Jepang merupakan salah satu negara industri maju di dunia.

Sebelum Perang Dunia II, Jepang belum termasuk negara maju atau negara industri. Walaupun pada saat itu Jepang belum termasuk negara industri, namun sudah terdapat beberapa perusahaan atau industri yang berdiri. Industri-industri yang dibangun pada masa sebelum perang sebagian besar hancur oleh serangan Sekutu. Sebagian yang masih bisa bertahan kemudian mulai bangkit kembali dengan kondisi yang seadanya. Perekonomian dan industri Jepang mulai bangkit kembali semenjak Amerika Serikat menjadi pengawas Jepang dari tahun 1945-1952. Jepang membangun ekonominya dari awal kembali. Semua usaha dilakukan, termasuk meningkatkan kualitas hasil produksi. Awalnya Jepang masih menggunakan teknologi yang masih rendah dalam proses produksinya. Kebanyakan barang yang dibuat oleh Jepang merupakan hasil peniruan dari produk Barat. Jepang adalah negara peniru yang ulung. Banyak produk dari Barat yang ditiru oleh bangsa Jepang. Peniruan ini dilakukan sejak sebelum Jepang terlibat dalam Perang Dunia II, dan setelahnya pun hal tersebut masih terus dilakukan oleh Jepang. Pada tahun-tahun setelah perang berakhir, aksi peniruan barang yang dilakukan oleh Jepang masih tetap dilakukan, namun hasilnya bisa lebih baik dari barang yang asli. Selain meniru produk tertentu, juga memakai penemuan- penemuan teknologi dari Barat. Dari pemakaian teknologi tersebut, teknologi Jepang pun mengalami peningkatan. Dari aksi peniruan dan pemakaian teknologi Barat tersebut ditambah dengan kerja kerasnya, bangsa Jepang akhirnya dapat membuat barang dan teknologi yang baru dan lebih inovatif. Barang yang dihasilkan tersebut bisa diterima di pasaran dunia dan bersaing dengan barang dari negara maju. Bahkan beberapa produk kualitasnya bisa menyaingi produk Barat. Meningkatnya kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan maupun teknologi yang digunakan, berpengaruh terhadap peningkatan industri dan perkembangan ekonomi Jepang. Ekonomi Jepang meningkat dalam waktu yang singkat. Tingkat kenaikan ekonomi dari tahun 1945-1956 masih di bawah 10%, namun dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Sempat juga mengalami penurunan sekitar tahun 1960-an selama tiga tahun, seperti yang disampaikan oleh Sayidiman (1987:84) bahwa pada tahun 1962-1965 terjadi sedikit penurunan menjadi 9,7% per tahun. Namun pada tahun 1965-1970, kenaikan kembali terjadi hingga mencapai lebih dari 10% per tahunnya, sebelum kembali menurun karena beberapa kali mengalami inflasi akibat pengaruh dari luar. Tahun 1973 merupakan puncak inflasi Jepang pada tahun 1970-1980. Pada tahun 1973, Jepang terpukul dengan adanya krisis minyak dunia yang pertama. Krisis minyak pertama merupakan dampak dari perang yang terjadi antara Arab dan Israel, sedang pada krisis minyak kedua dampak dari revolusi yang terjadi di Iran.
Kekalahan jepang dalam peran dunia II (PD II) menunculkan banyak masalah dalam bidang social ekonomi di dalam negeri jepang. Selama masa perang kota – kota penting bagi jepang seperti Tokyo, Osaka, Nagoya, kobe, dan Yokohama diserang oleh pasukan sekutu. Penyerangan ini menghancurkan fasilitas penting untuk transportasi di jepang, dan juga hancurnya pemukiman penduduk, gedung – gedung, dan pabrik. Karena pabrik – pabrik juga hancur, maka kegiatan produksi menjadi terhenti. Hal ini membuat banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga menambah jumlah pengangguran. Hubungan perdagangan dengan Negara asing dan daerah koloni jepang juga menjadi terputus.

dan peralatan elektronik. Faktor lain yang mendorong lahirnya keiretsu adalah adanya perang Korea. Faktor pendorong yang tidak kalah penting dalam mendorong lahirnya keiretsu adalah karakteristik bangsa Jepang itu sendiri. Jepang menjadi penyedia kebutuhan militer AS. persediaan pangan yang tidak mencukupi. seperti peperangan dan hubungan luar negeri. Bangsa Jepang merupakan bangsa yang setia. Akibat banyaknya permintaan dari AS. Pada masa perang Korea. Keadaan ekonomi pada masa setelah perang menjadi semakin buruk dengan bertambahnya jumlah pengangguran dalam skala besar. Namun walaupun sudah dibubarkan oleh pihak sekutu para pengusaha zaibatsu berusaha membangun kembali usahannya dengan cara membentuk kembali jaringan usaha yang telah dibubarkan oleh sekutu dan membentuk sebuah organisasi bisnis yang baru tetapi dengan nama yang lain. Hal tersebut secara tidak langsung telah membangkitkan industri Jepang yang telah menurun akibat perang. automotif. Namun tidak semua keiretsu berasal dari zaibatsu. Dalam hal ini ekonomi Jepang banyak dipengaruhi oleh terjadinya Perang Korea. Pada masa pendudukan Sekutu semua perusahaan zaibatsu dibubarkan. banyak perusahaan-perusahaan Jepang melakukan merger dan membentuk Keiretsu. Ada beberapa faktor yang mendorong lahirnya Keiretsu diantaranya adalah menurunnya peranan zaibatsu pada masa pendudukan sekutu antara tahun 1945-1952. dan kerja keras. Ekonomi Jepang tidak terlepas dari perkembangan wilayah di Asia Timur. Kesetiaan bangsa . Masalah – masalah ekonomi tersebut membuat keadaan dan situasi di dalam negeri menjadi bertambah kacau dan sulit dikendalikan oleh pemerintah jepang Sementara itu perkembangan ekonomi Jepang sebelum tahun 1953 diwarnai oleh beberapa aspek. inflasi yang parah hingga munculnya pasar gelap. seperti loyalitas. etos kerja. walaupun pada masa pendudukan Sekutu Zaibatsu dipecah menjadi beberapa perusahaan kecil. namun bukan berarti mereka tidak bisa bersatu kembali.Kekalahan jepang dalam perang dunia II sangat mempengaruhi keadaan perekonomian di jepang. penurunan jumlah produksi. Pada masa Perang Korea indutri Jepang mengalami peningkatan terutama dalam industri baja. Kelompok bisnis ini lah yang dikenal dengan nama keiretsu. Jepang dijadikan negara buffer stat untuk membendung pengaruh komunisme agar tidak masuk ke wilayah Asia. Namun peningkatan industri tersebut diarahkan kepada pengadaan perlengkapan militer untuk keperluan perang. Bangsa Jepang merupakan bangsa yang memegang teguh nilai-nilai tradisi.

Ada beberapa peranan Keiretsu dalam perekonomian Jepang 1953-1973. Jelas dua faktor itu adalah menanjaknya kekuatan ekonomi dan teknologi Jepang. yang ditunjukan dengan meningkatnya perdagangan internasional. Perusahaan keiretsu juga melakukan penelitian dan mengirimkan karyawannya untuk belajar ke Eropa untuk mempelajari teknologi baru yang dapat diterapkan pada produk perusahaan. Kemajuan jepang Dampak keterlibatan keiretsu dalam perekonomian Jepang 1953-1973 adalah terjadinya pertumbuhan ekonomi yang pesat. seperti industri kimia. Dampak lain yang ditimbulkan adalah kemajuan dalam bidang teknologi. Kepuasaan konsumen merupakan hal yang berharga bagi perusahaan . mempertimbangkan kekuatan jangka panjang yang condong dan secara dini menetapkan keputusan apa yang secara sadar benar-benar telah diambil oleh Jepang. .Jepang kepada perusahaannya sangat tinggi karena perusahaan dianggap sebagai bagian dari keluarga. 3. Dalam kurun waktu antara tahun 1953-1973 merupakan kurun waktu pertumbuhan ekonomi Jepang yang sangat pesat. Dalam memikirkan pilihan pertahanan Jepang pada masa depan. Kemampuan Jepang dalam teknologi senjata dan peralatan militer tidak diimbangai oleh diplomasi politik diluar negeri untuk sekedar mendapat kesempatan membangun kembali kekuatan militer. merupakan suatu hal yang penting. Dengan kekuatan ekonominya Jepang dapat dengan mudah menggalang kekuatan militer modern secara cepat. Pada awalnya industri di Jepang hanya industri yang ditujukan untuk keperluan perang. Hal tersebut bertujuan agar produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran internasional dan memiliki mutu serta kualitas yang tinggi. tekanan Amerika Serikat dan negara-negara NATO atas kebangkitan kekuatan masa lalu Jepang. dan meningkatnya pendapatan nasional. namun pada perkembangan selanjutnya mulai beralih ke sektor yang lain. Perusahaan keiretsu mengimpor banyak teknologi baru. seperti teknologi mengenai perakitan mobil yang pada perkembangan selanjutnya industri mobil di Jepang menjadi berkembang. meningkatnya industri. Walaupun sebagian besar negara-negara berkembang mantan jajahan Jepang sudah ada yang memaafkan. diantaranya adalah meningkatkan perkembangan industri dan meningkatkan perdagangan internasional.

Dimana Jepang berenang dekat puncak imperialisme barat abad kesembilanbelas. Penyelesaian kapal terbang tersebut tidak mungkin tercapai hingga menjelang tahun 2000. Akhirnya MITI. bahkan menjadi superpower pun. Akhir dari saat-saat indah hubungan Amerika Serikat . atau empat kali biaya pembuatan pesawat tempur F-16 AS. Tekanan dan gejolak keinginan Jepang untuk bebas dan memproduksi sendiri tanpa dukungan luar negeri membuat Menteri Takeshita Noboru berjuang keras untuk melepaskan ikatan dan perjanjian kontrak kerja ini. Selain itu tekanan Amerika Serikat. Birokrasi Jepang sementara waktu hanya membangun industri otonom sebagai swadaya peralatan persenjataan hal yang pokok bagi keamanan nasional Jepang. semangat shogun. Penolakan laten terhadap pembangunan bersama Amerika Serikat .Nasionalisme Jepang. sepenuhnya tunduk dan setuju memproduksi pesawat tempur FSX generasi berikutnya yang skemanya ditentukan oleh Amerika Serikat. sehingga hal ini membuat Amerika Serikat gerah dan pada masa pemerintah Reagen . pendidikan. . ialah rasa bersalah Jepang sendiri. Pembangkangan dan penghambatan terhadap jalannya proyek ini. Untuk memenuhi keperluan keamanan yang sedang tumbuh. Kecendrungan menuju swadaya ini sangat jelas pada tahap awal kontroversi Amerika Serikat .Jepang dalam upaya pertahanan dalam aliansi Amerika Serika akan semakin redup.Jepang muncul baik dari luar maupun dari dalam tim proyek pengembangan senjatanya sendiri. melalui tekanan lobbying yang kuat melawan konsep pengembangan industri militer Jepang yang independen. kecerdasan.Bush dengan dukungan kongres. Hanya satu kelemahan Jepang pada masa komtemporer ini. budaya dan tentunya ekonomi semuanya sudah mendukung untuk terjadinya kekuatan militer yang diharapkan. dan negara-negara berkembang yang pernah dijajah Jepang dari tahun 1940-an sampai 1945 ketika Jepang bertekuk lutut terhadap sekutu. sebagai hasrat yang terpendam dan tertekan. Dengan biaya yang diperkirakan melampaui 100 juta dolar per unit.Jepang pada tahun 1989 mengenai pembuatan pesawat tempur FSX generasi berikutnya. utamanya para generasi muda Jepang dan tokohtokoh nasionalis Jepang yang menyebabkan Proyek FSX terlambat lebih dari dua tahun pengerjaan di Jepang. etos kerja. Akhirnya dengan perjuangan pahit dan intervensi kuat dari Menteri Takeshita akhirnya Jepang menarik diri dari kerjasama yang merugikan Jepang ini. dan industri pertahanan Jepang. Badan Pertahanan Jepang. negera-negara anggota NATO.

Jepang menyerahkan sepenuhnya pengembangan militernya atas dikte Gedung Putih. Demikian juga terjadi hal yang sama pada peluru kendali canggih TMD. Dapat dikatakan semangat shogun sudah luntur untuk generasi baru Jepang. Jepang telah banyak mengeluarkan anggaran yang besar atas design pesawat ini. bahkan sekarang Jepang telah mempunyai banyak produsen peluru kendali domestik. Kita tahu dalam hubungan dengan AS. Juga telah mengembangkan Stinger (peluru kendali yang dikendalikan dengan tangan dan terbukti sangat efektif di Afganistan). Sidewinder (pencegat udara ke udara). khususnya pada masa perang dingin. yang secara potensial juga berfungsi sebagai ICBM. Sekitar tahun 2005. Harpoon (peluru kendali anti kapal selam) yang telah sipasok ke Amerika Serikat. Walaupun usaha-usaha kemandirian industri militer telah mencapai hasil. tetapi sebenarnya bangsa Jepang sendiri terpecah menjadi dua. . yaitu yang menyukai usaha nasionalisasi ini dan yang menentang perluasan militer Jepang. Mereka yang menentang berpendapat bahwa kondisi politik internasional pada masa yang akan datang dapat ditangani secara diplomatik dan ekonomi.Keinginan Jepang menuju pengembangan militer independen telah mengalami kemajuan lebih jauh dalam sektor peluru kendali daripada yang mereka capai dalam sektor pesawat terbang. Jepang merupakan sekutu AS. dan digantikan dengan semangat pengembangan teknologi untuk masa depan Jepang modern yang demokratis. sebagai usaha untuk menuju swadaya industri militer Jepang berusaha untuk manambah dan mengembangkan generasi baru peluru kendali (SAM) dari darat ke udara. Swadaya Jepang dalam industri militer dipengaruhi dan diinspirasi oleh keberhasilan Jepang dalam pengembangan peluru kendali berupa peluncur roket pendorong H-II baru dan sepenuhnya buatan dalam negeri. tetapi dilain sisi Amerika memegang peranan atas penentuan design FSX. Secara tradisional. Tetapi sebenarnya yang paling memberi pengaruh adalah rasa bersalah atas munculnya fasisme Jepang dan ketakuatan munculnya kembali pemerintahan militeristik. yang masih diproduksi di Jepang secara lisensi. Demikian juga peluru kendali Tomahawk dan Patriot. sebagai usaha pengganti Patriot yang masih rancangan Amerika Serikat. Muncul lagi masalah baru dalam menentukan siapa yang paling berjasa dalam penentuan design pesawat tempur FSX yang menjadi persengketaan sengit antara Jepang dan AS.

setelah PD IIJepang harus membayar ganti rugi perang dan harus mengubah Undang-undang Dasar Meiji menjadi Undang-Undang dasar yang melambangkan kedemokrasian sesuai dengan tuntutan Amerika. Akibat perekonomian yang meningkat pesat perombakan budaya dan tatanan masyarakat desa dan kota sehingga adat istiadat leluhur makin pudar. Jepang sebagai group negara industri dan masuk anggota badan perekonomian internasional OECD. Para petani serta masyarakat desa pindah ke kota untuk mencari kerja dan kehidupan yang lebih baik . Peningkatan konsumsi terjadi pada televisi. PM Ikeda mengesampingkan permasalahan UU Jepang. Pasar dalam negri semakin di butuhkan dan terus berkembang sehingga ekonomi jepang terus maju. Awal puncak kemajuan ekonomi Jepang dimulai pada saat pergantian kabinet PM. Secara internasional jepang teus berkembang terutama menjadi anggota IMF dan tahun 1965 mata uang jepang termasuk pertukaran mata uang internasional. investasi dan supply dari Amerika. Namun. Kishi Nobusuke ( kabinet di mulai 25-2-1957 s/d 19-7-1960 ) ke kabinet PM Ikeda Hayato ( kabinet di mulai 19-7-1960 s/d 9-11-1964 ). Awal puncak perekonomian Jepang di mulai dari PM Ikeda yang menitik beratkan toleransi dan kesabaran. Pokok kebijakan PM Ikeda dalam bidang ekonomi adalah meningkatkan pendapatan masyarakat. kebutuhan alat elektronik rumah tangga. Pemerintah Jepang dalam kebijakan ekonomi membuka perbaikan di bidang teknik. dan tingkat konsumsi pun meningkat.perbaikan dan peningkatan pokok industri dalam negri.Pada tahun1960 setelah Jepang mengalami kekalahan dalam perang dunia II dan dibawah kekuasaan Amerika. segera memperbaiki kinerja pembangunan ekonominya. Pendapatan kariyawan dan buruh menjadi naik. mesin cuci. PM Ikeda mengambil kebijaksanaan untuk membangun jepang di bidang ekonomi setelah hancurnya Negara akibat pemboman Hiroshima dan Nagasaki . Karena pada saat itu UU jepang yang berlaku masih ketetapan UU Jepang menurut peraturan Amerika.ini di sebabkan karena partai-partai tersebut berpedoman pada paham konservatif yang menjunjung tinggi adat dan kebiasaan leluur. Pada tahun 1955 mulai diadakan perjanjian pembayaran gaji pekerja di perusahaan. kulkas. Bagi para politikus awal kemajuan ekonomi Jepang pada waktu itu merupakan keuntungan besar tetapi semakin majunya ekonomi jepang pengikut partai demokratik leberal makin menurun . Rakyat Jepang juga pada saat itu mengalami depresi karena perekonomian yang tidak stabil dan demokrasi yang harus di terapkan oleh masyarakat Jepang terutama di bidang politik dan kepemerintahan.

Semakin meningkatnya perbaikan dan keuntungan yang di terima masyarakat semakin banyak masalah kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut. Maka Amerika menjalankan strategi militernya yang baru. Ada sedikit perbedaan pada partai demokrasi dibanding dengan partai liberal di bidang internasional. sebelum sistim politik tahun 1955 diawali pada saat Yoshida Shigeru. Hasilnya yaitu munculnya perubahan baru pada pembentukan daerah otonomi di kota besar.dari pada di desa. Jepang masuk menjadi negara industri maju. mencalonkan gubernur dari partai komunis untuk membantu mengadakan perubahan di dalam negri. Akhirnya partai demokratik liberal menjadi pendukung utama terhadap pembangunan masyarakat desa. Pada saat itu di sebut sistim politik tahun 1955 dan sistim politik tahun 1960. Pada tahun 1960 kebijaksanaan pemerintah jepang memusatkan industri dan peningkatan buruh pekerja dalam kehidupan masyarakat sedangkan partai demokratik liberal terus mempertahankan keadaan yang lama. Kebijakannya banyak mendapat tantangan dari para anti yoshida yang memusatkan gerakan kembalinya ke politik internasional. Partai sosialis mempunyai kebijaksanaan untuk mengadakan perubahan di dalam negri. Kebijaksanaan PM tanaka yaitu membuka pasar ekspor di luar negeri. Di lain pihak partai Sosialis mendapat keuntungan yang besar karena melalui perkembangan besar jumlah para buruh perusahaan terutama di kota besar. Pada saat awal masuknya jepang menjadi negara industri. partai sosialis. Ciri khas pada kabinet PM Tanaka adalah memperbaiki pulau yang ada di jepang dengan membuka perkerjaan umum dan pekerjan bangunan secara meluas. Pada tahun 1972 lahirlah kabinet PM Tanaka Kakuei. Yoshida sigeru menggunakan kekuatan di bawah Amerika dan ikatan perjanjian San Fransisco. Perkembangan yang sangat cepat di dalam jepang menimbulkan masalah yang kompleks di dalam masyarakat. sedangkan kebijaksanaan dalam negri membuka kebijaksanaan moneter. Amerika sangat membantu peranan jepang untuk menjadi negara industri. . Dengan membuka perang dengan vietnam. memutuskan hubungan dengan Taiwan. Sehingga pengikut partai ini semakin meningkat. Terjadi ketidak seimbangan antara masyarakat dan perkembangan kota dan rasa ketidak puasan pun muncul. Jepang menjadi Basis bantuan perang Amerika dalam menghadapi perang dengan vietnam. di bagian politik terjadi kemajuan utama dalam kebijaksanaan para partai politik. Gerakan ini mengakibatkan terbentuknya partai demokrasi jepan(1954) sebagai pemimpinnya Hatoyama Ichiro. membuka kerjasama internasional dengan Cina. memperbesar pasar domestikmelalui perluasan investasi publik.

pelaksanaan pemahaman arti demokrasi keseluruh wilayah Jepang. Kebijaksanaannya melepaskan perjanjian jepang Amerika dan mengadakan perbaikan dalam UUD ) Kebijaksanaan pemerintah setelah sistim politik tahun 1955 terbentuk.pelajar. Pada tahun 1955 terbentuk partai demokratik liberal yang di pimpin oleh Hatoyama Ichiro yang konservatif dan terbentuk juga partai sosialis yang baru. perbaikan peraturan dalam sistim kepolisian.bagi para golongan kecil kebijakan tersebut menjadi halangan dan rintangan. Setelah perang berakhir mempertahankan adat dan budaya serta kebiasaan para leluhur dengan menghargai nilai-nilai yang ada. Sedangkan partai sosialis juga mengadakan perbaikan dalam politik. Oleh karena itu di sebut sistem 55: o Partai demokratik-liberal: konservatif (pengikut: para pedagang. Kebijakannya mempertahankan perjanjian Jepang Amerika dan mempertahankan UUD. Gerakan demo terjadi sehingga pertentangn terjadi antara para polisi dan penentang. Perubahan dan pengaturan secara ketat dalam pelaksanaan pembuatan buku isi sejarah jepang.Pembaharuan UUD Jepang terutama masalah kebijaksanaan keamanan Jepang Amerika. 3.) o Partai sosialis: perubahan ( pengikut: para buruh. pemerintah di kuasai oleh sistim demokrasi liberal. 2. Terutama golongan yang ingin mengadakan perbaharuan secara utuh. Sedangkan di bidang kebijakan pemerintah dan politik hampir sama yaitu : 1. bisnis. Partai demokrasi liberal menetapkan kebijaksanaan dalam negri sebagia berikut pemeriksaan ulang isi dari ketetapan peraturan hukum. Akhirnya partai demokrasi dan liberal membentuk persatuan menjadi satu kesatuan partai. menjalankan UUD. pengajar.pengusaha dan kaum kapitalis. Secara ekonomi menjaga kebebasan. Memegang teguh perjanjian antara Jepang dan Amerika dan membangun kembali kekuatan militer. . Pada tahun 1954 PM Yoshida terlibat masalah korupsi akhirnya diturunkan.

political will yang tinggi dari para penguasanya. masyarakat jepang mempunyai karakteristik yang unik yaitu sejalan dengan perkembangan zaman nilai nilai kebudayaan jepang masih mampu mengimbangi gerak globalisasi yang sudah bergerak maju keseluruh pelosok dunia. Jepang menggunakan model pembangunan developmental state Dimana peran Negara dalam pembuatan perencanaan ekonomi yang terkoordinir dan terencana. 3. Jepang sebagai salah satu penggerak perekonomian dunia mempunyai latar belakang yang menarik untuk di pelajari hal ini dikarenakan jepang dapat menjadi salah satu model bagi perkembangan perekonomian di asia. Selain itu pula terjadinya hubungan hubungan yang positif antara pemerintah dengan pegusaha hal ini dapat di lihat dari adanya lembaga yang bernama keidanren8 (federasi para pengusaha jepang) dan . kemampuan sumberdaya manusia yang unggul. Pada masa awal telah disinggung dalam makalah kami titik awal perkembangan jepang terletak pada saat terjadinya suatu restorasi meiji dimana disana terkandung nilai nilai strategis dalam perkembangan perekonomian jepang. 2. Kemajuan perekonomian jepang tak lepas dari kondisi : 1. model ini berkaitan antara keserasian peran pemerintah sebagai pembuat kebijakan untuk mendorong perekonomian di dalam negri. berhasilnya perkembangan ini juga karena factor psikologi dimana penduduk tetap disiplin dan taat pada pemerintah.Setelah tahun 1960 jepang memasuki puncak kejayaan ekonomi sehingga menjadi negara industri. dan saat kedua ialah pasca perang dunia kedua dimana perusahaan perusahaan besar jepang di perbolehkan untuk mengembangkan perekonomian jepang dalam rangka membantu amerika dalam menyuplai bantuan materil di perang korea. yang didasarkan pada dukungan yang luas baik dalam maupun luar negeri. Ekspor mula mula berupa produksi primer (sutera) kemudian ekspor industri barang barang konsumsi. partai sosialis terus berkembang dan partai lainnya terus bermunculan.dan sanksi social yang ada dalam masyarakat jepang. partai oposisi. seperti kata Thomas Friedman’s globalization isn’t a choice. Menurut Drs irawan perkembangan perekonomian jepang merupakan pembangunan yang di dorong oleh pemerintah dimana pemerintah jepang memodernisir perekonomiannya. Pada saat itu juga berkembang partai lain di jepang misalnya partai komunis. it’s a reality. sistem budaya jepang yang hampir sama dengan etika protestan yang di miliki oleh bangsa barat.serta perubahan secara structural dan institusional yang cepat dan meliputi seluruh masyarakat.

yang di organisasi untuk mewakili bisnis besar.dimana bukan hanya bidang ekonomi yang akan di rubah akan tetapi juga bidang politik. mengupayakan terbentuknya suatu perubahan dalam struktur (structural reform). dimana yang di harapkan oleh para pengusaha yaitu : 1. Konsep Reformasi koizumi 1. keidanren terdiri dari lebih 700 perusahaan. Model pembangunan flying geese( angsa terbang) model pembangunan ini menitik berat kan kepada pembangunan industri industri strategis yang memacu perkembangan industri industri lain. social. keidanren menggunakan cara khas jepang untuk menghimpun sokongan politik bagi dunia bisnis. dalam pandangannya ini koizumi menitik beratkan pada peningkatan efisiensi perusahaan perusahaan pemerintah dan cenderung melakukan privatisasi pada sector tersebuttyang dianggapnya menjadi penghalang dalam pembangunan perekonomian jepang. dan juga pertumbuhan ekonomi yang stabil keidanren dalam hal produksi barang lebih mengutamakan industri industri dasar yang di perlukan demi pembangunan nasional. dimana keidanren mengubah bentuk systemnya untuk menugasi tiap sector sector industri untuk memberikan sumbangan politiknya. yang terkenal dengan reformasinya.dialah Koizumi Junichiro. meminta partai penguasa(LDP) untuk memilih pemimpin pemimpin yang dapat memelihara stabilitas. dan beberapa perubahan yang terdapat dalam pemerintahan jepang bermula dari terpilihnya seorang tokoh yang terpilih di luar dugaan banyak pihak dan akan merubah konsep pemerintahan di jepang yang tradisional. Negara ini mempertahankan ekonomi bisnis swasta dari pada ekonomi sosialis atau pun diktatoriat 2. apabila di analogikan pada perkembangan negara hal ini dapat dilihat dari kemajuan pembangunan di jepang yang berimbas pada kemajuan pembangunan perekonomian negara lain dalam kawasan asia timur. hal ini dapat di lihat dari pembangunan industri industri konstruksi. dan system administratif. . hal ini dimulai pada tahun1955 ketika partai demokrasi liberal di bentuk. dengan cara menyokong partai yang berkuasa melalui kelompok warga perantara (asosiasi nasional) dan juga memberikan dana ini kepada partai partai oposisi. baja.nikkeiren (federasi organisasi organisasi ekonomi). Sepanjang tahun1980 keadaan di jepang di tandai oleh tingginya optimisme dengan pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat hal ini menyebabkan iklim berinvestasi di jepang sangat cerah. keidanren membagikan dana yang di kumpulkan dari masyarakat bisnis. dari pengertian lain keidanren juga bertindak sebagai kementrian luar negeri dari bisnis jepang dengan cara mensponsori pertemuan pertemuan dengan orang orang bisnis asing dan mengeluarkan ke luar negeri misi misi khusus yang terdiri dari para pemimpin bisnis untuk mencari pemecahan bagi masalah masalah perdagangan dengan Negara kunci.

KESIMPULAN: Jepang sebagai salah satu raksasa ekonomi dunia mempunyai basis basis poin yang penting dalam menjadikan jepang seperti ini. diakui oleh Negara Negara di dunia.dan dari halinilah mungkin kita sebagai bangsa yang pernah sama seperti jepang mampu atau dapat mengambil nilai nilai tersebut. undang undang yang dipakai jepang merupakan undang undang yang dibuat atas dasar persetujuan amerika. dan konstitusi ini dianggap tidak sesuai lagi dalam pemenuhan kebutuhan jepang dalam dunia global.2. sejarah. kebudayaan. Semangat jepang telah mengantarkan rakyat jepang kepada kemandirian ekonomi yang lebih mapan yang juga memberi motivasi kepada bangsa asia khususnya bangsa ini bangsa Indonesia . dan menyesuaikan dengan spirit hidup bangsa ini seperti yang dikatakan Alex Inkeles dan David H. spirit hidup dapat menjadikan jepang superior. dimana sebagai pihak yang kalah perang jepang tidak mempunyai opsi lain selain menggunakan undang undang ini diantara undang undang yang akan diubah yaitu undang undang mengenai hal hal yang sangat vital dalam pemerintahan jepang . Smith8 : Kami beranggapan bahwa. bagaimanapun juga manusia bisa di ubah secara mendasar setelah dia menjadi dewasa. dan karena itu tak ada manusia yang tetap menjadi manusia tradisional dalam pandangan dan kepribadiannya hanya karena dia dibesarkan dalam masyarakat tradisional. revisi undang undang dasar jepang.