BAB I PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG MASALAH Peradaban adalah kebudayaan yang mengalami perubahan dan menekankan pada kesejahteraan fisik dan material (Oswalg Pengl). Peradaban akan berkembang seiring dengan perkembangan zaman pula. Hal ini sesuai degan pernyataan Samuel huntington tentang peradaban yaitu, perkembangan peradaban akan selalu menimbulkan benturan hal ini disebutnya sebagai The Clash of Civlization. Peryataan tersebut terbukti dalam beberapa tahun terakhir ini, kemajuan zaman diberbagai bidang ternyata menimbulkan berbagai benturan pula dalam masyarakat, baik internasional, regional, maupun nasional. Sebagai contoh konkretnya adalah perilaku kenakalan remaja yang merupakan salah satu akibat negatif dari berkembangnya sebuah peradaban manusia. Kenalkalan remaja tidak lepas dari perkembangan peradaban manusia, hal ini dapat disebabkan oleh berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, sehingga berimbas pula pada perubahan perilaku manusia, khususnya remaja, yang semakin menyimpang dari peradaban sebelumnya. Kebanyakan remaja zaman sekarang sudah berperilaku yang sangat jauh berbeda dengan remaja zaman dahulu, mereka mulai kehilangan kesantunan dalam berperilaku, tidak mempedulikan norma sosial di masyarakat, bahkan hingga menimbulkan keresahan di masyarakat. Satu masalah yang paling serius dari remaja adalah kenakalan remaja dan kebanyakan laki-laki. Remaja nakal biasanya berprestasi rendah, mereka didukung oleh kelompok (Robin dalan Djiwandono, 2002). 2. RUMUSAN MASALAH a. Apakah yang dimaksud dengan kenakalan remaja? b. Bagaimana gambaran kenakalan yang dilakukan remaja? c. Mengapa remaja melakukan kenakalan demikian? d. Bagaimana solusi terhadap permasalahan perilaku kenakalan remaja? 3. TUJUAN Penulisan makalah ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: a. Mengetahui apa yang dimaksud dengan kenakalan remaja b. Mengetahui apa saja gambaran kenakalan remaja c. Mengetahui alasan yang melatarbelakangi timbulnya kenakalan remaja d. Memberikan solusi terhadap permasalahan perilaku kenakalan remaja

Anak-anak remaja yang delinquent atau nakal itu disebut pula sebagai anak cacat secara sosial. memeras. B. yang dimasuki pada usia kira kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat. perkembangan pinggang dan kumis. dan perkembangan karakteristik seksual seperti pembesaran buah dada. pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol (pemikiran semakin logis. Tingkah ini bersumber pada kelebihan energi dan dorongan primitif yang tidak terkendali serta kesukaan menteror lingkungan. berandalan. pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis. antar kelompok. Bentuk-bentuk Kenakalan Remaja a. perubahan bentuk tubuh. 2. Perilaku ugal-ugalan. Kebut-kebutan dijalanan yang mengganggu keamanan lalu lintas b. abstrak. antar suku (tawuran). antar sekolah. c. Kenakalan Remaja 1. Pengertian Kenakalan remaja (juvenile delinquent) merupakan gejala sakit (patologis) secara sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. 1994) dalam bukunya yang berjudul Juvenile Delinguency. menggambarkan kenakalan remaja sebagai gangguan pada anak dan remaja untuk memenuhi beberapa kewajiban yang diharapkan dari mereka oleh lingkungan sosialnya dimana ia berada. mencuri dan pelanggaran lainnya. Kenakalan remaja adalah perilaku menyimpang dari atau melanggar hukum yang individu Menurut Cavan (dalam Willis. e. Membolos sekolah lalu bergelandangan sepanjang jalan. Pengertian Remaja Menurut psikologi. urakan. remaja adalah suatu periode transisi dari masa awal anak anak hingga masa awal dewasa. Perkelahian antar gang. Pada perkembangan ini. dan dalamnya suara.BAB III PEMBAHASAN A. atau bersembunyi di tempat-tempat terpencil sambil melakukan eksperimen bermacam-macam kedurjanaan dan tindakan asusila. yang mengacaukan ketentraman sekitar. . d. sehingga mereka itu mengembangkan bentuk tingkah laku yang menyimpang. dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu di luar keluarga (wikipedia). Kriminalitas anak remaja seperti perbuatan mengancam.

3.Berpesta-pora. Penerapan Kondisi Keluarga yang Tidak Tepat . j. disebabkan adanya organ-organ yang inferior. Status Sosial Ekonomi Orang Tua Rendah d. sambil mabuk-mabukan. menurut Turner dan Helms (1987). Penyimpangan tingkah-tingkah laku disebabkan oleh kerusakan pada karakter anak yang menuntut kompensasi. Timbulnya kenakalan remaja. agresivitas seksual. i. sebagai akibat dari proses pengkondisian lingkungan buruk terhadap pribadi anak (Kartono. Faktor-faktor Yang mempengaruhi Terjadinya Kenakalan Remaja Kenakalan remaja merupakan produk konstitusi mental serta emosi yang sangat labil dan defektif. dan pembunuhan dengan motif seksual. h. g. drugs) yang erat bergandengan dengan tindak kejahatan. 2004). Kondisi Keluarga yang Berantakan (Broken Home) b. Kurangnya Perhatian dan Kasih Sayang dari Orang Tua c. 2003). Perjudian dan bentuk-bentuk permainan lain dengan taruhan sehingga mengakibatkan ekses kriminalitas. melakukan hubungan seks bebas. Kecanduan dan ketagihan bahan narkotika (obat bius. f. bukan karena murni dari dalam diri remaja itu sendiri. tetapi mungkin kenakalan itu merupakan efek samping dari hal-hal yang tidak dapat ditanggulangi oleh remaja dalam keluarganya (Soekanto. antara lain : a. Faktor-faktor terjadinya kenakalan remaja. Perkosaan.

Remaja tak lepas dari perkembangan peradaban manusia yang semakin maju. tentu saja hal ini merugikan berbagai pihak dan dapat menjadi penghambat bagi suatu negara untuk mencapai kemajuan. . dan tidak terkecuali aparatur negara untuk memberikan contoh yang baik kepada para remaja sebagi generasi penerus bangsa.BAB IV REFLEKSI DIRI Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju kedewasaan. dan mulai mencari kelompok bergaul. mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap hal-hal baru. seperti pendidik. dan hukum di masyarakat. sehingga timbulah yang disebut kenakalan remaja. Hal ini juga harus mendapat dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak. semakin lama pergaulan dan tingkah laku remaja semakin memprihatinkan. dalam masa peralihan ini seorang remaja cenderung mulai kritis. Untuk itu sudah seharusnya para remaja mulai sadar akan kewajibannya dalam menjadi warga negara. mereka banyak yang memaknai perkembangan peradaban dengan negatif. Kenakalan remaja dapat berbentuk pelanggaran-pelanggaran norma. dan sudah sepantasnya pula orang tua sebagai orang terdekat bagi seorang anak membimbing agar anaknya tidak terjerumus dan melakukan tindak kenakalan remaja.

Pendalaman ilmu keagamaan pada generasi muda. hingga seks bebas. penggunaan obatobatan terlarang. perkelahian antar remaja. mencuri. dan bertanggung jawab baik di lingkungan rumah ataupun sekolah c. kami memberikan beberapa solusi yang berwujud saran guna mengatasi tindak kenakalan remaja : a. Penanaman sikap disiplin. Sering melakukan komunikasi antar anggota keluarga. tentu saja diperlukan generasi muda yang aktif. hal ini kemudian berlanjut pada tingkah laku menyimpang.BAB V PENUTUP 1. mabuk-mabukan. sebab remaja adalah penerus kehidupan bangsa dan negara. Hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya : kondisi rumah tangga yang broken home. dan turut serta bepartisipasi dalam pembangunan. Saran Kenakalan remaja merupakan permasalahan sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Orang tua seharusnya memberikan perhatian yang lebih kepada anaknya b. hal ini merupakan tindakan negatif yang harus dicegah dan dihentikan keberlangsungannya. dan kesalahan menempatkan kondisi keluarga yang tidak tepat. 2. status ekonomi orang tua. Kesimpulan Dari berbagai penjelasan diatas dapat diketahui bahwa permasalahan kenakalan remaja merupakan gejala sakit secara sosial yang terjadi pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Untuk itu. sehingga meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME d. kurangnya perhatian orang tua. terutama antara orang tua dengan anak . Untuk mencapai kemajuan negara. pelanggaran hukum dan pengabaian norma sosial di masyarakat. Bentuk-bentuk kenakalan remaja meliputi: Kebut-kebutan di jalan. sehingga kelak harapan untuk mencapai kemajuan negara dapat terwujud.

Dhyta Arum D. Msi Disusun oleh : 1.PERILAKU KENAKALAN REMAJA SEBAGAI AKIBAT DARI PERKEMBANGAN PERADABAN Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Dosen Pembimbing: Widiyanto. Dewanto Suyono 6. Aziz Nur Fauzi 5. Abdurrozzaq (H0512002) 2. Annisa Asrul Huda 3. SP. Ayu Tiafery 4. P (H0512017) (H0512024) (H0512026) (H0512035) (H0512038) PROGRAM STUDI PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful