P. 1
BIOKIMIA

BIOKIMIA

|Views: 103|Likes:
LAPORAN HEMOGLOBIN HB
LAPORAN HEMOGLOBIN HB

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Ariev Dietisien Caspian on Dec 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

10/15/2015

$0.99

USD

pdf

text

original

LAPORAN

PRAKTIKUM BIOKIMIA GIZI “HEMOGLOBIN”

Disusun oleh : KELOMPOK III
DWI ENDAH DINI EMILIA LELI KHAIRANI M. ARIFULLAH MAIMUNAH

POLTEKKES KEMENKES PALANGKARAYA JURUSAN GIZI ANGKATAN XI 2011

Desember 2011 Penyusun. untuk itu kritik dan saran sangat kami harapkan. KELOMPOK III .KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmatNya lah kami dapat menyelesaikan laporan tentang “HEMOGLOBIN” ini dengan sebaik-baiknya. Kami selaku penulis menyadari makalah ini terdapat banyak sekali kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi kita semua. Palangkaraya. Ucapan Terima kasih kami sampaikan kepada dosen Biokimia Gizi yang telah memberikan pengarahan dan materi tambahan guna terselesaikannya laporan ini.

......................3 Metode dalam Pemeriksaan Hemoglubin.....2 Kegunaan Pemeriksaan Hemoglubin .....2 Tujuan .................................................................1 Pengertian Hemoglubin ........................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ..... 2................ BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN…………………………………………...................................... 2......................1 Latar Belakang ......................................................... DAFTAR ISI.......... BAB III METODE PERCOBAAN 3......................... DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................................ 1...........................................................................................................................................2 Prosedur Percobaan (Diagram Alir) .............................................................................................. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2...................................... BAB I PENDAHULUAN 1..................................................... BAB V KESIMPULAN ........................1 Alat dan Bahan .............................................. 3...............

sebagian karbondioksida dan mendapat perubahan pH.5gr%-16. Terdapat beberapa bentuk haaemoglobin : tipe fetal (HbF) dan dua bentuk utama haemoglobin dewasa (HbA1 dan HbA2). lalu kadar dari asam hematin ini diukur dengan membandingkan warna yang terjadi dengan warna standard memakaimata biasa.Sebuah molekul haemoglobin memiliki empat gugus haeme yang mengandung besi fero dan empat rantai globin.Kompleks tersebut berwarna merah dan terdapat didalam eritrosit.2. mahasiswa mampu : 1. dan untuk wanita adalah 11. Haemoglobin membawa oksigen.Nilai normal Hb untuk laki-laki adalah 13 gr% .Glycosylated haemoglobin (HbA1) ---> kadar HbA1 menunjukkan kadar gula darah selama periode beberapa bulan dan dapat digunakan untuk menilai derajat pengendalian pada Diabetes mellitus. Hemoglobin adalah kompleks protein-pigmen yang mengandung zat besi.2001).2. Kandungan zat besi yang terdapat dalam hemoglobin membuat darah berwarna merah.2 Tujuan Tujuan dari praktikum ini yaitu.1 Latar Belakang Hemoglobin adalah molekul protein pada sel darah merah yang berfungsi sebagai media transport oksigen dari paru paru ke seluruh jaringan tubuh dan membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru paru.2.5gr%(Brooker.2 Menetapkan kadar hemoglobin dalam darah 1.4 Melakukan uji kuantitatif hemoglobin darah .18 gr%.3 Mengenal cara menghitung hemogoblin 1.1 Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat reagen hemoglobin 1. 1.BAB I PENDAHULUAN 1. Hemoglobin darah diubah menjadi asam hematin dengan pertolongan larutan HCL.2.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.Porfirin yang mengandung besi disebut heme. pada mamalia dan hewan lainnya. atom besi ini merupakan situs/loka ikatan oksigen. hemoglobin berupa tetramer (mengandung 4 subunit protein). dan empat gugus heme. Pada pusat molekul terdapat cincin heterosiklik yang dikenal dengan porfirin yang menahan satu atom besi. Mutasi pada gen protein hemoglobin mengakibatkan suatu golongan penyakit menurun yang disebut hemoglobinopati. sehingga berat molekul total . yang terdiri dari masing-masing dua subunit alfa dan beta yang terikat secara nonkovalen. dan hemoglobin adalah yang paling dikenal dan paling banyak dipelajari.Nama hemoglobin merupakan gabungan dari heme dan globin. di antaranya yang paling sering ditemui adalah anemia sel sabit dan talasemia.Molekul hemoglobin terdiri dari globin.Ada beberapa protein mengandung heme. Gugus heme Pada manusia dewasa. globin sebagai istilah generik untuk protein globular.000 Dalton.1 Pengertian Hemoglobin Hemoglobinadalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tiap subunit memiliki berat molekul kurang lebih 16. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh. apoprotein. Subunit-subunitnya mirip secara struktural dan berukuran hampir sama. suatu molekul organik dengan satu atom besi.

Glycosylated haemoglobin (HbA1) ---> kadar HbA1 menunjukkan kadar gula darah selama periode beberapa bulan dan dapat digunakan untuk menilai derajat pengendalian pada Diabetes mellitus.Hemoglobin memiliki sifat unik dapat menyatu dengan oksigen dan merupakan pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Haemoglobin membawa oksigen.berisi porphyrin) terkait dengan protein globin.000 Dalton.Sebuah molekul haemoglobin memiliki empat gugus haeme yang mengandung besi fero dan empat rantai globin. sebagian karbondioksida dan mendapat perubahan pH. Terdapat beberapa bentuk haaemoglobin : tipe fetal (HbF) dan dua bentuk utama haemoglobin dewasa (HbA1 dan HbA2).5gr%-16.Yang artinya banyaknya gram hemoglobin dalam 100 mililiter darah.2001). dan untuk wanita adalah 11.tetramernya menjadi sekitar 64.Darah biasanya mengandung 12-18 g / dl dari hemoglobin. Tiap subunit hemoglobin mengandung satu heme.Kompleks Reaksi keseluruhan:  tersebut berwarna merah dan terdapat didalam eritrosit. Hemoglobin adalah Sebuah substansi didalam sel darah merah (erithrocyte) dan tanggung jawab masing-masing warna. Nilai normal hemoglobin tergantung dari umur pasin :    Bayi baru lahir : 17-22 gram/dl Umur 1 minggu : 15-20 gram/dl Umur 1 bulan : 11-15 gram/dl .5gr%(Brooker.Hemoglobin membawa oksigen dalam aliran darah melewati paru-paru dan bersama dengan darah sampai ke jaringan tubuh.Nilai normal Hb untuk laki-laki adalah 13 gr% .18 gr%. Kadar hemoglobin menggunakan satuan gram/dl. sehingga secara keseluruhan hemoglobin memiliki kapasitas empat molekul oksigen: Reaksi bertahap:     Hb + O2<-> HbO2 HbO2 + O2<-> Hb(O2)2 Hb(O2)2 + O2<-> Hb(O2)3 Hb(O2)3 + O2<-> Hb(O2)4 Hb + 4O2 -> Hb(O2)4 Hemoglobin adalah kompleks protein-pigmen yang mengandung zat besi. terdiri dari pigmen haeme (zat besi .

Kadar hemoglobin yang tinggi dapat dijumpai pada orang yang tinggal di daerah dataran tinggi dan perokok.Hemoglobin bisa saja berada dalam keadaan terlarut langsung dalam plasma. Hemoglobin dalam larutan ini kemudian dipisahkan dari zat lain dengan menggunakan zat kimia yang bernama sianida. tumor dan gangguan sumsum tulang juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin. Kadar hemoglobin dalam darah yang rendah dikenal dengan istilah anemia.Ada banyak penyebab anemia diantaranya yang paling sering adalah perdarahan. . Beberapa penyakit seperti radang paru paru. Saat ini pengukuran kadar hemoglobin dalam darah sudah menggunakan mesin otomatis.7-13. kadar hemoglobin diukur berdasarkan nilai sinar yang berhasil diserap oleh hemoglobin.8 gram/dl Nilai diatas dapat berbeda pada masing masing laboratorium namun tidak akan terlalu jauh dari nilai diatas. pengobatan kemoterapi dan abnormalitas hemoglobin bawaan. misalnya kekurangan hemoglobin yang biasa disebut anemia.2 Kegunaan pemeriksaan hemoglobin Pemeriksaan hemoglobin dalam darah mempunyai peranan yang penting dalam diagnosa suatu penyakit.     Anak anak : 11-13 gram/dl Lelaki dewasa : 14-18 gram/dl Perempuan dewasa : 12-16 gram/dl Lelaki tua : 12.Kegunaan dari pemeriksaan hemoglobin ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya gangguan kesehatan pada pasien. karena hemoglobin merupakan salah satu protein khusus yang ada dalam sel darah merah dengan fungsi khusus yaitu mengangkut O2 ke jaringan dan mengembalikan CO2 dari jaringan ke paru-paru.Mesin pengukur akan memecah hemoglobin menjadi sebuah larutan.9 gram/dl Perempuan tua : 11. Ada pula laboratorium yang tidak membedakan antara lelaki atau perempuan dewasa dengan lelaki atau perempuan tua. gangguan sumsum tulang.4-14. 2. Selain mengukur hemoglobin. Akan tetapi kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen tidak bekerja secara maksimum dan akan mempengaruhi pada faktor lingkungan. Selanjutnya dengan penyinaran khusus. kurang gizi. mesin ini juga dapat mengukur beberapa komponen darah yang lain.

darah sengan larutan HCl 0.3 Metode dalam pemeriksaan hemoglobin Hemoglobin yang meningkat terjadi karena keadaan hemokonsentrasi akibat dehidrasi yang menurun dipengaruhi oleh berbagai masalah klinis. kelemahan cara ini berdasarkan kenyataan bahwa asam hematin itu bukanlah merupakan larutan sejati dan juga alat hemoglobimeter itu sukar distandarkan. methemoglobin. prinsipnya adalah membandingkan darah asli dengan suatu skala warna yang bertingkat-tingkat mulai dari warna merah muda sampai warna merah tua. Cara ini hanya mendapatkan kesan dari kadar hemoglobin saja.Prinsip hemoglobin diubah mejadi asam hematin. Setelah itu. globin dan zat warna (heme).Sebelumnya eritrosit dilisiskan kemudian heme dioksidasi menjadi cyanmethemoglobin dan diukur dengan fotometer pada panjang gelombang 540 nm. selain itu tidak semua macam hemoglobin dapat diubah hematin misalnya .2. sebagai dasar diambil darah = . dan penempatan kadar tersebut digunakan untuk mendiagnosa anemia dan mean corpuscular. Hemoglobin merupakan pigmen dari eritrosit yang sangat kompleks.Keistimewaan dari hemoglobin adalah dapat mengikat O2 dan CO2. Pada metode sahli. Pada metode tallquist. warna disamakan dengan warna standar sahli dengan menambahkan aquadest sebagai pengencer. sebagai contoh . karboxyhemoglobin. mengalami kurang darah atau darahnya masih normal. Pentingnya hemoglobin ini menyebabkan pemeriksaan kadar hemoglobin memegang peranan penting dalam diagnosa suatu penyakit seperti anemia. Cara Sahli banyak dipakai di Indonesia.Hemoglobin merupakan persenyawaan antara protein. walau cara ini tidak tepat 100%. pada pemeriksaan ini factor kesalahan kira-kira 10%. Jumlah sel darah merah dan kadar hemoglobin tidak selalu meningkat atau menurun bersamaan. penurunan jumlah sel darah merah disertai kadar hemoglobin yang sedikit meningkat atau normal terjadi pada kasus anemia pernisiosa serta kadar sel darah merah yang sedikit meningkat atau normal disertai dengan kadar hemoglobin yang menurun terjadi pada anemia difisiensi zat besi (mikrositik). sulfahemoglobin. kemudian warna yang terjadi dibandingkan secara visual dengan standar dalam alat itu.Pemeriksaan hemoglobin dilakukan pengukuran dengan metode cyanmethemoglobin. Metode hematin asam dengan hemometer sahli dan metode tallquist berguna untuk penentuan kadar hemoglobin.1 N akan membentuk hematin yang berwarna coklat.

8 gr hemoglobin per 100 ml darah. Tallquist mempergunakan skala warna dalam satu buku mulai dari merah muda 10% di tengah-tengah ada bagian yang sengaja dilubangi dimana darah dibandingkan dapat dilihat menjadi darah dibandingkan secara langsung sehingga kesalahan dalam melakukan pemeriksaan antara 25-50%.100% = 15. .

Tabung reaksi b. Mikropipet 500 ul 2. digunakan beberapa alat dan bahan yaitu : 1. Fotometer c.BAB III Metode Praktikum 3. Aquades seperlunya c.2 Prosedur Praktikum 3. Standar hemoglobin 3. Alat : a.1 Membuatlarutan blangko Diagram Alir blangko 2500 ul reag hb drabkin . Reagen hemoglobin drabkin b. Tife biru & kuning d.1 Alat dan Bahan Dalam praktikum ke-12yaitu menetapkan kadar hemoglobin dalam darah.2. Sampel serum hb d. Bahan : a.

hingga homogen Inkubasi selama 5 menit Baca hasil pada Fotometer .hingga homogen Inkubasi selama 5 menit Baca hasil pada fotometer 3.di masukkan Tabung Reaksi aduk.2 Membuat larutan standart standart 2500 ul reag hb drabkin di masukkan Tabung reaksi di teteskan dengan Mikropipet Standart hb 10 ul kocok.2.

3.hingga homogen Inkubasi selama 5 menit Baca hasil pada Fotometer . Membuat laruran sampel sampel 2500 ul reag hb drabkin di masukkan Tabung reaksi di teteskan dengan Mikropipet Serum hb 10 ul kocok.3.2.

karena hemoglobin merupakan salah satu protein khusus yang ada dalam sel darah merah dengan fungsi khusus yaitu mengangkut O2 ke jaringan dan mengembalikan CO2 dari jaringan ke paru-paru. Akan tetapi kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen tidak bekerja secara maksimum dan akan mempengaruhi pada faktor lingkungan.9 gr/ dl menunjukkan normal.dengan pengambilan darah pada pagi hari).Ada banyak penyebab anemia diantaranya yang paling sering adalah perdarahan. pengobatan kemoterapi dan abnormalitas hemoglobin bawaan.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada pemeriksaan hemoglobin yang di praktekkan tersebut menunjukkan hasil 15.Kadar hemoglobin dalam darah yang rendah dikenal dengan istilah anemia. tumor dan gangguan sumsum tulang juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin.Kegunaan dari pemeriksaan hemoglobin ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya gangguan kesehatan pada pasien. Hemoglobin yang meningkat terjadi karena keadaan hemokonsentrasi akibat dehidrasi yang menurun dipengaruhi oleh berbagai masalah klinis.9gr/dl (sampel darah dari seorang wanita. Sebelumnya eritrosit dilisiskan kemudian heme dioksidasi menjadi cyanmethemoglobin dan diukur dengan fotometer pada panjang gelombang 5 . kurang gizi. Pemeriksaan hemoglobin dalam darah mempunyai peranan yang penting dalam diagnosa suatu penyakit.Pemeriksaan hemoglobin dilakukan pengukuran dengan metode cyanmethemoglobin.Beberapa penyakit seperti radang paru paru.Hemoglobin bisa saja berada dalam keadaan terlarut langsung dalam plasma. misalnya kekurangan hemoglobin yang biasa disebut anemia. Nilai normal hemoglobin untuk Laki-laki = 13 – 18 gr/ dl Perempuan = 12 – 16 gr/dl Setelah di lakukan pengamatan dengan hasil hb 15. Kadar hemoglobin yang tinggi dapat dijumpai pada orang yang tinggal di daerah dataran tinggi dan perokok. gangguan sumsum tulang.

Kegunaan dari pemeriksaan hemoglobin ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya gangguan kesehatan pada pasien. Akan tetapi kemampuan hemoglobin untuk 11.2001). dan untuk wanita adalah 16.Glycosylated haemoglobin (HbA1) ---> kadar HbA1 menunjukkan kadar gula darah selama periode beberapa bulan dan dapat digunakan untuk menilai derajat pengendalian pada Diabetes mellitus. 2.Nilai normal Hb untuk laki-laki adalah 13 gr% . Pemeriksaan hemoglobin dalam darah mempunyai peranan yang penting dalam diagnosa suatu penyakit.Hemoglobin memiliki sifat unik dapat menyatu dengan oksigen dan merupakan pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. misalnya kekurangan hemoglobin yang biasa disebut anemia. Hemoglobin adalah kompleks protein-pigmen yang mengandung zat besi. maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1.5gr%- . Terdapat beberapa bentuk haaemoglobin : tipe fetal (HbF) dan dua bentuk utama haemoglobin dewasa (HbA1 dan HbA2). Kompleks tersebut berwarna merah dan terdapat didalam eritrosit. Hemoglobin adalah Sebuah substansi didalam sel darah merah (erithrocyte) dan tanggung jawab masing-masing warna. sebagian karbondioksida dan mendapat perubahan pH. Hemoglobin bisa saja berada dalam keadaan terlarut langsung dalam plasma. 3. terdiri dari pigmen haeme (zat besi . karena hemoglobin merupakan salah satu protein khusus yang ada dalam sel darah merah dengan fungsi khusus yaitu mengangkut O2 ke jaringan dan mengembalikan CO2 dari jaringan ke paru-paru. Haemoglobin membawa oksigen.berisi porphyrin) terkait dengan protein globin. Darah biasanya mengandung 12-18 g / dl dari hemoglobin.5gr%(Brooker.18 gr%.Hemoglobin membawa oksigen dalam aliran darah melewati paru-paru dan bersama dengan darah sampai ke jaringan tubuh.BAB V KESIMPULAN Berdasarkan praktikum yang dilakukan. Sebuah molekul haemoglobin memiliki empat gugus haeme yang mengandung besi fero dan empat rantai globin.

Pemeriksaan hemoglobin dilakukan pengukuran dengan metode cyanmethemoglobin. darah sengan larutan HCl 0. 5.mengikat oksigen tidak bekerja secara maksimum dan akan mempengaruhi pada faktor lingkungan. Keistimewaan dari hemoglobin adalah dapat mengikat O2 dan CO2. Prinsip hemoglobin diubah mejadi asam hematin. Hemoglobin merupakan pigmen dari eritrosit yang sangat kompleks. globin dan zat warna (heme). Setelah itu. kemudian warna yang terjadi dibandingkan secara visual dengan standar dalam alat itu. Hemoglobin merupakan persenyawaan antara protein. Hemoglobin yang meningkat terjadi karena keadaan hemokonsentrasi akibat dehidrasi yang menurun dipengaruhi oleh berbagai masalah klinis. . Pada metode sahli. 4.1 N akan membentuk hematin yang berwarna coklat. warna disamakan dengan warna standar sahli dengan menambahkan aquadest sebagai pengencer. Sebelumnya eritrosit dilisiskan kemudian heme dioksidasi menjadi cyanmethemoglobin dan diukur dengan fotometer pada panjang gelombang 540 nm.

18. Semarang: Cermin Dunia Kedokteran No.html www.net/2008/06/13/hemoglobin .infogizi. Kariadi.blogdokter.com/info/makalah-kadar-hemoglobin-dalam-darah.DAFTAR PUSTAKA Soenarto (1980). Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/RS dr. http://www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->