P. 1
Baja Dan Stainless Steel

Baja Dan Stainless Steel

|Views: 34|Likes:
Published by Dwi Apriansyah

More info:

Published by: Dwi Apriansyah on Dec 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

Nama NIM Fakultas Jurusan Mata kuliah Dosen Pembimbing Dosen Pengasuh

: Dedi Chandra : 03081003055 : Teknik : Teknik Kimia : Bahan Konstruksi Kimia : Fitri Hadiah , S.T. M.T. : Dr. Ir. Hj. Tri Kurnia Dewi, Msc.

BAJA
Baja adalah logam paduan dengan besi sebagai unsur dasar dan karbon sebagai unsur paduan utamanya. Kandungan karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengeras dengan mencegah dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi. Unsur paduan lain yang biasa ditambahkan selain karbon adalah mangan (manganese), krom (chromium), vanadium, dan tungsten. Dengan memvariasikan kandungan karbon dan unsur paduan lainnya, berbagai jenis kualitas baja bisa didapatkan. Penambahan kandungan karbon pada baja dapat meningkatkan kekerasan (hardness) dan kekuatan tariknya (tensile strength), namun disisi lain membuatnya menjadi getas (brittle) serta menurunkan keuletannya (ductility). Baja adalah paduan kebanyakan terdiridari besi, dengan konten karbon di antara 0.2% dan 2.1% berat, bergantung kepada kategorinya. Karbon adalah material yang paling murah untuk besi, tapi lain yang berbagai unsur campuran logam lainnya dipergunakan seperti mangan, kromium, vanadium, dan tungsten. Karbon dan unsur lain menindaki sebagai agen pengerasan, mencegah dislokasi pada atom besi bentuk kristal lattice dari meluncur satu sama lain. perbedaan sejumlah campuran unsur logam dan bentuk pembuatan pada baja (unsur solute, tahap mengendap) mengontrol kualitas baja seperti kekerasan, keuletan(ductility), dan kekuatan dari baja yang dihasilkan. Baja dengan peningkatan konten karbon dapat membuat baja lebih keras dan lebih kuat dibandingkan besi, tapi keuletannya berkurang. Campuran logam dengan konten karbon lebih tinggi dikenal sebagai besi-tuang karena akibat titik leleh lebih rendah dan kemampuan tuang. Baja dicirikan sebagai besi tempa, yang berisi sejumlah kecil unsur karbon, tapi ini termasuk dalam bentuk dari pemasukan ampas bijih. Dua faktor pembeda adalah peningkatan daya tahan karat baja dan kemampuan patry lebih baik. Baja telah dihasilkan dari berbagai cara tidak efisien sebelum renaisance, penggunaannya jadi lebih umum setelah lebih banyak cara penghasilan efisien yang
Page | 1

Mineral khas yang berisi besi meliputi Fe2O3 bentuk dari besi oksida ditemukan sebagai mineral hematit. ditemukan di kerak bumi hanya pada bentuk bijih. alat. dengan kata lain besi terkombinasikan dengan unsur lain seperti oksigen atau belerang. baja jadi bahan yang secara relatif diproduksi massal dengan harga yang murah. dan alat. Baja modern umumnya diidentifikasi oleh berbagai susunan baja yang didefinisikan oleh berbagai organisasi standar Klasifikasi Baja secara Umum      Berdasarkan komposisi o Baja karbon o Baja paduan rendah o Baja tahan karat Berdasarkan proses pembuatan o Tanur baja terbuka o Dapur listrik o Proses oksigen dasar Berdasarkan bentuk produk o Pelat batangan o Tabung o Lembaran o Pita o Bentuk struktural Berdasarkan struktur mikro o Feritik o Perlitik o Martensitik o Austenitik Berdasarkan kegunaan dalam konstruksi o Baja Struktural o Baja Non-Struktural Properti Material Besi.dipikirkan pada abad ke-17. mobil. dan FeS2—pyrite (emas palsu). dimana menurunkan ongkos pembuatan saat meningkatkan mutu dari logam. kapal. infrastruktur. Page | 2 . Sekarang ini. mesin. pada kebanyakan logam. Dengan penemuan proses Bassemer pada pertengahan abad ke19. baja adalah salah satu materi paling umum di dunia dan adalah salah satu komponen utama di bangunan. Besi diekstrak dari bijih dengan menyingkirkan oksigen dan mengombinasikan bijih dengan senyawa kimia seperti karbon. Pengolahan selanjutnya ada pada seperti proses oksigen dasar pembuatan baja.

tapi biasanya mencakup di antara 7. menghasilkan di tinggi baja kecepatan. dan hanyalah 0. Semua suhu ini dapat dijangkau dengan metode masa lampau yang telah dipergunakan sejak zaman Perunggu. dan baja perbuatan fosfor lebih rapuh. yang titik lelehnya kira-kira 1. Materi lain adalah sering ditambahkan ke besi / campuran karbon untuk menghasilkan baja dengan hak milik diinginkan. Karbon berlebihan dan material atau unsur pencemar lain dimasuki ulang ke satu langkah yang berikut. ini dikenal sebagai baja tahan-karat. campuran dari karbon dan besi dapat membentuk sejumlah struktur berbeda. yang pertama berlaku bagi logam dengan titik leleh rendah. Ini adalah satu wajar materi lunak metalik itu dapat melarutkan hanyalah satu konsentrasi kekecilan dari karbon.75 dan 8. dan vanadium juga meningkat kekerasan saat mengurangi akibat dari lelah logam. 280–0. sebagai perbandingan. Ketika baja dengan kurang dari 0. 291 lb / in3).333 °F). Bahkan pada jangkauan sempit dari konsentrasi yang menyusun baja.021% karbon maka ini mentransformasikan ke dalam satu rupa memusat hasta (FCC) struktur. Page | 3 . Kalau baja mengandung lebih dari 0. sebanyak 2. Hasil Peleburan pada aloi (besi cor) yang mengandung terlalu banyak karbon dipanggil baja. dengan sangat berbeda hak milik. dipanggil austenite atau?-besi. dikenal sebagai peleburan. Di suhu-kamar.005% di dalam memasuki °C (32 °F). nitrogen. Memahami hak milik demikian penting untuk membuat baja mutu. titik leleh besi-tuang kira-kira 1. tidak lebih dari 0.1% karbon pada 1.830 °F). yang titik lelehnya kira-kira 250 °C (482 °F) dan tembaga.05 g / cm3 (0. penting bahwa peleburan diambil pada suatu lingkungan oksigen rendah. dikenal sebagai satu baja hypoeutectoid. Ini juga lunak dan metalik tapi dapat melarutkan dengan sangat karbon lagi. cerminkan yang karbon bagian atas isi suatu baja.8% karbon. belerang. Pada sisi lain.000 °C (1. seperti timah . Nikel dan batu kawi di baja menambahkan ke kuat panteng ini dan perbuatan austenite lagi secara kimiawi stabil. Kepadatan dari baja membedakan berlandaskan mencampur logam konstituen.Proses ini. Tdak sama dengan Tembaga dan timah. Untuk mencegah kakisan.021 wt% pada 723 °C (1. kromium meningkat suhu kekerasan dan pelelehan. disejukkan dari satu austenitic menahapkan coba campuran ke revert ke tahap ferit.500 °F). mengijinkan martensit untuk dibentuk dengan lebih lambat memuaskan kecepatan-angka.370 °C (2. Sejak tingkat oksidasi sendiri berada di luar 800 °C. paling tidak 11% kromium adalah ditambahkan ke baja juga itu satu oksida keras bentuk pada permukaan logam. Tungsten campur tangan dengan formasi dari cementite.148 °C (2. besi cairan melarutkan karbon sangat cepat.098 °F)). sehingga ini biasanya mendirikan unsur harus disingkirkan dari bijih selama memproses. bentuk kandang kuda yang paling dari besi adalah tubuh yang memusat hasta (BCC) struktur?-ferit.

menamai menurut ini kemiripan ke ibu dari mutiara. dan perkembangan buah biji-bijian. Paling umum sedang mendinginkan dan pemuduran dan perangai. Perlakuan Panas Ada banyak jenis dari proses memperlakukan panas siap ke baja.8% karbon menyejukkan struktur mengambil bentuk dari perlit dan cementite. Suhu Page | 4 . 8% karbon. Untuk baja yang mempunyai lebih dari 0. Ketika baja berada di dalam satu austenitic menahapkan kemudian memuaskan bentuk ini ke dalam martensit. membekaskan besi yang cukup murni untuk mengambil bentuk dari ferit. muaian terjadi. karena atom "beku" pada tempatnya ketika struktur sel berganti dari FCC ke BCC. Ada tidak ada tenaga pengaktifan termal untuk alihragam dari austenite ke martensit. Pada eutectoid. Martensit punya satu kepadatan pegawai rendahan dibandingkan austenite lakukan. 0.menghasilkan pada satu kelebihan karbon. ada tidak ada compositional mengubah sangat atom umumnya memegang tetangga yang sama mereka. Di bawah kira-kira 0.2% karbon ini mengambil satu? ferit BCC bentuk kristal bentuk. walau mereka tidak boleh selalu menjadi tampak. Bergantung kepada konten karbon martensitic menahapkan bentuk berbeda pengambilan. Satu cara untuk karbon tinggalkan austenite adalah untuk cementite endap keluar campuran. Penekanan internal dari muaian ini umumnya mengambil bentuk dari tekanan pada kristal dari martensit dan tegangan pada ferit sisa. Ini adalah umum untuk memuaskan rekahan untuk membentuk ketika menyiram terpuaskan. Proses ini terjadi melalui tiga phase: penemuan. Pendinginan logam adalah proses untuk memanaskan baja ke satu cukup temperatur tinggi untuk meringankan ini. menghasilkan pada satu ferit campuran cementite. Lebih dari itu. mereka menyebabkan pekerjaan internal mengeraskan dan cacat mikroskopik yang lain. penekanan internal dapat menyebabkan bagian untuk menghancurkan saat ini sejukkan. tapi konten karbon lebih tinggi mengambil satu tubuh memusat bersudut empat (BCT) struktur. Dalam hal ini. penghabluran ulang. menyejukkan struktur mengambil bentuk dari perlit. Kalau pemuduran dilakukan dengan tidak sesuai. Barangkali paling penting bentuk polymorphic adalah martensit. satu metastable menahapkan yaitu berpengaruh significant baja lebih kuat dibandingkan lain tahapkan. dengan satu pekan raya sejumlah gunting besar pada berdua konstituen. Paling sedikit. sehingga alihragam itu di antara mereka hasilkan pada satu perubahan volume. Cementite adalah satu keras dan rapuh intermetallic mengombinasikan dengan rumusan kimia dari Fe3C.

memperlihatkan kondisi diperlukan untuk membentuk tahap berbeda Pemroduksian Baja Ketika besi di lebur dari bijihnya oleh proses komersil. Benda cair ini kemudian adalah secara terus-menerus membentuk ke dalam papak lama atau bajui ke dalam batang logam. ini mengandung lebih karbon dibandingkan adalah diinginkan. kemudian pemuduran ini di air atau minyak.yang memerlukan dinginkan baja bergantung kepada jenis dari pendinginan logam dan konstituen dari aloi. sementara hanya 4000 batang logam Page | 5 . yang akhirnya menghasilkan pada satu lebih yang dapat dibentuk dan logam resisten pecah. Memuaskan dan perangai libatkan pertama pemanasan baja ke austenite tahapkan. diagram fase besi-karbon. Untuk menjadi baja. dimana titik unsur lain dapat ditambahkan. Hasil dinginkan cepat ini pada satu keras dan struktur martensitic rapuh.Baja kemudian adalah perangai. ini harus dileleh dan memproses ulang kurangi karbon ke jumlah benar. Di aplikasi ini pendinginan logam (perangai) proses mentransformasikan beberapa martensit ke dalam cementite atau spheroidite untuk mengurangi penekanan internal dan seberang. yaitu baru satu jenis dikhususkan dari pendinginan logam. 96% baja secara terus-menerus bentuk.

dibentuk per tahun. Cina juga telah diadopsi cara penghasilan dari penciptaan baja Wootz. atau awakkan. Penginapan tentara adalah panas atau dingin menggulungkan ke dalam halang. rod.000 tahun usia. dihembus oleh angin angin monsun dan Page | 6 . Baja masa lampau yang lain berasal dari Afrika Timur. sementara Cina dari Dinasti Han (202 BC – 220 IKLAN) menciptakan baja dengan melebur besi tempa dengan besi cor. mekar. menanggali kembali 1400 BC. Seiring dengan cara asli mereka dari baja tempaan. satu ide mengimport dari India ke Cina oleh abad ke-5 Masa Sesudah Masehi. Mekar adalah panas atau dingin menggulungkan ke dalam baja struktural. Balok-i seperti itu dan gerendel. Papak adalah panas atau dingin menggulungkan ke dalam pelat logam atau lempeng. memperoleh satu produk terakhir dari satu karbon intermediate—steel oleh abad ke-1 Masa Sesudah Masehi. dengan bijih masuk dan menyelesaikan baja keluar. Penghasilan paling awal dikenal dari baja adalah masing-masing barang dari besi menggali dari satu lokasi arkeologis di Anatolia dan akan 4. Pada abad ke-4 baja senjata BC seperti Falcata dihasilkan pada Semenanjung Iberian. dan mungkin telah dihasilkan dengan mengatur bloomery sehingga itu mekar yang mengandung karbon. dan kawat. Kadang kala setelah satu guling final baja ini adalah panas memperlakukan untuk kekuatan. Baja Wootz dan baja Damascus Bukti dari penghasilan paling awal dari baja karbon ketinggian pada Anak Benua Indian ditemukan di area Samanalawewa di Sri Lanka. Baja Wootz dihasilkan di India oleh tentang 300 BC. Bagaimanapun.Cina dari Memperangi Status (BC 403–221) telah memuaskan baja dikeraskan. [16] Baja disebutkan pada Kitab Injil Kudus: Di Jeremiah 15:12 Raja Diberi Kuasa Versi James. bagaimanapun ini secara relatif jarang. bacaan ini: "Harus besi pecah utara menyetrika dan baja?". Baja awal ini cara pembuatan di Sri Lanka mempekerjakan penggunaan unik dari satu tungku perapian angin. Di pengecoran logam modern proses ini sering terjadi di lini perakitan sesuatu. Sejarah dari pembuatan baja Baja masa lampau Baja diketahui di jaman dahulu. ini tampak Ibrani punya tidak sepatah kata pun untuk "baja" tapi terpakai sebagai ganti ‫( אסטמא‬istoma) ada hubungan darah ke kata Yunani οτὀμωμα (otómoma) atau pengerasan. sementara baja Noric dipergunakan oleh militer Romawi. Batang logam kemudian adalah terpanasi pada satu lubang rendam dan panes menggulungkan ke dalam papak.

wootz adalah terkenal untuk ketahanan ini dan kemampuan untuk menggenggam satu tepi. arang.s. mereka dihasilkan kebetulan agak dibandingkan secara terencana. Satu proses serupa untuk baju besi pengerasan kasus * dan file dideskripsikan pada satu buku menerbitkan di Naples pada 1589. Bahan baku untuk ini adalah halang dari besi tempa. Juga dikenal sebagai baja Damascus. Proses awalan dari batangan besi Di besi cor proses ini didenda pada satu bengkel tukang besi dandanan untuk menghasilkan besi batang (besi tempa). yang yang mungkin menjelaskan beberapa ini legendary berkualitas.baja dihasilkan murni nyaris. yang kemudian adalah terpakai di pembuatan baja. satu prestasi luar biasa pada saat. Cara modern mempergunakan coke dari pada arang. Masa lampau Sinhalese mengatur untuk mengekstrak satu ton baja bagi setiap 2 ton tanah. Penghasilan dari baja oleh cementation berjalan. dideskripsikan pada satu risalah menerbitkan di Prague pada 1574 dan berada di dalam penggunaan di Nuremberg dari 1601. meskipun demikian tertentu teknologi siap pada waktu itu. Di Eropa sejak 1600 . Pembahasan terbaru mempunyai disarankan bahwa karbon nanotubes diliputi di dalamnya struktur. ada bukti dari penghasilan dari baja di Cina Lagu mempergunakan dua ilmu pengetahuan tentang teknik: satu "berganesque" kiat bahwa lebih rendah dihasilkan. Selama abad ke-17 ini sadar itu baja terbaik berasal dari Page | 7 . punyai yang membuktikan sebagian besar lebih murah. Pada abad ke-11. Ini mula-mula diciptakan dari sejumlah materi berbeda meliputi berbagai unsur melacak. Proses diperkenalkan kepada Inggris pada tentang 1614. Ini sebenarnya satu aloi silang selimpat dengan besi seperti komponen utama ini. Ini dihasilkan oleh Tuan Kemangi Brooke di Coalbrookdale selama 1610s. Baja cawan dihasilkan di Merv oleh ke-9 ke IKLAN abad ke-10. baja inhomogeneous dan satu pendahuluan ke Bassemer modern memproses bahwa parsial dimanfaatkan decarbonization melalui mengulangi tempaan pada satu semburan dingin. [28] Angin alami dipergunakan dimana besi berisi tanah dipanaskan dengan penggunaan dari kayu. dan udara. Satu tungku perapian demikian ditemukan di Samanalawewa dan ahli arkeologi mampu untuk menghasilkan baja sebagai masa lampau lakukan dulu kala. yang pertama ganggu baja menghasilkan telah bijih besi peleburan ke dalam besi cor pada satu tungku perapian meledakkan dari bijih. Pembuatan baja modern Bukti dari penghasilan paling awal dari baja karbon ketinggian pada Anak Benua Indian ditemukan di area Samanalawewa di Sri Lanka.

Baja cawan adalah baja yang dileleh pada satu tempat melebur logam agak dibandingkan ditempa. Lepuhkan baja (dibuat sebagai di atas) adalah dileleh pada satu tempat melebur logam atau pada satu tungku perapian. utara dari Stockholm. Paling tungku perapian sebelumnya tidak dapat menjangkau cukup tinggi suhu untuk meleleh baja. Pendaur Ulangan Baja adalah salah satu yang paling mendaur ulang materi di dunia. pada 2007. Baja industri dengan aktif mendaur ulang untuk lebih dari 150 tahun. Pada Amerika Serikat ini adalah yang paling secara luas mendaur ulang materi. terhitung sejak 2007. karena ini menggaris konverter dengan satu materi dasar untuk menyingkirkan fosfor. dan materi konstruksi. Peningkatan lain di steelmaking adalah Burung Martin Siemens berjalan. pada 2000. Ini lebih murah untuk mendaur ulang baja dibandingkan untuk milikku bijih besi dan memanipulasi ini melalui proses produksi untuk membentuk baja lagi. lebih dari 60 juta metric ton didaur ulang. lebih dari 97% baja struktural dan 110% mobil didaur ulang. Ini memperbolehkan baja dihasilkan dalam jumlah besar dengan murah. hampir sepanjang proses dipergunakan. membandingkan baja saat ini konsumsi untuk masing-masing industri dengan sejumlah mendaur ulang baja dihasilkan. Proses awalan dari besi cor Zaman modern di steelmaking memulai dengan pengantar dari Bassemer Henry Bassemer berjalan pada 1858. di bagian besar karena ini secara ekonomis untungkan untuk lakukan. Modern awal baja industri tempat melebur logam akibat oleh penemuan dari Benjamin Pemburu pada 1740s. mobil. Antara lain. alat. Bahan bakunya adalah besi cor. Satu alat khas akan 75% baja oleh berati dan mobil akan 65% baja dan besi. Ini masih bahan baku umum pada abad ke-19. dan bentuk (biasanya) ke dalam batang logam. yang dilengkapi proses Bassemer. Gilchrist Thomas berjalan (atau Bassemer dasar berjalan) adalah satu peningkatan ke proses Bassemer. dengan hasil yang ini jadilah lebih homogen. dan. Paling umum mendaur ulang butir data adalah wadah. sehingga baja lembut itu kini terpakai untuk paling penggunaan untuk besi tempa yang tadinya terpakai. Baja tidak kehilangan apapun fisis sifat yang tidak bisa dipisahkan ini selama proses daur ulang. dan secara drastis telah daya dikurangi dan Page | 8 . lebih dari 78% baja didaur ulang pada Amerika Serikat.oregrounds menyetrika dari satu daerah dari Sweden.

sementara satu bingkai kaku yang dapat diperbandingkan rumah mungkin memerlukan sebanyak pohon 40–50. Mendaur ulang ton seseorang dari baja menyelamatkan 1. Baja BOS biasanya mempunyai kurang sisa unsur di dalamnya. Penggunaan Besi dan baja dipergunakan secara luas pada konstruksi dari jalan. konstruksi lepas pantai. nikel dan molibdenum dan kemudian lebih lentur dibandingkan baja EAF sangat ini adalah sering dipergunakan untuk perbuatan spatbor permobilan. dan 55 kilogram batu gamping. 630 kilogram batubara. yaitu cukup untuk mendaya delapan belas juta situs awal untuk tahun sesuatu. alat. barang-barang kain putih (misalnya. Page | 9 . jalan kereta api. dan bangunan. lapangan bola kaki seperti itu dan pencakar langit. Bahkan itu dengan satu struktur beton akan mempekerjakan baja untuk menguatkan. buldozer). satu bingkai baja padanan ke tentang enam mendaur ulang mobil. kuku. mesin cuci). infrastruktur. dan bandar udara. dan persenjatai pada bentuk dari rompi pribadi atau baju besi kendaraan (lebih baik dikenal sebagai baju besi homogen yang gulung di peran ini). pekerjaan tambang. Aplikasi umum lain meliputi pembuat kapal. Karena balok baja dibuat untuk mestandarkan dimensi. baja dipergunakan di berbagai dengan konstruksi lain berhubungan aplikasi. BOS Steelmaking mempergunakan di antara 25 dan 35% mendaur ulang baja untuk membuat baja lagi. atmosphere.000 . lempeng. Baja ini mengandung lebih sisa unsur yang tidak dapat disingkirkan melalui aplikasi dari oksigen dan jeruk nipis sangat ini biasanya membuat palang struktural. alat-alat besar (misalnya.100 kilogram bijih besi. dan apapun limbah yang dihasilkan mungkin didaur ulang. tembaga seperti itu. Paling struktur modern besar. drum industri atau apapun produk dengan satu derajat besar dari pekerjaan dingin. didukung oleh satu tulang baja. jembatan. wol-baja.). dan bauti.sangkar kaki bujur (200 m2) dua rumah cerita. baut seperti itu. di sana adalah sering sangat limbah kecil menghasilkan selama konstruksi. Sebagai tambahan terhadap lentang pergunakan di alat utama dan mobil (Terlepas dari perkembangan di pemakaian dari aluminium. angkut saluran. Daya yang ditabung oleh daur ulang mengurangi daya tahunan konsumsi dari industri oleh tentang 75%. ini masih materi utama untuk tubuh mobil. mebel kantor.kebutuhan materi membandingkan dengan halus dari bijih besi. Untuk satu khas 2. menguatkan batang dan produk lain yang memerlukan sedikit dingin pekerjaan. sup dapat. EAF steelmaking mempergunakan hampir 100% mendaur ulang baja.

Hanya beberapa lapisan atom saja cukup untuk mengurangi kecepatan proses karat selambat mungkin karena lapisan korosi tersebut terbentuk dengan sangat rapat. Stainless steel terdiri dari besi. Elemen-elemen ini bereaksi dengan oksigen yang ada di air dan udara membentuk sebuah lapisan yang sangat tipis dan stabil yang mengandung produk dari proses karat/korosi yaitu metal oksida dan hidroksida. Stainless steel dapat bertahan dari serangan karat berkat interaksi bahan-bahan campurannya dengan alam. Page | 10 . mangan. Krom. bereaksi dengan oksigen. Hal ini juga disebut baja tahan korosi atau Cres ketika jenis dan kelas paduan tidak rinci.Stainless Steel Baja tahan karat atau lebih dikenal dengan Stainless Steel adalah senyawa besi yang mengandung setidaknya 10. krom. Penggunaan umum dari stainless steel adalah alat makan dan menonton kasus dan band. Ada nilai-nilai yang berbeda dan permukaan selesai dari stainless steel untuk menyesuaikan dengan lingkungan material yang akan dikenakan di masa pakai baterai. berbeda dengan stainless steel. silikon. didefinisikan sebagai baja paduan dengan minimal 11% kromium konten oleh massa. tetapi tidak noda-bukti). juga dikenal sebagai INOX baja atau INOX. terutama di industri penerbangan. Lapisan korosi ini lebih tipis dari panjang gelombang cahaya sehingga tidak mungkin untuk melihatnya tanpa bantuan instrumen moderen. menimbulkan korosi atau karat semudah baja biasa ( itu noda kurang.5% Kromium untuk mencegah proses korosi (pengkaratan logam). Stainless steel. Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium. dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum). Besi biasa. stainless steel. semua stainless steel mengandung paling sedikit 10% krom. Keberadaan lapisan korosi yang tipis ini mencegah proses korosi berikutnya dengan berlaku sebagai tembok yang menghalangi oksigen dan air bersentuhan dengan permukaan logam. Lapisan korosi ini makin lama makin menebal dan kita kenal sebagai ‘karat’. memegang peranan penting dalam pembentukan lapisan korosi ini. Pada kenyataannya. karbon dan seringkali nikel and molibdenum dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam metalurgi. permukaannya tidak dilindungi apapun sehingga mudah bereaksi dengan oksigen dan membentuk lapisan Fe2O3 atau hidroksida yang terus menerus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

3. V. Baja dengan pengerasan lanjut. Ahli pekerjaan logam dari abad ke-19. 2. siapa dicatat daya tahan mereka melawan gempuran oleh beberapa asam dan disarankan penggunaan mereka di alat dapur. Ni dengan kekuatan tekanan mencapai 927 Mpa dipergunakan untuk bilah turbin gas.12% Karbon (C) dengan sedikit tambahan unsur-unsur Mo. katup dan fitting yang bekerja pada tekanan dan temperatur tinggi tetapi tidak cocok untuk kondisi asam. artefak ini berhutang ketahanan mereka tidak ke kromium. dibatang dengan perintah Kumara Gupta aku di sekitar tahun Masa Sesudah Masehi 400. bersama-sama dengan kondisi cuaca lokal baik. bagaimanapun.. Dipergunakan untuk poros pompa. 2. tingkatkan formasi dari satu lapisan passivation bersifat melindungi padat dari oksida besi dan fosfat. Baja Kromium tinggi.5% Ni. 10-12% Kromium(Cr). dibetas lapisan berkarat yang mengembangkan pada paling kerjaan besi. dimana sifat mekanik bajanya sangat tergantung dari kandungan unsur karbon (C).Stainless steel. rada dibandingkan bukan bersifat melindungi. dapat bertahan ‘stainless’ atau ‘tidak bernoda’ justru karena dilindungi oleh lapisan karat dalam skala atomik. bagaimanapun. Daya tahan kakisan dari aloi kromium besi yang pertama dikenal pada 1821 oleh ahli pekerjaan logam Perancis Pierre Berthier. Baja karbon berkarat saat terkena udara dan kelembaban. Satu terkenal (dan sangat besar) contoh adalah Pilar Setrika dari Delhi. Nb. 0. Baja tahan-karat tidak sama dengan. 12-14% Kromium(Cr). yang. 17%Cr. (SI) Stainless steel berbeda dari baja karbon dengan jumlah kromium hadir. tapi untuk konten fosfor mereka tinggi. Stainless steel memiliki cukup jumlah kromium sekarang sehingga film pasif bentuk kromium oksida yang mencegah korosi permukaan lebih lanjut dan blok korosi dari logam menyebar ke struktur internal. yang tidak dapat untuk menghasilkan kombinasi dari karbon rendah dan tunjangan kromium ketinggian pada paling baja tahan- Page | 11 . Ini film oksida besi (karat) adalah aktif dan mempercepat korosi dengan membentuk lebih oksida besi. Memiliki ketahanan korosi yang sangat tinggi. Klasifikasi 1. Sejarah Beberapa kakisan artefak besi resisten terus hidup dari jaman dahulu.

S. lembarkan. ditemukan dan sesudah itu diadakan industri satu baja tahan-karat aloi martensitic. alat dapur. perangkat keras. Di akhir 1890s. Krupp merekayasa Benno Strauss dan Eduard Maurer mendapat paten baja tahan-karat austenitic.karat modern. dan tabung dipergunakan di cookware. mempersiapkan aloi itu akan hari ini jadi baja tahan-karat dipertimbangkan. Tangki penyimpan dan kapal tanki dipergunakan untuk angkut jeruk sari dan makanan lain adalah sering terbuat dari baja tahan-karat. Pada 17 Oktober. dapat paten semasa 1915. dan sebagai satu permobilan dan aloi struktural atmosphere dan materi konstruksi di bangunan besar. Inggris. Aloi digiling ke dalam coil. [4] Pada 1911. dawai. halang.balapan kapal berlayar ton Germania mencirikan satu sarung baja nikel krom di Jerman pada 1908. dan kilau terbiasa membuat ini satu materi dasar ideal untuk sejumlah besar aplikasi komersil.S. dapat paten pada satu baja tahan-karat aloi martensitic. Penemuan diumumkan dua bertahun-tahun kemudian pada satu Januari 1915 kabar artikel surat pada Times New York. Hans Goldschmidt dari Jerman mengembangkan satu aluminothermic (termit) proses untuk menghasilkan karbon membebaskan kromium. secara relatif murah. Ganggu Brearley dari Muara Coklat laboratorium penelitian di Sheffield. Philip Monnartz melaporkan pada hubungan di antara konten kromium dan daya tahan kakisan.Brearly melamar satu U. dari yang mana lima belas adalah paling umum. alat utama. Pada 1912. Page | 12 . Ini nanti marketed pada "Staybrite" merek oleh Muara Vickers di Inggris dan dipergunakan untuk kemasukan baru kanopi untuk Hotel Kubis Savoy pada 1929 di London. 1912. pemeliharaan rendah. dimana Kristen Dantsizen dan Frederick Becket sedang mengadakan industri baja tahan-karat ferritic. sementara mencari satu aloi resisten kakisan untuk laras senapan. Juga pada 1912. Pada tahun 1904–1911 beberapa peneliti. Elwood Haynes melamar satu U. lempeng. dan kromium tinggi mencampur logam mereka dapat menghasilkan adalah juga rapuh praktis. Friedrich Krupp Germaniawerft membangun 366 . peralatan bedah. Hak paten ini bukan diwariskan hingga 1919. alat-alat perlengkapan industri. terutama Leon Guillet dari Perancis. Di sana selesai 150 susun baja tahan-karat. Pembangunan serupa sedang mengambil tempat dengan serentak pada Amerika Serikat. Pengaplikasian Daya tahannya baja tahan-karat ke kakisan dan noda.

kupas. Ini memberikan ketinggian kilau menyelesaikan serupa di penampilan ke sepuhan nikel. Adalah rata-rata baja tahan-karat objek disusun dari sekitar 60% mendaur ulang materi dari yang mana? 40% memulai dari akhir dari hidup produk dan? 60% berasal dari proses pabrikasi. sepuhan tidak sama dengan. disterilkan. Daur ulang & penggunaan ulang Baja tahan-karat adalah 100% recyclable. sepertinya dapat uap air dibersihkan. Baja tahan-karat dipergunakan untuk intan permata dan pengamatan. selesai tunduk kepada mengelupas. Ini juga mempengaruhi ini pergunakan pada dapur komersil dan pabrik proses makanan. atau berkarat ketika gores. Ini dapat tentang selesai oleh apapun saudagar permata dan tidak akan mengoxidasi atau mengarahkan hitam. alihkan tombol dan Memberati Tombol Gir. seperti itu Empu & Wesson Memodelkan 60 dan Anak Kuda M1911 dapat dibuat seluruhnya dari baja tahan-karat.sehubungan dengan kakisan daya tahan ini dan hak milik antibacterial. Page | 13 . Beberapa senjata api menggabungkan komponen baja tahan-karat sebagai suatu alternatif ke blued atau baja parkerized. Aloi baja tahankarat paling umum terpakai untuk ini adalah 316L. Beberapa handguns. menghilang sehubungan dengan gerusan (seperti ketika berulang-kali tersingkirkan dari satu sarung pistol berlalu sepanjang waktu). tapi. dan tidak memerlukan lukisan atau aplikasi dengan permukaan lain berakhir. Beberapa permobilan aftermarket memisahkan baja tahan-karat penggunaan pabrikan hanyalah untuk pembuatan dari shifters pendek.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->