SAMBUTAN DEPUTI SEKRETARIS WAKIL PRESIDEN BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT PADA ACARA RAPAT KOORDINASI TEKNIS NASIONAL TIM

KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN PROVINSI TAHUN 2010 Jakarta, 14 Juni 2010

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat Malam dan Salam Sejahtera bagi kita semua, Saudara Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan atau yang mewakili, Saudara-saudara Sekretaris TKPK Provinsi dan Pejabat Teknis TKPK Provinsi, Saudara-saudara anggota Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, dan Bapak/Ibu para undangan sekalian yang kami hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT., Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pada malam hari ini kita dapat bertemu dalam acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi tahun 2010.

Bapak/Ibu sekalian, Penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu prioritas nasional pada Kabinet Indonesia Bersatu II tahun 2010 – 2014 dari 11 (sebelas) prioritas yang telah ditetapkan. Penanggulangan kemiskinan merupakan skala prioritas tertinggi dibanding prioritas-prioritas yang lain. Presiden telah menunjuk koordinator masing-masing bidang untuk prioritas pembangunan nasional dan menunjuk Wakil Presiden sebagai penanggung jawab bidang Penanggulangan Kemiskinan yang dibantu oleh para Menko dan Menteri-menteri terkait.

Pemerintah telah menginstruksikan kepada para Menteri dan Kepala Badan/Lembaga melalui Inpres No. diantaranya . 1 tahun 2010. dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan kemiskinan sekaligus sebagai upaya percepatan pencapaian target MDGs tahun 2015. 2 . dan akuntabel. Berbagai program penanggulangan kemiskinan akan terus dilanjutkan dan disempurnakan. diperlukan langkah-langkah koordinasi dan pengendalian yang lebih konkret dalam percepatan penanggulangan kemiskinan. Oleh karenanya. Untuk lebih memfokuskan pelaksanaan pembangunan yang berkeadilan dan untuk kesinambungan serta penajaman prioritas pembangunan nasional sebagaimana yang termuat dalam Inpres No. baik di tingkat pusat maupun daerah. termasuk meningkatkan peran Pemerintah Daerah agar partisipasi masyarakat dan pendanaan daerah untuk PNPM Mandiri dapat lebih ditingkatkan. Program PNPM Mandiri akan terus dilaksanakan hingga seluruh kecamatan. sehingga diharapkan dapat terjadi kekuatan lokal di daerah dalam menciptakan modal sosial masyarakat dan mampu menciptakan berbagai inovasi program penanggulangan kemiskinan sesuai dengan karakteristik daerah melalui pendanaan secara mandiri. Pemerintah telah menerbitkan Perpres No. Upaya percepatan penanggulangan kemiskinan salah satunya tidak lepas dari penguatan kelembagaan penanggulangan kemiskinan. tantangannya adalah bagaimana meningkatkan kualitas pelaksanaan PNPM Mandiri tersebut. 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Nasional tahun 2010. 3 Tahun 2010 tentang Program Pembangunan yang Berkeadilan. program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.Dalam upaya percepatan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional tahun 2010. Penguatan kapasitas kelembagaan TKPK Daerah perlu dilakukan agar kelembagaan TKPK Daerah dapat menjadi lembaga yang mandiri. 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan yang merupakan penyempurnaan dari Perpres No. professional. dan program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha mikro dan kecil. 13 tahun 2009 tentang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan. Keterlibatan masyarakat dan kalangan dunia usaha perlu terus ditingkatkan. Untuk itu. Namun demikian. Dalam Inpres ini. maka telah diterbitkan Inpres No. pertama. Saudara-saudara sekalian. pelaksanaan programprogram pro rakyat difokuskan pada program penanggulangan kemiskinan berbasis keluarga.

dan penguatan basis data kemiskinan secara universal./Kota). Sebagian besar masyarakat menggantungkan hidupnya dengan bekerja pada usaha mikro dan kecil. Agenda kerja TKPK Provinsi ini selanjutnya disinkronkan di tingkat nasional dan kabupaten/kota sehingga dapat terjalin koordinasi yang terintegrasi mulai dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan./Kota sejalan dengan kelembagaan TNP2K. melakukan sinergi melalui sinkronisasi. dan integrasi program-program penanggulangan kemiskinan di kementerian/lembaga. Untuk itu. Kelembagaan TNP2K ini memiliki tugas . tugas kelembagaan TKPK Provinsi dan TKPK Kab. Penyaluran bantuan yang berbasis rumah tangga akan lebih dipertajam dengan berbasis keluarga. Dengan demikian. mengembangkan bantuan sosial terpadu bagi masyarakat miskin berbasis keluarga. Ketiga. 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. melakukan penyusunan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan. adalah meningkatkan koordinasi pusat dan daerah dalam penanggulangan kemiskinan. Peran usaha mikro dan kecil dalam menciptakan lapangan kerja sangatlah penting. serta melakukan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan. harmonisasi. peningkatan akses usaha mikro dan kecil terhadap sumber daya produktif. Dalam pertemuan Rapat Koordinasi Teknis Nasional TKPK Provinsi tahun 2010 selama dua hari ke depan. mekanisme pemberian bantuan sosial kepada keluarga miskin ini dapat terus diperbaiki dan ditingkatkan.Kedua. Kelembagaan TNP2K merupakan penyempurnaan dari kelembagaan TKPK Nasional. Peningkatan akses usaha mikro dan kecil terhadap sumber daya produktif termasuk modal akan sangat membantu peningkatan kegiatan ekonomi usaha mikro dan kecil. Hadirin sekalian yang berbahagia. peran dan fungsi TKPK Daerah ini perlu diperkuat dan direvitalisasi sesuai dengan amanat Perpres No. diharapkan dapat tersusun agenda kerja TKPK Provinsi secara konkret dengan memperhatikan isu-isu strategis penanggulangan kemiskinan di tingkat nasional dan di masing-masing wilayah. 3 . Di tingkat daerah. Melalui agenda kerja koordinasi penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi antara kelembagaan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sampai dengan TKPK Daerah (Provinsi dan Kab. Keempat.

senantiasa mendapat ridhoi Allah SWT. Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim.Semoga rakor ini dapat menghasilkan keluaran yang dapat kita laksanakan secara bersama-sama. Billahi taufik wal hidayah. Wb. wassalamu ‘alaikum Wr. BAMBANG WIDIANTO 4 . secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Nasional TKPK Provinsi Tahun 2010 ini secara resmi saya nyatakan dibuka. Deputi Seswapres Bidang Kesejahteraan Rakyat. sebagai upaya kita dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera. Semoga apa yang kita lakukan bersama senantiasa mendapat berkah dan lindungan Allah SWT. Semoga niat baik dan kerja keras kita semua menuju peningkatan kesejahteraan rakyat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful