hjRangkuman Materi B.

Indo for mid exams 8 15/10/2012
 IKHTISAR : ikhtisari merupakan intisari dari beberapa kalimat dalam paragraf/intisari. Beberapa paragfar dalam teks bacaan yang disusun bebas dalam saru bentuk tulisan baru tanpa mengubah isinya.  RANGKUMAN  MAJAS : pernyataan perasaan dan pikiran seseorang dalam melukiskan sesuatu hal dengan berbagai cara tertentu/menyamakan dengan sesuatu yang lain (GAYA BAHASA) -Majas pertentangan : Hiperbola,Paradoks,Liptoses,Irony,Antitetis -Majas perbandingan : Alusio,asosiasi,metonimia,metafora,personifikasi,sinekdose,alegori Macam macam majas : 1. Majas perbandingan  Asosiasi : majas yang memperbandingkan sesuatu dengan keadaanlain yang sesuai dengan keadaan yang dilukiskan Contoh : wajahnya pucat bagaikan mayat Putih putih  Metonimia : majas yang menyebutkan nama merk Contoh : adik minum akua  Metafora : majas yang memperbandingkan suatu hal atau keadaan yang memiliki sifat yang sama. Contoh : Raja siang telah menampakkan dirinya Matahari  Personifikasi : majas yang membandingkan mati seolah-olah seperti manusia. Contoh : angin berbisik padaku  Hiperbola : majas yang berlebihan (yang alay) Contoh : tendangan messi sampai keangkasa  Alusio  Sinekdose : -sinekdose pars prototo : majas yang menyebutkan sebagian dari suatu benda tetapi yang dimaksudkan keseluruhan Contoh :ani tidak terlihat batang hidungnya Ibu membeli tiga ekor ayam -sinekdose totem proporte:majas yang menyebutkan keseluruhan tetapi yang dimaksud hanya sebagian saja Contoh : lomba bulu tangkis kemarin dimenangkan oleh jubilee  Alegori : majas yang mengandung sifat moral/nasehat manusia yang dinyatakan dalam lambang Contoh : hidup ini bagaikan biduk laut di lautan luas

Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah teknik pengembangan berdasarkan tempat. setelah  DRAMA : Drama adalah suatu karya sastra yang bertujuan menggambarkan kehidupan dengan menampilkan tikayan/konflik dan emosi lewat lakuan dan dialog . Sistematika : Mengungkapkan bagian bagian yang dituangkan dalam laporan.2. b. Penutup : Simpulan : bagian ini merupakan persyaratan-persyaratan penting yang berupa simpulan atas fakta-fakta yang berupa hubungan dengan objek pengamatan f. d.waktu e. Majas pertentangan :  Hiperbola : majas yang berlebihan ( alay ) Contoh : tendangan messi sampai keangkasa  Paradoks :  Litotes : majas yang mengungkapkann pernyataan untuk merendahkan diri Contoh : makannya hanya dengan sambal  Ironi : majas yang mengungkapkan pernyataan yang bertentangan dengan maksud menyindir Contoh : bagus sekali tulisanmu sampai aku tidak dapat membacanya  Antitetis : majas yang menggunakan paduan kata yang berlawanan makna Contoh : baik buruknya nilai tergantung cara belajarmu  LAPORaN : a. Pendahuluan : latar belakang Bagian ini melaporkan pentingnya dan sisi positif mana yang perlu dan mengungkapkan pula akibat-akibat yang mungkin terjadi jika kegiatan tersebut tidak dilakukan.ruang. Gambarkan sampai halhal yang rinci sehingga hasil penggambaran tersebut memberikan kejelasan kepada pembaca tentang objek pengamatan. Saran : Yang dimaksudkan dalam laporan pengamatan adalah Maksud maksud yang diberikan kepada pihak tertentu melakukan laporan pengamatan. Hasil pengamatan : pada bagian ini hendaknya mampu menggambarkan semua objek yang menjadi tujuan pengamatan. Tujuan : Bagian ini menjelaskann tujuan atau sasaran yang ingin dicapai setelah kegiatan pengamatan c.

Tokoh Tokoh dalam drama digolongkan dalam beberapa jenis berdasarkan perannya terdapat tokoh utama.lazimnya dirancang untuk pementasan dipanggung.dan tata cahaya.tata panggung.  SURAT -surat terbagi atas : *Surat keluarga/pribadi . Alur drama Alur drama adalah rangkaian peristiwa yang mempunyai penekanan pada hubungan sebab akibat yang berupa jalinan peristiwa.ruang.radio.serta suasana peristiwa. Ditinjau dari kuantitasnya (jumlah) . kita harus melihatnya secara keseluruhan.berdasarkan penonjolan unsur serinya ada drama sendrati.opera.dan tata suara. Berdasarkan pengungkapannya wataknya ada tokoh bulat dan tokoh datar b. Jenis jenis drama Berdasarkan bentuk dramatisnya ada drama tragedi dan komedi. Sedangkan berdasarkan media pementasannya terdapat drama televisi. dikenal drama mini. II. Latar Latar adalah segala sesuatu yang mengacu kepada keterangan waktu. Latar pada drama pementasan biasanya dibuat panggung yang dihiasi dengan dekorasi. Drama juga dapat diartikan sebagai ragam sastra dalam bentuk dialog yang dibuat untuk dipertunjukkan diatas pentas I. ada drama prosa dan drama isi. 8 tahap alur itu yaitu : *eksposisi / pemaparan (penjelasan) *rangsangan *konfilk *rumitan *klimaks *kritis *leraian *penyelesaian Untuk memahami drama. fungsi tampilannya dikenal tokoh protagonis (tokoh baik) antagonis (jahat) tritagonis (menengah).seni panggung.pantonim. dan tokoh tambahan. Drama sebagai karya sastra lengkap umumnya mengandung 8 tahap alur.dan drama pentas. tidak bisa hanya membaca sinopsisnya saja (ringkasan cerita) c. Unsur unsur dalam drama terdiri atas : a. Berdasarkan bentuk.seni lukis.

perihal 6.nomor 4.dunia bisnis.dll -penulisan surat (dinas resmi) Isi dalam surat antara lain : 1.akte kelahiran. Surat jenis ini dapat digunakan sebagai bukti dipengadilan *surat niaga/dagang : surat menyurat yang ditulis oleh orang/orang atau badan badan yang bergerak dalam dunia usaha.alamat 7.kepala surat 2.menagih hutang.akte rumah.pengumuman. surat kuasa.salam pembuka 8.lampiran 5.tanggal 3.surat undangan.salam penutup .wasiat.*Surat niaga/dagang *Surat dinas *Surat resmi -pengertian surat : *surat keluarga/pribadi : surat menyurat yang bersifat kekeluargaan dalam pergaulan sehari-hari. dll *surat dinas : lamaran bekerja.memesan dagangan.dll *surat resmi : surat perjanjian. *surat dinas : surat yang isinya berhubungan dengan masalah masalah kedinasan/perkantoran *surat resmi : surat yang bersifat resmi dan mempunyai kekuatan hukum.PHK. -Macam macam surat : *surat niaga : menawarkan barang.dan dalam lapangan perniagaan.edar an.isi surat 9.

FINISH . nama lengkap 12.10.tanda tangan 11.tembusan.