Langkah-Langkah Dalam Melakukan Kegiatan Wawancara memang diperlukan ketika kita sedang atau belum tahu bagaimana

proses tahapan saat mewawancarai seseorang atau yang disebut dengan narasumber.sebelumnya silahkan baca juga Contoh Lengkap Paragraf Narasi,Deskripsi,Eksposisi,Argumentasi dan Persuarsi Sebelum melakukan proses wawancara, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal tersebut dimaksudkan unuk membantuk proses kelancaran saat wawancara. Langkah-langkah melakukan kegiatan wawancara selengkapnya sebagai berikut.

Langkah-Langkah Dalam Melakukan Kegiatan Wawancara
1. Menetapkan tujuan wawancara Sebelum wawancara dilakukan, perlu ditetapkan tujuan wawancara. Penetapan tujuan ini dilakukan agar pertanyaan yang kalian ajukan kepada narasumber bisa terarah pada informasi yang kita butuhkan sehingga wawancara akan berhasil. 2. Menyiapkan daftar pertanyaan Wawancara adalah proses dialog antara orang yang mencari informasi dengan orang yang memberikan informasi. Dalam dialog terjadi karena adanya pertanyaan dari pewawancara dan jawaban dari narasumber. Berikut adalah petunjuk penyusunan daftar pertanyaan dalam wawancara. a.Pertanyaan disusun berdasarkan tujuan wawancara. b.Upayakan satu pertanyaan untuk menggali satu informasi. c.Kalimat tanya disusun dengan singkat dan jelas. d.Daftar pertanyaan dibicarakan dulu dengan orang yang lebih mengerti. 3. Melakukan wawancara Proses melakukan wawancara dilakukan dengan beberapa tahapan. Meskipun tahapan itu bukan merupakan tahapan baku, paling tidak tahapan-tahapan itu bisa menjadi pemandu kalian dalam berwawancara agar bisa berhasil. a. Pendahuluan Pewawancara membuat janji dulu dengan narasumber, kapan dan dimana narasumber bersedia diwawancarai. Jangan lupa sampaikan tujuan wawancara kepada narasumber. b. Pembukaan Awalilah dengan pembicaraan ringan, seperti menanyakan kabar dan kondisi narasumber serta tunjukkan sikap yang ramah dan bersahabat.

1. dan gagasan seorang tokoh / narasumber yang disampaikan dalam wawancara 3. STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan: memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara 2. dan gagasan yang dikemukan narasumber . Jangan lupa ucapkan terima kasih atas waktu dan kesediaan narasumber diwawancarai. dan gagasan dalam wawancara Alokasi Waktu : 4 x 40" 1. KOMPETENSI DASAR Menyimpulkan pikiran.c. d. pendapat. singkat. 3. 2. 4.Perhatikan kaidah penulisan laporan. Melaporkan hasil wawancara Hasil wawancara dituliskan sebagai bentuk laporan.Jaga nama baik narasumber dan bila perlu jaga kerahasiaan identitas narasumber.Jangan mencampuri hasil wawancara dengan pendapat sendiri. Penutup Akhiri wawancara dengan kesan yang baik dan menyenangkan. dan jelas. Tahap inti Ajukan pertanyaan secara urut. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran Kelas / Semester : Bahasa Indonesia : VII / II Materi Pokok : Penyimpulan pikiran. INDIKATOR o Mampu mendata pikiran.Pilihlah data yang relevan dengan permasalahan. Lakukan perekaman selain pencatatan. pendapat. pendapat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan hasil wawancara. Hindarilah pertanyaan yang memojokkan atau menginterogasi. 4.

pendapat. KEGIATAN AWAL / PENDAHULUAN o o Bertanya jawab tentang hasil wawancara yang pernah didengar oleh siswa Memperhatikan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami isi wawancara B. dan gagasan narasumber Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat 4. KEGIATAN AKHIR o o Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang baru berlangsung . pendapat. dan gagasan yang dikemukan narasumber Siswa dapat menyimpulkan pikiran. pendapat. METODE PEMBELAJARAN Tanya jawab. dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat C. inkuiri 7. MATERI AJAR Teks wawancara tentang tokoh idola 6. pendapat. diskusi. gagasan. dan gagasan narasumber Siswa mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat 5.o o Mampu menyimpulkan pikiran. yang dikemukan narasumber Menyimpulkan pikiran. STRATEGI PEMBELAJARAN / LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN A. pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Mendiskusikan ketepatan data pikiran. pendapat. KEGIATAN INTI o o o o Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Mendata pikiran. TUJUAN PEMBELAJARAN o o o Siswa mampu mendata pikiran.

PEDOMAN PENSKORAN Rubrik penilaian Nama Kelompok Kelas : : : No 1 Aspek penilaian Ketepatan mendata pokok2 wawancara: 5 3 Skor Max Skor Perolehan .Pokok-pokok wawancara kurang lengkap .Pokok-pokok wawancara lengkap . dan gagasan narasumber dalam wawancara Yang kamu dengarkan. INSTRUMEN PENILAIAN Soal: Datalah berbagai pikiran. pendapat. dan gagasan narasumber dalam wawancara 8. Simpulkan pikiran. Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang kamu dengarkan D. ALAT DAN SUMBER BELAJAR Alat : sebuah tape dan kaset yang berisi rekaman wawancara dari televisi dan radio / oleh narasumber Sumber Belajar : buku paket Yudhistira 9. PENILAIAN AWAL: Tes lisan B.o Pemberian tugas kepada siswa untuk mendata berbagai pikiran. dan gagasan narasumber! . PENILAIAN A.Pokok-pokok wawancara tidak dapat . PENILAIAN AKHIR: Tes Tulis C. pendapat. pendapat.

tetapi dpt menimbulkan ketidakjelasan bagi pembaca 3 .Tedapat satu sampai dua kesalahan struktur kalimat dan ejaan .dituliskan 2 Keefektifan penggunaan bahasa 1 .Isi wawancara mudah dipahami .Tidak terdapat kesalahan struktur kalimat dan ejaan .Isi wawancara mudah dipahami.Terdapat lebih dari dua kesalahan struktur kalimat dan ejaan 3 Kejelasan isi informasi wawancara 5 1 3 5 .Isi wawancara sukar dipahami Nilai siswa diperoleh dgn rumus sbb: 1 Nilai = Skor perolehan x 100 Skor maksimal .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful