P. 1
OLAHRAGA

OLAHRAGA

|Views: 29|Likes:
Published by Muhd Helmi
CARA MEMBUAT PERIODISASI LATIHAN
CARA MEMBUAT PERIODISASI LATIHAN

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Muhd Helmi on Dec 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/22/2013

pdf

text

original

PERIODISASI PROGRAM LATIHAN

1.Tahap Persiapan  Tujuan dari tahap ini adalah untuk membangun dan menciptakan kondisi umum atlet.  Berlangsung antara 6 sampai 6,5 bulan  Tujuan dari tahap persiapan ini adalah :  Menguasai dan memperbaiki persiapan fisik umum  Memperbaiki kemampuan biomotorik yang dituntut dalam cabang olahraga  Menumbuhkan ciri-ciri psikologi yang khusus dalam cabang olahraga  Mengembangkan atau menyempurnakan teknik  Memperkenalkan dasar-dasar taktik yang akan diterapkan pada tahap berikutnya  Mengajarkan pengetahuan teoritis tentang teori dan metodologi latihan yang khusus untuk cabang olahraga yang bersangkutan  Tahap persiapan terbagi atas 2 (dua) tahap, iaitu (1) Tahap Persiapan Umum (TPU), dan (2) Tahap Persiapan Khusus (TPK). Tahap Persiapan Umum  Kadar latihannya sekitar 2 –4bulan  Latihan kondisi sekitar 60-70 %, dengan penekanan pada komponen-komponen fizik dasar, iaitu daya tahan kardiovaskular, kelenturan, dan kekuatan otot.  Tujuan :  Meningkatkan kondisi tubuh badan (daya tahan kardiovaskular, kelenturan, dan kekuatan otot).  Memperbaiki elemen-elemen teknik dan taktik cabang olahraga.  Melatih mental seperti : disiplin dan kerjasama antara anggota pasukan.

Tahap Persiapan Khusus  Lama latihannya 2 –4 bulan  Tujuan :  Meningkatkan keadaan fizikal menjadi lebih spesifik sesuai dengan karakteristik cabang olahraganya.  Penyempurnaan teknik dan taktik.

 Intensiti latihan naik menjadi sekitar 80 %.  kadar latihan menurun secara mendadak . Tahap Pertandingan Utama  Latihannya sekitar 3 bulan  Tujuan :  Menggali potensi atlet untuk berkembang seoptimal mungkin  Atlet berada dalam keadaan yang lebih bersedia sehingga lebih percaya diri dan memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai kemenangan  Intensiti latihan naik tajam yaitu mencapai 90 –100 %.  Latihan dalam bentuk mempertahankan keadaan fizikal yang telah dikembangkan pada tahap sebelumnya  Penekanan latihan pada taktik pola pertahanan dan penyerangan  Mempersiapkan secara khusus mengenai perkembangan mental dan emosional atlet. Tahap Pra-Pertandingan  Latihannya sekitar 2 bulan  Untuk melibatkan atlet dalam berbagai jenis pertandingan  Menilai seberapa jauh peningkatan kemampuan atletnya dari segala aspek latihan  Karakteristik latihan :  Kadar latihan menurun. yaitu sekitar 60 %.2.  Hindarkan hal-hal yang dapat menimbulkan kecederaan 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->