P. 1
LAPORAN PRATIKUM PERTANIAN ORGANIK PESTISIDA.

LAPORAN PRATIKUM PERTANIAN ORGANIK PESTISIDA.

|Views: 102|Likes:
Published by wahyuhidayanti
TUGAS PERTANIAN ORGANIK
TUGAS PERTANIAN ORGANIK

More info:

Published by: wahyuhidayanti on Dec 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

LAPORAN PRATIKUM PERTANIAN ORGANIK “Pestisida Nabati dari Daun Pepaya”

Nama Anggota : 1. Wahyu Hidayanti 2. Eva Oktoria Turnip 3. Cut Amelia Desamba (105040101111023) (0810483058) (0910440044)

Kelas Asisten

: Hari Selasa jam 11.00 : Mbak Astrid

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

2. Cukup tingginya dampak negatif dari penggunaan pestisida sintetis. cara pembuatan pestisida alami dari daun pepaya (Carica papaya).000 orang setiap tahunnya. 1.1 Latar Belaakang Masalah Berkembangnya penggunaan pestisida sintesis yang dinilai praktis oleh para petani dan pecinta tanaman untuk mencegah tanamannya dari serangan hama.3 Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan yang dapat penulis ambil dari rumusan masalah tersebut adalah untuk mengetahui: 1. manfaat ekstrak daun pepaya (Carica papaya) sebagai pestisida alami .2 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah yang penulis angkat. Selain ramah lingkungan. Dampak negatif dari penggunaan pestisida sintetis adalah meningkatnya daya tahan hama terhadap pestisida (resistansi hama itu sendiri). Salah satu pestisida alami yang dapat digunakan adalah ekstrak daun pepaya.BAB I. yaitu: 1. penulis akan membahas mengenai pemanfaatan ekstrak daun pepaya (Carica papaya) sebagai pestisida alami yang ramah lingkungan. kandungan kimia dari daun pepaya (Carica papaya). Apa kandungan kimia dari daun pepaya (Carica papaya)? 2. Apa manfaat ekstrak daun pepaya (Carica papaya) sebagai pestisida alami? 1. pestisida alami merupakan pestisida yang relatif aman dalam penggunaannya dan ekonomis. Untuk itu. PENDAHULUAN 1. membengkaknya biaya perawatan akibat tingginya harga pestisida dan penggunaan yang kurang tepat dapat mengakibatkan keracunan bagi manusia dan ekosistem di lingkungan menjadi tidak stabil / tidak seimbang.000 . 3. Bagaimana cara pembuatan pestisida alami dari daun pepaya (Carica papaya)? 3.2.000. ternyata membawa dampak negatif yang cukup besar bagi manusia dan lingkungan. mendorong berbagai usaha untuk menekuni pemberdayaan / pemanfaatan pestisida alami sebagai alternatif pengganti pestisida sintesis. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) tercatat bahwa di seluruh dunia terjadi keracunan pestisida antara 44.

antara lain:       Jenis pestisida ini mudah terurai (biodegradable) di alam. karena terlalu sering disiram dan lembab. Ini yang menjadi tantangan usaha kecil untuk menembus pasar modern dengan pertanian organik unggul. Pestisida alami dari ekstrak daun pepaya memiliki beberapa manfaat. Pestisida alami harus menjadi bagian dari sistem pengendalian hama terpadu. seperti tanaman yang menyukai media kering. Dunia pertanian yang didominasi oleh usaha kecil dan menengah perlu melakukaninovasi dalam pengembangan dunia pertanian dan bisnis pertanian. maka sebanyak apapun yang diberikan tanaman sangat jarang ditemukan tanaman mati. Kuncinya adalah aplikasi dengan dosis yang diamati dengan perlakuan sesuai dengan karakteristik dan kondisi ideal tumbuh untuk tanamannya. Dosis yang digunakan pun tidak terlalu mengikat dan beresiko dibandingkan dengan penggunaan pestisida sintesis. Adapun beberapa keunggulan dari pestisida alami. tembakau. antara lain: dapat digunakan untuk mencegah hama seperti aphid. Dapat sebagai pengumpul atau perangkap hama tanaman: tanaman orokorok. dsb. Pasar hasil pertanian organik sementara ini masih berada di supermarket dan tempat tertentu. malah akan memacu munculnya jamur. sehingga tidak mencemarkan lingkungan (ramah lingkungan). dan ulat bulu serta berbagai jenis serangga Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya) sebagai Pestisida Alami . dapat ditingkatkan hingga terlihat hasilnya. Karena penggunaan pestisida alami relatif aman dalam dosis tinggi sekali pun. Jika satu saat dosis yang digunakan tidak mempunyai pengaruh. Yang ada hanya kesalahan teknis. hama kecil. biji mahoni. Relatif aman bagi manusia dan ternak karena residunya mudah hilang. dapat dilakukan eksperimen dan sesuai dengan pengalaman pengguna. Keuntungan bisnis ini cukup besar jika mau ditekuni. Pestisida alami merupakan pemecahan jangka pendek untuk mengatasi masalah hama dengan cepat. Saat ini konsumsi hasil pertanian organik baru dikonsumsi oleh kelompok terbatas dengan harga yang relatif lebih tinggi. rayap. Untuk mengukur tingkat keefektifan dosis yang digunakan.BAB II Tinjauan Pustaka Pertanian organik yang semakin menjadi trend dalam kehidupan masyarakat hal ini merupakan peluang usaha yang perlu ditangkap oleh pelaku bisnis usaha kecil. kotoran ayam Bahan yang digunakan pun tidak sulit untuk dijumpai bahkan tersedia bibit secara gratis (ekonomis). dan hanya digunakan bila diperlukan (tidak digunakan jika tidak terdapat hama yang merusak tanaman). Dapat membunuh hama/ penyakit seperti ekstrak dari daun pepaya.3 Manfaat Pestisida Nabati secara Umum Pestisida alami adalah suatu pestisida yang bahan dasarnya berasal dari alam seperti tumbuhan. 3.

Daun pepaya memiliki kandungan bahan aktif Papain yang cukup efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisap tanaman. 2.Dengan modal usaha yang kecil petani dan kelompok usaha kecil bisa memanfaatkan bahan alam sebagai bahan pestisida dan obat-obatan tanaman. Untuk memanfaatkan daun pepaya menjadi pestisida alami. Pengolahan bahan alami untuk obat-obatan pertanian cukup mudah hanya memerlukan ketelatenan. Salah satu bahan alam yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pestisida alami adalah Daun pepaya yang banyak ditemukan di sekitar kita. Dari pengamatan tersebut ternyata hampir tidak ada daun pepaya yang rusak akibat serangan ulat maupun hama lain. selain itu biayanyapun sangat murah. Alat dan bahan: 1. Untuk pembuatan pestisida nabati tersebut caranya sebagai berikut. 2. Daun pepaya dipotong-potong lembut atau dihaluskan Semua bahan dicampur kemudian direndam selama 1 malam Esok pagi larutan tersebut saring dengan kain halus Cairan tersebut siap disemprotkan ke tanaman . Dapat simpulkan bahwa daun pepaya mengandung zat yang membuat ulat atau hama lain tidak menyukainya. 4. Dasar pembuatan pestisida nabati dari daun pepaya ini berdasarkan pengamatan penulis terhadap tanaman pepaya yang berada di sekitar rumah warga atau mudah ditemukan. 3. 6. 5. 4. 3. Daun pepaya 1 kg Air 10 lt 2 sendok makan minyak tanah 30 gr detergen Saringan dari kain Ember Cara Membuat dan Aplikasi: 1.

3. papayotin. kalori 79 kal.1 Kandungan Kimia Daun Pepaya (Carica papaya) Adapun daun pepaya (Carica papaya) mengandung berbagai macam zat. vitamin C 140 mg. Daun pepaya mengandung bahan aktif “Papain”.0 gram. karpain. lemak 2 gram. antara lain : vitamin A 18250 SI . karposit.9 gram.8 mg. kautsyuk. kalsium 353 mg. protein 8. fosfor 63 mg.15 mg. vitamin B1 0. sehingga efektif untuk mengendalikan “ulat dan hama penghisap” . hidrat Arang 11. besi 0. air 75.4 gram .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->