CFP / COMMAND LINE PROGRAMMER

)
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------CFP adalah program untuk blackberry berbasiskan DOS yang dapat kita perintah menggunakan external commander, kita dapat membuat perintah tersebut dari notepad / text, yang nanti mita akan rubah dari format *.txt menjadi format *.bat ataupun *.cmd --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Cara Penggunaan / Memerintah Cfp : ---------------------------------------------------CFP [-p<port>|-u<port>] [-b<max BPS>] [-w<password>|-np] Atau dengan variable lain seperti : ----------------------------------------------------[-v<verbosity>] [-t<max connect timeout>] [-c<max command timeout>] <command> Yang di maksud <command> adalah perintah yang kita kehendaki untuk di lakukan kepada blackberry kita, seperti : ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

HELP [<command>] INFO FILEINFO <filename> LOAD <filename1> [filename2] [-v] WIPE [-F|-I] SAVEFS <filename> CSAVEFS <filename> NUKE [-A] FRESH ERASE <range> READ <range> [-A] <filename> CREAD <range> [-A] <filename> WRITE <range> <filename> [<offset>] [-v] WRITE <start address> <filename> [<offset>] [-v] HIS HOS HASHBOOTROM [<bootromfile> [<hwvfile>]] USBMS [-i<INFO> | -s<ENABLE> | -c<DISABLE>] PATRIOT [-o] <subcommand> [<arguments>] GETLOG [filename] <range> is one of <start address>-<end address> (start address < end address) <start address>,<length> (length > 0) All addresses, lengths, and offsets are expressed in HEX. Also, <end address> is the address of the last byte in the range (e.g. <length> = <end address> - <start address> + 1)

Verbosity Level: -vd Display nothing at all (output disabled) -v0 Display nothing other than progress -v1 Display errors -v2 Display errors and warnings (default) -v3 Display procedural steps -v4 Display protocol commands -v5 Display everything. Lots of chatter! Supported serial rates: 1382400, 691200, 460800, 345600, 230400, 153600, 115200, 76800, 57600, 38400, 28800, 19200, 14400 and 9600. USB Ports: to use this feature, configuration with USBPortMapper.exe is required. Please see 'USBPortMapper.exe HELP' for more information.

dimana. Perintah LOAD ini adalah untuk memasukkan spesifik file tersebut kepada perangkat blackberry kita. Apabila tidak ada kedua keterangan tersebut. Apabila kita sedang me-LOAD sebuah OS.bin 2 FILEINFO FILEINFO <filename> ----------------------------Perintah : FILEINFO. maka semuanya akan di hapus. CFP INFO Perintah ini akan membuat tertampilnya informasi tentang CFP CFP FILEINFO pcs1900. Dan tentu saja perlu kita beri file yang kita inginkan mengikuti perintah file info. baik File sustem maupun OS. dan saat penulisan FS ini pastikan sudah terdapat OS yang valid dalam BB kita LOAD MFI-15780-020 Maka perintah ini akan membuat di tuliskan nya file bernama : MFI-15780-020 dari computer kita kepada perangkat Blackberry kita Kita dapat menuliskan file MFI. atau bias juga menuliskan file JAD untuk rombongan COD ☺ 4 WIPE WIPE [-F|-I] ------------------Perintah WIPE adalah perintah penghapusan filesystem atau semuanya baik filesystem dan area OS dalam ic flash Command ini biasanya di gunakan saat kita menginginkan total updgrade terhadap spesifik loader. Apabila anda me-LOAD FS image. maka seluruh data dalam BB akan di hapus dan muatan dalam File System ( FS ) juga akan ikut hilang. menyimpulkan dan menampilkan kepada kita informasi tentang sebuah file spesifik. untuk memastikan bahwa old version ( yg mungkin sudah unrecognized ) dari aplikasi dalam BB kita telah terhapus total terlebih dahulu. mencaritau. file SFI. FS image. <filename> adalah file name spesifik yang kita inginkan informasinya Catatan : Apabila kita menggunakan verbosity level ≥ 3 akan menyebabkan tertampilnya informasi lebih detail 3 LOAD LOAD <file1> [file2] --------------------------Dimana <file1> adalah file binary Operating system. WIPE Maka perintah ini akan membuat baik File sustem maupun region OS dalam BB kita akan terhapus. file MFI.bin Perintah ini akan membuat tertampilnya informasi terhadap file bnnary spesifik yaitu : pcs1900. mencaritau. . ataupun yang lain.Penjelasan kegunaan masing masing command : NO NAMA PERINTAH KEGUNAAN CONTOH 1 INFO Perintah INFO. maka data lama dalam perangkat BB kita akan hilang terhapus. atau bahkan File COD. Dimana : -F menspesifikan bahwa hanya File system saja yang di hapus -I menspesifikan bahwa hanya installer partition saja yang akan di hapus. dan ternyata OS tersebut lebih besar ukuran nya dari pada OS yang berada di dalam perangkat BB kita. menyimpulkan dan menampilkan kepada kita informasi tentang perangkat / device yang sedang kita cari tau. file SFI.

dan akan di simpan dalam bentuk file bernama filesys. silahkan menggunakan CSAVEFS dimana variasi ini akan menyimpan data data encrypted CFP SAVEFS filesys. password. Saat ingin melakukan hal ini. dan ingin membuat BB ita dapat berfungsi kembali. CFP NUKE Maka perintah ini akan menghapus seluruh data pengguna. Untuk secure devices. seperti biasa. termasuk filesystem.dmp Maka perintah ini akan menyimpan File sytem encrypted dari BB kita. tentu saja dengan resiko kehilangan seluruh user data seperti di sebutkan di atas. 6 CSAVEFS SAVEFS <filename> --------------------------Lihat keterangan SAVEFS di atas mengenai CSAVEFS CFP SAVEFS filesys1. maka hanya menyimpan insecure device. CFP FRESH Maka perintah ini akan membuat BB kita turned off. kita mendapati BB dalam kondisi Fresh turn on. selain totally menturn OFF BB seolah run out battery.dmp Maka perintah ini akan menyimpan File sytem dari BB kita. password. tidak ada yang special dari perintah ini. dll 8 FRESH FRESH Description: -----------Perintah FRESH akan membuat perangkat BB kita dalam kembali kepada state factory turn on.dmp di dalam computer kita. karena metode penyimpanan ini adalah plaintext copy dari data. kita harus mendapati perangkat BB kita masih memiliki OS yang valid di dalam nya. dan kita perlu melepas battery dan memasang kan kembali untuk menyalakan perangakt BB kita setelahnya. jadi kita tidak dapat hanya menekan tombol on off untuk menyalakan kembali. Perintah ini akan menshuttdown battery.5 SAVEFS SAVEFS <filename> --------------------------Perintah SAVEFS adalah untuk membaca dan menyimpan file system data dari perangkat BB kita ke dalam bentuk penyimpanan spesifik file dalam computer kita. . termasuk filesystem. dan saat kita melepas dan memasangkan battery kembali. Dimana : -A dalam menspesifikan specifies OS yang harus di eksekusi. seluruh data pengguna. dan akan di simpan dalam bentuk file bernama filesys1. 7 NUKE NUKE [-A] -------------Perintah NUKE akan menghapus total. dll Perintah ini sangat berguna apabilakita lupa password dari perangkat BB kita.dmp di dalam computer kita.

Dan menyimpan nya dalam sebuah file bernama dump. Lalu bagaimana kita tau. region ataupun addres address dalam IC flash perangkat BB kita yang sedang kita koneksi kan ke CFP. spesifik area / region dalam IC flash. Lalu bagaimana kita tau. Harap hati. dan apapun di dalamnya baik OS atau filesystem tidak ada bedanya.9 ERASE ERASE <range> -------------------Perintah ERASE adalah perintah menghapus. karena metode penyimpanan ini adalah plaintext copy dari data. Untuk secure devices. dimana kita akan mendapatkan informasi tentang area.bin Perintah ini akan membaca dan menyimpan area area File system. region ataupun addres address dalam IC flash perangkat BB kita yang sedang kita koneksi kan ke CFP. dimana kita akan mendapatkan informasi tentang area. seilahkan ketikan perintah : CFP CFP ERASE 0x01010000. NB : Apabila rekan rekan membutuhkan informasi tentang apa itu fange. address IC flash pada perangkat BB kita ? kita dapat menggunakan perintah “INFO” kepada perangkat BB kita terlebih dahulu. dan menyimpan ke bentuk file binary dalam computer kita. silahkan menggunakan CREAD dimana variasi ini akan menyimpan data data encrypted Dimana : <range> menspesifikan area ic flash yang hendak di baca dan di simpan. Dimana : <range> menspesifikan area ic flash yang hendak di hapus. berdasarkan address dari IC flash tersebut dalam perangkat BB kita. yang mngkin lebih familier dan aman 10 READ READ <range> [-A] <filename> ---------------------------------------Perintah READ adalah perintah untuk membaca area dalam IC flash perangkat BB kita. address IC flash pada perangkat BB kita ? kita dapat menggunakan perintah “INFO” kepada perangkat BB kita terlebih dahulu. area 0x01010000-0x13FFFFF dalam IC flash kita. Akan tetap di hapus sesua area yg di perintahkan. CFP CREAD 0x013F0000-0x013FFFFF dump.bin . apabila anda belum mengerti betul tentang arti perintah ini. dan dengan nama file spesifik CFP READ 0x013F0000-0x013FFFFF dump. saya menyarankan anda menggunakan perintah WIPE saja.bin dalam computer kita 11 CREAD CREAD <range> [-A] <filename> ------------------------------------------Lihat perbedaan dengan READ di atas.0x3F0000 Maka perintah ini akan menhapus. [-A] menspesifikan data yang seharusnya ada dalam range tersebut. maka hanya menyimpan insecure device. Catatan : address ( alamat ) dari IC Flash kita harus di petakan sesuai sektor sector muatan nya.

bin hwvfile. Start address haruslah Address awal untk setiap sector dan length nya haruskan penggandaan dari 4 ( untuk saat ini ) Setiap sector yang akan di tulisi.0x400 data.bin Perintah ini akan meng-hash file bootromfile. akan di hapus terlebih dahulu. CFP HOS 15 HASHBOOTROM HASHBOOTROM [<filename1> [<filename2>]] -----------------------------------------------------------Perintah HASHBOOTROM akan mengkoneksikan dengan perangkat BB kita dan akan mengkalkulasi SHA-1 hash signature dari bootrom.12 WRITE WRITE <range> <filename> [<offset>] WRITE <start address> <filename> [<offset>] -----------------------------------------------------------Perintah WRITE. maka perintah ini bias digunakan : CFP WRITE 0x01010000. kita dapat memilih akan meng-hash file spesifik. maka besarnya file <filename> akan di gunakan sebagai patokan penulisan.bin. hal ini berarti bahwa penulisan hanya 1 bit pertama dari sector. adalah perintah untuk menuliskan / memrogramkan sebuah file kepada IC flash di perangkat BB kita. <offset> menspesifikan lokasi data offset dari awalan area file <filename> Perintah berikut ini akan menuliskan file : data.bin 0xC8 13 HIS Perintah HIS akan membuat perangkat BB kita masuk dalam modus “Head in Sand” Sesuai namanya setelah perintah ini di kirimkan maka perangkat bb kita akan ter reset dan pesan error bertemakan “catastrophic” akan ter tampilkan pada perangkat kita.hwv . Dimana : <range> menspesifikan area ic flash yang hendak di hapus apabila <start address> di cantumkan.bin Perintah berikut ini akan menuliskan hanya 1024 bytes kepada IC flash (address 0x01023424) dimulai 200 bytes dari data. CFP HIS 14 HOS Perintah HOS akan membuat perangkat BB kita keluar dari modus “Head in Sand” dan pesan error “catastrophic” akan hilang dari tampilan booting ponsel kita. dengan perintah : CFP HASHBOOTROM bootromfile. CFP WRITE 0x01010000 data.bin Misal kita asumsikan file data. CFP HASHBOOTROM bootromfile. tetap saja akan menghapus keseluruhan sector terlebih dahulu. dimana akan di mulai dari sector pertama pada OS.bin Ataupun : CFP WRITE 0x010100000x0x01010090 data.bin: CFP WRITE 0x01023424.bin menggunakan HWV dari perangkat yang terkoneksi Bisa juga menggunakan spesifik HWV file.bin kita tersebut length nya adalah 145 bytes.0x91 data.

bin Perintah ini akan me-LOAD spesifik patriot binnary . WRITE and READ akan bersikap sebagaimana mestinya perintah yg sama pada CFP commands. ERASE. MEMTEST akan me load memory test kernel dan akan membaca setiap alamat lalu menampilkan hasil pengetesan. BERBUG menerima text file dari jalur berbug command / response pairs. dari USBMS perangkat BB kita. Dimana : [-o] specifies use of old-style Patriot communication (through the OS). RESETLOG menyimpan Patriot reset log. Dimana : -i: Kembali ke mode awal USBMS -s: mengaktifkan USBMS mode -c: menon aktifkan USBMS mode CFP USBMS –i Perintah ini akan membuat ke awal modus USBMS CFP USBMS –s Perintah ini akan mengaktifkan mode USBMS pada perangkat BB yang terkoneksi CFP USBMS –c Perintah ini akan menonaktifkan mode USBMS pada perangkat BB yang terkoneksi PATRIOT PATRIOT [-o] <subcommand> [<arguments>] ----------------------------------------------------------Perintah PATRIOT aka mengakses sub-commands untuk patriot operation. LOCKSTATUS akan mengecek status dari patriot flash lock state dari perangkat Baryon. Apabila string nya tidak di spesifikan maka MEMTEST akan interactive. INFO kan mereportkan informasi dari Patriot binary yang di load.16 USBMS USBMS [-i | -s | -c] ------------------------Perintah USBMS dapat di gunakan untuk mengecek atau mengganti USB mass storage mode. <subcommand> bisa di isi beberapa patriot sub command berikut ini: INFO LOAD [-f] <patriot binary file> BERBUG <Berbug script file> ERASE <range> WRITE <range> <filename> WRITE <start address> <filename> READ <range> <filename> LOCKSTATUS RESETLOG MEMTEST [<string>] Use CFP HELP PATRIOT <subcommand> for help with specific subcommands CFP PATRIOT LOAD patriotbinary. LOAD.

. CFP GETLOG bug.log Perintah ini akan membaca dan menyimpan bugdisp log ke file bug. seperti saya menamakan CFP loader yongky berikut ini : Dan yang saya copykan ke folder ini dan akan saya pergunakansaat ini adalah program CFP versi 3. Dimana : [filename] mensepsifikan bugdisp log yang harus di tuliskan ke file apabila [filename] tidak di sebutkan / di spesifikan maka c:\log. tetapi yang paling umum di gunakan saat ini adalah : Contoh Penggunaan CFP : Langkah 1 -------------Letakkan satu exe program CFP dalam satu folder khusus.9.49. beri saja nama CFP loader nama anda.bug Pada computer kita Untuk saat ini rekan rekan dapat menggunakan CFP / Command line Programmer dengan berbagai versi.0.bug akan di berlakukan.18 GETLOG GETLOG [filename] -------------------------Perintah GETLOG akan membaca the bugdisp log for debug dari RAMImages. its ok.

CMD . Maka saya akan membuka notepad pada pc saya. Dan akan menulis pada notepad tersebut perintah yang saya kehendaki sesuai aturan yang telah tersebutkan di atas. kita dapat membuat file ber extensi *.CMD seperti pelajaran DOS jaman dahulu kala. dan sekalian saya rubah nama nya menjadi extensi *.BAT ataupun *. Semisal saya menghendaki CFP saya mengakses informasi dari perangakat BB saya yang terkoneksi ke PC via USB. Maka saya perlu untuk mengetikan demikian : Dan saya simpan notepad ini.BAT ataupun *. Dan cara untuk memerintah CFP. maka saya harus membuat perintah perintah untuk CFP program tersebut. di folder yang sama dengan CFP saya tadi.Langkah 2 -------------Saya ingin memanfaatkan / menggunakan CFP ini untuk eksekusi pada perangkat BB saya.

cara merubah extensi file adalah dengan merubah folder option terlebih dahulu : Lalu men setting. dan kita akan mendapati file notepad kita tertampilkan extensi file nya yaitu *. dengan uncheck pada hide extensions for known file types.txt : Nah selanjutnya baru kita rubah extensi file tersebut dari txt menjadi bat atau cmd : .

semisal untuk penulisan file MFI. yang kita pergunakan saat menginginkan ponsel masuk FOS ( Factory Operating System ) Yaitu dengan membuat perintah dalam notepad berisikan : .Nah saat ini kita tinggal mengklik saja file CMD kita tadi untuk mulai bekerja dan akan mendapatkan : Perintah Perintah yang tadi di dalam table di sebutkan dapat rekan rekan coba sekarang.

Penulisan COD.f@gmail.com Gtalk : yongky. NUKE. Dan juga jangan lupa letakkan file MFI yang mau di tuliskan dalam folder yang sama : Nah siap untuk di eksekusikan. dan akan mendapati muncullah window dengan proses : Maka selesailah proses sesuai perintah kita. baik untuk INFO. Demikian penyampaian sederhana tentang CFP. Yongky felaz 081333394794 / PIN : 21348895 YM : yongky_felaz@yahoo.com . dan lain nya. WIPE. penulisan MFI.Dan setelah selesai jangan lupa merename nya menjadi BAT atau CMD. selamat mencoba kawan Salam hormat. yaitu me-LOAD file MFI-13961-025 kepada devices kita. semoga dapat berguna. Sekarang tinggal rekan rekan buat sebanyak banyak nya sesui rutinitas eksekusi harian. penulisan SFI..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful