SENI MUSIK TRADISIONAL DI JAWA BARAT

Jawa barat merupakan salah satu provinsi di indonesia yang kaya akan ragam kesenian daerah, Kesenian daerah memberikan kontribusi yang positif terhadap masyarakat sebagai penyeimbang kegiatan yang dilakukan sehari hari. di Jawa Barat terdapat banyak alat musik tradisional yang diciptakan dan diwariskan secara turun temurun, kekhasan dan keunikan alat musik jawa barat yang harus dilestarikan sehingga menjadi kebanggaan masyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat, berbicara tentang tanggung jawab tidak hanya ditujukan kepada masyarakat Jawa barat saja namun ini menjadi tanggung jawab bersama yaitu seluruh masyarakat indonesia. Sebelum adanya aturan nada, bangsa kita jaman dahulu sudah mengenal musik yang berfungsi untuk upaca pemujaan terhadap nenek moyang, kemudian mengenal musik yag terdiri dari 5 nada yang disebut Pentatonis, yaitu: Da, Mi, Na, Ti, La, Da. Nada pentatonis ini hanya dapat pada alat musih daerah yang disebut Gambelan, yang terdiri dari: goong, gender, kendang, kenong, saron, gambang, bonang, rebab, dll. Alat musik gambelan ini terutama terdapt di Jawa dan Bali. Akhirnya sejalan dengan perkembangan jaman, maka musik–musik daerah yang ada hingga sekarang menggunakan notasi–notasi musik umum yaitu notasi angka atau balok. Tokoh – tokoh musik Gending/Karawitan daerah Jawa Barat yang terkenal adalah Mang Koko, Amas Taswara, Nano S, dan lain – lain. Alat-alat music yang digunakan 1. ANGKLUNG Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dar Tanah Sunda, terbuat dari bambu, yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. 2. GENDANG Gendangadalah alat bunyian yang diperbuat daripada kulit binatang seperti kerbau, kambing atau lembu. Ia merupakan salah sebuah alat muzik dalam keluarga genderang. Siter dan celempung Siter dan celempung adalah alat music petik di dalam gamelan Jawa. Ada hubungannya juga dengan kecapi di gamelan Sunda. 3. ARUMBA... Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daerah Jawa Barat. Arumba adalah alat musik yang terbuat dari bhan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis. Pada awalnya arumba menggunakan tangga nada pentatonis namun dalam perkembangannya menggunakan tangga nada diatonis.

bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). cara menabuh calung adalah dengan mepukul batang (wilahan. REBAB Instrumen musik tradisional yang menggunakan teknik permainan digesek adalah Rebab. Rebab berasal dari daerah Jawa barat. Rebabb terbuat dari bahan kayu dan resonatornya ditutup dengan kulit tipis. SULING Suling adalah alat musik tiup yang berasal dari sunda dan terbuat dari bambu. 7. Jawa dan Kalimantan selatan. Instrumen musik tradisional lainnya yang mempunyai bentuk seperti rebab adalah Ohyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa. KECAPI Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerah Jawa Barat. kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya. Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam). Jawa Tengah. rebab jenis ini dapat dijumpai di bali. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Terdapat dua jenis kecapi dilihat dari fungsi dan bentuk yaitu kecapi siter dan kecapi parahu(Kecapi Indung).4. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar. mempunyai dua buah senar/dawai dan mempunyai tangga nada pentatonis. 6. CALUNG Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe dari angklung. Jakarta (kesenian betawi). Kecapi siter digunakan untuk mengiringi lagu-lagu kawih. sedangkan kecapi parahu (indung) digunakan untuk mengiringi tembang sunda (mamaos/Cianjuran).peran dan keunikan musik Jawa Barat JENIS : Jenis-jenis musik Kalimantan Timur antara lain Rampak Kendang Rampak Kendang adalah salah satu kreasi musik tradional yang dimainkan bersama-sama oleh sekitar dua sampai puluhan pemain.  Jenis. namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih). Dilihat dari ukuran dan jumlah lubang nada suling dapat digolongkan dalam 2 jenis yaitu suling yang berjumlah lubang suara 4 yang disebut suling degung dan suling yang berjumlah lubang nada 6 yang biasa disebut sulung kawih. 5. Ditabuh secara bersamaan sesuai musik yang .

seperti : alat gamelan. Sedangkan Bonyok adalah nama daerah di desa Pangsor Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. atau sebagai pengiring dari suatu tari Jaipongan. Bedug. Genjring bonyok artinya kesenian Genjring yang awal mulanya berada di daerah Bonyok. Pengertian Genjring Bonyok asal mula dari Genjring dan Bonyok. Seni ini merupakan pengembangan dari kesenian Terbang yang hidup di lingkungan pesantren. Kesenian merupakan salahsatu jenis seni musik tradisional (karawitan) yang alat musiknya terdiri dari Genjring. lingkup swasta maupun masyarakat umum. artinya dari rampak kendang itulah membentuk lantunan lagu sendiri. Tabuhannya memiliki efek suara yang keras sehingga menimbulkan perhatian para penonton. Rebab. Dalam memainkannya. Dalam Rampak Kendang. Tarompet dan Goong. mendapat popularitas lebih cepat dan diterima oleh masyarakat sebagai kesenian tradisional miliknya sendiri yang dapat dinikmati. Seni Rampak Kendang telah diterima sebagai salah satu seni kreasi dan telah dipertunjukan pada acara-acara resmi. Tari Digenjring Bonyok Kesenian genjring Bonyok memiliki corak kehidupan dan perkembangan yang agak berbeda dengan kesenian lain yang tumbuh dan berkembang di Kecamatan Pagaden kabupaten Subang. dapat berdiri sendiri.dilantunkan. Gembyung adalah ensambel musik yang terdiri dari beberapa waditra terbang dengan tarompet yang merupakan jenis kesenian bernafaskan Islam. instrumennya tidak hanya kendang saja. gitar. Entah siapa yang punya ide untuk mengembangkan seni terbang ini dan kapan. baik dilingkup Pemerintahan. Kecrek. . dlsb. di lapangan ditemukan beberapa kesenian Gembyung yang tidak menggunakan waditra tarompet. Rajaban dan Kegiatan 1 Syuro yang digelar di sekitar tempat ibadah. Dalam seni pertunjukan. Kesenian mampu berkembang lebih cepat. Genjring adalah waditra berkulit yang memakai semacam anting-anting terbuat dari besi atau perunggu sebagai penghias seperti rebana. Kesenian Gembyung ini biasa dipertunjukkan pada upacara-upacara kegiatan Agama Islam seperti peringatan Maulid Nabi. tapi dapat divariasikan dengan alat-alat lainnya. Konon kesenian terbang itu salahsatu jenis kesenian yang dipakai sebagai media penyebaran Agama Islam di daerah Cirebon dan sekitarnya. Gembyung Salah satu peninggalan budaya Islam di Cirebon adalah Seni Gembyung. Meskipun demikian. Yang jelas kesenian Gembyung muncul di daerah Cirebon setelah kesenian terbang hidup cukup lama di daerah tersebut.

dan adu bedug dari Pandeglang yang dilaksanakan sehari setelah Idul Fitri c. dipergunakan dalam upacara adat pertanian. Angklung. Konon kabarnya bunyi suara dari alat tersebut menarik untuk diperdengarkan sehingga menjadi ide untuk dibuat suatu pertunjukan. 6 orang dan pertunjukannya selalu dialam terbuka dengan lama waktu sekitar satu jam. Istilah rengkong diambil dari nama sebuah alat untuk memikul padi dari sawah. seperti Calung Tarawangsa dari . Bengberokan. Calung. di masyarakat Banten digunakan dalam upacara menabur benih di ladang untuk menghormati Dewi Pohaci/Dewi Sri. Alat ini terbuat dari bamboo jenis ¿gombong¿ dan untuk mengikat padinya menggunakan tali injuk.Musik tradisional Jawa Barat berfungsi Untuk Upacara adat. Sesuatu yang ditumbuk itu biasanya gabah kering hingga menjadi beras. PERAN : 1. Seni tradisional ini biasanya dilakukan pada waktu upacara memanen padi namun lambat laun sering digunakan pada waktu yang lain seperti .Seni Buhun Tutulungan Kesenian tradisional "Tutunggulan" sering disamakan dengan kesenian gondang. digunakan dalam upacara kegiatan Agama Islam. contohnya: a. berasal dari Cirebon yang dipergunakan dalam upacara mengusir roh jahat atau menyembuhkan anak yang sakit d. Sopjan. menyambut kedatangan tamu atau upacara peringatan hari besar nasional. Namun alat dan sarana yang digunakannya sama yaitu alu dan lisung. Bedug. Menumbuk gabah menjadi beras tersebut biasanya dikerjakan oleh ibu-ibu antara tiga sampai empat orang dan ayunan alunya mengenai lesung yang menimbulkan suara khas. dengan tujuan agar tidak membosankan dalam menumbuk padi. seperti seni bedug Kidulan dari Cianjur yang dilaksanakan setiap takbiran. Selain itu Angklung juga digunakan untuk upacara Helaran (upacara menggiring anak yang dikhitan) b. Rengkong Rengkong adalah salah satu kesenian tradisional yang diwariskan oleh leluhur masyarakat Sunda. Kata tutunggulan berasal dari kata "nutu" yang artinya "menumbuk" sesuatu. Ini dilakukan hingga pekerjaan selesai. Bentuk kesenian ini sudah diambil dari tata cara masyarakat sunda dahulu ketika menanam padi sampai dengan menuainya. atau dari beras menjadi tepung. Kalau dibawa sambil memikul padi dapat menghasilkan suara akibat gesekan tali injuk dengan bamboo. Muncul sekitar tahun 1964 di daerah Kabupaten Cianjur dan orang yang pertama kali memunculkan dan mempopulerkannya adalah H. padahal pada pelaksanaannya berbeda karena kalau tutunggulan tidak diikuti dengan lagu-lagu atau pantun yang bersaut-sautan sedangkan gondang menggunakan lagu dan sisindiran. Jumlah pemainnya antar 5 sd. artinya dapat berirama.

Longser. Musik yang berfungsi sebagai sarana hiburan. dipergunakan dalam upacara adat akan menyimpan padi di lumbung yang disebut ngidepkeun/ natapkeun para 2. Istilah rengkong diambil dari nama sebuah alat untuk memikul padi dari sawah.  Kesan yang dirasakan ketika menyaksikan atau mendengarkan music ini ISIKAN DENGAN PENDAPAT TEMAN ANGGOTA KELOMPOKMU . Tarling. Angklung diatonis. dipergunakan dalam upacara adat khitanan atau seserahan pengantin. Ronggeng. Kalau dibawa sambil memikul padi dapat menghasilkan suara akibat gesekan tali injuk dengan bamboo. Alat ini terbuat dari bamboo jenis gombong dan untuk mengikat padinya menggunakan tali injuk. contohnya: Ogel. Ngagondang. Pantun. contohnya: Pencak Silat dan Benjang 3. dipergunakan dalam upacara adat Mapag Sri/Dewi padi g. Angklung Buncis.Tasikmalaya e. dari Sumedang dan Tajidor dari Tangerang f. Heleran. seperti Kuda Renggong. KEUNIKAN : Keunikan musik dari Jawa barat terdapat pada Rengkong. Konon kabarnya bunyi suara dari alat tersebut menarik untuk diperdengarkan sehingga menjadi ide untuk dibuat suatu pertunjukan. Musik yang berfungsi sebagai alat Bela Diri.

 UNSUR ATAU HAL YANG MENYEBABKAN ADANYA KESAN ATAU KEUNIKAN TERSEBUT ISIKAN DENGAN PENDAPAT TEMAN ANGGOTA KELOMPOKMU .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful