NEOPLASMA

Neoplasma adalah pertumbuhan baru.  Neoplasma adalah masa jaringan abnormal dengan pertumbuhan berlebihan dan tidak ada koordinasi dgn pertumbuhan jaringan normal dan tetap tumbuh dengan cara yg berlebihan meskipun stimulus yg menimbulkan perubahan tsb sudah berhenti.

Sel neoplasma mengalami transformasi, oleh karena mereka terus menerus membelah. Pada neoplasma proliferasi berlangsung terus meski rangsang yg memulainya telah hilang, proliferasi demikian disebut proliferasi neoplastik yg mempunyai sifat progresiv, tidak bertujuan, tidak memperdulikan jaringan sekitarnya, tidak ada hubungan dengan kebutuhan tubuh, dan bersifat parasitik

Neoplasma secara umum sering diartikan sebagai tumor, ilmu yg mempelajarinya disebut Onkologi (Onkos = tumor, dan logos = ilmu)  Onkologi adalah ilmu yg mempelajari pertumbuhan atau benjolan yg tidak fisiologis

PERTUMBUHAN SEL NEOPLASTIK

Sel-sel membelah diri tanpa mengikuti aturan normal,tidak terkendali, tidak terkoordinasi, tumbuh terus menerus  BENJOLAN (TUMOR).

. berkapsul. tidak metastasis.NEOPLASMA BENIGNA Tumbuh perlahan. dioperasi tidak kambuh. ekspansif. gambaran mikroskopik masih seperti sel asalnya.

infiltratif diantara jaringan ikat sekitar.  . metastasis secara limfogen dan hematogen.NEOPLASMA MALIGNA Tumbuh cepat. Secara mikroskopik menunjukkan bentuk sel ganas  Metastasis adalah pertumbuhan implantasi sekunder yg tidak mempunyai hubungan langsung dengan tumor primer. tidak berkapsul. walau dioperasi sering kambuh (residif).

Perbedaan Tumor jinak dan Tumor ganas Tumor jinak 1.Tumbuhnya 2. Metastasis Lambat Expansi Tidak Tumor ganas Cepat infiltrasi Dapat 4.Batas Tegas.Tumbuh secara 3. bercapsul Tidak tegas .

karena jumlah sitoplasma sel berkurang Bentuk dan ukuran inti berbeda beda (Pleiomorfik) Kromatin inti bertambah jumlahnya : hyperkromatik Tumor jinak .Perbedaan Tumor jinak dan Tumor ganas Tumor ganas Perbandingan inti dan sitoplasma 1 : 1.

Differensiasi baik karena sel sel tumor sudah banyak berbeda dari sifat sel asal /normal Jika tidak diobati Biasanya tidak menyebakan kematian menyebabkan kematian .Perbedaan Tumor jinak dan Tumor ganas Tumor ganas Tumor jinak Differensiasi buruk.

pembuluh darah.TATA NAMA TUMOR    Semua tumor baik jinak maupun ganas mempunyai 2 komponen dasar yaitu : Parenkim tersusun oleh sel sel neoplastik yg berproliferasi dan stroma penyangga tersusun oleh jaringan ikat. dan mungkinjuga pembuluh limfatik. Parenkim neoplasma yg berperan besar dalam menentukan perilaku biologi neoplasma dan marupakan komponen dari mana tumor berasal .

 Sebaliknya stroma neoplasma berperan dalam membawa perbekalan darah dan merupakan penyangga untuk pertumbuhan sel sel parenkim oleh karena nya merupakan komponen yg sangat penting dalam pertumbuhan neoplasma .

 Tata nama tumor dengan menambahkan akiran oma pada jenis sel dari mana tumor tersebut timbul  Tumor jinak yg berasal dari jaringan ikat fibrosa disebut fibroma  Tumor dari tulang rawan Kondroma  .Tata nama tumor didasarkan atas parenkimnya . Tumor mesenkim dibuat klasifikasinya menurut histogenesisnya. sebagian besar tumor jinak tersusun atas sel parenkim yg sangat mirip dengan jaringan asalnya .

Kanker yg berasal dari jaringan ikat disebut fibro sarcoma Neoplasma ganas yg berasal dari epitel disebut carsinoma .Tata nama tumor ganas     Tumor ganas secara langsung mengikuti tata nama tumor jinak dengan tambahan tertentu. Tumor ganas yg berasal dari jaringan mesenkim dan turunannya disebut sarkoma.

TATA NAMA TUMOR Asal jaringan Jaringan ikat Fibrosa Tumor jinak Fibroma Tumor ganas Fibrosarcoma Limfangio sarkoma Angiosarcoma Pembuluh limfatik limfangioma Pembuluh darah hemangioma Jaringan limfoid - limfoma .

TATA NAMA TUMOR Asal jaringan Jaringan lemak Tumor jinak lipoma Tumor ganas liposarcoma Epitel Epitel kelenjar Tulang Tulang rawan Papiloma adenoma Osteoma kondroma Carsinoma Adenocarsinoma Osteosarkoma kondrosarcoma Leiomiosarkoma Rhabdomiosarko ma Otot polos Leiomioma Otot serat lintang Rhabdomioma .

.

Neplasma jinak tersusun oleh sel sel yg berdifferensiasi baik. sangat mirip dengan sel normalpasangannya  Jadi misalnya lipoma tersusun oleh sel sel lemak matur yg berisi vakuol lipid dalam sitoplasmanya  Kondroma tersususn oleh sel sel tulang rawan matur  .

Kanker ditandai dengan differensiasi sel parenkim yg bervariasi luas dari yg berdiferensiasi baik sampai sama sekali tidak berdiferensiasi  Neoplasma ganas yg tersusun dari sel sel yg tidak berdiferensiasi disebut anaplastik.  Anaplastik dapat dipakai sebagai petanda kanker  .

yg normal seharusnya 1 berbanding 4 atau 6.  Sel sel datia dapat terbentuk dan tampak jelas lebih besar dari sel sel sekitarnya dengan memiliki satu inti sel yg sangat besar. inti sel tidak beraturan baik bentuk maupun ukurannya  Kromatin terlihat kasar dan bergumpal.Sel pada kanker menunjukkan Pleomorfis Yaitu inti sel yg sangat hiperkromatik dan besar ukurannya  Ratio inti dan sitoplasma 1 berbanding 1. banyak mitosis  .

jadi dapat bertambah besar dengan cepat selama kehamilan dan berhenti tumbuh atau mengalami atrofi setelah menopause . Tumor jinak tumbuhnya lambat kecuali pada leiomyoma dapat dipengaruhi oleh kadar estrogen.

Tumbuhnya lambat dan jarang menjadi ganas .Predileksi subcutan : punggung. lengan atas.JENIS JENIS TUMOR  1.Merupakan tumor jinak jaringan lemak. LIPOMA . terutama pada orang gemuk . bokong. .

hanya ada rasa tidak nyaman. bila tumor sudah menekan saraf baru ada rasa nyeri Therapi . pengangkatan tumor  . tidak nyeri tekan.Lipoma gejala .

3. 2. .seperti “mata-ikan” pada kulit Alveolar mikroskopik bentuk kantung Carcinoma in situ terlokalisasi.ada daerah terluka dan jaringan mati Verrucous . belum menyebar kesekitarnya.1. 4. Ulcerating .

kristal kolesterol.  Letaknya subcutan menonjol diatas permukaan kulit dan ada satu titik yg nerupakan muara ductus yg tersumbat.  Etiologi : biasanya karena sumbatan pada muara kelenjar sebasea. penimbunan sekret. desquamasi sel .  .Kista Aterom Disebut juga kista glandula sebasea atau kista retensi.

nyeri tekan tidak ada Pengobatan : ekstirpasi kista  .dapat digerakkan dari kulit .Palpasi kista ateroma .konsistensi kistous (fluktuasi +) .

berisi cairan Fungating : mirip jamur Inflammatory : tanda inflamasi Medullary : besar. 6. 5. 4. 2. 3. Cystic : berongga.GAMBARAN PATOLOGIS (Visual ataupun Mikroskopik) 1. lunak Necrotic : disertai jaringan mati Polypoid : bertangkai .

Tumor mammae FIBROADENOMA MAMMAE  Tumor tumbuh lambat  Timbul umur muda 15 – 30 th  Tumor : tidak besar ( 2 – 5 cm )  Bentuk bulat oval  Batas tegas  Permukaan rata  Konsistensi padat kenyal  Mobil dalam corpus mamma  Tak ada perlekatan .

Batas tidak tegas Bentuk tak teratur Konsistensi padat kenyal Retraksi kulit / papila mamma Melekat pada kulit / dasar Erytema / nodul kulit Peau d’ orange Timbul ulcus .Karsinoma mamma          Tumor tumbuh membesar dengan cepat.

Penyebab kanker Payudara  Penyebabnya tidak diketahui. . tetapi ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang wanita menjadi lebih mungkin menderita kanker payudara.

Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia diatas 60 tahun.. Usia. Pernah menderita kanker payudara. maka risiko terjadinya kanker pada payudara yang sehat meningkat sebesar 0.5-1%/tahun. . 2. Setelah payudara yang terkena diangkat.Faktor resiko 1.

Riwayat meastrual: early menarche (sebelum 12 thun) Late menopouse (setelah 50 th)  .

Usia: resiko tertinggi pada usia diatas 30 tahun 3. . Riwayat meastrual: early menarche (sebelum 12 thun) Late menopouse (setelah 50 th) 5. endometrial.         Faktor resiko terjadinya kanker payudara diantaranya: 1. Riwayat keluarga: ada riwayat keluarga Ca Mammae pada ibu/saudara perempuan 4. Wanita resiko tinggi daripada pria 2. Ca. Riwayat kesehatan: Pernah mengalami/ sedang menderita otipical hiperplasia atau benign proliverative yang lain pada biopsy payudara.

saluran susu.Pengertian Kanker Payudara Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara.  Di Indonesia jumlah penderita kanker payudara menduduki tingkat kedua setelah kanker mulut rahim  .  Kanker tumbuh di dalam kelenjar susu. jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara.

Pleural effusion.        Ada pembesaran kel. atelektases Tulang :Nyeri tekan. asites dll. osteolytik lesion. icterus. destruksi tulang Lesi osteoblastik. Lymphe) axilla Konsistensi keras Perlekatan Oedema lengan Tanda metastase jauh : Paru :foto paru Coint lesion . . fraktur patologis Hepar: Hepatomegali berbenjol. fungsi hati terganggu SGOT / SGPT.

Riwayat reproduksi: melahirkan anak pertama diatas 30 tahun.  merokok. terpapar dari lingkungan yang terpapar karsinogen  8. obesitas. mengkomsumsi alcohol (minum 2x sehari). Terapi radiasi. Life style: diet tinggi lemak. trauma payudara. menggunakan obat  kontrasepsi oral yang lama.  .6. penggunaan therapy estrogen  7.

Penderita dalam keadaan duduk atau berdiri dengan lengan menggantung disisi tubuh dan dengan lengan diangkat keatas .Inspeksi mamma.

.

Penderita dalam keadaan duduk dengan lengan menggantung disisi tubuh dengan lengan diangkat keatas  .Palpasi mamma.

.

Palpasi Mamma Penderita dalam keadaan berbaring dengan lengan disamping badan dan dengan lengan diatas kepala .

Palpasi supracclavicula 4. Palpasi supracclavicula .Palpasi axilla .

Pemeriksaan penunjang Radiologis :  Mammografi  Ultra sonografi  X foto tulang.  thorax foto  scaning dll .

Hindari terlalu banyak terkena sinar-x atau jenis-jenis radiasi lainnya -Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. . setiap bulan .Pencegahan  Kanker payudara dapat dicegah dengan cara: .Lakukan olahraga secara teratur -Hindari terlampau banyak makan makanan berlemak tinggi .Lakukan pemeriksaan payudara sendiri.Hindari banyak merokok dan mengkonsumsi alkohol .

Carsinoma cervix   - - Karsinoma ini merupakan tumor ganas ginekologik yg paling sering dijumpai Predidsposisi : Multiparitas Menikah pada usia muda Infeksi kronik Pengaruh zat carsinogen (porpirin dalam smegma) .

cairan ini berbau busuk karena terjadi necrosis dan infeksi  .Gejala carsinoma cervix Keputihan  Perdarahan setelah bersetubuh  Pengeluaran cairan encer dari vagina .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful