P. 1
Penyambungan Tanaman

Penyambungan Tanaman

|Views: 23|Likes:
Published by Sangkala Peace

More info:

Published by: Sangkala Peace on Dec 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

Penyambungan Tanaman Dua tanaman yang disambung maka kecepatan pertumbuhan batang atas danpresentasi keberhasilan dari penyambungan

ditentukan pula oleh kecepatanterjadinya pertautan antara batang atas dan batang bawah. Pertautan ini akanditentukan oleh proses pembelahan sel pada bagian yang akan bertautan (Hanoto,2000) Pembiakan tanaman tidak selamanya berupa pembiakan generatif, akantetapi dapat berupa pembiakan buatan atau aseksual yang pada tanaman seringdisebut sebagai pembeiakan vegetatif. Keberhasilan dalam pembiakan jugadipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya cara yang digunakan,jenis tanaman,waktu, ketrampilan dan sebagainya.Salah satu cara perbanyakan secara vegetatif adalah menyambung. Prinsipdasar dalam menyambung adalah menyambungkan batang bawah dengan batangatas dari tanaman lain yang sejenis, sehingga akan diperoleh tanaman baru yangsifatnya lebih unggul. Dalam penyambungan harus diperhatikan tanaman yangakan disambungkan, haus diketahui baang yang baik untuk batang batng bawahdan batang atas. Batang bawah berasal dari tanaman yang mempunyai sifat-sifatperakaran yang baik, anatara lain: tahan terhadap serangan hama dan penyakit,tahan terhadap sifat-sifat tanah serta keadaan air tanah tertentu yang buruk, dansebagainya. Sedang batang atas diambil dari tanaman yang mempunyai sifat-sifathasil yang diinginkan. Penyambungan ada dua macam yaitu ‘Grafting’ dan ‘Budding’. Grafting adalah penyatuan antara batang (sepotong cabang dengan dua atau tiga mata tunasvegetatif) dengan batang yang terpisah atau dengan bagian pangkal akar yangterpisah untuk tumbuh bersama-sama membentuk satu individu baru. Sedangkanbudding adalah bentuk grafting yang khas karena hanya satu tunas (budding)digunakan sebagai batang atas dan disisipkan di bawah kulit dari batang bawah.Budding lebih dikenal dengan okulasi atau penempelan.Dalam acara penyambungan tanaman ini teknik yang digunakan adalah graftingdan budding sedangkan tanaman yang digunakan adalah tanaman kamboja atauadenium. Dengan adanya acara ini diharapakan teori yang sudah didapat pada saatkuliah

maka dapat diambil kesimpulanantara lain :1. berikutikatan dan plastik yang menutupi sambungan harus benar-benar baik agar air danbakteri tidak dapat masuk. Pada umunya semakin dekat keakraban antar Kesimpulan Dari praktikum acara penyambungan tanaman ini. Ciri dari penyambungan tanaman berhasil adalah dari batang atas akantumbuh tunas dan pada sambungan terdapat kalus. Pertumbuhan persambungan batang ini dipengaruhi beberapa faktordiantaranya ukuran diameter batang. batangyang lurus. strerilisasi alat yang digunakan serta pemeliharaan dari adanyagangguan yang menghambat pertumbuhan tanaman. pengikatan yang kuat dan rapat.Faktor yang harus dilakukan pada saat penyambungan tanaman diantaranya adalah.3. dan yang terkahir suhu sekitar tempat penyambungansuhu yang tidak menentu dapat menjadi kegagalan penyambunganKeberhasilan teknik penyambungan sangat dipengaruhi oleh kompatibilitas antaradua jenis tanaman yang disambung. PenyambunganTanaman LANGKAH-LANGKAH MENYAMBUNG TANAMAN 1 .cara penyambungan antara batang atas dan bawah harus tepat. Penyambungan merupakan pembiakan vegetatif secara buatan denganmenggabungkan kedua bagian atau lebih dalam satu tanaman sehingga akandiperoleh sifat kombinasi. penggunaan pisauokulasi harus benar-benar pisau okulasi yang sudah sangata steril agar tidak adabakteri yang masuk pada saat melakukan pembelahan batang ini bertujuan agar tidak terjadi pembusukan karena bakteri bersifat parasit bagi tanaman.nutrisi yangcukup. pembuatan bentuk sambungan yang rapi dan baik.2.dapat dipraktikan dan diterapkan.

Buatlah sayatan berbentuk huruf V pada batang bawah dimulai dari tempat hasilpotongan horisontal. maka kambium harus ketemu dengan kambium. sambung dengan huruf V dengan beberapa entrees yangdimasukkan pada satu batang bawah.8. Entress atau batang atas. sekitar2-3 milimeter saat penyambungan telah 2 minggu.7. 2 (dua) minggu setelah penyambungan. PENYAMBUNGAN/GRAFTING SISIP Sambung sisip biasa dilakukan apabila batang bawah yang akan disambung. ditempatterbuka. yang jikadisambung. buka plastik penutup.3. sehingga semua bidang dapatdigunakan untuk areal sambungan. disisakan pangkal tangkai daunsekitar 1 milimeter dari batang.4. daunnya dibuang. tidak adarongga. tidak seperti tanaman berkayu. Selanjutnya tanaman yangsehat.Namun demikian.9. yaitu di pinggir kiri. Pastikanbahwa kedua potongan huruf V sebidang sehingga ketika direkatkan. karena adenium tidak berkambium dansemua sel adalah sel hidup atau meristematik. kemudian potongbagian atasnya sehingga entress berukuran panjang 2-3 cm.5. akan mengurangi . Kalungkan label yang berisi informasi nama jenis entrees. Plastik pengikat dapat dibuka setelah 3-4bulan. batang bawah dibuat sayatan bentuk V sepertibiasanya. dan ditutup dengan plastik penutup. tetapi batang atas yang dimasukkan di sayatan tersebut bisa dua atau tigabatang. dan terdapat beberaparuas. Selanjutnya letakkan pada rak yang sesuai. Buat potongan huruf V terbalik untuk entrees atau batang atas. dan lakukan penyiraman pada media tanam 1-2 hari sekali. Keberhasilan ditandai dengan munculnya tunas dari ruas batang atas. Ikat bidang sambungan dengan plastik pengikat. serta tanggalpelaksanaan penyambungan. akan berbunga setelah 2-3 bulan dari saat penyambungan. Rekatkan batang atas pada batang bawah mengikuti alur huruf V. lurus. Bisasaja jika terjadi hal seperti itu. Hal itu bisa dilakukan denganmudah pada penyambungan adenium. Persiapkan semua alat dan bahan untuk grafting2. tengah dan di kanan.6. dan usahakan pemotongansekali tebas langsung putus.. Sedangkan plastik pengikat masih dibiarkan menempel. Potong batang bawah secara horisontal.ukurannya lebih dari 2 x lipat diameternya dibandingkan dengan batang atas.

memperbaiki bagian-bagianpohon yang rusak. yaitu batangbawah dibuat piramida terbalik dari bagian pinggir batang hingga sesuai ketebalanbatang atas. Grafting ialah menyambungkan batang bawah dan batang atas dari tanaman yangberbeda sedemikian rupa sehingga tercapai persenyawaan. apabila batang bawah berukuran jauh lebih besar dibanding batangatas atau entrees. . maka biasa dilakukan dengan cara sambung sisip. sehingga jenis yangtidak di inginkan diubah dengan jenis yang dikehendaki. Satu batang bawah bisa disisipi hingga lebih dari dua entress diseputar lingkar luar batangnya.PENGERTIAN DAN TUJUAN .Keuntungan a . yaitu membuat tanaman unggul.keindahan hasil akhirnya. Keuntungan dan Kerugian 1. Mengekalkan sifat-sifat klon yang tidak dapat dilakukan pada pembiakanvegetatif lainnya seperti stek. Dapat mempercepat berbuahnya tanaman (untuk tanaman buah-buahan)dan mempercepat pertumbuhan pohon dan kelurusan batang (jikatanaman kehutanan). dan juga untuk membantu pertumbuhan tanaman. kombinasi ini akan terus tumbuh membentuk tanaman baru. ataugangguan lain yang terdapat di dalam tanah. A. cangkok dan lain-lainnya.d. Bisa memperoleh tanaman yang kuat karena batang bawahnya tahan terhadapkeadaan tanah yang tidak menguntungkan.c. temperatur yang rendah.Sambung sisip akan menghasilkan tanaman yang lebih indah karena seakan-akanbatang bawah mengeluarkan cabang di bekas potongan bataNG 1. Memperbaiki jenis-jenis tanaman yang telah tumbuh. Teknik penyambungan ini bisa di terapkan untuk beberapa keperluan.Oleh karena itu.b.

Kantong plastik b. kemungkinan jika pohon sudah besar gampangpatah jika ditiup angin kencangb. Batu asahan4.Alat dan Bahan Alat .Kerugian a. Pisau grafting 3. 1. Tingkat keberhasilannya rendah jika tidak cocok antara scion dan rootstock 1. Papan kayu untuk alas pemotongan scion b. Lilin penutup luka3. para film ( jika ada )2. Bahan 1. rafia.2. Gunting graftin g ( Stek ) 2. Teknik grafting stripped/Rind . Pita pengikat. Bagi tanaman kehutanan.Alat dan Bahan Alat 1.

1. Gunting graftin g ( Stek ) 2. Pisau grafting 3. Bahan 1. rafia. Batu asahan4. para film ( jika ada )2. Papan kayu untuk alas pemotongan scion b. Pita pengikat. Kantong plastik b. Lilin penutup luka3. Teknik grafting stripped/Rind .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->