PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG Sekolah Tinggi Agama Islam Hasanuddin memerlukan suatu media untuk merangsang kesadaran masyarakat eksternal dan khususnya masyarakat internal STAI Hasanuddin mengenai eksistensi Badan Eksekutif Mahasiswa REMA STAI HASANUDDIN 2011-2013. Pilar dari media informasi utama di dalam organisasi Badan Eksekutif Mahaiswa REMA STAI HASANUDDIN periode 2011-2013 adalah website, mading, social network, dan yang terakhir adalah majalah. Media-media tersebut merupakan sarana untuk mengumpulkan, menyaring, dan mensosialisasikan informasi yang dihimpun dari dan untuk warga Republik Mahasiswa STAI HASANUDDIN. Informasi yang diperoleh, diolah, dan dipublikasikan di media-media yang telah dibentuk oleh Badan Eksekutif Mahasiswa REMA STAI HASANUDDIN. Kami ingin mengangkat citra Badan Eksekutif Mahasiswa REMA STAI HASANUDDIN sebagai sebuah organisasi yang profesional dan solid, yang mampu menjadi fasilitator atau penghubung antara seluruh mahasiswa STAI HASANUDDIN. Atas latar belakang tersebut, kami pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa REMA STAI HASANUDDIN divisi Information Media ingin membuat satu karya yaitu Majalah Kampus yang merupakan sebuah media penyampaian informasi dan hiburan khususnya bagi masyarakat akademik STAI HASANUDDIN. Di era informatif seperti sekarang ini, keberadaan informasi tentang kegiatan kemahasiswaan, beasiswa dan laporan-laporan lain seperti laporan dari kegiatan yang sudah terlaksana sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Maka dari itu keberadaan majalah walaupun terkesan sudah tertutup oleh kemajuan teknologi social networking, ternyata masih tetap dibutuhkan sebagai pelengkap. TUJUAN KEGIATAN Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1. Memperkenalkan kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa REMA STAI HASANUDDIN 2011-2013 kepada masyarakat kampus. 2. Merangsang budaya kreatif dari mahasiswa melalui pembuatan karya tulis yang akan di pajang di Majalah. 3. Membuat suatu wadah informasi dan hiburan bagi masyarakat mahasiswa STAI HASANUDDIN. 4. Memberikan berita terbaru yang ada di lingkungan sekitar kampus NAMA KEGIATAN Nama kegiatan yang akan kami selenggarakan ini adalah ”MAJALAH STAI HASAUDDIN” BENTUK KEGIATAN Kegiatan ini dilaksanakan di dalam areal kampus. Majalah akan diperbaharui setiap satu bulan sekali dan akan menjadi sarana informatif bagi mahasiswa STAI HASANUDDIN.

Dalam penyajiannya kami membagi rubrik tersebut dalam rubrik tetap dan rubrik tidak tetap. Informasi perkuliahan seperti kalender akademik juga akan di rampung dalam : : : . Tempat SUSUNAN KEPANITIAAN Pelindung Pembina : : Penanggung Jawab : Ketua Sekretaris Bendahara RUBRIKASI Majalah akan mengulas berbagai topik dan menyajikannya di berbagai rubrik berdasarkan pola bahasan yang telah ditentukan pada tiap rubriknya. Daftar Menu Sesuai dengan namanya rubrik ini akan menunjukkan ulasan apa saja yang ada disertai dengan petunjuk di halaman berapa ulasan itu ditempatkan. Melalui rubrik ini redaksi menyapa pembaca dan menjelaskan garis besar tema di tiap edisi. edukatif dan menghibur. Akademika Berisi tentang informasi seputar akademik. Selain itu isi dari rubrik ini juga menggambarkan opini atau keberpihakan media atas fenomena yang diulas. : Kantor Badan Eksekutif Mahasiswa REMA STAI HASANUDDIN PARE. Berdasarkan fungsinya. rubrik-rubrik dalam majalah berusaha memenuhi fungsi informatif. Rubrikasi untuk media ini ditentukan dengan mempertimbangkan fungsi dan kebutuhan atas informasi apa yang diinginkan pembaca. Berikut ini adalah rincian rubrikasi yang akan di sajikan : Salam Dari Redaksi Merupakan pengantar dari redaksi. ulasan atau informasi yang diinginkan secara langsung tanpa membaca dari awal.WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN Waktu : Kegiatan penerbitan majalah dilaksanakan pada tanggal 7 setiap bulannya dan dimulai Bulan Januari 2013. dinamika kampus dan regulasi seputar perkuliahan. Rubrik ini akan memudahkan pembaca mencari artikel.

kritik mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tabloid dan kampus STAI HASANUDDIN itu sendiri. ke-PR-an. dan tak lupa semua jurusan yang ada di UNIFA. pengalaman dan kritik mereka atas media yang pernah mereka konsumsi. Bisa berupa pengalaman menonton tayangan televisi. Yang kedua memuat profil seseorang secara umum. iklan dan media-media lain. Pembaca bisa menuliskan pendapat. email atau sms. mahasiswa mampu mengawinkan pengetahuan teoritis yang mereka dapatkan di perkuliahan dengan kenyataan di dunia kerja. Sosok Untuk rubrik ini kami membaginya dalam dua bagian. Di sinilah peran mahasiswa komunikasi diasah untuk jeli mengamati media. mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan tentang isu-isu aktual di dunia kerja yang akan mereka geluti. maupun isu-isu kebijakan komunikasi. Dan juga berisi ulasan berita ringan seputar kampus STAI HASANUDDIN yang penyajiannya berupa tulisan bergaya Feature. Dalam bentuk konkret. (Liputan Khusus) Mainstream Berisi ulasan topik-topik tertentu yang berkaitan dengan kajian ilmu komunikasi. berisi review tentang praktek konsumsi media yang telah dilakukan oleh pembaca. Pembaca dapat berpartisipasi dalam rubric ini dengan mengirimkan tulisannya ke redaksi. pemasaran. supporting media dan perspektif media. Rubrik mainstream sesuai dengan pilihan konsentrasi yang ada di jurusan komunikasi yaitu media studies. Titik tekannya bukan pada review media layaknya resensi tapi yang lebih ditonjolkan adalah kekritisan pembaca dalam mengonsumsi media. berisi karya seperti cerpen dan puisi. review buku. Dengan bekal tersebut. Pembaca bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik ini melalui surat. ResBooK (Resensi Buku).tabloid ini. Yang pertama memuat ulasan tentang profil dari seseorang yang berkecimpung di bidang akademik yang kisahnya dapat menjadi panutan bagi mahasiswa. Lap –Top Kependekan dari Laporan Top yang berisi uraian tentang hasil liputan mendalam atas topik tertentu. Dari Anda Rubrik yang memuat tulisan dari pembaca yang berisikan komentar. rubrik mainsteram berisi artikel tentang produksi media. Ini di maksudkan agar para mahasiswa akan semakin mengenal para pendidik dan bisa termotivasi lagi dalam mengembangkan kreasinya. Diharapkan melalui rubrik mainstream. Rubrik ini merupakan inti pesan yang ingin disampaikan media ini kepada pembaca. pertanyaan. . menonton film atau membaca surat kabar. Sasbud (Sastra dan Budaya).

Tips n Trik. merawat kamera. tips magang dan masih banyak lagi (tak tetap) In-Tech. Materi tips tentunya seputar ketrampilan atau pengetahuan teknis terkait dunia komunikasi misalnya. merancang iklan. berisi berita-berita singkat tentang peristiwa.SnapShot. Rubrik ini memuat informasi dan pengetahuan-pengetahuan umum yang seharusnya di ketahui oleh mahasiswa. Foto yang dimuat akan disertai komentar dari pengasuh rubrik baik tentang foto tersebut. halaman yang memuat foto-foto hasil jepretan mahasiswa secara tidak sengaja dalam komunikasi. seni dan lain-lain. berisi ulasan tentang inovasi produk-produk teknologi terbaru (tak tetap) Caping (Catatan Pinggir). bisa dari segi teknik. rubrik ini merupakan ruang ekspresi bagi mahasiswa yang hobi fotografi. Matakamera. desain grafis. rubrik yang berisi panduan atau tips-tips praktis. Pembagian Halaman Berikut ini adalah pembagian jumlah halaman untuk masing-masing rubrik Nama Rubrik Jumlah halaman Penghuni 1 Daftar menu 1 Mainstream 3 Sosok . pengaturan cahaya. event yang terjadi di sekitar kampus UNIFA.

2 Laptop (Lipsus) 2 Sasbud 1 Akademika 2 Snapshot 1 Mata Kamera 1 Caping 1 Rubrik tak tetap Jumlah 1 16 Jadi pembagian halaman bisa jelaskan sebagai berikut : Kalam sampul Halaman isi Halaman iklan Jumlah total :1 : 16 :1 : 14 halaman KARAKTERISTIK MEDIA Fisik .

4000.Ukuran Tablodi Posisi Tebal Halaman : 270 x 210 mm : Tegak/ Portait : 14 halaman Jenis Kertas Cover: Art paper 150 gr Jenis Kertas Isi Warna Jilid Finishing : HVS 80 gr : Semi colour : Jahit Benang : Wrapping Plastic Periode Penerbitan Waktu Terbit Oplah Harga : Sekali sebulan.- Area penyebaran : wilayah cakupan UNIFA ANGGARAN DANA . waktu penerbitannya tak menentu : 300 eksemplar : Rp.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful