PRAKTIKUM III Pembuatan Reagen Garam Fisiologis/Physiologis Zoid (NaCl 0,85%) Tanggal Praktikum : 27 Februari 2012

I.TUJUAN 1. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Mahasiswa diharapkan terampil membuat reagen yang memenuhi standar secara kwalitas maupun kuantitas 2. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS Mahasiswa diharapkan mempu membuat reagen NaCl 0,85% II. PRINSIP Ditimbang , dilarutkan, dan disterilisasi. III. DASAR TEORI Larutan fisiologis adalah larutan yang digunakan untuk mengencerkan.Contoh pada analisis mikrobiologi,contohnya adalah garam fisiologis (0,85 % NaCl).Natrium klorida juga dikenal dengan garam dapar atau halit adalah senyawa kimia dengan rumus molekul NaCl.Senyawa ini adalah garam yang paling mempengaruhi salinitas laut dan cairan ekstraseluler pada banyak organisme multiseluler. Sebagai komponen utama dari garam dapur,natrium klorida sering digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan. Sodium klorida atau Natrium klorida (NaCl) yang dikenal sebagai garam adalah zat yang memiliki tingkat osmotic tinggi. Zat ini pada proses perlakuan penyimpanan benih recalsitran kedudukan sebagai media inhibitoryang berfungsi menghambat proses metabolism benih sehingga perkecambahan pada benih resalsitran dapat terhambat. Natrium klorida adalah garam yang berbentuk Kristal,atau bubuk berwarna putih.NaCl dapat larut dalam air tetapi tidak dapat larut dalam alcohol.NaCl juga merupakan senyawa kimia yang berlimpah di alam. NaCl digunakan dalam proses kimia untuk skala besar produksi senyawa yang mengandung sodium dan khalar. Pada waktu proses elektrolisis secara besar besaran

IV. Kemudian bubuk tersebut dilarutkan dengan 250 ml aquadest 3. 6. Dilarutkan hingga larut sempurna dengan stirrer magnetic 5.untuk pengenceran dan pengawetan suatu zat. Aluminium foil 2.untuk larutan infuse. Benang pulung 4.dan senyawa lain. Gelas beaker 4. Garam fisiologis atau phsiologi zoic (pz) biasanya digunakan untuk pengganti aquades saat pengecatan. Dipindahkan kedalam Erlenmeyer kemudan Erlenmeyer ditutup dengan kapas berlemak dan aluminium foil.125 gram pada gelas beaker dengan menggunakan neraca analitik 2. reagen siap untuk digunakan. Neraca analitik 2. Spatel/sendok 3. Gelas ukur • BAHAN 1.telah dapat dibuat bermacam-macam senyawa dengan bahan baku NaCl. Larutan tersebut disterilisasi dengan autoclave pada suhu 121ᴼ selama 15 menit. Magnetic stirrer 5.ALAT DAN BAHAN • ALAT 6.Ntrium sulfit. Ditimbang bubuk sodium chloride sebanyak 2. Kapas berlemak 3. 4. . misalnya Asam klorida. Bubuk Sodium Chloride V. Batang pengaduk 8. Erlenmeyer 7. Aquadest 5.CARA KERJA 1. Natrium karbonat.diperkenalkan . Setelah disterilisasi. Autoclave 1.

yang paling sering digunakan adalah Nacl 0. Nacl 0. Ini adalah konsentrasi normal dari Natrium klorida dan untuk alasan ini Natrium klorida juga disebut dengan normal saline. dan membantu luka dalam proses penyembuhan. hal ini berarti menggunakan 0. Sebelum membuat reagen NaOH 0. selanjutnya disterilisasi dengan autoclave pada suhu 121ᴼ selama 15 menit. VII. . Gambar Reagen PZ 0. dan tanpa endapan.melindungi gramulasi jaringan kondisi kering. PEMBAHASAN Natrium klorida dikenal dengan beberapa konsentrasi. Apabila sudah larut. Secara visual larutan fisiologis Nacl 0.125.maka Kristal NaCl yang diperlukan adalah sebanyak 2.VI.85% berwarna kuning dan transparan. Kemudian Kristal natrium klorida ditimbang dengan neraca analitik dan dilarutkan dengan 250ml aquadest dalam Erlenmeyer. HASIL PENGAMATAN Larutan NaCl yang telah dilarutkan berwarna bening transparan.tidak iritan.85 gram Kristal NaCl dalam 100 ml.tujuan digunakan stirrer magnetic adalah untuk mempercepat kelarutannya.Setelah itu ditutup dengan kapas berlemak dan aluminium foil agar uap dari NaCl tidak keluar yang dapat mempengaruhi konsentrasi dari larutan tersebut. Untuk membuat 250 ml larutan garam fisiologis.sebelum itu media dibungkus dengan kertas buram dan diikat dengan benang pulung agar media tidak tumpah saat disterilisasi karena autoclave mempunyai teknan yang tinggi. Lalu diaduk dengan stirrer magnetic dengan kecepatan 3000rpm.menjaga kelembaban sekitar luka.85% merek KGaA.85% merupakan larutan isotonis aman untuk tubuh.85 % di dalam erlenmeyer berwarna bening transparan.85%.

IX. Reagen Pz (NaCl 0.upnuj. Library. DAFTAR PUSTAKA http://id.wikipedia.pdf .id/pdt/281 keperawatan/ 2063120091 bab 3. KESIMPULAN 1. Dalam pembuatannya larutan ini disterilisasi dengan menggunakan autoclave pada suhu 121ᴼc selam 15 menit.cloride http://www.ac.VIII.org/wiki/Natrium .85 %) setelah dipanaskan dan disterilisasi berwarna bening dan transparan 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful