P. 1
AGAMA Kejujuran

AGAMA Kejujuran

|Views: 25|Likes:
Published by michaelstefanus

More info:

Published by: michaelstefanus on Dec 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2012

pdf

text

original

KEJUJURAN

(KORUPSI)
DISUSUN OLEH : • • MICHAEL STEFANUS/16 NIKOLAUS WILSON/20

KASUS

KASUS
KORUPSI BANTUAN PENDIDIKAN Berkas kasus korupsi dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) di SMKN 55 Jakarta Utara dengan tersangka Bendahara SMKN 55, Sunardi, dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara waktu dekat. Hampir setengah miliar rupiah anggaran BOP SMKN 55 yang seharusnya dipergunakan untuk menambah bekal ilmu anak-anak itu diselewengkan tersangka.

KASUS
Sementara itu, Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Aliansi Orangtua Peduli Pendidikan Indonesia (APPI) menagih penuntasan kasus dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), BOP dan Block Grant RSBI yang merugikan negara sekitar Rp 1,5 milyar di SDN 12 Rawamangun, Jakarta pada tahun 2007-2009

AKAR MASALAH

DIBAGI MENJADI

STRUKTUR
Struktur kita yang telah diciptakan untuk menjadi koruptif, karena ada struktur yang membiarkan praktek korupsi merajalela.

BUDAYA
Karena struktur yang memberikan rakyat celah (kesempatan) untuk korupsi, kemudian inilah yang menimbulkan budaya korupsi

Budaya Korupsi : pola pikir masyarakat yang menganggap korupsi itu biasa (menerima atau memberi sogokan)

REPUBLIK DRAKULA
Karena Korupsi sudah menjadi budaya, hal inilah yang sering disebut orang sebagai REPUBLIK DRAKULA

Republik Drakula yaitu segala struktur di dalam republik tersebut
justru menjadi para penghisap darah yang menggerogoti habis segala sendi-sendi dalam negara tersebut

USAHA-USAHA MEMPERJUANGKAN

USAHA-USAHA MEMPERJUANGKAN
Pribadi

Dari

Masyarakat Negara

PRIBADI
1. Bersikap percaya diri “Tidak bisa” adalah kata-kata yang paling sering menjadi alasan melakukan kecurangan. Berawal dari menyontek tumbuh menjadi hal yang besar seperti suap. Hal ini yang membentuk budaya yang koruptif. 2. Mendengarkan suara hati Jika kita mendengarkan suara hati kita, maka kita dapat menyadari apa yang akan kita lakukan adalah sesuatu yang benar untuk dilakukan atau tidak sehingga kita dapat terhindar dari dosa seperti korupsi.

PRIBADI
3. Banyak Berdoa dan Beriman kepada Tuhan

Dekat dengan Tuhan akan menjauhkan kita dari pikiran yang buruk dan mengarah pada dosa.
4. Sikap Ulet,Tekun dan Bekerja Keras

Korupsi terjadi karena orang malas yang memperoleh hasil sebaik mungkin tapi berusaha.

mau tidak

MASYARAKAT
1. Kesadaran Masyarakat bahwa Indonesia milik bersama Dengan adanya sikap memiliki negara dan patriotisme, masyarakat tentu tidak akan melakukan hal yang merusak negara seperti korupsi. 2. Saling menyadarkan bahaya korupsi Di dalam masyarakat diperlukan adanya sikap saling menyadarkan sehingga tidak ada anggota masyarakat yang terjebak dalam dosa tersebut. Sikap saling peduli ini sangatlah penting dalam masyarakat.

NEGARA
1. Mempertegas penegakan hukum Dengan sistem hukum yang tegas, maka pelanggar hukum memperoleh sanksi yang tegas dan sesuai sehingga menimbulkan efek jera dan takut untuk melanggarnya.

2.

Mengadakan masyarakat

sosialisasi

tentang

korupsi

kepada

Semakin banyak yang masyarakat tahu tentang buruknya korupsi dan konsekuensi atau sanksi berat bagi pelakunya, semakin masyarakat menjauhi korupsi.

HAMBATAN – HAMBATAN DALAM MEMPERJUANGKAN

HAMBATAN – HAMBATAN DALAM MEMPERJUANGKAN

Ada di dalam

Pribadi
Masyarakat Negara

PRIBADI
1. Tumpulnya suara hati
Hal ini dapat terjadi karena suara hati yang jarang didengarkan sehingga lama kelamaan kita menjadi “bisu” terhadap suara hati kita dan tidak lagi mencapai tujuan kita dalam sesuatu dengan jalan yang benar dan sesuai suara hati. Akhirnya kita tidak tahu lagi mana yang baik dan mana yang buruk dalam hidup kita sehingga menghalalkan segala cara seperti korupsi dalam mencapai sesuatu. 2. Jauh dari Tuhan Orang yang jauh dari Tuhan kadang susah menentukan jalan yang benar sehingga bisa terjadinya korupsi karena belum mengenal dosa.

MASYARAKAT
1. Sikap acuh terhadap negara Tidak adanya kesadaran bahwa kita ini merupakan bagian negara menjadikan kita orang yang tidak peduli terhadap negara kita di pandangan orang lain. 2. Pluralisme yang tidak disertai toleransi dan persatuan Sikap tidak bertoleransi ini dapat memecah belah negara sehingga tidak adanya rasa memiliki negara oleh suatu golongan tetentu yang terpecah.

NEGARA
1. Sikap aparat negara yang tidak sesuai hukum dan idealisme Banyaknya aparatur negara yang tidak taat hukum dan malah menyelewengkan hukum atau memanfaatkan posisi untuk mencari keuntungan pribadi. 2. Struktur birokrasi yang memberi kesempatan untuk korupsi Struktur birokrasi Indonesia sangatlah rumit, namun semuanya gampang setelah anda tahu siapa yang dapat melakukan proses-proses tertentu lebih mudah dengan suap. Kebiasaan ini telah terbawa menjadi suatu budaya yang telah mendarah-daging dalam masyarakat.

KORUPSI DALAM PANDANGAN MORAL KITAB SUCI (AGAMA)

MENURUT AGAMA ISLAM

Pandangan dan sikap Islam terhadap korupsi sangat tegas: haram dan melarang.

MENURUT AGAMA ISLAM

Sedangkan dalam al-Hadits lebih konkret lagi, dinyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Allah melaknati penyuap dan penerima suap dalam proses hukum.”

MENURUT ALKITAB DAN AGAMA KATOLIK

Korupsi melawan 10 Perintah Allah yaitu perintah ke 8, “Jangan Mencuri”, karena tindakan korupsi termasuk kategori mencuri.

MENURUT ALKITAB DAN AGAMA KATOLIK

Di dalam alkitab ditulis pada zaman Yesus, kaum pemungut cukai dianggap rendah, karena pekerjaanya yang tidak mulia dan juga terkenal korupsi dalam pekerjaannya.

MENURUT ALKITAB DAN AGAMA KATOLIK
Selain itu juga ada kisah Nabi Amos pada Kitab Amos yang

menceritakan diutusnya Nabi Amos oleh Allah untuk
mengingatkan Bangsa Israel akan kelakuan mereka yang tidak berkenan pada Allah dan menegakkan keadilan. Pada zaman itu Israel dikuasai petinggi dan orang kaya yang suka berfoya-foya ,menipu orang miskin, dan korupsi.

BEBERAPA AYAT ALKITAB MENGENAI KKN :
Kel. 23:8 Suap janganlah kauterima, sebab suap membuat
buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar.

Ul. 16:19 Janganlah memutarbalikkan keadilan, janganlah
memandang bulu dan janganlah menerima suap, sebab suap membuat buta mata orang-orang bijaksana dan memutarbalikkan perkataan orang-orang yang benar.

BEBERAPA AYAT ALKITAB MENGENAI KKN :

Pkh. 7:7 Sungguh, pemerasan membodohkan orang berhikmat, dan uang suap merusakkan hati.

BEBERAPA AYAT ALKITAB MENGENAI KKN :

Am. 5:12 Sebab Aku tahu, bahwa perbuatanmu yang jahat banyak dan dosamu berjumlah besar, hai kamu yang menjadikan orang benar terjepit, yang menerima uang suap dan yang mengesampingkan orang miskin di pintu gerbang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->