SISTEM PEMERINTAHAN

Istilah system pemerintahan berasal dari gabungan dua kata system dan pemerintahan. Kata system merupakan terjemahan dari kata system (bahasa Inggris) yang berarti susunan, tatanan, jaringan, atau cara. Sedangkan Pemerintahan berasal dari kata pemerintah, dan yang berasal dari kata perintah. Dan dalam Kamus Bahasa Indonesia, kata-kata itu berarti: a. Perintah adalah perkataan yang bermakna menyuruh melakukan sesuatau b. Pemerintah adalah kekuasaan yang memerintah suatu wilayah, daerah, atau, Negara. c. Pemerintahan adalaha perbuatan, cara, hal, urusan dalam memerintah Sistem pemerintahan dalam arti sempit adalah suatu tatanan atau struktur pemerintahan yang bertitik tolak dari hubungan sebagian organ negara di tingkat pusat, khususnya antara eksekutif dan legislatif. Sistem pemerintahan dalam arti luas adalah suatu tatanan atau struktur pemerintahan negara yang bertitik tolak dari hubungan antar semua organ negara, termasuk hubungan antara pemerintah pusat (central government) dan bagian yang terdapat di dalam negara di tingkat lokal (local government). Sistem pemerintaha diartikan sebagai suatu tatanan utuh yang terdiri atas berbagai komponen pemerintahan yang bekerja saling bergantungan dan memengaruhi dalam mencapaian tujuan dan fungsi pemerintahan. Jadi, system pemerintahan negara menggambarkan adanya lembagalembaga negara, hubungan antarlembaga negara, dan bekerjanya lembaga negara dalam mencapai tujuan pemerintahan negara yang bersangkutan. Ada beberapa sistem pemerintahan yang digunakan di Negara-negara di dunia, seperti sistem pemerintahan presidensial, sistem pemerintahan parlementer, sistem pemerintahan referendum, sistem parlemen satu kamar dan dua kamar, dan sistem kolegial.

mengepalai departemen. Hans-Rudolf Merz yang juga merupakan Menteri Keuangan dan Wakil Presiden dijabat oleh Menteri Ekonomi. Austria. Kota-kota penting lainnya adalah Zurich. dan UNHCR Sistem pemerintahannya sangat bagus. Doris Leuthard. khususnya antara eksekutif dan legislatif. Misalnya negara Swiss. dan kerajaan kecil Liechtenstein. kota terbesar di Swiss (yang dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007. Tujuh orang anggota dewan federal secara bersama-sama memimpin negara dan pemerintahan Swiss Swiss dipimpin oleh seorang Presiden untuk masa jabatan selama 1 tahun.Setiap Negara memiliki ciri khas masing-masing dengan sistem pemerintahan yang berbeda juga. Swiss terletak di Eropa bagian tengah yang berbatasan dengan Jerman. Sistem pemerintahan Negara Swiss adalah sistem pemerintahan kolegial yang memiliki ciri khas:   Suatu tatanan atau struktur pemerintahan yang bertitik tolak dari hubungan sebagian organ negara di tingkat pusat. Swiss terbagi atas 26 kanton. Ibukota negara ini adalah Bern. yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB. ILO. enam daripadanya kadang-kadang dianggap sebagai "separuh kanton" karena berawal dari pemisahan tiga kanton dan dampaknya hanya ada satu wakil dalam Dewan Negara. . Mrs. benar-benar mencerminkan dan menyerap keanekaragaman penduduknya. Perancis. dan salah satunya menjadi presiden selama satu tahun secara bergiliran. tapi diwakili oleh Majelis Federal. Tahun 2009 jabatan Presiden dipegang oleh Mr. dan Jenewa. Jabatan Presiden adalah jabatan yang digilir di antara para Menteri Kabinet yang berjumlah 7 orang. WHO.). Italia. demokrasinya bersifat "langsung". Sebagai negara federal. Ketujuhnya berstatus menteri. Parlemen ini memilih tujuh orang untuk menjadi "pemerintah".

Nidwalden. Bern. Sebanyak 17 canton adalah canton Swiss-Jerman (berbahasa Jerman). Schaffhausen. telegrap dan telekomunikasi serta menetapkan perundang-undangan dan peraturan lainnya yang menyangkut kepentingan umum seluruh warga negara Swiss. Canton-canton ini mempunyai otonomi luas seperti hal sistem negara federal. masing-masing Kanton juga diberi wewenang untuk melakukan hubungan luar negeri seperti mengadakan perjanjian dengan negara lain. Uri. Itulah sebabnya bahasa nasional di Swiss ada empat. Neuchatel. Kanton (terdapat 26 kanton di Swiss yaitu Aargau. kehakiman. Kedudukan kanton (semacam negara bagian) sangat kuat dalam struktur negara Konfederasi Switzerland. Ticino. Geneve. Basel-Stadt. konstitusi. Jura. Kanton merupakan komunitas politik yang memiliki otonomi yang sangat luas. Legislatif terdiri dari Dewan Nasional dan Dewan Negara. Setiap kanton terdiri dari beberapa Komune. Zug dan Zurich). parlemen dan pengadilan sendiri. yudikatif. dan pemilihan umum. Luzern. dan satu canton (Graubünden) trilingual Jerman. dan keamanan. Basel-Landschaft. pos. Fribourg. Meskipun politik luar negeri merupakan wewenang pusat. Vaud. Kanton sendiri memiliki pemerintahan. Glarus. pertahanan. . Graubunden. Masalah internasional. namun dalam beberapa hal. Tugas dan fungsi Pemerintah Federal secara tegas ditentukan dalam Konstitusi Federal seperti kebijakan luar negeri. 4 canton Swiss-Romande (berbahasa Perancis). Thurgau. 1 canton berbahasa Itali (Ticino). negara federalnya disebut canton. dan Communes/Gemeinde (terdapat 2942 communes/gemeinde di Swiss). Valais. 3 canton bilingual Perancis-Jerman. kebijakan moneter. Pemerintah Federal sama sekali tidak mencampuri urusan-urusan yang secara tegas ditentukan dalam Konstitusi Federal. bea cukai. Mereka menentukan secara penuh aturan daerah. Italia dan Rumantsch. legislatif. Sankt Gallen. dan secara bebas mengatur pemerintahan masing-masing. dengan sistem federal. sepanjang hal tersebut diketahui oleh Pemerintah Pusat dan tidak bertentangan dengan Undang-Undang Federal.Sistem pemerintahan Swiss terdiri dan tiga tingkatan yaitu: Federal. Obwalden. Ada 26 kanton yang kini berhimpun menjadi Swiss. Politik yang terdapat di Swiss adalah eksekutif. Solothurn. pertahanan. Di bagian eksekutif. Appenzell Ausser-Rhoden. Appenzell Inner-Rhoden. Schwyz.

Menteri Ekonomi. baik dalam . Mereka inilah yang menentukan tujuh menteri utama yang akan menjadi presiden secara bergiliran. Menteri Keuangan. Komunikasi dan Energi. Menteri Transportasi. Para menteri masing-masing memimpin sebuah Departemen dan secara bergiliran dipilih menjabat sebagai Presiden untuk jangka waktu satu tahun. namum masyarakat Swiss mempunyai hak untuk melakukan intervensi kepada Parlemen. Menteri Dalam Negeri. Pengadilan Federal (Mahkamah Federal) Swiss Kekuasaan Yudikatif berada di tangan Mahkamah Federal yang merupakan pengadilan tingkat tertinggi dan menangani peradilan sesuai dengan kewenangan yang ditentukan dalam konstitusi yang sebagian besar berkaitan dengan masalah perdata dan komersial.keuangan negara dipegang oleh pemerintahan pusat. Parlemen (Majelis Federal) Swiss terdiri dari 2 kamar yaitu:  Dewan Nasional (200 anggota wakil rakyat dipilih setiap 4 tahun berdasarkan sistem proportional representation) dan  Dewan Negara (46 anggota yang mewakili 26 Kanton) Dewan Federal (Kabinet) Swiss Pemerintah/Kabinet terdiri dari 7 Menteri. Mahkamah Federal berkedudukan di Lausanne. Sedangkan anggota parlemen (Federal assembly) berasal dari utusan canton. Presiden sebagai kepala negara juga merangkapa sebagai kepala pemerintahan (Perdana Menteri). dan terdiri dari 30 orang hakim dan 30 hakim pengganti. yang merupakan badan eksekutif pada tingkat nasional dan masing-masing mempunyai kedudukan yang sama. Perlindungan Sipil dan Olah Raga. Walaupun Parlemen merupakan lembaga legislatif yang mempunyai kewenangan membuat undang-undang. di Swiss juga terdapat referendum. Susunan Menteri adalah: Menteri Luar Negeri. Menteri Kehakiman dan Kepolisian. Selain itu. Menteri Pertahanan. Referendum adalah semacam hak veto rakyat terhadap keputusan-keputusan tertentu Parlemen dan bersifat reaktif.

yang dilaksanakan untuk melakukan perubahan terhadap konstitusi melalui pemungutan suara.000 tanda tangan warga pemohon dalam 100 hari sejak diumumkannya suatu UndangUndang. Terdapat dua jenis referendum. yaitu Obligatory Referendum.hal pembuatan undang-undang. dengan cara mengumpulkan minimal 50. . dan Optional Referendum yang dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada publik untuk melakukan perubahan terhadap setiap perundang-undangan Federal. perubahan konstitusi maupun keikutsertaan negara untuk menjadi anggota suatu organisasi internasional.