TUGAS MANDIRI Nama NPM Mata Kuliah : Lia Safitri : 30609H1039 : Filsafat Bahasa

Soal 1. Dalam memformulasikan bahasa, dikenal struktur gramatikal dan struktur logika, seperti yang dikedepankan Russell. Jelaskan perbedaan struktur gramatikal dan struktur logika! 2. 3. Apa yang Anda ketahui tentang struktur proposisi? Bagaimana anggapan Wittgenstein tentang peranan logika bahasa?

Jawaban 1. Struktur gramatikal belum tentu menentukan struktur logis dari suatu ungkapan bahasa. Struktur gramatikal berarti struktur yang sesuai dengan tata bahasa. Sedangkan struktur logika berarti berhubungan dengan jalan pikiran yang logis.

2.

Struktur proposisi terdiri atas sejumlah kata, dan kata-kata itu menunjuk kepada suatu data inderawi (sense data) dan ‘universalia’ (universal) yaitu ciri-ciri atau relasi-relasi. Dan proposisi merupakan simbol.

3.

Anggapan Wittgenstein tentang peranan logika bahasa adalah penggunaan logika bahasa yang sempurna menunjukkan bahwa pemakaian unsur-unsur bahasa seperti kata dan kalimat dilakukan secara tepat, sehingga setiap kata hanya memiliki suatu fungsi tertentu saja, dan setiap kalimat hanya mewakili suatu keadaan faktual (fakta) tertentu saja. Suatu logika bahasa yang sempurna mengandung aturan sintaksis tertentu sehingga dapat menghindari ungkapan yang tidak bermakna, dan memiliki simbol tunggal yang selalu memiliki makna tertentu dan terbatas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.