P. 1
Makala Konsep Dasar Komunikasi Data

Makala Konsep Dasar Komunikasi Data

|Views: 845|Likes:
Published by jhunfirduswara

More info:

Published by: jhunfirduswara on Dec 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2015

pdf

text

original

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.........................................................................................................i DAFTAR ISI....................................................................................................................1 KATA PENGANTAR....................................................................................................2 BAB I PENDAHULUAN...............................................................................................3 1.1 1.2 Latar Belakang........................................................................................3 Tujuan Penulisan.....................................................................................4

BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................5 2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.5 Konsep Dasar Komunikasi Data............................................................5 Manfaat Komunikasi Data.....................................................................6 Aplikasi Komunikasi Data......................................................................7 Parameter Komunikasi Data..................................................................9 Media Transmisi....................................................................................10 Karateristik Transmisi..........................................................................10

BAB III PENUTUP.......................................................................................................11 3.1 3.2 Kesimpulan.............................................................................................11 Saran.......................................................................................................11

Komunikasi Data

1

KATA PENGANTAR

Piji dan syukur kami haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkat rahmat dan bimbingan-Nya, kami dapat menyelesaikan Makalah Mata Kuliah Jaringan Komputer ini tepat pada waktunya. Dalam menyusun Makalah ini, terdapat banyak kesulitan dan hambatan yang penulis hadapi, kesulitan pengetahuan, namun berkat bantuan dan bimbingan yang penulis peroleh dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga Makalah ini dapat penulis selesaikan sebagaimana adanya. Kami selaku penulis, menyadari bahwa dalam penyusunan Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, hal tersebut disebabkan karena terbatasnya ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, kritik saran serta masukan yang sifatnya membangun senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan Makalah ini. Akhirnya penulis berharap, semoga penyusunan Makalah ini, dapat bermanfaat bagi penulis. Semoga Allah Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita sekalian.

Maumere, Oktober 2012 Penulis

Komunikasi Data

2

BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang

Dunia teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat. Hausnya Masyarakat akan informasi yang cepat menjadi salah satu penyebabnya. Hampir semua perusahaan atau instansi, baik skala kecil maupun besar, berlomba – lomba mengembangkan perusahaan atau instansi mereka melalui beragam teknologi informasi terkini. Alasan Utamanya adalah demi meningkatkan reputasi dan popularitas di kalangan masyarakat, yang ujung – ujungnya akan meningkatkan keuntungan perusahaan di masa depan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, teknologi komputer telah berkembang sangat pesat. Akibat perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, maka teknologi satu dengan yang lain menjadi saling terkait. Perbedaan – perbedaan yang terjadi dalam pengumpulan, pengiriman, penyimpanan dan pengolahan informasi telah dapat diatasi. Dalam hal ini memungkinkan pengguna dapat memperoleh informasi secara cepat,tepat dan akurat.

Sekarang ini, proses pengolahan data tidak lagi dilakukan secara terpisah, khususnya setelah terjadi penggabungan antara teknologi komputer sebagai pengolah data dengan teknologi komunikasi. Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas – tugas komputasi suatu organisasi telah diganti oleh sekumpulan komputer yang berjumlah banyak dan terpisah tetapi masih saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Sistem ini disebut sebagai Jaringan Komputer (Computer Network).

Dengan kata lain, jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu jaringan bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut.
Komunikasi Data 3

Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda.

Istilah jaringan komputer untuk mengartikan suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksinya tidak harus melalui kawat saja melainkan dapat menggunakan serat optik, gelombang mikro atau bahkan satelit komunikasi. Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

Pada dasarnya Komunikasi Data merupakan proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan, bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan. Tulisan ini membuat Kita lebih memahami tentang arti dari Komunikasi data.

1.2

Tujuan Penulisan

Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk lebih memahami Pengertian Sistem Komunikasi Data, Manfaat dari Komunikasi Data, Aplikasi Komunikasi Data, Parameter Komunikasi Data, Media Transmisi,dan Karakteristik Transmis.

Komunikasi Data

4

BAB II PEMBAHASAN

2.1

Konsep Dasar Komunikasi Data

Komunikasi Data merupakan proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kodebiner melewati saluran transmisi dan perangkat bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peratalan dengan peralatan.

Elemen utama Komunikasi Data antara lain :

Sumber / Source Contohnya Transmitter / Pemancar

: Menghasilkan data untuk di transmisikan : Telpon dan PC : Mengubah data menjadi sinyal yang dapat di Pancarkan.

Contohnya

: Modem merubah sinyal digital ke analog System.

Transmisi

: Membawa data Jalur transmisi yang menghubungkan sumber dan tujuan

Receiver Contohnya Destination / Tujuan

: Mengubah sinyal yang diterima menjadi data : Modem merubah sinyal analog ke digital : Pengambilan data

Komunikasi Data

5

2.2

Manfaat Komunikasi Data

Manfaat Komunikasi Data terbagi menjadi :  Time Sharing Time Sharing adalah suatu metode pengolahan data yang menggunakan sistem perhitungan yang memperbolehkan sejumlah pemakai melaksanakan program itu selama pelaksanaanya. Misalnya seorang nasabah datang ke bank tersebut untuk menyimpan uang atau mengambil uang, maka buku tabungannya ditempatkan pada terminal. Dan oleh operator pada terminal tersebut dicatat melalui papan ketik (keyboard), kemudian data tersebut dikirim secara langsung ke pusat komputer, memprosesnya, menghitung jumlah uang seperti yang dikehendaki, dan mencetaknya pada buku tabungan tersebut untuk transaksi yang baru saja dilakukan.  Data Sharing Data Sharing adalah suatu data dapat dapat di akses oleh sejumlah pengguna dalam waktu bersamaan. 

Program Sharing Memberikan akses multi satu aplikasi, bisa di instal dan digunakannya lingkungan yang terdistribusi di seluruh jaringan oleh beberapa orang

Equipment Sharing Contohnya pemakaian satu printer oleh beberapa komputer.

Komunikasi Data

6

2.3

Aplikasi Komunikasi Data

Contoh Aplikasi Komunikasi Data adalah : 

Surat Elektronik (E-Mail) Email adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesanmelalui alamat elektronik di internet. Metode PengirimanUntuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronikyang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.Saya menulis surat → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya →Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) →surat dibaca si penerima.

 Bank Teller Terminal (ATM)ATM (Automatic teller machine merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalahsebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau membayar tagihan-tagihan.System Kerja atm (automatic teller machine)Untuk melakukan berbagai transaksi di ATM, membutuhkan sebuah kartu identitas nasabah yangdi dalamnya terdapat nama nasabah, ID nasabah, dan lain-lain, yang biasanya disebut Kartu ATM. Dan untuk memperoleh sebuah Kartu ATM, seorang nasabah terlebih dahulu harusmembuat sebuah permohonan kepada pihak bank untuk membuat Kartu ATM dengan memenuhipersyaratan-persyaratan yang telah ditentukan untuk identitas nasabah. Kemudian pihak bank akan memberikan sebuah ID Card atau PIN sebagai ID Kartu ATMnasabah. Setelah mendapatkan Kartu ATM, nasabah dapat langsung menggunakannya sebagai syarat pengaktifan Card. PIN yang diberi oleh pihak bank dapat dirubah oleh nasabah.Langkah pertama yang dilakukan oleh Mesin adalah membaca ID Card nasabah yang dilakukanoleh magnetic card reader setelah Kartu dimasukkan melalui slot card kedalam mesin. Fungsidari magnetic card reader hanya
Komunikasi Data 7

sebagai pembaca dan penerima data. Setelah dibaca, lalu data tersebut akan dikirim ke sistem komputerisasi bank. Karena fungsinya hanya sebagai penerima data maka magnetic card reader tidak memiliki memori yang bisa menyimpan data nasabah.Sementara Kartu ATM akan tersimpan didalam mesin dan akan keluar otomatis setalah nasbah memutuskan transaksi.Saat mesin berhasil membaca data dalam Kartu ATM tersebut, maka mesin akan meminta dataPIN. PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan harus di-input dengan menggunakan tombol keyboard ATM oleh nasabah. Setelah PIN dimasukkan, maka data PIN tersebut akan diacak dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi bank bersangkutan. Pengacakandata PIN ini dimaksudkan agar data yang dikirim tidak bisa terbaca oleh pihak lain.PIN yang sudah diacak berikut isi data dari kartu akan dikirim langsung ke sistem komputer bank untuk validasi sebagai bagian dari setiap transaksi. Setelah data selesai dan diproses disistem komputer bank, maka data akan dikirim kembali ke ATM, dan nasabah akan mendapatkan apa yang yang dimintanya (dapat bertransaksi) di ATM dengan mengikutiinstruksi-instruksi optional yang dikirim mesin ke monitor mesin.Perlu nasabah ketahui bahwa mesin ATM tidak menyimpan data nasabah maupun PIN nasabah.Ini karena prinsip kerja mesin ATM hanya menyampaikan pesan (pass through request) nasabahke sistem komputer bank bersangkutan. Dan ATM hanya dapat melayani satu nasabah pada satuwaktu saja.Setelah transaksi selesai, mesin akan memprintkan sejumlah data transaksi yang telah

dilakukan(optional) atau jika nasabah tidak menginginkan print data dilakukan, mesin akan tetap memberikan informasi transaksi saat itu melalui monitor mesin. Dan secara otomatis, akan adaperubahan jumlah saldo nasabah. Kemudian kartu akan keluar dari slotnya dan transaksi akanbenar-benar selesai.

Komunikasi Data

8

2.4

Parameter Komunikasi Data

Parameter Komunikasi Data terdiri atas : 

TRIB (Transfer Rate of Information Bits) Adalah Jumlah bit yang diterima di penerima dibagi dengan total waktu transmisi. Hal ini digunakan untuk mengukur jumlah informasi yang diterima di tempat tujuan.

BER (Bit Error Rate) Adalah persentase bit yang telah melakukan kesalahan relatif terhadap jumlah bit yang diterima dalam transmisi.

Channel Throughput Adalah Jumlah data yang berhasil dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dalam periode waktu tertentu melalui saluran komunikasi tunggal.

Reliabilitas adalah ukuran untuk menilai cuaca perangkat (Pemancar, penerima atau transmission channel). transmisi saluran dapat beroperasi dengan baik pada periode waktu tertentu untuk tingkat tertentu pemakaian. Sebagai contoh: Sebuah ponsel menggunakan kartu pra-bayar XL dikatakan andal jika digunakan dalam Jakarta tetapi tidak tidak di dalam gedung tertentu.

Availabilitas Adalah Ketersediaan mengukur yang untuk menilai perangkat tersedia atau siap untuk melayani saat dibutuhkan.

Channel Transfer Delay Adalah Waktu yang diperlukan oleh sinyal (Baik itu dalam bentuk elektronik saat ini di kawat, cahaya dalam medium serat optik atau gelombang elektromagnetik) untuk menyebarkan (bergerak) dari titik transmisi pemancar ke receiver (penerima).

Trunaround Time Adalah Waktu berlalu antara akhir penyelidikan atau permintaan pada sistem komputer. misalnya, lamanya waktu antara indikasi akhir penyelidikan dan tampilan yang pertama.
Komunikasi Data 9

Channel Establishment Time Adalah total waktu yang dibutuhkan oleh media transmisi (PT Telkom PSTN dalam jaringan telepon umum, atau antara modem pribadi Anda dan modem ISP).

2.5

Media Transmisi

Media transmisi dapat digolongkan menjadi :

1

Guided Media / Saluran Fisik menjadi Guided media dan Unguided media. Dapat dilihat dan diraba keberadaannya, Contohnya, twisted pair.

2

Unguided Media / Saluran non fisik coaxial cable dan fiber optic. Tidak dapat dilihat dan di raba keberadaannya, Contohnya, perambatan gelombang di udara dan komunikasi menggunakan wireless.

2.6

Karakteristik Transmisi

Suatu Transmisi Data ditentukan oleh dua hal, yaitu:

1 2

Karakteristik Media Karakteristik Sinyal

Untuk guided media, Media itu sendiri menjadi lebih penting dalam penentuan batasanbatasan transmisi. Pada unguided media, karakteristik transmisi lebih ditentukan oleh kualitas sinyal yang dihasilkan melalui antena tarnsmisi dibandingkan dengan medianya sendiri.

Komunikasi Data

10

B AB III PENUTUP

3.1

Kesimpulan

Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputerkomputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital.Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakat informasi karenasistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.

3.2

Saran Seperti apa yang telah kami paparkan mengenai sistem komunikasi data diatas. Maka

menurut kami pengetahuan akan sistem komunikasi data sangat diperlukan, sehingga nantinya dapat menghasilkan model sistem komunikasi data yang lebih canggih dan lebih cepat dari padayang ada sekarang ini.

Komunikasi Data

11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->