PERMAINAN TEBAK WARNA

A. Latar belakang Dalam keehidupan sehari-hari,banyak sekali ditemukan permainan-permainan yang imainkan oleh anak-anak disekitar kita. Dalam permainan tersebut tentu tidak hanya permainan saja, Namun ada beberapa permainan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita,contohnya saja “permainan tebak warna” Permainan tebak warna merupakan salah satu permainan tradisional yang bermanfaat bagi kesegaran tubuh kita. Dimana permainan ini dimainkan oleh 2 kelompok an 1 kelompok teriri dari 3-4 orang. Permainan tebak warna adalah permainan yang biasa dimainkan untuk kesegaran jasmani, meningkatkan kebugaran dan untuk keseimbangan otak kanan dan otak kiri. B. Tujuan Adapun tujuan dari permainan ini adalah: 1. Melatih kemampuan otak berfikir saat diberi intruksi yang sifatnya tersirat 2. Melatih kesegaran jasmani saat berlari 3. Melatih kekompakan dalam team. C. Isi Cara bermain permainan tebak warna ini adalah : 1. Permainan ini dimainkan oleh 2 team, 2. Masing- masing team diberi nama, MERAH dan HIJAU 3. Kedua team berdiri berhadapan,

Begitu juga sebaliknya jika wasit memberi pernyataan “ warna lampu lalu lintas yang mewajibkan kita untuk stop atau berhenti” Waktu untuk berlari adalah 5 menit atau tergantung situasi dan kondisi Jawabannya adalah merah. Permainan tebak warna merupakan salah satu permainan teradisional yang bermanfaat bagi kesegaran jasmani dan kemampuan berfikir otak 2. Kesimpulan Aspek yang ada pada permainan ini : 1.4. Team yang kalah akan mendapatkan hukuman yaitu berlari. Jika team yang berlari dapat di tangkap oleh team yang mengejarnya sebelum waktu berakhir maka team yang tertangkap dinyatakan kalah. misalnya : warna buah apel yang masih muda Jawabannya adalah hijau. disini dapat dilihat bahwa permainan ini dapat melatih otak untuk berfikir cepat. Kemudian wasit memberi sebuah pernyataan yang berhubungan dengan kedua warna tersebut. maka team merah harus lari dan akan dikejar oleh team hijau 5. dan dapat melatih otak kiri(pengetahuan umum) dan otak kanan( gambar atau warna) . Namun jika team yang mengejar tidak bisa mendapatkan team yang berlari maka team tersebut dinyatakan kalah 6. atau push up (untuk yang laki-laki) D. Saat diberi pertanyaan maka team akan berfikir. melompat. maka team HIJAU harus berlari dan team merah mengejarnya.

bugar. Bagi team yang kalah. 4. . Saat bermain akan timbul keceriaan. 6.3. Meningkatkan kerjasama dalam team. dan push up dapat melatih otot. Saat berlari akan meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani. Bila kita telah sehat maka kita akan bersemangat. saat kita berlari dari kejaran team lawan maka kita akan berusaha berlari untuk menyelamatkan team kita dari hukuman. berlari dapat membuat badan kita sehat. dan ini akan membuat kita fresh dapat menghilangkan sejenak beban fikiran yang ada. tidak mudah ngantuk dan kita bisa tehindar dari berbagai penyakit. 5. saat mendapatkan hukuman misalnya melompat akan menambah kebugaran.

MAKALAH PENDIDIKAN JASMANI OLEH: KAMILA HAYATI 12609 PEND.BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful