P. 1
Bab 1 Negara Hukum Dan Hukum Administrasi Negara

Bab 1 Negara Hukum Dan Hukum Administrasi Negara

|Views: 18|Likes:
Published by vinadesyana39

More info:

Published by: vinadesyana39 on Dec 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2013

pdf

text

original

BAB 1 NEGARA HUKUM DAN HUKUM ADMINISTRASI NEGARA A. Negara Hukum: Dasar Teoritis Hukum Administrasi Negara 1.

Sekilas tentang Negara Hukum Dalam batas-batas minimal, Negara hukum identik dengan Negara yang berkonstitusi atau Negara yang menjadikan konstitusi sebagai aturan main kehidupan kenegaraan, pemerintahan, dan kemasyarakatan. Pada dataran implementasi Negara hukum itu memiliki karakteristik dan model yang beragam. Terlepas dari berbagai model negara hokum tersebut, sejarah pemikiran manusia mengenai politik dan hokum secara bertahap menuju kea rah kesimpulan, yaitu Negara merupakan Negara yang akan mewujudkan harapan para warga Negara akan kehidupan yang tertib, adil, dan sejahtera jika Negara itu diselenggarakan berdasarkan hokum sebagai aturan main.

2. Negara Hukum Demokratis Negara hokum yang bertopang pada system demokrasi dapat disebut sebagai Negara hokum demokratis (democratsche rechstaat), karena didalamnya mengakomodasi prinsipprinsip Negara hokum dan prinsip-prinsip demokrasi. Prinsip Negara hokum diantaranya asas legalitas, perlindungan hak-hak asasi, pemerintah terikat pada hokum, monopoli paksaan pemerintah, pengawasan oleh hakim yang merdeka. Prinsip demokrasi antara lain; perwakilan politik, pertanggungjawaban politik, pemencaran kewenangan, pengawasan dan control, kejujuran dan keterbukaan pemerintah untuk umum, dan rakyat diberi kemungkinan untuk mengajukan keberatan. 3. Tugas-tugas Pemerintah dalam Negara Hukum Modern Penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan berkaitan pula dengan bentuk Negara tertentu. Dalam Negara yang berbentuk kesatuan, ada dua kemungkinan penyelenggaraan tugastugas pemerintahan, yaitu sentralisasi atau desentralisasi. Sentralisasi berarti seluruh bidang pemerintahan diselenggarakan oleh pemerintah pusat, sedangkan desentralisasi berarti penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dijalankan oleh pemerintah pusat dan satuan pemerintah daerah. 4. Negara Hukum dan Administrasi Negara Saat ini hamper setiap Negara di dunia menganut Negara hokum, yakni yang menempatkan hokum sebagai aturan main penyelenggaraan kekuasaan Negara dan pemerintahan. Sebagai Negara hokum sudah barang tentu memiliki hokum administrasi Negara sebagai instrument untuk mengatur dan menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan Negara. B. Pengertian dan Ruang Lingkup Hukum Administrasi Negara 1. Peristilahan

Sumber hokum materil terdiri dari 3 jenis yaitu sumber hokum historis. C. dan doktrin. 3. praktik administrasi Negara atau hokum tidak tertulis.  Pemerintahan adalah pelaksanaan tugas pemerintah.  Pemerintah adaah organ atau alat atau aparat yang menjalankan pemerintahan. b. Administrasi Negara adalah keseluruhan aparatur pemerintah yang melakukan berbagai aktivitas atau tugas-tugas Negara selain tugas pembuatan undang-undang dan pengadilan. BAB II KEDUDUKAN. Namun secara garis besar megatur hal-hal antara lain. begitu pula sebaliknya. yurisprudensi. dan filosofis. DAN TINDAKAN HUKUM PEMERINTAH . 2. KEWENANGAN. D. sosiologis. Sumber-sumber Hukum Administrasi Negara 1. akibat hokum yang lahir dari penggunaan kewenangan pemerintahan itu. Hukum Negara tanpa batuan hokum administrasi tidak dapat dipahami. perbuatan pemerintah dalam bidang public. Sumber Hukum Materiil Sumber Hukum material adalah factor-faktor masyarakat yang memengaruhi pembentukan hokum atau factor-faktor yang ikut memengaruhi materi (isi) dari aturanaturan hokum atau tempat darimana materi hokum itu diambil. Macam-macam Sumber Hukum a. dan penegakan hokum dan penerapan sanksi dalam bidang pemerintahan. Pengertian Sumber Hukum Sumber hokum adalah segala sesuatu yang dapat menimbulkan aturan hokum serta tempat ditemukannya aturan-aturan hokum. Sumber Hukum Formal Sumber Hukum Formal diartikan sebagai tempat atau sumber darimana suatu peraturan memperoleh kekuatan hokum. kewenangan pemwrintah. Sumber hokum formal terdiri atas peraturan perundangundangan. Pengertian Hukum Administrasi Negara Hukum administrasi Negara adalah hokum dan peraturan-peraturan yang berkenaan dengan pemerintah dalam arti sempit atau administrasi Negara. Ruang Lingkup Hukum Administrasi Negara Bidang hokum administrasi Negara itu sangat luas sehingga tidak dapat ditentukan secara tegas ruang lingkupnya. Kedua bagian hokum ini saling berhubungan erat. 2. peraturan-peraturan tersebut dibentuk oleh lembaga legislative untuk mengatur tindakan pemerintahan dalam hubungannya dengan warga Negara. Hubungan Hukum Tata Negara dengan Hukum Administrasi Negara Hukum administrasi Negara merupakan perpanjangan dari hokum tata Negara atau hokum sekunder dari hokum tata Negara. dan sebagian peraturan-peraturan itu dibentuk pula oleh administrasi Negara.

pemerintah sebagaimana subjek hokum lainnya melakukan berbagai tindakan baik tindakan nyata maupun tindakan hokum. delegasi. Macam-macam dan Karakteristik Tindakan Hukum Pemerintahan a. artinya sumber wewenang bagi pemerintah adalah peraturan perundang-undangan. bahkan dalam praktik pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan tidak semata-mata dijalankan oleh jabatan pemerintahan yang tidak dikenal secara konvensional seperti instansi-instansi pemerintah. 2. wewenang pemerintahan itu berasal dari peraturan perundang-undangan yang berlaku. kewenangan yang bersumber dari peraturan perundang-undangan tersebut diperoleh melalui 3 cara.Dilakukan oleh aparat pemerintah . yaitu kewenangan yang diberikan oleh undang-undang. Unsur-unsur Tindakan Hukum Pemerintahan . Kedudukan Pemerintah dalam Hukum Publik D alam hokum administrasi. dan mandate. tetapi juga oleh badan-badan swasta. Kedudukan Hukum (Rechtspositie) Pemerintah 1. B. tindakan hokum jabatan pemerintahan dijalankan oleh pejabat pemerintah. yaitu atribusi. Kedudukan Pemerintah dalam Hukum Privat Kedudukan pemerintah dalam hokum privat adalah sebagai wakil dari badan hokum keperdataan. b. Asas Legalitas Asas legalitas merupakan salah satu prinsip utama yang dijadikan sebagai dasar dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan di setiap Negara hokum terutama bagi Negara-negara hukumdalam system continental. yaitu asas legalitas. Pengertian Tindakan Pemerintahan Pemerintah atau administrasi Negara merupakan subjek hokum sebagai pendukung hakhak dan kewajiban-kewajiban.Dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi pemerintahan . 2. Secara teoritis. Sumber dan Cara Memperoleh Wewenang Pemerintahan Seiring dengan pilar utama Negara hokum. Asas Legalitas dan Wewenang Pemerintahan a.A. Dalam Negara hokum. Sebagai subjek hokum. kedudukan hokum pemerintah berdasarkan hokum public adalah sebagai wakil (vertegenwoordiger) dari jabatan pemerintahan. Tindakan Pemerintahan 1. Kewenangan Pemerintah 1. C. berdasarkan prinsip ini tersirat bahwa wewenang pemerintahan berasal dari peraturan perundang-undangan. Dengan demikian. Macam-macam Jabatan Pemerintahan Jabatan-jabatan pemerintahan selaku penyelenggara kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan banyak dan bergam. 3. 2. Wewenang Pemerintahan Setiap penyelenggaraan kenegaraan dan pemerintahann harus memiliki legitimasi. Unsur.

ketetapan dapat diartikan keputusan yang berasal dari organ pemerintaha yang ditujukan untuk menimbulkan akibat hokum. B. istilah perundang-undangan mempunyai dua pengertian yaitu: perundang-undangan merupakan proses pembentukan/proses membentuk peraturan Negara. ketetapan yang menguntungkan dan yang memberi beban. baik di tngkat pusat maupun di tingkat daerah. Peraturan Perundang-undangan memiliki cirri-ciri : bersifat umum dan komprehensif. dalam hokum administrasi dikenal ada beberapa macam dan sifat ketetapan. Ketetapan Tata Usaha Negara 1. - .Dimaksudkan sebagai sarana untuk menimbulkan akibat hokum di bidang hokum administrasi. dan memiliki kekuatan untuk mengoreksi dan memperbaiki dirinya sendiri. seseorang atau badan hokum perdata. 3. yang merupakan hasil pembentukan peraturan-peraturan baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. universal. 2. Macam-macam Tindakan Hukum Pemerintahan Telah jelas bahwa pemerintah atau administrasi Negara adalah subjek hokum yang mewakili 2 institusi yaitu jabatan pemerintahan dan badan hokum. dengan maksud untuk menimbulkan akibat hokum dalam bidang administrasi. Pengertian Ketetapan Secara umum. yaitu ketetapan deklaratoir dan ketetapan konstitutif. c. Karakteristik Tindakan Hukum Pemerintahan Karakteristik tindakan hokum pemerintahan bersifat sepihak. dikeluarkan oleh organ pemerintahan. Karakteristik tindakan hokum ini berkenaan dengan dasar bertindak yang dimiliki oleh organ pemerintahan. Secara teoritis. dikenal pula yang bersifat terikat. yaitu tindakan hokum public dan tindakan hokum privat. Pengertian Instrumen Pemerintahan Instrumen Pemerintahan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah alat-alat atau sarana-sarana yang digunakan oleh pemerintah atau administrasi Negara dalam melaksanakan tugastugasnya.Dilakukan dalam rangka pemeliharaan kepentingan Negara dan rakyat. fakultatif dan bebas. didasarkan pada kewenangan hokum yang bersifat public. ditujukan untuk hal khusus atau peristiwa konkret atau individual. Unsur-unsur Ketetapan Ada beberapa unsure yang terdapat dalam beschikking (ketetapan). ketetapan eenmalig dan ketetapan permanen. Karena mewakili 2 institusi. . dikenal ada 2 macam tindakan hokum. yaitu kewenangan. Peraturan Perundang-undangan Peraturan merupakan hokum yang in abstracto atau general norm yang sifatnya mengikat umum (berlaku umum) dan tugasnya adalah mengatur hal-hal yang bersifat umum. Macam-macam Ketetapan Secara teoritis. yaitu: pernyataan kehendak sepihak secara tertulis. b. Perundang-undangan adalah segala peraturan Negara. BAB III INSTRUMEN PEMERINTAHAN A. C.

ketetapan perorangan dan kebendaan. Syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam pembuatan ketetapan ini mencakup syarat material dan syarat formal. Syarat-syarat Pembuatan Ketetapan Pembuatan Ketetapan tata usaha Negara harus memerhatikan beberapa persyaratan agar keputusan tersebut menjadi sah menurut hokum dan memiliki kekuatan hokum untuk dilaksanakan. ketetapan positif dan negative.ketetapan yang bebas dan yang terikat. . 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->