P. 1
ijma

ijma

|Views: 172|Likes:
Published by M Ravy D. Valiant
ijma ijma ijma ijma
ijma ijma ijma ijma

More info:

Published by: M Ravy D. Valiant on Dec 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2015

pdf

text

original

CONTOH-CONTOH IJMA’

1. Ijma’

tentang

pengangkatan

Abu

Bakar

menjadi

khalifah

karena

mengqiyaskan kepada penunjukan Abu Bakar oleh Nabi menjadi imam shalat ketika Nabi sedang berhalangan. (Jumhur Ulama, Fiqih Sunnah Jilid I, hal 149). 2. Semua ulama sepakat bila kematian seseorang telah diyakini, hendaknya diarahkan mukanya ke arah kiblat (Fiqih Empat Mazhab, Jenazah, hal 114). 3. Pemilikan selama setahun (hawl) merupakan syarat wajibnya zakat. Demikian menurut Ijma’ para Mujtahid (Fiqih Empat Mazhab, Zakat, hal 126). 4. Para ulama Mujtahid sepakat bahwa jual beli dihalalkan, sedangkan riba diharamkan. (Fiqih Empat Mazhab, Hukum Jual Beli, hal 214). 5. Para Mujtahid sepakat bahwa nikah adalah suatu ikatan yang dianjurkan syariat. (Fiqih Empat Mazhab, Nikah, hal 338). 6. Para imam mazhab sepakat apabila ibu dari seorang perempuan yang dinikahi dan telah dicampuri maka anak perempuan itu tidak boleh dinikahi oleh orang yang menikahi ibunya, meskipun anak perempuan itu tidak berada dalam asuhannya. (Fiqih Empat Mazhab, Keharaman Dalam Nikah hal 348).

7. Para ulama mazhab seluruhnya sepakat bahwa, orang yang sakit menjelang

wali waqhaf (penguasa wakaf) adalah harus orang yang berakal sehat. pandai menggunakan harta. 9. (Fiqih Lima Mazhab. Para imam mazhab sepakat atas keharaman ghashab (merampas hak orang lain). Para ulama mazhab sepakat bahwa. wakaf tersebut diambil dari jumlah sepertiga hartanya. Wakaf hal 645). hal 281). Kekuasaan Atas Waqhaf hal 659). Perampasan (Ghashab). (Fiqih Lima Mazhab. baligh. Para imam mazhab sepakat bahwa antara kerbau dan sapi adalah sama dalam perhitungan zakatnya.ajal. Apabila lebih. Zakat Hewan Ternak. manakala mewakafkan sebagian dari miliknya adalah syah dan bila dia cukup. 10. . dan bisa dipercaya. maka kelebihannya itu dikeluarkan berdasarkan izin para ahli warisnya. (Fiqih Empat Mazhab. (Fiqih Empat Mazhab. 8. hal 132).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->