P. 1
pencahayaan

pencahayaan

|Views: 31|Likes:
arch
arch

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Stil Architecture Xhinthink on Dec 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2013

pdf

text

original

Analisis pencahayaan dan penghawaan

 Bangunan diatas dapat di kategorokan sebagai banguna tropis karena bangunan di atas memiliki cirri-ciri bangunan tropis seperti memiliki overstek, yang berfungsi untuk menjaga tempias dan cahaya berlebihan,banyak bukaan-bukaan, baik jendela atau lobang-lobang angin, banyak menggunakan material alam, seperti: Kayu, Batu, bambu, dll,dinding, Lantai, dll biasanya menggunakan warna-warna alam, tumbuh-tumbuhan, Air, dll disekitar bangunan sedapat mungkin didesain agar menjadi satu kesatuan dengan bangunan,ukuran dan tataruang bangunan disesuai dengan kebutuhan,dan juga dapat memaksimalkan pengudaraan dan pencahayaan alami.

.Analisis pencahayaan dan penghawaan Bangunan di atas berada di wilayah Indonesia. seperti yang kita ketahui bahwa iklim di Indonesia sendiri d pengaruhi oleh 2 musim . yaitu penghujan dan kemarau. oeh sebab itu maka bangunan di atas memiliki bukanan yang banyak pada bangunannya . untu mendapatkan penghawaan dan pencahayaan yang baik.

karena bangunan menghadap langsung ke arah timur dimana bangunan menghadap langsung pada matahari. .Pencahayaan timur barat Pencahayan pada bangunan sangat di maksimalkan .

namun hal ini dapat di siasati dengan membuat desain bangunan yang sedikit menjorok kedalam.sehingga pencahayaan buatan tidak diperlukan pada siang hari. .Pencahayaan Pada pagi hari cahaya matahari langsung masuk kedalam bangunan .

hal ini dapat di siasati dengan menanam pohon-pohon yang dapat mengurangi cahayan matahari langsung. .Pencahayaan Bagian belakang pada bangunan terkena langsung oleh matahari sore sehingga pada bangunan belakang memiliki pencahayaan yang sangat maksimal.

Penghawaan Pada bangunan ini anggin masuk melalui sisi kanan dan kiri bangunan. . namun hal tersebut dapat di siasati dengan penggunaan material alam dan penghijauan pada bangunan tersebut. adapun bangunan yang menghadap langsung ke matahari ini menimbulkan hawa panas. Banyaknya Bukaan-bukaan seperti ventilasi dan jendela pada bangunan ini membuat pemanfaatan penghawaan alami sangat di maksimalkan.

hal ini dapat di lihat dari gambar di atas.panas pada bangunan ini di siasati oleh bukaanbukaan yang banyak dan lahan hijau untuk meredam panas. .Penghawaan Pada denah lantai 1 penghawaan alami sangat di maksimalkan .

Penghawaan Pada lantai2 bangunan ini juga memiliki bukaan yang banyak. .pada lantai 2 menggunakan material alam seperti kayu dan batu alam sehingga udara panas di lantai 2 ini dapat redam oleh material-material alam tersebut.namun tidak sebanyak lantai1 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->