinerja mereka.. Tersedianya subjek penelitian 4.tetapi masih ada factor –faktor lain yang juga tidak kalah penting artinya. Contoh rerencana penelitian tindakan kelas Masalah lain yang dapat di pandang penting adalah kepedulian peserta didik akan peraturan lalu lintas.dengan isi seperti itu maka karya tulis ilmiah sudah mencapai paling tidak sepuluh halaman. Penerapan pendekatann Slan pendekatan penelitian ini di pengaruhi oleh jenis dan jenis variabel .juga sangat memugkinkan . H.factor –faktor yang mempengaruhi jenis pendekatan ini antara lain: 1.perilaku mejaga kebesihan kepedulian terhadap lingkungan dan lainlain aspek yang berkenaan dengan perilaku yang baik. Minat atau selera peneliti PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 20 . F. Waktu dan dana yang tersedia 3.ditutup dengan rekomendasi atau saran .

Ed. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 21 . J.yang bersamaan.karyawan dari jenis kantor tertentu ditatar di tingkatkan mutu professionalnya atau guru mata pelajran yang ditatar untuk ditingkatkan kemapuan mengajarnya dilihat bagaimana dampak penataran tersebut sesudah kembali ketempat kerja. Survey sebagai salah satu pendekatan yang jarang disentuh Dikatakan oleh van dalen bahwa survey dapat luas bahkan sangat luas dan sempit ditinjau dari wilayah geografis maupun variaabelnya.sehubungan dengan pembicaraan ini prof . megatakan bahwa pada umumnya survey adalah cara mengumpulkan data dengan cara unit atau individu dalam waktu . Penelitian penulusuran.Dr.I. Winarno surakhmad M.pendekatan yang jarang disentuh Penelitian penulusaran juga dapat dilakukan untuk dapat dilakukan untuk melihat dampak suatu kegiatan penataran .Sc.

BAB X MENENTUKAN VARIABEL A.N kerliger menyebut variabel sebagai sebuah konsep seperti halnya laki-laki dalam konsep jenis kelamin insaf dalam konsep kesadaran.sedangkan data adalah hasil pencatatan peneliti. Variabel sebagai objek penelitian PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 22 . C. Variabel diskrit 2.baik berupa fakta maupun angka . Pengertian Dan Macam Variabel Istilah variabel merupakan istilah yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap jenis penelitian F.dari sumber SK manteri p adalah K No. Variabel kontinum B. Macam-macam variabel 1. Variabel dan databaik Variabel adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian .0259/U/1977 Tanggal 11 Juli 1977 disebutkan bahwa data adalah segala fakta dan angka dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi.

Status Variabel Dalam memebicarakan status variabel ini kita perlu melihat satu variabel dalam hubungannya dengan variabel lainya.Peneliti lain ingin menyelidiki besarnya kesadaran bermasyarakat bagi ornagorang yang mendapat pendapat P4. D.baik nilai penataran P4 maupun kesadaran bermasyarakat dapat di ukur . Memahami variabel yang bermakna Manfaat tidaknya hasil penelitian dapat diketahui anatara lain dari variabel yang ditemukan oleh penleiti: 1. E. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 23 .karenanya membutuhkan kejelian dan kelincahan berpikir pelakunya.digambarkan dalam bentuk angka dan di kategorikan sebagai variabel interval.dlam hal ini maka nilai penataran P4 dalam hal ini maka nilai penataran P4 dan kesadaran bermasyarakat merupakan variabel penelitian. 2. Pentingnya memahami variabel Memahami variabel dan kemapuan menganalisis atau mengeidentifkasi setiap variabel menjadi variabel yang lebih kecil (sub variabel) merupakan syarat mutlak bagi setiap peneliti memang mengidentifikasikan variabel dan sub –variabel ini itu tidak mudah . Sifat varibel Ditinjau dari sifat variabel penelitian dapat dibedakan menjadi dua yaitu variabel statis dan variabel dinamis.

Populasi Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian maka penelitianya merupakan penelitian populasi studi atau penelitiannya juga disebut populasi atau studi kasus C. Sampel Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti dinamakan penelitian sampel apabila kita bermaksud untuk menggenelisasikan hasil penelitian sampel.BAB XI MENENTUKAN SUMBER DATA A.baik pertayaan tertulis maupun lisan. Yang dimaksud dengan menggeneralisasikan adalah mengangkat kesimpulan penelitian sebagai suatu yang berlaku bagi populasi.apabila contoh penelitian terhadap PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 24 .apabila peneliti menggunakan kuesioner atau wawancara dalam pengumpulan datanya . B.maka sumber data disebut responden yaitu orang yang merespon atau menjawab pertayaan-pertayaan peneliti. Pengertian sumber data Yang dimaksud dengan sumber data dalam penelitian adalah subjek dimana data dapat di peroleh .

PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 25 . Adapun cara-cara pengambilan sampel penelitian ini dapat dilakukan sebagai berikut: 1. Unit anlisis Yang dimaksud dengan unit analisis dalam penelitian adalah satuan tertentu yang di perhitungkan sebagai subjke penelitian masih banyak peneliti pemula yang masih binggung membedakan antara pengertian objek penelitian subjek penelitian dan sumber data. Sampel kembar atau double sample D. E. Penelitian khusus Penelitian kasus adalah suatu penelitian yang dilakukan secara intensif terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi . Sampel kuota atau Quota sample 7.maka penelitian kasus hanya meliputi daerah atau subjek yang sangat sempit tetapi ditinjau dari penelitian-penelitian kasus lebih mendalam. Sampel proporsi atau proportional sampel atau imbangan 5.maka peneliti tidak hanya menyimpulkan. Sampel berstrata atau stratied sample 3.lembaga atau gejala tertentu.Ditinjau ddari wilayahnya.telivisi produksi PT Nasional tahun 1980 tersebut dipandang sebagai sampel . Sampel bertujuan atau purposive sample 6. Sampel random atau Sampel acak . Sampel wilayah atau area probability 4.sampel campur 2. Sampel kelompok atau cluster sample 8.

Tes PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 26 . Jenis-jenis metode atau instrumen pengumpulan data Secara garis besar .BAB XII MENENTUKAN DAN MENYUSUN INSTRUMEN A.maka alat evaluasi yang digunakan dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu: 1. Metode dan instrument Untuk berberapa metode kebetulan istilah bagi istrumennya memangnya sama dengan sama dengan nama metodenya: • • • Instrumen untuk metode tes adalah tes atau soal tes soal tes Instrument untuk metode angket atau kuisioner adalah angket atau kuesoner Instrument untuk metode observasi adalah check-list Instrument untuk metode dokumentasi adalah pendoman dokumentasi atau dapat juga check list • B.

mulai dan merencanakan .dokumentasi.merevisi jika sesudah di ujicobakan ternyata instrument belum baik . Pengadaan instrument Bagi instrument yang belum ada persediaan di lembaga pengukuran dan penilaian . Penetuan metode dan istrumen Tidak sedikit peneliti yang mengcaukan pengertian “metode dengan instrument” sebetulnya kedua hal tersebut berkaitan dan peneliti juga harus dapat memahami kaitanya • Metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitian nya seperti sudah di jelaskan variasi metode dimaksud adalah angket.menyusun . Skala bertingkat (rating) atau rating scale 6.wawancara. Interviu (interview) 4.mengadakan uji coba . Angket atau kuisoner(Questionnaires) 3.pengamatan atau observasi. Observasi 5. Dokumentasi C. 1.tes. Tes 2. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 27 .legkap.maka peneliti harus menyusun sendiri. D. Non-test(bukan tes) Oleh karena luas maslah non-tes maka akan dibicarakan sesudah tes selesai dengan langsung menyebutnya metode.dan sistematis.maka perlu diadakan revisi sampai benar-benar di peroleh instrument yang baik. • Instrument penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaan lebih mudah dan hasilnya lebih baik dalam arti lebih cermat.2.

oelh karena itu benar tidak benar tidaknya data .tergantung dari baik tidaknya istrumen pengumpulan data. Kekeliruan dalam menguji instrument Tidak sedikit mahasiswa yang keliru menguji keterandahan instrument kekeliruan berpangkat dari kesalahan menyamakan instrument angket berprestasi belajar. Penyediaan tolok ukur Tolok ukur atau criteria penilaian data merupakan sesuatu yang penting kedudukannya dan harus disiapkan sebelum peneliti bertolak mengumpulkan lapangan .E. G. F.karena data merupakan pengamatan variabel yang diteliti dan berfungsi sebagai alat pembuktian hipotesis. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 28 .dalam menguji keterandahan soal tes peneliti menghitung taraf kesukaran dan daya pembeda. Keampuhan instrument Didalam penelitian maka dapat mempunyai kedudukan yang paling tinggi.kedua perhitungan tersebut didasarkan atas asumsi kan bahwa kemapuan intelektual responden tergambar dalam kurva normal.Pada waktu peneliti mengadakan pengamatan misalnya tolok ukur sudah dibawa dan digunakan terutama untuk mengumpulkan data melalui pengamatan tolok ukur sangat diperlukan.

Menggunakan kuesioner atau angket PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 29 .tes bakat khsus.itulah sebabnya menyusun instrument pengumpulan data harus di tanggani secara serius agar di peroleh hasil yang sesuai dengan kegunaannya yaitu pengumpulan variabel yang tepat instrument yang sifatnya masih umum misalnya pendoman wawancara dan pedoman pengamatan masih mudah di interprestasikan (mugkin salah) oleh pengumpulan data.instrument yang berupa tes ini dapat digunkan untuk megukur kemapuan dasar dan pencapaian atau prestasi.BAB XIII PENGUMPULAN DATA A.dan sebagainya. Arti pengumpulan data Menyusun instrument adalah pekerjaan penting didalam langkah penelitian akan tetapi mengumpulkan data jauh lebih penting lagi terutama apabila peneliti menggunakan metode yang memiliki cukup besar celah untuk dimasuki unsur minat peneliti. C. Penggunakan Tes Untuk manusia .untuk mengukur kempuan dasar antara lain: tes untuk mengukur intelegensi (IQ) tes minat. B.

buku.Sebagian besar penelitian umumnya menggunakan kueisoner sebagai metode yang dipilih untuk mengumpulkan data .lengger.agenda.prasasti. Penggunaan metode interviu Disamping memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan data dengan metode interviu peneliti harus memikirkan tentang pelaksanaannya.lebih mudah jika dibandingkan dengan mengorek jawaban responden yang bertatap muka. Penggunaan metode observasi Dalam menggunakan metode observasi cara yang paling efektif adalah melengkapinya dengan format atau balangko pengamatan sebagai instrument format yang disusun berisiitem-item tentang kejadian atau tingkah laku yang digambarkan.kueisoner atau angket memang menpunyai banyak kebaikan sebagai instrument pengumpulan data. Penggunaan metode dokumentasi Tidak kalah penting dari metode-metode lain .dan sebagainya.notulen rapat. E. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 30 .transkrip.adalah metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan . F.memberikan angket kepada responden dan meghendaki jawaban tertulis .surat kabar. D.majalah.

B. b. Persiapan Kegiatan langkah persiapan ini antara lain: a. Tabulasi 3. Mengecek isian data PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 31 .BAB XIV ANALISIS DATA A. Persiapan 2. Mengecek nama dan indentitas pengisi. Mengecek kelengkapan data c. Langkah-langkah analisis data Secara garis besar . Penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian.pekerjaan analisis data meliputi 3 langkah yaitu 1.

bagaimana cara mengolah atau menganalisis data. Analisis data dan untuk tujuan testing hipotesis 4. Penerpan data sesuai dengan pendekatan penelitian Maksud rumusan yang dikemukan dalam bab ini adalah pengolahan data yang di peroleh dengan menggunakan rumus-rumus atau aturan-aturan yang ada sesuai dengan pendekatan penelitian atau desain yang diambil. Tabulasi G.R Burroughas mengemukakan klasifikasi analisis data sebagai berikut: 1.C. E.E. Analisis data untuk tujuan penarikan kesimpulan D.perbandingan seperti ini juga dapat dilakukan pada kenyataan dan harapan . F. Tabulasi Data (the tabulation of the data) 2. Penyimpulan data (the summarizing of the data) 3.bagi peneliti desskriptif yang menggunakan model-model analisis statistic pada umumnya justru binggung karena kurang atau beritahu rumus apa yang akan digunakan . Data penelitian membandingkan antara dua variabel Dalam analisis data berikut peneliti akan menganalisis Sesuatu data yang ditinjau dari dua hal misalnya. Analsis data penelitian deskriptif Data kuantitatif yang dikumpulkan dalam penelitian korelasional komperatif atau eksperimen diolah dengan rumus-rumus statistic yang sudah di sediakan baik secara manual maupun menggunakan jasa komputer.Teknik PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 32 .antara dua hal misalnya: antara keyataan dengan ketentuan yang ada.

berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. G.tentang prosedur kerja. Penelitian komprasi Untuk mengawali cara menganalisis data penelitian komprasi berikut ini disajikan penjelasan Dra.kritik terhadap suatu ide atau suatu prosedur kerja. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 33 .misalnya: 1.penelitian komparasi akan dapat menemukan persamaan –persamaan dan perbedaanperbedaan tentang benda-benda tentang orang.analisis membandingkan dapat di terapkan apabila peneliti ingin mengetahui dua hal.menurut beliau . Kenyataan seberapa tinggi perusahaan sudah memberikan kesejahteraan kepada para karyawan. Penelitian korelasi Apabila penelitian komprani bertujuan untuk mengetahui kesamaan dan perbedaan .tentang ideide.maka penelitian korelasi bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada. H.Aswarn Sujud tentang penelitian proposal komparasi. 2. Kondisi harapan: seberapa tinggi harapan responden terhadap kesejahteraan yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

Kesimpulan penelitian non-statisti Oleh karena kesimpulan peneliti ditarik berdasarkan data yang dalam hal ini berupa data yang sudah diolah .BAB XV MENARIK KESIMPULAN A. B. Pengertian Menarik kesimpulan penelitian selalu harus mendasarkan diri atas semua data yang diperoleh dalam kegiatan penelitian dengan kata lain.maka penarikan kesimpulan dilakukan sejalan dengan cara mengolah data seperti telah kita pelajari bersama bahwa pengolahan data dapat dilakukan dengan dua cara yaitu cara non statistic dan cara statistic yaitu menggunakan berbagai rumus statistic yang ada . Kesimpulan penelitian statistic adalah salah benar apabila kelompok peneliti membuat kesimpulan yang bertujuan menyenagkan hati pemesan dengan cara menipulasi PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 34 .penarikan kesimpulan harus didasarkan atas data bukan atas angan-angan atau keinginan peneliti data. C.

2.table nilai t dan sebagainya digunakan untuk meguji apakah suatu hipotesis penelitian diterima atau ditolak.Kesimpulan penelitian yang menggunakan teknik statistic .table nilai r. D. Penggunaan table statistic Table –tabel statistic seperti misalnya table r. Rumusan hipotesis dalam hal ini untuk menentukan arah daerah kurva penyebaran . PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 35 . 3.dapat meneralisasikan pada populasi apabila dari sampel dapat diketahui bahwa prodasinya berdistribusi (hal yang dapat dilakukan pemeriksaan dengan checking normalitas).apabila populasinya tidak berdistribusi normal maka harus menggunakan statistic non –parametrik.yang besarnya dapat dilihat pada waktu kita menggunakan rumus.table x². Derajat kebebasan (db) atau degree or freedom (df). Kesediaan kita menerima risiko.hal-hal yang perlu di pertimbangankan didalam menggunakan table adalah: 1.atau dengan kata lain besarnya taraf signifikan yang akan kita pakai.

Aturan penulisan Pertama: penulis laporan harus tahu betul kepada siapa laporan itu di ajukan Kedua : penulis laporan harus menyadari bahwa menyadari bahwa pembaca laporan tidak mengikuti kegiatan proses penelitian .baru menulis laporan sebenarnya akan jauh lebih efisiensi apabila pekerjaan menulis itu dimulai dengan mempersiapkan segala sesuatunya. B. Kapan menulis laporan Pada umumnya dan inilah kepercayaan kebiasaan kurang baik yang perlu diahiri mahasiswa penyusun skripsi atau tesis menumpuk data yang diperlukan hingga terkumpul semua . C. Format laporan PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 36 . Ketiga: pelapor menyadari bahwa latar belakang pengetahuan pengalaman dan minat pembaca laporan tidak lah sama.BAB XVI MENULIS LAPORAN A.

Telah disebutkan bahwa banyak sekali format laporan yang dapat digunakan yang sebenarnya ini dicakupnya sama yang menyebabkan adanya perbedaan adalah: 1. Bahwa pembaca dapat memahami dengan jelas apa yang telah dilakukan oleh peneliti .apa tujuannya dan bagaimana hasilnya. Pandangan perlu tidaknya suatu bagian disampaikan kepada pembaca Sehubungan dengan format . 2. PROSODUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK Page 37 .burrough mengatakan bahwa perbedaan format bukanlah hal begitu penting untuk masalah yang penting diperhatikan: 1. Bentuk langkah dan medannya jelas sehingga pembaca dapat mengulangi proses penelitian itu apabila itu meghendaki. Penekanan materi yang dilaporkan 3. Urutan penyajian 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->