Presentasi Materi PENDIDIKAN PANCASILA

Bab. Sistem Ketatanegaraan Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945 Sub-bab. Makna Pembukaan UUD 1945

Disusun Oleh : .

.

A S S A L AMU A L A I K UM W r Wb .

Makna Pembukaan UUD 1945 .

Motivasi dan Aspirasi Pembukaan UUD 1945 merupakan motivasi dan aspirasi perjuangan tekad bangsa indonesia untuk mencapai tujuan nasional Nilai yang dijunjung oleh bangsa-bangsa beradab di seluruh muka bumi (universal) dan mampu menapung dinamika masyarakat (lestari). Nilai-nilai Universal dan Lestari .

1 4 Alinea 2 3 .

Next alinea . oleh karena itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan” Makna : Mengungkap dalil obyektif dimana penjajahan bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.Alinea 1 Hak atas kemerdekaan Bunyi : “Bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. maka penjajahan harus ditentang dan dihapuskan agar semua bangsa di dunia mendapat hak publik absolutnnya(merdeka). Mengandung pernyataan subyektif tentang aspirasi bangsa Indonesia dalam membebaskan diri dari belenggu penjajahan.

Perjuangan bangsa Indonesia Cita .cita bangsa Next alinea .

Bunyi : • “Dan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia. berdaulat. . bersatu. adil. dan makmur. bersatu. berdaulat adil dan makmur” Makna : • Kemerdekaan Indonesia di peroleh berdasarkan perjuangan bangsa Indonesia sendiri dan bukan merupakan hadiah dari penjajah • Menunjukkan nilai-nilai yang dikehendaki dan diharapkan para “pengantar” kemerdekaan ialah merdeka. yang merdeka.

Alinea 3 Motivasi riil dan materiil Motivasi spiritual Next alinea .

Bunyi : “Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan di dorongkan oleh keingingan luhur. maka rakyat indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaannya.” Makna : Maksud dari : Menegaskan apa yang menjadi motivasi riil dan materil. • Motivasi spiritual → berkat ridha-Nya lah bangsa Indonesia berhasil mencapai kemerdekaannya. serta spiritual • Motivasi riil dan materil → tekad bangsa Indonesia untuk menyatakan kemerdekaannya. .supaya berehdupan yang bebas.

 Fungsi Alinea 4 .dan tujuan negara Bentuk negara Indonesia Negara yang berdaulat Dasar negara Indonesia Negara yang berdasarkan konstitusi dan hukum.

maka disusunlah kemerdekaan kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia yang beredaulatan rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa.” Bunyi . Persatuaan indonesia. Kemanusaan yang adil dan beradab. mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdeaan.• “kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara yang melindungi segenap bangsa indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum. perdamaian abadi dan keadilan sosial. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebjaksanaan dalam Permusyawaratan/perwakilan serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Negara Indonesia adalah negara yang berdasarkan konstitusi dan hukum. 3. 2. memajukan kesejahteraan umum. fungsi dan tujuan negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.5. Dasar Negara Indonesia adalah pancasila. Bentuk negara Indonesia adalah republik. . perdamaian abadi dan keadilan sosial. mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Negara Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat.Makna • Semua asas pokok daripada bagian pembukaan keempat tentang hal pembentukan pemerintahan negara • Alinea keempat menegaskan bahwa : 1.4.

Dimana kuatnya wawasan kebangsaan ini erat kaitannya dengan persatuan Indonesia(sila 3 pancasila).Berdasarkan keempat alinea dalam pembukaan UUD 1945 tersebutdapat diambil suatu kesimpulan bahwasanya negara yang didirikan berwawasan kebangsaan. . yang harus terus dibina demi terwujudnya kelancaran dan keberhasilan pembangunan nasional.

Terimakasih .