PEMERINTAH KOTA PALOPO DINAS PENDIDIKAN SUB RAYON 04 MATA PELAJARAN : PKN

No Standar Kompetensi Lulusan

Materi

Bahan Kelas VII/I

Indikator Soal

Bentuk Soal PG

No soal 1

1

1. Menunjukkan sikap positif terhadap Normanorma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara

-

Perlunya Norma dalam masyarakat Manusia makhluk ciptaan tuhan YME terlahir sebagai makhluk hidup juga sebagai makhluk social Pentingnya hukum yang berlakuy bagi warga negara

- Penerapan Norma yang berlaku dalam masyarakat

-

VII/I

- Menjelaskan Manusia sebagai makhluk individu dan juga makhluk sosial

PG

2

-

-

Menjelaskan Pentingnya hukum yang berlaku bagi warga negara indonesia

PG

3

2 2. Menampilkan Perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat - Menjelaskan sikap positif PG penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab 6 4 4. Menampilkan sikap positip terhadap perlindungan dan penegakan hak asasi manusia - Perlunya Instrumen Hak asasi manusia (HAM) Kasus Pelanggaran Hak Asasi manusia - Menjelaskan perlunya instrument Hak asasi manusia (HAM) PG 4 - Jenis Pelanggaran Hak Asasi manusia yang sangat berat PG 5 VII/II - 3 3. Mendeskripsikan Makna Proklamasi Kemerdekaan Sikap Positif terhadap Penggunaan Hak mengemukaka n pendapat secara bebas dan bertanggung jawab Pengertian kemerdekaan VII/I Menjelaskan pengertian kemerdekaan bangsa indonesia PG Menjelaskan persiapan Indonesia merdeka PG Menguraikan hasil siding BPUPKI tgl 18 agustus 1945 Menjelaskan suasana sidang BPUPKI tgl 18 agustus 1945 7 8 9 - - PG PG 10 .

\ .

Menentukan isi dari undang-undang dasar yang dihasilkan oleh BPUPKI pada siding yang ke dua . Memahami berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia Sejarah perkembangan UUD VIII/I PG 13 PG 14 15 PG 7 3. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilainilai Pancasila Materi Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Bahan Kelas VIII/I Indikator Soal . Menampilkan ketaatan terhadap perundangundangan nasional Peraturan perundangundangan nasional PG 16 17 - PG 8 4.Standar Kompetensi Lulusan 5 1. Korupsi dan upaya pemberantasannya Kasus korupsi dan upaya pemberantasannya - PG PG 18 19 .Menentukan aturan yang dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan bernegara Menentukan dasar hukum tentang peraturan perundang-undangan Republik Indonesia Menuliskan fungsi peraturan perundang-undangan Menjelaskan bentuk-bentuk korupsi Menentukan faktor-faktor yang mendorong timbulnya korupsi Bentuk Soal PG No soal 11 PG 12 6 2.Menentukan tanggal pertama kalinya istilah Pancasila yang disampaikan oleh Bung Karno .Menuliskan rumusan dasar Negara yang disampaikan oleh Mr Moh Yamin secara tertulis .Menentukan tujuan Negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 .

33 . Memahami kedaulatan rakyat dan system pemerintahan di Indonesia Kedaulatan rakyat dan system pemerintahan di Indonesia - Menjelaskan pengertian kedaulatan ke dalam Menentukan tokoh teori kedaulatan rakyat Menjelaskan tugas dan wewenang MPR Menentukan ciri-ciri negara kesatuan Menentukan pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang mengatur tentang bela negara Menjelaskan hak dan kewajiban warga negara dalam upaya bela negara Menentukan contoh perbuatan siswa yang tidak mencerminkan upaya bela negara Menentukan contoh partisipasi pelajar dalam bela negara Menentukan undang-undang yang mengatur tentang pertahanan negara Menjelaskan ancaman-ancaman yang timbul NKRI PG PG PG 23 24 25 26 27 11 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan VIII/II - Menjelaskan pengertian demokrasi Menentukan contoh pelaksanaan demokrasi di sekolah Menentukan prinsip-prinsip dasar demokrasi PG PG PG 20 21 22 10 6. Menampilkan dalam usaha pembelaan negara .9 5.Pembelaan Negara .Pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945 yang mengatur tentang bela Negara adalah pasal 29 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1.Partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara - PG PG PG 30 31 32.2 IX/I - PG PG - PG 28 29 - PG .

49 50 . 35 36 - 13 3.Politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisasi .Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi IX/II - Menentukan landasan atau undangundang yang mengatur tentang pelaksanaan otonomi daerah PG PG 34.12 2. 47 48. 40 - PG 38 PG Menjelaskan dampak positif globalisasi dengan adanya liberalisasi perdagangan Menjelaskan dampak positif dan negative globalisasi Menentukan sikap yang harus di kembangkan dalam menghadapi derasnya arus globalisasi Menjelaskan lima macam potensi diri yang ada pada setiap manusia Menjelaskan delapan macam kecerdasan yang ada pada diri manusia 41 PG - 42.Pengertian dan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia . berbangsa dan bernegara Menjelaskan pengertian globalisasi Menjelaskan pengaruh politik yang mempengaruhi meningkatnya globalisasi Menjelaskan akibat dari globalisasi yang dirasakan antar negara di dunia PG PG 37 39.Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan - PG PG PG 46. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa . 45 14 4.partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah . Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat. berbangsa dan bernegara . 43 - PG 44.Dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat. Memahami pelaksanaan otonomi daerah .

5. - .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful