UJIAN TENGAH SEMESTER Mata Pelajaran Hari / Tanggal Waktu Kelas Dosen 1. Buktikanlah bahwa Ilmu Negara : a. b. c.

negara. Adakah atau tidak hubungan antara ketiga hal tersebut di atas itu baik secara bersamasama maupun masing-masing dengan : a. ruang lingkup b. metode c. nilai d. status Uraikanlah secara jelas dengan disertai alasan-alasannya. Konsekuensi apakah yang timbul dari penjelasan tersebut di atas itu bagi Ilmu Negara apabila dilihat dari hubungan (korelasi-fungsional) antara Ilmu Negara dengan cabang-cabang lainnya dari Ilmu Kenegaraan. Jelaskanlah! 2. Apakah yang dimaksud dengan : a. b. c. d. Ilmu Kenegaraan dalam arti luas. Ilmu Kenegaraan dalam arti sempit. Ilmu Negara. Ilmu Politik. Ilmu Negara memenuhi persyaratan Ilmu dan Ilmu Pengetahuan Modern. menjawab pertanyaan-pertanyaan pendahuluan. mempelajari pengertian-pengertian pokok-pokok dan sendi-sendi pokok dari : Ilmu Negara : Jum’at 21 April 1989 : 90 menit :B : Prof. Dr. Sjachran Basah, S. H., C. N.

1

Adakah atau tidak persamaan dan perbedaan antara keempat hal tersebut di atas itu, terangkanlah! Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat ditarik dari penjelasan itu. Konsekuensi-konsekuensi apa sajakah yang dapat diambil dari uraian di atas itu terhadap perkembangan Ilmu Negara. Jelaskanlah dengan disertai alasan-alasan dan contoh-contohnya! 3. Aristoteles terkenal sebagai “Bapak Ilmu Pengetahuan Empiris”. a. Mengapa disebut demikian, bagaimanakah ajarannya dan sumbangan pemikiran apa yang diberikan olehnya kepada Ilmu Negara dan bagaimana manfaatnya? b. c. Siapakah gurunya? Adakah atau tidak persamaan dan perbedaan paham Bagaimanakah pandangannya terhadap Negara (pada masa itu polis). ajaran antara ia dan gurunya itu? Kemudian perbandingkanlah dengan pendapat dari Socrates. Kesimpulankesimpulan apa sajakah yang dapat ditarik?

2

Jelaskanlah sejarah dan latar belakang serta adakah atau tidak persamaan. Memenuhi persyaratan Ilmu dan Ilmu Pengetahuan Modern. H. b. Berperan sebagai Mata Kuliah Pengantar bagi Cabang-cabang Ilmu Mempelajari Pengertian-pengertian Pokok dan Sendi-sendi Pokok dari Uraikan dengan jelas dan disertai contoh-contohnya. perbedaan dan hubungan antara kedua hal termaksud di atas itu. bahwa Kenegaraan. S. Apakah yang dimaksud dengan : Sejarah perkembangan bangunan-bangunan kenegaraan Ilmu Negara dewasa ini sebagai Mata Kuliah Pengantar bagi Hukum Tata Negara Positif. : Ilmu Negara : Jum’at. Sjachran Basah. 4 Mei 1990 : 90 menit : Prof. N. Ilmu Negara : a. C. b. c. 2. Dr. Negara.. c. d. ruang lingkup metode nilai status Ilmu Negara Jelaskanlah! 3 . b. Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat ditarik dari hubungan di atas tadi.UJIAN TENGAH SEMESTER Mata Pelajaran Hari / Tanggal Waktu Dosen Koordinator 1. Sampai sejauh manakah keterkaitannya satu sama lain dari ketiga hal tersebut di atas serta hubungannya dengan : a. a.

H. b. Terangkanlah dengan disertai alas an-alasannya! UJIAN TENGAH SEMESTER Mata Pelajaran Hari / Tanggal Waktu Kelas Dosen 1. Apakah yang dimaksud dengan : Sejarah Perkembangan Bangunan-bangunan Kenegaraan dewasa ini sebagai Ilmu Negara. 11 Mei 1991 : 90 menit :A : Prof.. Jelaskanlah sejarah dan latar belakangnya! Adakah atau tidak persamaan. N. : Ilmu Negara : Sabtu. perbedaan dan hubungan antara kedua hal termaksud di atas itu? Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat ditarik dari hubungan di atas tadi? 4 . dari siapa dan mengapa terjadi demikian? Bagaimanakah hasil penyelidikannya terhadap Negara. Dr. Diketahui bahwa Ilmu Negara merupakan Pengantar untuk cabangApakah yang dimaksudkan dengan Pengantar dan cabang Ilmu Kenegaraan : berikanlah contoh-contohnya! Mengapa hal itu terjadi dan apakah akibat-akibatnya? Adakah atau tidak hubungan antara hal di atas itu dengan Bagaimanakah kaitan antara hal-hal di atas itu dan Bagaimana konsekuensinya? Metoda Sejarah dan Metoda Perbandingan? kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat ditarik? 2. a. c. b.3. C. a. Apa yang dimaksud dengan Metode Sinkretis? Mengapa istilah itu timbul. d. Mata Kuliah Pengantar bagi Hukum Tata Negara Positif. S. Sjachran Basah.

dari siapa dan mengapa terjadi demikian? Bagaimanakah hasil penyelidikannya terhadap Negara.3. Apakah yang dimaksud dengan Metode Sinkretis? Mengapa istilah itu timbul. terangkanlah dengan disertai alasan-alasannya! 5 .

Apakah yang dimaksud dengan “Rechtdogmatiek”? Siapa yang pertama kali menggunakan istilah tersebut dan dalam hal apakah? Terangkanlah dengan disertai alasan-alasannya! Bertalian dengan uraian Saudara itu bagaimanakah hubungan serta pengaruh Rechtdogmatiek terhadap perkembangan Ilmu Negara? Jelaskan dengan disertai alasan-alasan! 3. C. Dalam rangka kurikuler di Fakultas Hukum pada umumnya Ilmu Negara disebut Mata Kuliah Pengantar. 6 . N. C. S. H. 7 Juli 1991 : 120 menit (2 jam) : A dan B : Prof. Apa pula yang dimaksud dengan “legger” bagi Algeme Staatsleer itu. 1. sekarang tunjukkan serta jelaskan manfaat atau kegunaan mempelajari Ilmu Negara dalam bidang Ilmu Hukum pada umumnya serta khususnya di bidang Ilmu Kenegaraan! Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah dari uraian tersebut di atas yang dapat Saudara tarik? 2. Jelaskan dasar alasannya. 3. 2 Sebutkan pakar kenegaraan mana yang dijuluki sebagai Bapak Ilmu Negara. : Ilmu Negara : Selasa. von Savigny mengenai tumbuhnya hukum dalam masyarakat apa pula yang dimaksud “ “ dalam “Ilmu Negara”. Sjachran Basah. Dr..UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP Tahun 1991 / 1992 Mata Pelajaran Hari / Tanggal Waktu Kelas Dosen 1. kata-kata aslinya diucapkan oleh F. 3. 3. Apakah yang menjadi objek penyelidikan Ilmu Negara serta bagaimanakah hubungannya dengan stelsel formal dan stelsel material? Uraikanlah dengan disertai contoh-contohnya! Berdasarkan uraian tersebut di atas. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud.

Jelaskan pula dengan singkat dasar alas an sebutan tersebut. 5. Sebutkan dua pakar kenegaraan yang menyebutkan bahwa Ilmu Negara itu adalah suatu Wirklichkeitswissenschaft. Terangkan apa yang dimaksud dengan “Power tends to corrupt” dan siapakah yang mencanagkan kata-kata tersebut. 7 . 3. 4.3.

Apakah yang dimaksud dengan pengantar dan berikan contoh-contohnya. c. b. apakah akibat-akibatnya dan bagaimana Adakah atau tidak hubungan antara hal di atas itu dengan metode sejarah Bagaimanakah kaitan antara hal-hal di atas itu dan kesimpulan-kesimpulan konsekuensinya dan metode perbandingan. Jelaskan pula apakah urgensi dari uraian itu terhadap Ilmu Negara. Uraikan dengan jelas dan disertai contoh-contohnya : a. a. C. Sjachran Basah. : Ilmu Negara : Sabtu. Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Modern Adakah atau tidak persamaan. Apakah yang dimaksud dengan : a. 3. Dr. b. 3 Juli 1993 : 120 menit : A dan B : Prof. N. d. b.. S. Sendi-sendi pokok. apa sajakah yang dapat ditarik. Mengapa hal itu terjadi. perbedaan dan hubungan antara ketiga hal-hal termaksud di atas itu. Uraikanlah dengan disertai alasan-alasannya! 2. 8 .UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP Mata Pelajaran Hari / Tanggal Waktu Kelas Dosen 1. c. Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat Anda tarik dari hubungan di atas termaksud. H. Pengertian-pengertian pokok. Diketahui bahwa Ilmu Negara merupakan pengantar untuk cabang-cabang Ilmu Kenegaraan.

Adakah atau tidak hubungan kelima hal di atas itu satu sama lainnya. Polis. Demokrasi langsung. berikan alasan-alasannya. sehingga dikenal Demokrasi Langsung”. e. d.c. Kini giliran Anda menelaah pernyataan di bawah ini yang berbunyi: “Di jaman Yunani Purba terdapat Polis dan pemerintahan dijalankan secara demokrasi melalui Beclesia. terangkan! Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat Anda tarik dari uraian tersebut di atas itu. 9 . Manakah yang menjadi pengertian-pengertian pokok dan manakah yang menjadi sendisendi pokok. Beclesia.

Sjachran Basah. perbedaan dan hubungan antara ketiga hal-hal termaksud di atas itu. b. S. Uraikanlah dengan disertai alasan-alasannya! 2. c..UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP Mata Pelajaran Hari / Tanggal Waktu Kelas Dosen 1. Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat Anda tarik dari hubungan di atas termaksud. d. e. : Ilmu Negara : Jum’at. apakah akibat-akibatnya dan bagaimana Adakah atau tidak hubungan antara hal di atas itu dengan metode sejarah Bagaimanakah kaitan antara hal-hal di atas itu dan kesimpulan-kesimpulan contohnya. H. itu? b. Uraikan dengan jelas dan disertai contoh-contohnya : a. apa sajakah yang dapat ditarik. c. Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Modern Adakah atau tidak persamaan. Diketahui bahwa Ilmu Negara merupakan pengantar untuk cabang-cabang Ilmu Kenegaraan. konsekuensinya dan metode perbandingan. Apakah yang dimaksudkan dengan pengantar dan berikan contohMengapa hal itu terjadi. N. a. 16 Juni 1994 : 120 menit : A dan B : Prof. Dr. C. Jelaskan pula apakah urgensi dari uraian itu terhadap Ilmu Negara. Sebutkan dan jelaskan secara lengkap cabang-cabang dari Ilmu Kenegaraan 10 .

Apakah yang dimaksud dengan : a. Beclesia. b. Sendi-sendi pokok. Adakah atau tidak hubungan kelima hal di atas itu satu sama lainnya. d. berikan 11las an-alasannya. c. e. terangkan! Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat Anda tarik dari uraian tersebut di atas itu. Polis. sehingga dikenal Demokrasi Langsung”. Pengertian-pengertian pokok. Demokrasi langsung. Manakah yang menjadi pengertian-pengertian pokok dan manakah yang menjadi sendisendi pokok. Kini giliran Anda menelaah pernyataan di bawah ini yang berbunyi: “Di jaman Yunani Purba terdapat Polis dan pemerintahan dijalankan secara demokrasi melalui Beclesia. 11 .3.

S. d. Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan diadakannya penyelidikan terhadap negara. 2. Unsur-unsur negara. 1. H. Rompis. 12 . C. Deden Suryo Raharjo.UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 1997 / 1998 Mata Pelajaran Semester Hari / Tanggal Waktu Kelas Dosen : Ilmu Negara : II : Jum’at. Teori timbul dan lenyapnya negara. S. Berikan uraian berupa gambaran secara sistematis tentang hal itu. 12 Juni 1998 : 120 menit : A dan B : Prof. Memahami kedudukan Ilmu Negara dalam hubungannya dengan pendidikan Ilmu Hukum tidak terlepas dari pengkajian negara sejak dalam bentuk yang sederhana (awal) sampai dengan bentuk yang utuh. Terangkanlah dengan jelas disertai dengan alasan-alansannya! 3. b. Diketahui dalam Ilmu Negara “Korelasi” antara negara dengan Hukum erat kaitannya. Tujuan negara. H. H. Fungsi dan peranan negara.. Sjachran Basah. S. c. Dr. Adrian E. sehingga sampai pada kesimpulan bahwasanya Ilmu Negara layak menjadi Mata Kuliah Dasar Keahlian Hukum dalam kurikulum bidang Ilmu Hukum. uraikanlah! Adakah atau tidak hubungannya hal tersebut di atas dengan : a. N.

Bagaimanakah ihwal di atas itu dapat dijelaskan melalui Ilmu Negara? 13 .a. Sebutkan dan jelaskan teori yang mendasarkan kepada Siapakah yang mengemukakan teori itu? Dari sudut apa ia memandangnya serta metodologi apa hubungan antara Negara dengan Hukum! yang digunakannya dan apa pula akibatnya! Terangkanlah dengan jelas disertai alasan-alasannya! 4. c. Awalnya proses Reformasi menyangkut satu bidang tertentu kemudian berkembang menimbulkan dampak yang multi-dimensional dan bersifat menyeluruh serta pada gilirannya menumbuhkan suatu kebutuhan untuk mengakali dan menata ulangnya. b. Salah satunya adalah aspek Demokrasi dalam kehidupan bernegara.

: 120 menit Dewasa ini pengkajian terhadap negara merupakan hal yang tidak dapat dikesampingkan dalam mempelajari Ilmu Negara secara utuh. Berikan tanggapan saudara berupa uraian secara sistematis tentang hal tersebut hingga sampai pada kesimpulan bahwa Ilmu Negara layak untuk menjadi Mata Kuliah Dasar Keahlian hukum dalam kurikulum bidang Ilmu Hukum. Empiris. Filosofis. Kesimpulan-kesimpulan apakah yang dapat anda tarik dari uraian di atas terhadap perkembangan Ilmu Negara. b. H.UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 1997 / 1998 Mata Kuliah Dosen Waktu 1. H. Transedental 4. Genetis Jelaskan jawaban Anda dengan disertai contoh-contoh dan alasan-alasannya. Induktif. Rompis. Jelaskanlah mengapa salah satu kajian Ilmu Negara adalah aspek yang berkaitan dengan “Kekuasaan”. : Ilmu Negara : Dr. a. Deduktif. negara 3. Analisis. Spekulatif. Dari uraian tersebut di atas dalam kaitannya dengan Ilmu Syarat-syarat keilmuan Pengertian-pengertian pokok dan sendi-sendi pokok Negara ada atau tidakkah hubungannya dengan : 2. Metafisis. 14 . S. Dari uraian anda tersebut ada atau tidakkah hubungannya dengan teori tentang bentukbentuk negara baik yang menggunakan ukuran kuantitatif maupun kualitatif. S. 1. 2. Rukmana Amanwinata. Adrian E. M. H..

Uraikan dengan jelas dan disertai contoh-contoh dan alasan-alasannya. Dari uraian di atas apakah ada atau tidak kaitannya dengan timbulnya kebutuhan untuk mengkaji dan menata ulang proses penyelenggaraan negara dan bagaimana mewujudkannya serta langkah-langkah apakah (yuridis dan non yuridis) yang dapat diterapkan di Indonesia. 15 . Uraikan pendapat anda dengan disertai contoh-contoh dan alasan-alasan dan jelaskan pendapat anda tersebut melalui Ilmu Negara. 3. Proses Reformasi di Indonesia dewasa ini membawa perubahanperubahan yang pesat terutama menyangkut kebebasan mengemukakan pendapat yang pada gilirannya mencapai suatu tahapan yaitu Pemilu 1999.Selanjutnya uraikan sejauh mana hal tersebut menimbulkan pengaruh terhadap praktek penyelenggaraan Negara. Pada perkembangan berikutnya tentunya hal tersebut akan menimbulkan dampak yang beragam dan kompleks menyangkut berbagai bidang serta aspek kehidupan.

H. bagaimanakah relevansinya teori-teori tersebut di atas dengan perkembangan masalah-masalah kenegaraan di Indonesia dewasa ini. Agus Kusnadi. Jelaskan mengapa pemikiranpemikiran tentang Negara pada Masa Abad Pertengahan selalu dipertentangkan dengan Masa Renaissance. jelaskanlah. Sudjana Ermaya. 16 . bandingkan pendapat Georg Jellinek dengan Herman Heller mengenai hubungan Ilmu Negara dan Ilmu Politik. Berkaitan dengan hal di atas.H. terangkan.UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 1998 / 1999 ILMU NEGARA Jumat / 18 Juni 1999 H. 4. Di dalam pembahasan tentang pertumbuhan dan perkembangan Ilmu Negara dikenal Masa Abad Pertengahan dan Masa Renaissance. 3. Jelaskan teori-teori tersebut (minimal 2 teori) dan siapakah yang mengemukakannya. 1. 2. Dalam kepustakaan Ilmu Negara terdapat beberapa teori yang membahas tentang tujuan dan fungsi Negara. dari uraian jawaban Saudara tersebut kesimpulan-kesimpulan apa yang dapat dikemukakan.. Selanjutnya. Selanjutnya.. Selanjutnya adakah atau tidak hubungan antara “pengakuan”dari Negara-negara lain terhadap syarat-syarat essensial tersebut di atas. S. S.H. Kemukakan jawaban Saudara disertai alasan-alasannya. Terangkan jawaban Saudara dengan mengemukakan pandangan ahli-ahli pikir (minimal 2 orang) pada masa tersebut.H. Sebut dan terangkanlah satu per satu tentang syarat-syarat yang essensial (pokok) untuk berdirinya suatu Negara. Jelaskan dan pengertian ruang lingkup Ilmu Negara. Terangkanlah dengan alasan-alasannya. adakah kesatuan pendapat dari ahli (pakar) tentang “pengakuan” ini. M. Selanjutnya. M.

Uraikanlah. bagaimana pendapat tentang Negara menurut para ahli tersebut di bawah ini : a. d. b. c. Aristoteles Zeno Niccolo Machiavelli Hans Kelsen 17 .5.

Oleh karena itu dalam mempelajari Ilmu Negara korelasi antara Negara dengan Hukum akan selalu dijumpai. S. 17 Juni 2000 :A : 120 menit : Dr. Adrian E. 1. H. 4. SH. 1. Rompis. transedental induktif. Dewasa ini pengkajian terhadap “Negara” tidak dapat terlepas dari aspek “Hukum” demikian pula sebaliknya. deduktif. negara 3. MH.UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP T. A. 2. genetis Dari uraian tersebut di atas dalam kaitannya dengan Ilmu syarat-syarat keilmuan pengertian-pengertian pokok dan sendi-sendi pokok Negara ada atau tidak hubungannya dengan : Jelaskan jawaban Anda dengan disertai contoh-contoh dan alasan-alasannya. 18 . analisis. Rukmana Amanwinata. Pertanyaan : a. filosofis. Kesimpulan-kesimpulan apa sajakah yang dapat anda tarik dari uraian di atas terhadap perkembangan Ilmu Negara. Berikanlah tanggapan anda berupa uraian secara sistematis tentang hal tersebut hingga sampai pada kesimpulan bahwa Ilmu Negara layak untuk menjadi Mata Kuliah Dasar Keahlian hukum dalam Kurikulum bidang Ilmu Hukum. 1999 / 2000 Mata Kuliah Hari / Tanggal Kelas Waktu Dosen : Ilmu Negara : Sabtu. b. metafisis. spekulatif. empiris.

Uraikanlah dengan jelas. Terangkanlah apa makna Demokrasi sebagai suatu “ide” dan 19 . jelaskanlah. Uraikanlah perbedaan-perbedaan (terutama dari segi pendekatan) antara beberapa ilmu pengetahuan tersebut di atas dengan disertai alasan-alasannya. Pertanyaannya ialah : Sebutkan beberapa ilmu pengetahuan tersebut (paling sedikit 4 contoh). 3. “mekanisme”. Adakah atau tidak perbedaan antara “Demokrasi Purba” dengan Demokrasi bagaimanakah yang dianut dan dipraktekkan dalam Bagaimanakah pandangan anda terhadap harapan dan kenyataan atas “Demokrasi Modern”. b. c.2. Pertanyaan : a. Dalam Negara yang menganut asas Demokrasi. d. Negara a. b. Buktikan hubungannya satu sama lain sehingga jelas keterkaitannya dan peranannya masing-masing. dapat menjadi objek penyelidikan beberapa Ilmu Pengetahuan. maka Pemerintah harus menjalankan tugas pemerintahannya sesuai dengan kehendak rakyat. negara Republik Indonesia. pemahaman dan pelaksanaan Demokrasi serta upaya-upaya apa sajakah yang dapat dilaksanakan untuk perbaikan di masa yang akan dating bagi penyempurnaan praktek penyelenggaraan Negara.

UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2000 / 2001 Mata Kuliah Kelas Hari / Tanggal Waktu Dosen : Ilmu Negara :A : Jum’at. b. b. 2. Dari uraian tersebut di atas dalam kaitannya dengan Ilmu Negara ada atau Pengertian-pengertian pokok serta sendi-sendi pokok negara Deduktif. Objek penyelidikan Ilmu Negara bila dikaji tidak dapat terlepas dari aspek-aspek yang berkaitan dengan Negara. BBA. i. filosofis. Sejarah perkembangan dalam masyarakat. Dari uraian anda tersebut ada atau tidak hubungannya dengan : perkembangan Negara dan pemikiran- pemikiran tentang negara dalam prosesnya akan dipengaruhi nilai-nilai yang hidup dan 20 . Hukum dan Masyarakat. S. Adrian E. ii. MH. SH. Rukmana Amanwinata. spekulatif. analitis. a. c. Berikanlah tanggapan anda berupa uraian yang pada gilirannya sampai pada kesimpulan bahwa Ilmu Negara layak untuk menjadi Mata Kuliah Dasar Keahlian Hukum dalam Kurikulum bidang Ilmu Hukum. a. transedental Induktif. 1. Jelaskan tanggapan anda dan berikanlah uraian secara lengkap mengenai hal tersebut di atas hingga sampai pada kesimpulan dari cara pandang pemikiran. H. apakah Eropa Kontinental ataukah Anglo Saxon. iii. genetis Kesimpulan-kesimpulan apa saja yang dapat ditarik dari uraian di atas bagi tidak kaitannya dengan : perbaikan serta penyempurnaan terhadap Ilmu Negara guna mengantisipasi dampak dan perkembangan yang pesat dalam praktek kenegaraan serta pemikirannya. 27 April 2001 : 90 menit : Dr. metafisis. empiris. Rompis.

Hans Kelsen. Strong.i. Jelaskanlah persamaan dan perbedaannya terutama dari segi pendekatannya antara pemikiran yang satu terhadap pemikiran yang lain dalam menyoroti aspek-aspek yuridis dan non yuridis. yaitu sebagai mata kuliah pengantar bagi mata kuliah lain yang mempunyai objek negara. Kesimpulan-kesimpulan apakah yang dapat ditarik apabila uraian anda tersebut dihubungkan dengan salah satu fungsi Ilmu Negara. serta Herman Heller. 21 . ii. C. c. Penyelidikan Ilmu Negara dan Ilmu Politik Pemikiran dari Georg Jellinek. F.

Periode-periode sejarah perkembangan Ilmu Negara dan pemikiran-pemikiran yang muncul didalamnya. tariklah persamaan. perbedaan serta kesimpulan-kesimpulan dalam membantu anda untuk memberikan penjelasan terhadap keterkaitannya dengan hal-hal sebagai berikut : 1. implikasinya dari rumusan tersebut terhadap lingkup bahasan Ilmu Negara. 2. namun tidak berarti tidak ada definisi tentang negara itu. 22 . MH. Apakah ada kritik-kritik yang dapat dilontarkan kepada teori-teori yang pernah muncul itu guna memberikan pengujian untuk mencapai prinsip objektifitas keilmuan.UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP T. 16 Juni 2001 : 100 menit : Dr. A. SH. Sehubungan dengan hal itu. 2000-2001 Mata Kuliah Hari / Tanggal Waktu Dosen 1. 4. maka : a. : Ilmu Negara : Sabtu. Pengertian “Negara” yang dapat diterima secara umum diakui cukup sulit dirumuskan. b. Metodologi apa sajakah yang dapat digunakan untuk dimanfaatkan dalam pendekatan terhadap kenyataan yang ada dijamannya. 3. c. Rukmana Amanwinata. Teori-teori apa sajakah yang timbul di lapangan Ilmu Negara serta manfaat apa yang dapat ditarik bagi kepentingan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sebutkanlah rumusan mengenai “negara” dan dari beberapa sarjana Dari sudut pandang apakah ia memandangnya dan apa pula Perbandingkanlah pendapat-pendapat itu satu sama lainnya dan terkemuka (paling sedikit tiga sarjana).

Secara teori. b. Faktor yang menentukan penyelenggaraan negara menurut kehendak rakyat sebagai implementasi suara sebagian besar warga dengan disertai contoh-contoh dan alasan-alasannya. c. demokrasi sejak awal prosesnya mempunyai berbagai pemahaman antara lain demokrasi dalam arti formal dan material serta dapat pula dibedakan dari maknanya sebagai “ide” dan “mekanismenya”. Dari jawaban anda untuk soal 2 a diatas. apakah penyelidikan terhadap negara tersebut mempunyai implikasi kepada aspek hukum. Ilmu Pengetahuan. Negara dapat menjadi objek penyelidikan beberapa Sebutkan beberapa Ilmu Pengetahuan tersebut (paling sedikit 4 contoh). prakteknya negara lebih mengedepankan : 23 . uraikanlah tanggapan anda secara sistematis untuk membantu pemahaman bagi kita tentang kejelasan serta keterkaitan hal itu yang pada gilirannya dapat dipahami bahwa Ilmu Negara layak untuk menjadi Mata Kuliah Dasar Keahlian Hukum dalam kurikulum bidang Ilmu Hukum. b. 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan uraian tersebut diatas Termasuk pengertian demokrasi apakah apabila dalam Jaminan terhadap hak-hak yang berkaitan dengan pengakuan kemerdekaan setiap orang yang menjadi warga negara. Uraikanlah secara jelas mengenai hal diatas dengan disertai contoh-contoh dan alasan-alasannya. 3. Dalam mempelajari Ilmu Negara terdapat hal yang perlu kita cermati yaitu berkenaan dengan pentingnya mengedepankan pemahaman aspek Hukum Publik sebagai salah satu landasan dalam mempelajari serta memahami Ilmu Hukum secara menyeluruh. Buktikan pula apakah ada atau tidak ada hubungannya satu sama lain kemudian dapatkah anda ketahui sejauh manakah keterkaitan dan peranannya masing-masing serta lingkup bahasannya. a. Pertanyaannya ialah : a. 2.2.

Demokrasi serta upaya-upaya apa sajakah yang dapat dilaksanakan untuk perbaikan di masa yang akan dating bagi penyempurnaan praktek penyelenggaraan negara. c.negara sesuai prinsip kemerdekaan / kedaulatan rakyat. 24 . Bagaimanakah pandangan anda terhadap harapan dan kenyataan atas pemahaman dan pelaksanaan. Uraikan dengan jelas dan berikan pula alasan-alasan serta contoh-contohnya.

SH. 30/DJ/Kep/1983 tertanggal 27 April 1983 jo. Kepmendikbud No. :A : 100 menit Istilah mata kuliah Ilmu Negara dipergunakan pertama kalinya oleh Fakultas Hukum UGM di Yogyakarta yang didirikan tahun 1946. Rompis. H. Pertumbuhan dan perkembangan Ilmu Negara dan beberapa pemikirnya sebagaimana terurai dalam buku wajib dimulai dengan masa 25 . Terangkan sekarang oleh saudara bagaimana hubungannya antara penelitian yang dilakukan oleh G. Sekarang terangkanlah oleh saudara dengan disertai contoh-contohnya bahwa Ilmu Negara memang layak untuk menempati kedudukan tersebut baik dari sudut nilai Ilmu Negara itu sendiri maupun dari sudut kegunaan praktisnya dengan memperhatikan perkembangan yang terjadi pada bidang hukum. Rukmana Amanwinata. Dr. 2. 17 Juni 2002 : Prof. Selanjutnya dengan keputusan Dirjen Dikti No. sementara di pihak lain sebutan Bapak dari Ilmu Negara diberikan kepada G. MH. 0325/U/1994 tentang kurikulum yang berlaku secara nasional program sarjana ilmu hukum. Jellinek (+/. Kelas Waktu 1. S. H. S. menempatkan Ilmu Negara dalam kurikulum program sarjana ilmu hukum sebagai Mata Kuliah Dasar Keahlian Hukum. Jellinek dengan tujuan UGM dengan menempatkan mata kuliah tersebut dalam kurikulumnya baik dari sudut historisnya maupun manfaat dari mata kuliah itu.UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2001 / 2002 Mata Kuliah Hari / Tanggal Dosen : Ilmu Negara : Senin.1900) atas keberhasilannya sebagai orang pertama yang mencoba melihat lapangan kenegaraan seluruhnya yang membagi-bagi dalam bagian-bagian yang berhubungan satu sama lain. Abi Ma’ruf Radjab. Adrian E.

3. bawah ini : • • • Zoon Politicon Caesarismus Teori Perjalanan Cyklis Jelaskan dengan disertai contoh-contohnya dalam hubungannya dalam kehidupan “berbangsa” dan “bernegara”. maka kemudian dalam masa Yunani kita mengenal banyak ahli-ahli pikir yang memberikan sumbangan untuk mencari kebahagiaan sebesar-besarnya dalam kehidupan bernegara. pengertian-pengertian di 26 . Sekarang terangkan oleh saudara factor-faktor apakah yang dapat mendukung terbentuknya demokrasi semacam itu serta yang terakhir factor-faktor apa pula yang menyebabkan bentuk demokrasi tersebut menjadi persoalan dan bagaimana pula perjalanan dari perkembangan demokrasi pada saat ini dengan tinjauan khusus yang terjadi di negara kita. sehingga pada masa Yunani dapat disimpulkan para ahli-ahli pikir tersebut memuarakan pikirannya kepada “kekuasaan sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan”. Sehubungan dengan uraian saudara tersebut. Bertalian dengan kesimpulan-kesimpulan tersebut apakah saudara sepakat atau tidak. bentuk pemerintahan pada masa itu disebut dengan klassieke democratie.Yunani Purba. jelaskanlah jawabannya dengan disertai contoh-contohnya dan disertai dengan menghubungkan pandangan-pandangan dari para ahli-ahli pikir tersebut (minimal 2) seperlunya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful