MAKALAH AGAMA ISLAM

SYARIAH ISLAM

POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA (PENS) SEPTEMBER 2012

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. makalah ini akan membahas definisi syariah. Amin. yaitu Bapak Imamul Arifin atas bimbingannya. Dalam makalah ini akan dibahas berbagai hal mengenai syariah islam.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta limpahan karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul “Syariah Islam” tepat pada waktunya. Tidak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih yang sangat mendalam kepada dosen pembimbing agama islam. oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca karena memberikan informasi kepada kita mengenai syariah islam. Lebih lanjut. 8 September 2012 Penyusun . Akhir kata. dan pentingnya syariah islam bagi masyarakat luas. Surabaya. landasan. kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal hingga akhir. unsur-unsur syariah islam. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. sumber dari syariah.

DAFTAR ISI .

. Disekitar kita banyak orang-orang pintar.BAB I PENDAHULUAN  LATAR BELAKANG Islam adalah agama Rahmatan Lil Alamin yang artinya rahmat bagi seluruh alam semesta. c. Salah satu penyebabnya adalah karena terabaikannya Syariah Islam untuk mencetak individu-individu yang beradab. Beberapa institusi pendidikan terkadang mengabaikan pentingnya Syariah Islam. Tentu kita sudah tahu bahwa di Negara kita banyak terjadi kasus yang menimpa pejabat negara. Tanpa ditegakkannya syariah Islam dalam kehidupan sehari-hari. maka semakin hari akan semakin banyak kerusakan. Hal ini menjadi sangat penting untuk dibahas karena menyangkut masa depan generasi penerus. namun tidak memiliki akhlak yang baik. Namun dalam era globalisasi sekarang ini. Untuk mengetahui pentingnya Syariah Islam bagi masyarakat luas. Dapat mengetahui definisi dan landasan Syariah Islam b.  MANFAAT a.Dapat mengetahui sumber dan unsur-unsur Syariah Islam. Dalam Islam dikenal sebuah syariah sebagai aturan-aturan bagi umat yang bersumber pada wahyu Allah. b. antara lain : a. Dapat mengetahui pentingnya Syariah Islam bagi masyarakat luas. Untuk mengetahui sumber dan unsur-unsur Syariah Islam. banyak terjadi penyimpanganpenyimpangan dari diri umat manusia yang tentunya tidak sejalan dengan syariah Islam.  TUJUAN Tujuan dari pembuatan makalah ini. c. Untuk mengetahui definisi dan landasan Syariah Islam. Hal inilah yang mendasari penulis membahas mengenai Syariah Islam ini.

Kedudukannya adalah sebagai cabang Syariat Islam. syariat Islam juga berisi penyelesaian masalah seluruh kehidupan ini.  Asas Syara' Yaitu perkara yang sudah ada dan jelas ketentuannya dalam Al Qur'an atau Al Hadits. . perkara yang dihadapi umat Islam dalam menjalani hidup beribadahnya kepada Allah SWT itu dapat disederhanakan dalam dua kategori.  Furu' Syara'Yaitu perkara yang tidak ada atau tidak jelas ketentuannya dalam Al'quran dan Al Hadist.BAB II PEMBAHASAN  DEFINISI DAN LANDASAN HUKUM Syariah Islam adalah hukum dan aturan Islam yang mengatur seluruh sendi kehidupan umat Muslim. Q. antara lain : 1. yaitu kategori Asas Syara' dan perkara yang masuk dalam kategori Furu' Syara'. An Nahl Ayat 89 Terjemah : (Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Selain berisi hukum dan aturan. Landasan hukum dari Syariah Islam . Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orangorang yang berserah diri. syariat Islam merupakan panduan menyeluruh dan sempurna seluruh permasalahan hidup manusia dan kehidupan dunia ini.S. Maka oleh sebagian penganut Islam.

S. (Riwayat Muslim) . Al An’am ayat 38 Terjemah : Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya. dapat ditarik sebuah hal bahwa Allah sudah menyebutkan bahwa dalam Al Qur’an terkandung berbagai macam hal. Dalam hal lain. Menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram dan saya tidak tambah sedikitpun.2. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab. Dari dua ayat diatas. berpuasa Ramadhan. Jabir bin Abdullah Al Anshary radhiallahuanhuma : Seseorang bertanya kepada Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda : Ya. melainkan umat (juga) seperti kamu. kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan. seraya berkata : Bagaimana pendapatmu jika saya melaksanakan shalat yang wajib. termasuk aturan-aturan yang berhubungan dengan kehidupan manusia baik duniawi maupun ukhrawi. hadist memperjelas mengenai syariah islam ْ َ : ‫عٍ أَبًِ عبد هللاِ جببِرْ بٍْ عبد هللاِ األََصبري رضً هللاُ عُهًُب‬ َ َِْ ِ َِْ َ َْ َ ِ َ ِ َ ْ ،‫أٌَ رجالً سأَل رسُىل هللاِ صهَّى هللاُ عهٍَّ وسهَّى فَقَبل : أَرأٌَْث إِذا صهٍَّْث ْانًكتُىبَبت‬ َ َ ْ َ َ َ ُ َ َّ ِ ْ َْ ُ َ َ َ َ َ َ َ َ ِْ َ َ َ َ َ ِْ ْ َ َ َ َ ْ ْ َ َ َ َ ْ ُ ،ً‫وصًث ريضبٌ، وأَحْ هَ ْهث انحالَل، وحرَّيث انحراو، ونَى أَزد عهَى ذنِك شٍْئب‬ َ َ َ َ َ ُ ُْ َ ‫أَأَدخم انجَُّةَ ؟ قَبل : ََعى‬ َ ْ ُ ُ ْ َْ َ ]‫[رواِ يسهى‬ Terjemah hadits Dari Abu Abdullah. Q. apakah saya akan masuk surga ?.

Namun. kebiasaan . Masyhur (terkenal) 3. Penjelasan dari ayat-ayat Al-Qur’an yang masih umum. Mutawatir (berulang-ulang) 2. kesepakatan para-para ulama -Qiyas. SUMBER SYARIAH ISLAM o Al Quran Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia hingga akhir zaman (QS Saba 34:28). Al Qur'an disebut juga sebagai sumber pertama atau asas pertama Syara'. Menurut istilah adalah ucapan. Merinci hukum-hukum dari Al-Qur’an yang global. pengakuan. 4. Pembagian Hadist 1. Beberapa macam ijtihad. perbuatan. Selain sebagai sumber ajaran Islam. Ahad (perorangan) Fungsi Hadist 1. Ijtihad dilakukan setelah Nabi Muhammad SAW wafat sehingga tidak bisa langsung menanyakan pada beliau tentang sesuatu hukum. ada hal-hal ibadah tidak bisa di ijtihadkan. 3. untuk kemaslahatan uma -Urf. rencana & ketetapan Nabi dalam hukum Islam. antara lain : -Ijma'. diumpamakan dengan suatu hal yang mirip dan sudah jelas hukumnya -Maslahah Mursalah. Penjelasan dari ayat-ayat Al-Qur’an yang masih samar. o Al Hadist Menurut bahasa adalah cerita. Sumber hukum Islam yang ke-2 2. o Ijtihad Ijtihad adalah sebuah usaha untuk menetapkan hukum Islam berdasarkan Al Qur'an dan Al Hadist.

Ibadah bentuk ini memiliki 4 prinsip: a. Tayammum. Shalat. jadi merupakan otoritas wahyu. melainkan ditentukan apakah sesuai dengan ketentuan syari’at. Umrah. yang dituntut dari hamba dalam melaksanakan ibadah ini adalah kepatuhan atau ketaatan. bukan untuk Allah. Prinsip-prinsip .Sunnah. ibadah dibagi menjadi dua.Janazah  Ibadah Ghairu Mahdhah. yaitu peraturan-peraturan yang mengatur hubungan langsung dengan Allah SWT (ritual). Keberadaannya harus berdasarkan adanya dalil perintah. UNSUR UNSUR SYARIAH ISLAM 1. Mandi hadats. Azasnya “taat”. Atas dasar ini. melainkan wilayah wahyu. akal hanya berfungsi memahami rahasia di baliknya yang disebut hikmah tasyri’. d. I’tikaf. Iqamat. antara lain Wudhu. (tidak murni semata hubungan dengan Allah) yaitu ibadah yang di samping sebagai hubungan hamba dengan Allah juga merupakan hubungan atau interaksi antara hamba dengan makhluk lainnya . adzan. Ibadah. yaitu :  Ibadah Mahdhah. maka dikategorikan “Muhdatsatul umur” perkara meng-ada-ada. Membaca al-Quran. adalah : c. tidak boleh ditetapkan oleh akal atau logika keberadaannya. Tatacaranya harus berpola kepada contoh Rasul saw. artinya penghambaan yang murni hanya merupakan hubungan antara hamba dengan Allah secara langsung. Bersifat supra rasional (di atas jangkauan akal) artinya ibadah bentuk ini bukan ukuran logika. baik dari al-Quran maupun al. b. yang populer disebut bid’ah Jenis ibadah yang termasuk mahdhah. keabsahannnya bukan ditentukan oleh mengerti atau tidak. Tajhiz al. Shalat. Jika melakukan ibadah bentuk ini tanpa dalil perintah atau tidak sesuai dengan praktek Rasul saw. Hamba wajib meyakini bahwa apa yang diperintahkan Allah kepadanya. Ditinjau dari jenisnya. Haji. karena bukan wilayah akal. maka ditetapkan oleh syarat dan rukun yang ketat. atau tidak. tilawatul Quran. Adzan. dan salah satu misi utama diutus Rasul adalah untuk dipatuhi Jenis ibadah yang termasuk mahdhah. dan ibadah mahdhah lainnya. semata-mata untuk kepentingan dan kebahagiaan hamba.. Shiyam ( Puasa ).

selama itu bermanfaat. Azasnya “Manfaat”. Keberadaannya didasarkan atas tidak adanya dalil yang melarang. maka tidak boleh dilaksanakan. Tatalaksananya tidak perlu berpola kepada contoh Rasul. memelihara anak. dapat ditentukan oleh akal atau logika. Sehingga jika menurut logika sehat. atau jika ada yang menyebut nya. merugikan. penyusunan. buruk. pungutan. meminang. Tolong menolong sesama d. maka selama itu boleh dilakukan. sedangkan dalam ibadah mahdhah disebut bid’ah dhalalah. b. kerja sama dagang. sewa-menyewa. warisan. pinjam-meminjam. Muamalah . maka bid’ahnya disebut bid’ah hasanah. pengaturan nafkah. berkabung dari suami yang wafat. Munakahat. dan yang berhubungan dengannya). Bersifat rasional. ada 4: a. Selama Allah dan Rasul-Nya tidak melarang maka ibadah bentuk ini boleh diseleng garakan. Contohnya adalah: a. mas kawin. diantaranya : perkawinan. manfaat atau madharatnya. 3. diantaranya : dagang. penemuan. nafkah. jizah. yaitu peraturan yang mengatur hubungan seseorang dengan yang lainnya dalam hal tukar-menukar harta (jual beli dan yang searti). Bekerja untuk mencari nafkah b. pesanan. segala hal yang tidak dikerjakan rasul bid’ah. titipan. dan lain-lain. perceraian. dan lain-lain. Menafkahkan harta di jalan Allah 2. d. pergaulan suami istri. utang-piutang. karenanya dalam ibadah bentuk ini tidak dikenal istilah “bid’ah” . pengupahan. Tersenyum dengan orang lain c. atau untung-ruginya. simpanan. wasiat.dalam ibadah ini. dan madharat. . c. yaitu peraturan yang mengatur hubungan seseorang dengan orang lain dalam hubungan berkeluarga (nikah. rampasan perang. ibadah bentuk ini baik-buruknya.

syaja’ah (berani). diyat. yaitu peraturan yang menyangkut pidana. tiap individu akan memiliki pandangan mendalam dan jernih yang mencakup pemikiran terhadap alam. 7. dan menjadikan aqidahnya sebagai pengontrol tingkah lakunya sehingga tidak akan pernah bertentangan dengan aqidahnya.4. minuman. pemaaf. diantaranya : syukur. minuman keras. dan lain-lain. 6. takafulul ijtimah (tanggung jawab sosial). Siyasa. Selain itu. zinah. diantaranya : qishsash. nyaman dan jauh dari pertikaian. . tawakal. ‘adalah (keadilan). istiqomah (konsekwen). sabar. perang. da’wah. zi’amah (kepemimpinan) pemerintahan dan lain-lain. tasamu (toleransi). berburu. dan lain-lain. Pandangan ini nantinya akan menumbuhkan perasaan takwa. kifarat. Akhlak. Jinayat. Peraturan-peraturan lainnya seperti : makanan. khianat dalam perjuangan. yaitu yang mengatur sikap hidup pribadi. (rendah hati). 5. mesjid. murtad. manusia dan kehidupan serta apa yang ada pada sebelum dan sesudah kehidupan dunia ini. tawadlu. pembunuhan. ta’awun (tolong menolong). yaitu yang menyangkut masalah-masalah kemasyarakatan (politik). sembelihan. pemberantasan kemiskinan.  URGENSI SYARIAH ISLAM o Individu Bagi tiap individu dengan melaksanakan syariah islam akan meningkatkan ketakwaan dalam diri masing-masing. nazar. birrul walidain (berbuat baik pada ayah ibu). kesaksian dan lain-lain. pemeliharaan anak yatim. o Keluarga Dengan melaksanakan syariah islam maka keluarga diharapkan dapat menjadi pendidik untuk generasi penerus dan menciptakan suasana yang aman. diantaranya : ukhuwa (persaudaraan) musyawarah (persamaan).

. mendatangkan manfaat bagi bangsa lain. keadilan. serta tidak ada lagi penjajahan dan agresi. o Sosial Dari segi sosial. Syariah Islam diharapkan menjadi pemecahan masalah dalam berbagai aspek kehidupan. bermoral. dengan melaksanakan syariah islam Negara akan mampu menjadi bangsa yang maju. Sehingga mampu menciptakan kehidupan yang berperadaban tinggi. pelaksanaan syariah islam yang sesuai akan menghindarkan dari pertikaian antar kelompok. aman-sejahtera. o Dunia Dalam lingkup luas bahkan dunia.o Negara Dalam lingkup Negara. keamanan. bebas dari penindasan-eksploitasi. maupun krisis social yang sering melanda. penuh kemakmuran. bukan malah mengeksploitasi atau menjajah bangsa lain.

Bahkan. dengan melaksanakan syariah islam akan mengarahkan umat manusia menuju peradaban yang lebih baik. Hadist. akan dapat memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan. . Dengan melaksanakan syariah islam. dan Ijtihad yang Islam yang mengatur seluruh sendi kehidupan umat Muslim dari berbagai aspek.BAB III PENUTUP  KESIMPULAN Syariah Islam adalah hukum dan aturan yang bersumber dari Al Quran.

ac.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA http://haditsarbain.isnet.ittelkom.wordpress.org (diakses tanggal 7 September 2012) http://umayonline.com/2008/09/15/ibadah-mahdhah-ghairu-mhadhah/ (diakses tanggal 7 September 2012) .com (diakses tanggal 5 September 2012) http://id.id/ (diakses tanggal 7 September 2012) http://media.wordpress.org/wiki/Syariat_Islam (diakses tanggal 5 September 2012) http://quran.