. Makhluk hidup yang terdiri atas satu sel disebut bersel tunggal (uniseluler = monoseluler) dan yang terdiri dari banyak sel disebut makhluk hidup multiseluler. Sebagai kesatuan struktural berarti makhluk hidup terdiri atas sel-sel. Sel merupakan kesatuan dasar sruktural dan fungsional makhluk hidup.

 Hanya bakteri dan arkea yang memiliki sel prokariotik. dan hewan memiliki sel eukariotik  .Secara struktural sel dibedakan atas sel prokariot dan eukariot  Sel prokariotik tidak memiliki membran inti sehingga intinya tersebar dalam sitoplasma. jamur. sedangkan sel eukariotik memiliki membran inti. sementara protista. tumbuhan.

Membran Sel  Sitoplasma  Inti Sel (Nukleus)  .

 Membran sel berperan dalam sintesis ATP. berstruktur elastis. dinamik dan berupa lapisan sangat tipis yang terbentuk dari molekul lipid dan protein (lipoprotein).  . fleksibel. dan adhesi sel. pensinyalan sel.Membran Sel adalah selaput yang terletak di daerah paling luar dari sel yang menyelubungi sel.

perokisom.  Terdiri atas organel-organel. yaitu :  › Retikulum Endoplasma .mikrotubulus.sentrosom (sentriol) . . › Vakuola › mikrofilamen. . › Lisosom.ribosom › Mitkondria. .Sitoplasma adalah Bagian yang cair yang ada dalam sel.Aparatus golgi .

Fungsi dari inti sel adalah : mengatur semua aktivitas (kegiatan) sel. karena di dalam inti sel terdapat kromosom yang berisi ADN yang mengatur sintesis protein .Inti Sel (Nukleus) yang merupakan pusat pengaturan dari segala kegiatan sel.

 Transpor Pasif dan  Transpor Aktif .

 Transport pasif merupakan perpindahan zat yang tidak memerlukan energi. › Osmosis adalah proses perpindahan dari hipotonis ke larutan hipertonis melalui membran semipermeabel. Terbagi atas : › Difusi ini merupakan perpindahan molekul larutan hipertonis menuju larutan hipotonis melalui selaput membran. sehingga didapatkan larutan yang isotonis › difusi terbantu yang difasilitasi oleh protein .

Transpor aktif merupakan transpor partikel-partikel melalui membrane semipermeabel yang bergerak melawan gradien konsentrasi yang memerlukan energi dalam bentuk ATP.  Terdiri atas :  › Endositosis › Eksositosis .

 Eksositosis adalah proses keluarnya suatu zat ke luar sel. Endtositosis adalah proses masuknya suatu zat ke dalam sel. Terdiri atas : › Pinositosis merupakan peristiwa masuknya sejumlah kecil medium kultur dengan membentuk lekukan-lekukan membran sel › fagositosis merupakan peristiwa masuknya partikel-partikel padat ke dalam sel. .

structural dan fungsional pada organisme hidup. sel merupakan sebuah inti fundamental. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.