MAKALAH PEMBELAJARAN / PROGRAM PENGAYAAN

disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bimbingan Konseling

disusun oleh : FRISKA AMBARWATI SURYANI JATI RAHAYU ( K2311029 ) ( K2311075 )

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012

B. Apa definisi dari pembelajaran pengayaan? 2.BAB I PENDAHULUAN A. Apa saja jenis-jenis pembelajaran pengayaan? 3. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pengayaan? . sedangkan bagi peserta didik yang telah mencapai KKM diperbolehkan untuk meminta pengayaan. peserta didik setelah mengikuti ulangan harian satu Kompetensi Dasar mendapat nilai kurang dari KKM. diwajibkan mengikuti pembelajaran perbaikan yang diselenggarakan oleh pendidik. (melakukam pernaikkan atau pengayaan) Sesuai dengan permendiknas RI no 20 tahun 2007 tentang standar penilaian. Rumusan Masalah 1. Latar Belakang Dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasiiunal BAB XVI pasal 57 dan 58 yang dijabarkan dalam lampiran Permendiknas RI No 20 tahun 2007 point (E) yaitu penilaian oleh pendidik diantaranya pendidik berkewajiban memanfaatkan hasil evaluasi untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik.

Pengertian Secara umum pengayaan dapat diartikan sebagai pengalaman atau kegiatan peserta didik yang melampaui persyaratan minimal yang ditentukan oleh kurikulum dan tidak semua peserta didik dapat melakukannya. Sajian dimaksud berupa peristiwa sejarah. Pembelajaran pengayaan berupaya mengembangkan keterampilan berpikir. Jenis-Jenis Pembelajaran Pengayaan Ada tiga jenis pembelajaran pengayaan. tokoh masyarakat. Jika ada peserta didik yang lebih mudah dan cepat mencapai penguasaan kompetensi minimal yang ditetapkan. Pemecahan masalah ditandai dengan: (a) identifikasi bidang . maka sekolah perlu memberikan perlakuan khusus berupa program pembelajaran pengayaan. buku. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan belajar lebih tinggi berupa pemecahan masalah nyata dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah atau pendekatan investigatif/ penelitian ilmiah. 2. yaitu: 1.BAB II ISI A. bakat. dsb. yang secara regular tidak tercakup dalam kurikulum. penemuan. keterampilan memecahkan masalah. inovasi. B. 3. Keterampilan proses yang diperlukan oleh peserta didik agar berhasil dalam melakukan pendalaman dan investigasi terhadap topik yang diminati dalam bentuk pembelajaran mandiri. keterampilan seni. Pembelajaran pengayaan merupakan pembelajaran tambahan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pembelajaran baru bagi peserta didik yang memiliki kelebihan sedemikain rupa sehingga mereka dapat mengoptimalkan perkembangan minat. Pembelajaran pengayaan memberikan pelayanan kepada peserta didik yang memiliki kecerdasan lebih dengan tantangan belajar yang lebih tinggi untuk membantu mereka mencapai kapasitas optimal dalam belajarnya. keterampilan gerak. kreativitas. dan kecakapannya. dsb. Kegiatan eksploratori yang bersifat umum yang dirancang untuk disajikan kepada peserta didik. eksperimentasi.

Tujuan Identifikasi kemampuan berlebih peserta didik dimaksudkan untuk mengetahui jenis serta tingkat kelebihan belajar peserta didik. wawancara. pengamatan. yaitu (1) mengidentifikasi kelebihan kemampuan peserta didik. Agar pemberian pengayaan tepat sasaran maka perlu ditempuh langkah-langkah sistematis. Identifikasi Kelebihan Kemampuan Belajar a. (b) penentuan fokus masalah/problem yang akan dipecahkan. (d) pengumpulan data menggunakan teknik yang relevan. Tes IQ (Intelligence Quotient) adalah tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan peserta didik. tes inventori. 1. dan (2) memberikan perlakuan (treatment) pembelajaran pengayaan. Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan Pemberian pembelajaran pengayaan pada hakikatnya adalah pemberian bantuan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan lebih. Teknik Teknik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan berlebih peserta didik dapat dilakukan antara lain melalui : tes IQ. Kelebihan kemampuan belajar itu antara lain meliputi:  Belajar lebih cepat  Menyimpan informasi lebih mudah  Keingintahuan yang tinggi  Berpikir mandiri  Superior dalam berpikir abstrak  Memiliki banyak minat b. (e) analisis data. Dari tes ini dapat . (c) penggunaan berbagai sumber. 1. baik dalam kecepatan maupun kualitas belajarnya. dsb. C. dan (f) penyimpulan hasil investigasi.permasalahan yang akan dikerjakan.

Wawancara. dsb. atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas masing-masing. Sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan pembelajaran bersama pada jam-jam pelajaran sekolah biasa. hobi. 2. musikal. sambil menunggu teman-temannya yang mengikuti pembelajaran remedial karena belum mencapai ketuntasan. logik/matematik. naturalistik. kinestetik. 4. Tes inventori digunakan untuk menemukan dan mengumpulkan data mengenai bakat. 2. 3.diketahui tingkat kemampuan spasial. kebiasaan belajar. Pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik. Pengamatan (observasi). Wanwancara dilakukan dengan mengadakan interaksi lisan dengan peserta didik untuk menggali lebih dalam mengenai program pengayaan yang diminati peserta didik. 3. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi/materi baru. Pemadatan kurikulum. Dari pengamatan tersebut diharapkan dapat diketahui jenis maupun tingkat pengayaan yang perlu diprogramkan untuk peserta didik 2. Tes inventori. interpersonal. verbal. Memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu. minat. Belajar mandiri. . intrapersonal. Belajar Kelompok. Pengamatan dilakukan dengan jalan melihat secara cermat perilaku belajar peserta didik. Secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati. 4. Pembelajaran berbasis tema. Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan Bentuk-bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan antara lain melalui: 1. dsb.

4) Identifikasi kemampuan berlebih peserta didik dapat dilakukan antara lain melalui: tes IQ. yaitu:    Kegiatan eksploratori Keterampilan proses Pemecahan masalah 3) Identifikasi kemampuan belajar berdasarkan jenis serta tingkat kelebihan belajar peserta didik misal belajar lebih cepat. superior dan berpikir abstrak. 5) Pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan antara lain melalui:     B. dan kecakapannya.BAB III PENUTUP A. 2) Ada tiga jenis pembelajaran pengayaan. bepikir mandiri. Belajar kelompok Belajar mandiri Pembelajaran berbasis tema Pemadatan kurikulum . penulis mengharapkan agar pendidik dapat menerapkan program pengayaan terhadap peserta didik sesuai dengan kemampuan serta karakteristik dari masing-masing peserta didik. Kesimpulan 1) Pembelajaran pengayaan merupakan pembelajaran tambahan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pembelajaran baru bagi peserta didik yang memiliki kelebihan sedemikain rupa sehingga mereka dapat mengoptimalkan perkembangan minat. bakat. Saran Berdasarkan uraian makalah di atas. keingintahuan lebih tinggi. wawancara. tes inventori. pengamatan. menyimpan informasi lebih mudah. dsb. memiliki banyak minat.

2011.ac. 2012. http://blog. Pembelajaran Pengayaan dalam KTSP.Pembelajran Tuntas.elearning.wordpress. http://informasismpn9cimahi. Alim. Suprawoto .2009. .Daftar Pustaka Emka. http://akhmadsudrajat.unesa. 2011.com/2011/06/08/desain-program-perbaikandan-pengayaan-artikel-baru-simpel-pas/ diakses pada 17-09-2012 pukul 12:09 WIB.2008. http://simpelpas.Lilis.Ahmad. Media Pembelajaran adalah.wordpress. Desain Program Remedial dan Pengayaan Artikel Baru simpel PAS. http://www.ppt diakses pada 16-09-2012 pukul 12:25 WIB. Sumarno. diakses pada 15-09-2012 pukul 11:45 WIB. Kurniasih.com/.slideshare.com/2011/11/13/programperbaika n/pengayaan/ diakses pada 17-09-2012 pukul 12:15 WIB Sudrajat.id/kuliah%20smt%203/bk/mediapembelajar an%20adalah_files/ diakses pada 17-09-2012 pukul 12:06 WIB. Remidial dan Pengayaan. Program Pengayaan / Perbaikkan.wordpress.net/NASuprawoto/pembelajaran-tuntas-remedialpengayaan /1-8pembtuntas-remedial-pengayaanrev-091119055945- phpapp02.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful