RPP

(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 2 KALIWEDI Mata Pelajaran Alokasi Waktu Pertemuan : Matematika : 20 menit :7

A. STANDAR KOMPETENSI Mengetahui sistem bilangan, bilangan cacah,bilangan bulat, operasi sistem bilangan bulat, bilangan pecahan dan penerapan konsep bilanagn bulat dan pecahan dalam kehidupan nyata. B. KOMPETENSI DASAR Mengenal bilangan pecahan dan jenis-jenis bilangan pecahan C. INDIKATOR 1. Menjelaskan pengertian bilangan pecahan 2. Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: sempurna, tidak sempurna,campuran dan bilangan pecahan senilai. D. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan siswa dapat 1. Menjelaskan pengertian bilangan pecahan 3. Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: sempurna, tidak sempurna,campuran dan bilangan pecahan senilai. E. MATERI PEMBELAJARAN  Pengertian Bilangan Pecahan Bilangan Pecahan adalah bilangan rasional yang dinyatakan dalam bentuk , bilamana a tidak habis dibagi oleh b. Dalam kasus ini a disebut pembilang dan b disebut penyebut. Pecahan merupakan bagian dari keseluruhan atau dapat pula merupakan hasil bagi suatu bilanagan cacah bukan nol yang lian.  Jenis-Jenis Bilangan Pecahan 1. Pecahan murni adalah pecahan yang memiliki pembilang lebih kecil dari penyebutnya. Contoh : 2. Pecahan tidak murni adalah pecahan yang memiliki pembilang lebih besar dari penyebutnya. Contoh : 3. Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan. Contoh :

Elaborasi  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai bilangan pecahan. Contoh merupakan pecahan yang memiliki nalai yang sama. Demonstrasi. . Metode pembelajaran : Ekspositori.  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran. Kegiatan Inti ( 13 menit ) Eksplorasi  Peserta didik dapat memahami tentang bilangan pecahan. F.  Peserta didik dapat membedakan bilangan pecahan sempurna. Pecahan senilai adalah pecahan-pecahan yang memiliki niali yang sama.  Memberikan gambaran manfaat terhadap materi yang akan dibelajarkan II.  Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan pecahan senilai. tidak sempurna dan campuran. Kegiatan Pendahuluan ( 4 menit )  Salam  Memusatkan perhatian peserta didik terhadap materi yang akan disampaikan dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang materi sebelumnya.  Menanyakan terlebih dahulu kepada peserta didik tentang materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang pengertian bilangan pecahan.  Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan pecahan.  Mefasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan atau tertulis. Tanya Jawab G.  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran  Memfasilitasi peserta didik agar peserta didik dapat berinteraksi dengan peserta didik lain dan guru. media pembelajaran dan sumber belajar lain. yaitu materi bilangan bulat dan bilangan rasional. Pendekatan pembelajaran : Pendekatan Konstruktivisme 2. Konfrimasi  Memberikan umpan balik positif terhadap keberhasilan peserta didik . Model pembelajaran : Talking Stick 3.  Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.4. MODEL dan METODE PEMBELAJARAN 1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN I.  Guru memerikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengerjakan beberapa soal di depan kelas. PENDEKATAN.  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajarn kooperatif dan kolaboratif.

14 14 14 14 16 . Bentuk Instrumen : Tes Uraian c. ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN a. PENILAIAN PERTEMUAN 7 a. Membantu menyelesaikan masalah  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif III.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Dari pecahan-pecahan berikut ini.  Menentukan jenis bilangan pecahan 2. Sumber Belajar  Buku Paket SMP kelas VII Semester 1  Buku referensi lain. c. Alat/Media Pembelajaran  Spidol  Kertas  karton b. Kegiatan Penutup ( 3 menit )  Menyusun rangkuman materi yang sudah dipelajari. b. pembilang dan sebutkanlah pembilang dan penyebut dalam suatu penyebutnya ! pecahan 14 a. I. H. Tentukan apakah bilangan pecahan dibawah ini termasuk bilangan pecahan sempurna. Teknik penilaian : Tes Tertulis b. Contoh Instrumen : Indikator Pencapaian Soal skor Kompetensi  Menentukan 1.tidak sempurna atau campuran.

1964 06 181989031010 Nurul Adha NPM 109070215 . pecahan Soal skor 14 . pembilangnya adalah x (8 poin)dan penyebutnya adalah x-y(8 poin). c.Kunci jawaban : No 1 a. 24 juni 2011 Mengetahui Kepala Sekolah SMP N 2 Kaliwedi. 14 16 14 14 14 14 . pecahan c. d. adalah 3(7 poin). H. pembilangnya adalah 4 (7 poin)dan penyebutnya . Drs. pecahan 2 a. b. pembilangnya adalah 2(7 poin) dan penyebutnya adalah 5(7 poin) b. Amin Nip. adalah pecahan campuran adalah pecahan tidak sempurna adalah pecahan sempurna adalah pecahan tidak sempurna Jumlah 100 Nilai = jumlai poin Cirebon. Guru .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.