P. 1
alat analisi

alat analisi

|Views: 15|Likes:
Published by Karuna Nand Svara

More info:

Published by: Karuna Nand Svara on Dec 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

Spektrofotometer Spektrofotometer sesuai dengan namanya adalah alat yang terdiri dari spektrometer dan fotometer.

Spektrometer menghasilkan sinar dari spektrum dengan panjang gelombang tertentu dan fotometer adalah alat untuk pengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau yang diabsorpsi. Jadi spektrofotometer digunakan untuk mengukur energi secara reaktif jika energi tersebut ditransmisikan, direfleksikan atau diemisikan sebagai fungsi dari panjang gelombang. Kelebihan spektrofotometer dibandingkan fotometer adalah panjang gelombang dari sinar putih dapat lebih terseleksi dan ini diperoleh dengan alat pengurai seperti prisma, grating ataupun celah optis. Pada fotometer filter, tidak mungkin diperoleh panjang gelombang yang benar – benar monokromatis, melainkan suatu trayek panjang gelombang 30 – 40 nm. Sedangkan pada spektrofotometer, panjang gelombang yang benar – benar terseleksi dapat diperoleh dengan bantuan alat pengurai cahaya seperti prisma. Suatu spektrofotometer tersusun dari sumber – sumber spektrum tampak yang kontinyu, monokromator, sel pengabsorpsi untuk larutan sampel atau blanko ataupun pembanding. 2.4.1. Peralatan (instrumentasi) 1. Sumber Sumber yang biasa digunakan pada spektroskopi absorpsi adalah lampu wolfram. Arus cahaya tergantung pada tegangan lampu, i = K V n = arus cahaya, V = tegangan, n = eksponen ( 3- 4 pada lampu wolfram), variasi tegangan masih dapat diterima 0,2 % pada suatu sumber DC,

Secara umum tipe Cornu menggunakan sudut 60°.misalkan : baterai. Umumnya tebal kuvet adalah 10 mm. Sel yang baik adalah kuarsa atau gelas hasil leburan serta seragam keseluruhannya. Jika celah posisinya tetap. Monokromator Digunakan untuk memperoleh sumber sinar yang monokomatis. Sel absorpsi Pada pengukuran didaerah tampak kuvet kaca atau kuvet kaca corex dapat digunakan. Ada dua tipe prisma yaitu susunan Cornu dan susunan Littrow. Kita harus menggunakan kuvet yang tertutup untuk pelarut organik. Kebaikan lampu wolfram adalah energi radiasi yang dibebaskan tidak bervariasi pada berbagai panjang gelombang. . sedangkan tipe Littrow menggunakan prisma dimana pada sisinya tegak lurus dengan arah sinar yang berlapis aluminium serta mempunyai sudut optis 30°. Untuk mengarahkan sinar monokromatis yang diinginkan dari hasil penguraian ini dapat digunakan celah. Untuk memperoleh tegangan yang stabil dapat digunakan transformator. tetapi yang lebih kecil ataupun yang lebih besar dapat digunakan. Sel yang biasa yang digunakan berbentuk persegi. Lampu hidrogen atau lampu deutrium digunakan untuk sumber pada daerah UV. maka prisma atau gratingnya yang dirotasikan untuk mendapatkan λ yang diinginkan. 3. 2. tetapi bentuk silinder juga dapat digunakan. Alatnya dapat berupa prisma ataupun grating. tetapi untuk pengukuran pada daerah UV kita harusmenggunakan sel kuarsa karena gelas tidak tembus cahaya pada daerah ini.

Alat ini adalah tipe khusus dari microscope slide yang terdiri dari dua chamber.4. tergantung dari pewarna yang digunakan.1 mm. Alat ini berguna untuk mempermudah perhitungan koloni yang tumbuh setelah diinkubasi di dalam cawan karena adanya kaca pembesar. tabung pengganda elektron yang digunakan prinsip kerjanya telah diuraikan http://repository.id/bitstream/123456789/26953/4/Chapter%20II. Kelebihan lain adalah morfologi sel dapat diamati.pdf Hemasitometer Hemasitometer adalah suatu alat untuk menghitung sel secara cepat dan digunakan untuk konsentrasi sel yang rendah. Detektor Peranan detektor penerima adalah memberikan respon terhadap cahaya pada berbagai panjang gelombang.0 mm) satuan luas dan terpisahkan oleh tiga garis. serta tidak memerlukan banyak alat. Pada spektrofotometer. sehingga sel tersebut tidak terhitung. Misalnya. maka sel yang hidup tidak akan berwarna dan sel yang mati akan berwarna biru. 2. pelaksanaannya cepat tidak perlu dilakukan inkubasi. Sedangkan kekurangan dari metode ini yaitu: 1. sedangkan kontrol negatif menggunakan media saja. dimana terbagi atas 9 area (1. Luas area masing . Sel kecil sukar terlihat pada mikroskop. Kontrol positif menggunakan media yang ditumbuhi biakan murni. Perlakuan kontrol sebagai bukti kelayakan alat dan media serta untuk mengetahui apakah metode uji dilakukan dengan benar atau tidak. Selain itu alat tersebut dilengkapi dengan skala/ kuadran dan latar . Tidak dapat membedakan sel mati dan sel hidup (tidak menggunakan metylen blue).0 mm x 1. 3.masing 1 mm2. Hemasitometer diletakkan diatas spesimen pentas (tempat objek) dan digunakan untuk menghitung jumlah suspensi sel Kelebihan alat ini pada metode counting chamber adalah dapat menghitung jumlah sel yang hidup maupun yang mati. Setiap pengujian yang dilakukan selalu diberi kontrol positif dan kontrol negatif. Metode ini tidak cocok untuk suspensi sel dengan kepekatan/kekentalan rendah https://docs.com/document/d/17CSEC-V7fuxIyrxJfP0WlZMCEIM6fZINJ-aG3RGsjZU/edit?pli=1 Automatic Colony counter Automatic Colony Counter yaitu alat hitung koloni yang dapat secara otomatis terhubung ke software komputer. dapat mengevaluasi homogenitas dan data mendeteksi kontaminasi.usu.ac.google. bila pewarna trypan blue dicampurkan ke dalam larutan sel. Deck glass digunakan untuk menutup bagian atas dengan ketebalan 0. Cawan yang telah ditumbuhi koloni diletakan pada suatu alat khusus dan penghitungan koloni cukup dilakukan dengan meng-klik mouse komputer sesuai titik-titik koloni yang muncul di layar atau tinggal meng-klik tombol penghitung otomatis apabila jumlah koloni terlalu banyak.

atau berwarna. dengan ketentuan bahwa uji tersebut tidak menggunakan validitas sistem uji.com/2011/07/bab-1-alat-alat-dalam-laboratorium. maka E. poli vinil klorida.coli (green metalic sheen) yang terdeteksi akan terlihat nyata. dan ini dapat diperkuat atau ditunjang oleh bahan berserat internal. Jumlah koloni pada cawan Petri dapat ditandai dan dihitung otomatis yang dapat di-reset. Media membran penyaring yang tersedia saat ini yaitu selulosa asetat.html . http://ekmon-saurus. fluorokarbonat. karena sebagian besar bakteri yang menyebabkan pembusukan adalah heterotrof. sel-sel yang terdapat pada sampel akan terjebak pada permukaan membran yang relatif luas.blogspot. Kertas membran warna putih digunakan untuk menghitung koloni yang tumbuh pada media yang ditambah pewarna (dye).com/tag/automatic-colony-counter/ Kertas Membran Kertas membrane adalah saringan yang sangat tipis dan yang terbuat dari bahan sejenis selulosa.belakang bercahaya yang sangat berguna untuk pengamatan pertumbuhan koloni sangat banyak. Jadi warna hijau adalah warna yang cocok untuk total count dan dengan media tanpa zat warna. polikarbonat.html http://astutipage. bukan autotrof (yang memiliki klorofil) kecuali koloni yang tumbuh pada media yang diberi zat warna atau indikator hijau seperti schauffus pottinger m-green yeast and mold media. untuk menunjukkan bahwa rakitan penyaring mempertahankan integritas sepanjang prosedur penyaringan berlangsung. vinil. Selain itu terdapat colony counter berbentuk seperti pulpen dengan ujung pulpen dilengkapi dengan sensor sehingga penekanan terhadap perhitungan koloni selain menandai koloni dengan tinta sekaligus juga menghitung otomatis setiap penekanan pada cawan. nilon. Lagipula sangat jarang terdapat bakteri yang memiliki warna koloni hijau. putih. Setiap warna memiliki tujuannya masingmasing. kertas membran yang tersedia adalah hijau. Warna hijau cocok untuk menghitung mikroba yang memiliki koloni putih. hitam dengan warna garis-garis (grid) kontras dengan warna kertas membran. transparan.blogspot. selulosa nitrat. Rakitan penyaring membran harus diuji untuk integritas awal sebelum digunakan.com/2010/10/teknik-membran-filter-untuk-menghitung. misalnya kertas membran putih diletakkan pada media endo berwarna merah muda. dan harus diuji sesudah proses penyaringan selesai. Membran ini memiliki pori-pori berukuran mikroskopis dengan diameter lebih kecil daripada ukuran sel mikroba pada umumnya. poliester.wordpress. politef dan juga membran logam. polimer akrilik. Jadi selama proses penyaringan berlangsung. Kertas membran warna gelap (hitam) cocok untuk menghitung koloni yeast dan mold yang sebagian besar berwarna terang. http://ekmon-saurus. abu-abu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->