Makalah Tanaman Penghasil Bioenergi

Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Tanaman Penghasil Biodisel

Oleh: Yandi Wibowo 2009610008

Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta 2012

Makalah Tanaman Penghasil Bioenergi

Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Tanaman Penghasil Biodisel
“Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kulaih Tanaman Penghasil Bioenergi”

Oleh: Yandi Wibowo 2009610008

Dalam penyusunan tugas ini. dorongan dan bimbingan orang tua.Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta 2012 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Alloh SWT. sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Amiin. khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. bahwa penulis telah menyelesaikan tugas matakuliah Tanaman Penghasil Bioenergi yang berjudul “Jarak Pagar (Jatropha curcas L. Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan. .) Tanaman Penghasil Biodisel” dalam bentuk makalah. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan.

Jakarta. lama kelamaan persediaan bahan bakar minyak mulai menipis dan mahal. maka banyak negara berusaha keras mencari sumber energi alternatif. minyak tanah dan minyak bakar). Negara-negara tersebut tidak mau terus-menerus bergantung pada BBM yang mahal dan menguras devisa. November 2012 Penulis PENDAHULUAN A. ada pula Jarak Pagar (Jatropha curcas L) yang bisa menjadi sumber energi . Selain tebu dan tanaman lain yang bisa diproses menjadi etanol sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak Bumi (BBM) dan atau pengganti energi fosil ( solar. Latar belakang Ketika bahan bakar minyak (BBM) sebagai energi yang tidak dapat didaur ulang ( non renewable energy ).

Walaupun belum berkembang secara luas. Sementara cadangan minyak bumi Indonesia saat ini diperkirakan hanya tinggal sekitar 9 miliar barel dengan tingkat produksi mencapai 500 juta barel per tahun. Kebutuhan masyarakat akan minyak bumi menempati proporsi terbesar sebagai sumber energi penduduk.alternatif dan menjadi bahan bakar hayati dengan sumber energi terbarukan ( renewable energy ) atau energi hijau yang terbarukan ( biofuel ). Penggunaan bahan bakar nabati untuk mesin diesel sebenarnya bukan hal yang baru karena pada awal ditemukannya mesin diesel. maka kita beralih ke bahan bakar solar. maka minyak bumi kita akan habis 18 tahun lagi. disusul gas bumi 26. Jika tidak ditemukan cadangan baru. Kita harus mulai mengubah arah yang semula hanya memburu energi (energy-hunting) dari energi fosil ke upaya membudidayakan energi (energy-farming) dengan tanaman. Jarak pagar penghasil bahan baku biodiesel (biofuel-diesel) merupakan salah satu alternatif bioenergi yang berpotensi dapat kita kembangkan di lahan kritis. Namun karena penggunaan minyak kacang dikhawatirkan akan bersaing dalam memenuhi kebutuhan pangan. karena tanaman ini mudah . Adapun kondisi cadangan gas alam kita diperkirakan mencapai 182 triliun kaki kubik dengan ektraksi 3 triliun kaki kubik per tahun atau masih tersisa sekitar 61 tahun mendatang. yaitu tahun 1900 Rudolf Diesel mendemontrasikan mesin temuannya pertama kalinya dengan menggunakan bahan bakar nabati (minyak kacang). Untuk mengatasi masalah BBM itu. Konsekuensinya beban anggaran yang memberatkan negara karena biaya subsidi harus terus diluncurkan untuk mempertahankan harga jual yang terjangkau oleh konsumen.5 persen. perlu dilakukan langkah-langkah diversifikasi energi.4 persen. yakni mencapai 54.

atau jarak cina. maka tanaman ini berpotensi untuk dikembangkan diberbagai daerah di Indonesia. Jarak kepyar juga menghasilkan minyak dan digunakan sebagai bahan baku atau bahan tambahan industri cat vernis. yang mempunyai ciri seperti tanaman singkong racun. Minyak jarak pagar (biofuel) bukan barang baru di Indonesia. Pada zaman Jepang saat Jepang mulai kehabisan BBM.dibudidayakan dan cukup toleran pada daerah-daerah marginal/kritis. plastik. jarak gundul. dan kosmetika. Jarak Pagar berbeda dengan Jarak kaliki atau Jarak kepyar atau Jarak kosta (Ricinus communis). farmasi. buahnya berbulu seperti rambutan. Minyak jarak pagar selain merupakan sumber minyak terbarukan (renewable fuels) juga termasuk non edible oil sehingga tidak bersaing dengan kebutuhan konsumsi manusia seperti pada minyak kelapa sawit dan minyak jagung. orang Indonesia diperintahkan membuat minyak diesel dari tanaman jarak untuk menggerakkan mesin-mesin perangnya. Pemanfaatan minyak jarak (biofuel) sebagai bahan biodiesel merupakan alternatif yang ideal. Tujuan Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Tanaman Penghasil Bioenergi JENIS DAN MORFOLOGI TANAMAN JARAK Jarak Pagar juga dikenal dengan nama jarak budeg. Akan . sehingga sudah lama dibudidayakan secara komersial di Indonesia. Tanaman yang berasal dari daerah tropis di Amerika Tengah ini tahan kekeringan dan tumbuh dengan cepat. B.

6 gram/biji. lebar. berupa bunga majemuk berbentuk malai. oval atau bulat telur. Biji berbentuk bulat lonjong berwarna cokelat kehitaman dengan ukuran panjang 2 cm. batang berkayu bulat dan mengandung banyak getah. kadang-kadang ditemukan bunga hermaprodit. jadi hanya bisa digunakan sebagai pelumas. berupa buah kotak berdiameter 2 – 4 cm dengan permukaan tidak berbulu ( gundul ) dan berwarna hijau ketika masih muda dan setelah tua kuning kecoklatan. masing-masing ruangan 1 biji. sedangkan jarak pagar ( Jatropha curcas ) mampu berbuah terus menerus apabila Agroklimatnya mendukung. bunga berwarna kuning kehijauan. Jarak pagar mempunyai sosok yang kekar. berbuah setahun sekali ( terminal ). Jumlah bunga betina 4 – 5 kali lebih banyak daripada bunga jantan.4 – 0. menjari dengan sisi berlekuk-lekuk sebanyak 3 – 5 buah.. Jarak kaliki (Ricinus communis).tetapi. Buah berbentuk buah kendaga. tebal 1 cm. Daun tunggal. dan berat 0. Buah jarak tidak masak serentak Buah jarak pagar terbagi menjadi 3 ruangan. Tinggi mencapai 5 meter dan mampu hidup sampai 50 tahun. Adapun klssifikasi Jarak pagar sebagai berikut : Divisi Sub divisi Kelas Ordo Famili Genus : Spermatophyta : Angiospermae : Dicotyledonae : Euphorbiales : Euphorbiaceae : Jatropha . minyak jarak kepyar tidak cocok digunakan sebagai bahan bakar biofuel karena terlalu kental. Jarak pagar termasuk dalam familia Euphorbiaceae satu famili dengan tanaman karet dan ubikayu. berumah satu dan uniseksual. merupakan tanaman tahunan berumur pendek ( bianual).

Spesies : Jatropha curcas L.30oC. setek atau kultur jaringan dan mulai berbuah delapan bulan setelah ditanam dengan produktivitas 0.5 – 1.0 ton biji kering/ha/tahun. BUDIDAYA JARAK PAGAR (Jatropha curcas L. Persyaratan Lingkungan Tanaman jarak sebagai tanaman yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang sangat kritis dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.) A. suhu berkisar antara 18º. Selanjutnya akan meningkat secara bertahap dan akan stabil sekitar 5 ton pada tahun ke lima setelah tanam. Tanaman Jarak pagar berbentuk pohon kecil maupun belukar besar yang tingginya mencapai lima meter. sedangkan pada suhu tinggi ( > 35oC) menyebabkan gugur daun dan bunga. Altitut 0 – 2000 m dpl. Agar pertumbuhannya optimal maka diperlukan Latitut 50º LU – 40º LS. buah kering sehingga produksi menurun. tapi jarang ditemui berupa hamparan. . Pada daerah dengan suhu rendah ( <18oC) menghambat pertumbuhan. Umumnya terdapat di pagar-pagar rumah dan kebun atau sepanjang tepi jalan. Jarak Pagar dapat ditemukan tumbuh subur di berbagai tempat di Indonesia. Cabang-cabang pohon ini bergetah dan dapat diperbanyak dengan biji.

0 – 6. maupun benih. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm. Penanaman dengan jarak tanam 2.Curah hujan antara 300 mm – 1200 mm per tahun. . Persiapan Lahan Kegiatan persiapan lahan meliputi pembukaan lahan (land clearing). Jika menggunakan setek dipilih cabang atau batang yang telah cukup berkayu. Pada areal yang miring sebaiknya digunakan sistem kontur dengan jarak dalam barisan 1.0 m didapatkan populasi sebanyak 3300 pohon/ha). sehingga sumber benih masih mengandalkan pengumpulan petani. Pada saat ini di Indonesia belum ada varietas maupun klon unggul jarak pagar. B. Bahkan penyediaan bibit dengan tekhnik kultur jaringan dimungkinkan. jarak tanam 2.5.0 m didapatkan populasi sebanyak 2500 pohon/ha) atau jarak tanam 1.0 m x 3. Pembibitan Bahan tanam dapat berasal dari stek cabang atau batang.5 m x 2. Dapat tumbuh pada daerah yang kurang subur tetapi drainase baik tidak teergenag dan pH tanah antara 5. pengajiran dan pembuatan lubang tanam. C.0 m x 2. Lahan yang akan ditanami dibersihkan dari semak belukar terutama disekitar calon tempat tanam. Peluang untuk penelitian ke arah ini masih sangat luas sehingga menjadi tantangan bagi perguruan tinggi maupun lembaga atau balai penelitian.0 m di dapatkan populasi sebanyak 1600 pohon/ha).5 m. Pengajiran dilakukan dengan menancapkan ajir (bisa dari bambu atau batang kayu) dengan jarak tanam disesuaikan dengan rencana populasi tanaman yang dikehendaki. Sedangkan untuk benih dipilih dari biji yang telah cukup tua yaitu diambil dari buah yang telah masak biasanya berwarna hitam.

. karena hasil penelitian telah membuktikan bahwa bibit stek dari pohon induk yang tidak berbuah. Lama di pembibitan 2 .3 bulan. desain kebun. maka didalam mencari bibit. Untuk tujuan produksi bibit yang digunakan tidak harus berasal dari biji.kepada yang lebih mengetahui bidangnya. Kegiatan yang dilakukan selama pembibitan antara lain penyiraman (setiap hari 2 kali pagi dan sore). Dianjurkan kepada calon penanam untuk mengkonsultasikan dahulu aspek-aspek yang berhubungan dengan teknis budidaya. Setiap polibag diisi media tanam berupa tanah lapisan atas (top soil) dan dicampur pupuk kandang. Tempat pembibitan diberi naungan / atap dengan bahan dapat berupa daun kelapa. karena umur panen bibit asal stek lebih cepat daripada biji. harus benar-benar melihat beberapa faktor keberhasilan. maka setelah tanaman dewasa tidak berbuah juga. Sedangkan untuk tujuan konservasi memang disarankan bibit asal biji karena perakaran lebih kuat. Pemilihan bibit tanaman Jarak pagar seharusnya mempertimbangkan tujuan dari penanaman itu sendiri. seperti bibit jarak tidak dapat diambil dari pohon induk yang tidak berbuah terutama bibit yang berasal dari stek. jerami atau paranet. Setiap polibag ditanami 1 (satu) benih. Dengan teknis yang benar sesungguhnya tidak harus anda menggunakan bibit yang bertunas. tetapi bibit stek yang belum bertunaspun bisa menyamai asal dengan perlakuan yang tepat Untuk mendapatkan hasil Jarak pagar yang maksimal.Pembibitan dapat dilakukan di polibag atau di bedengan. Disamping itu kondisi kemiringan lahan juga menentukan jenis bibit yang dipakai. penyiangan dengan melakukan pembersihan gulma sekitar tanaman dan seleksi dengan memilih bibit yang pertumbuhannya baik. aspek biaya dll.

Jenis dan dosis pupuk yang diperlukan disesuaikan dengan tingkat kesu buran tanah setempat. Belum ada dosis rekomendasi khusus untuk tanaman jarak pagar. D. Penanaman dapat juga dilakukan secara langsung di lapangan (tanpa pembibitan) dengan menggunakan stek cabang atau batang.0 m x 3. Jika pola penanaman dengan tumpangsari maka jarak tanam digunakan jarak agak lebar misalnya 2.0 m E. atau padi ladang sehingga selain mengurangi resiko serangan hama penyakit juga diversivikasi hasil. oleh karena itu. Dalam budidaya tanaman jarak pagar disarankan menerapkan sistem tumpangsari dengan tanaman lain seperti jagung. Bibit yang ditanam dipilih yang sehat dan cukup kuat serta tinggi bibit sekitar 50 cm atau lebih. Penanaman Penanaman dilakukan pada awal atau selama musin penghujan sehingga kebutuhan air bagi tanaman cukup tersedia. tapi dari batang yang sudah tua dengan diameter batang sekitar 2-3 Cm. Jika diasumsikan pemupukan sama dengan jarak kepyar maka dosis pupuk untuk tana man Jarak pagar per Ha : 80 kg . harus betul-betul memperhatikan varietas pohon induk. Pemupukan Pada prinsipnya pemberian pupuk bertujuan untuk menambah ketersediaan unsur hara bagi tanaman. wijen. jika tidak hasilnya akan merugikan. Stek tidak baik diambil dari pucuk / batang muda. Saat penanaman tanah disekitar batang tanaman dipadatkan dan permukaannya dibuat agak cembung. jika mau beli bibit.jika pohon induk hanya berbuah 1-3 buah hasil bibitpun sama.

K. 32 kg K2O. G. sedangkan pupuk P. 12 kg CaO dan 10 kg MgO. Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman jarak pagar yang ditanam petani di Indonesia umumnya sedikit atau hampir tidak ada serangan hama dan penyakit. Jika penanaman dilakukan secara luas apalagi dengan sistem monokultur diduga akan timbul serangan hama dan penyakit. 18 kg P2O5. F. Pemangkasan Pemangkasan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan jumlah cabang produktif. Pemangkasan batang dapat mulai dilakukan pada ketinggian sekitar 20 cm dari permukaan tanah untuk meningkatkan jumlah cabang.N. Pemangkasan dilakukan pada bagian batang yang telah cukup berkayu (warna coklat keabuabuan). Pada sistem penanaman jarak di Tanzania dan Nicaragua dilaporkan adanya serangan serangga pada inflorecent bunga dan buah serta serangan rayap . Ca dan Mg diberikan saat tanam Pemberian pupuk organik disarankan untuk memperbaiki struktur tanah. Hal ini kemungkinan disebabkan sistem penana mannya yang umumnya dicampur dengan tanaman lain seperti gamal (Glyrecidia macu lata) dan waru. Pupuk N diberikan pada saat tanam dan umur 28 hari setelah tanam (HST).

5 . Biasanya buah masak setelah berumur 5 . Aspek ekonomis tanaman jarak .5 bulan.5 ton minyak / ha / tahun.5 . Tanaman jarak pagar merupakan tanaman tahunan yang dapat hidup lebih dari 20 tahun apabila dipelihara dengan baik. maka tingkat produktivitas antara 8 . cara pemeliharaan dsb. Dengan tingkat populasi tanaman antara 2500 . Produksi akan stabil setelah tanaman berumur lebih dari 1 tahun. Produktivitas tanaman jarak berkisar antara 3. kesuburan tanah. Pemanenan dilakukan jika buah telah masak. Jika rendemen minyak sebesar 35 % maka setiap ha lahan dapat diperoleh 2. produksi puncak akan dimulai tahun ke-5 di bawah lima tahun produksi nya belum maksimal dan akan terus meningkat. intensitas sinar matahari. Panen dan Produktivitas Panen pertama akan dimulai umur tanaman 8-9 bulan dan akan terus menerus berbuah sepanjang tahun. diantaranya kerapatan tanaman. Tanaman jarak pagar (Jatropha curcas) mulai berbunga setelah umur 3 4 bulan.5 kg biji / pohon / tahun. hanya sebagai gambaran produksi per Ha akan berkisar antara 10 sampai dengan 20 ton per tahun.15 ton biji / ha. Pemanenan dengan cara memetik buah yang telah masak dengan tangan atau gunting. Besar panen dalam 1 ha tergantung banyak faktor.4. Untuk itu pengendalian dapat dilakukan secara teknis maupun kimia. H. dicirikan kulit buah berwarna kuning dan kemudian mulai mengering.3300 pohon / ha. sedangkan pembentukan buah mulai pada umur 4 .6 bulan.pada pangkal batang.

Secara Ekologis Jarak pagar dapat digunakan untuk mereklamasi lahan-lahan tererosi dan dapat menyerap pencemaran udara yang disebabkan oleh gas CO2 ( Karbon Dioksida ). dan SOx .pagar lebih rendah dari tanaman padi. . Kemmapuan Jarak pagar menyerap gas CO2 dari atmosfir cukup tinggi. NOx. sebesar 1. jadi tidak direkomendasi untuk lahan pesawahan MANFAAT JARAK PA BUDIDAYA JARAK PAGAR A.8 kg/ kg bagian kering tanaman.

Jarak pagar mengandung zat penyamak sebesar 11 – 18 %. Jadi usaha penghijauan dengan Jarak pagar sangat bermanfaat. berwarna kuning. ( penghilangan racun ). misalnya gigi lubang. alkaoid dan saponin. kental dan tidak berbau. Ampas bijinya merupakan sumber pupuk organik dan pakan ternak setelah mengalami proses Detoksifikasi. Pada musim kemarau dapat menggugurkan daunnya. pembuatan sabun. sehingga cocok ditanam di daerah yang kekurangan air. tanaman penahan erosi dan dapat mengurangi kecepatan angin. sehingga harganya dapat diharapkan relatif stabil.Jatropha curcas juga tahan terhadap stress air. sedangkan bijinya berisi minyak curcos kurang lebih 35 – 45 % yang terdiri dari gliseridagliseria. Pemanfaatan biji atau minyak jarak pagar tidak berkompetisi dengan penggunaan minyak sawit. sehingga disebut juga sebagai tanaman pioner. Untuk Obat dan Kosmetik Disamping itu juga bermanfaat sebagai bahan baku berbagai macam obat-obatan. tapi harus hati-hati jangan terlalu banyak maka gigi bisa . Minyak yang diambil dari pengepresan biji masih mengandung protein racun yang disebut krusin. seperti obat kumur atau salep penyembuh luka. B. Oleh karena itu minyak biji dan getah batang atau daunnya hanya boleh dipakai sebagai obat luar. tetapi akarnya mampu menahan air dan tanah. cat dan kosmetika. minyak kelapa yang biasa digunakan untuk minyak makan atau industri oleokimia. stearat dan kurkanolat. Minyak biji jarak pagar sangat beracun. asam palmitat.

parafin dan beberapa tetes terpentin dapat digunakan untuk mengobati luka. kemudian ditambah 1 sendok teh mi. Menurut Dr. Beberapa negara yang miskin sumber daya BBM. seperti India. sehingga banyak negara mencari sumber energi alternatif dengan serius.rontok. Disamping itu juga dapat digunakan sebagai obat pembasmi cacing kremi dengan cara 5 lembar daun jarak pagar ditumbuk. lalu ditempelkan pada dubur semalam ketika anak-anak sedang tidur dan dibersihkan keesok harinya. Tanzania dan Gambia telah lama mengembangkan Jarak pagar sebagai pengganti Kerosin ( minyak tanah ) untuk kopor dan lampu. A. getah jarak pagar yang berwarna jernih kekuningan sering digunakan sebagai obat tradisional untuk obat tetes pada telapak kaki yang terkena kutu air dan bercak. C.P.) yang dapat menghasilkan Biodesel. Di daerah pedesaan.nyak kelapa. Selain tebu dan tanaman lain yang yang dapat diproses menjadi etanol sebagai pengganti BBM adapula Jarak pagar ( Jatropha curcas L. sampai pencuci borok. Sedangkan minyak yang dicampur dengan belerang. obat kumur. . semakin lama persediaan semakin menipis dan mahal. Racun ini bisa dinetralkan dengan sejenis minuman keras yang disebut brandewijn. Pengganti Minyak Tanah Pada saat Bahan Bakar Minyak (BBM ) sebagai energi non renewable atau tidak dapat didaur ulang. Hal ini terjadi karena tidak mau terus menerus bergantung pada BBM yang mahal dan menguras devisa negara. Dharma bahwa air perasan daun jarak pagar yang kental dapat digunakan sebagai peluntur.

7 juta kilo liter ).4 % .Potensi Jarak pagar di Indonesia sebagai salah satu sumber energi alternatif pengganti BBM darikomoditas pertanian ( biofuel) saat ini bukan wacana lagi. karena Pemerintah melalui Blue Print Pengelolaan Energi Nasional yang dikeluarkan Departe men Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) menetapkan kebutuhan energi nasional akan dipenuhi dari sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 4.3 % berasal dari Biofuel ( setara dengan 4. Untuk menghasilkan beberapa bahan bakar diatas dibutuhkan inti biji . dimana sebesar 1. PENGOLAHAN JARAK PAGAR SEBAGAI SUMBER ENERGI A. Bahan Bakar Cair (Liquid Biofuels) Bahan bakar cair merupakan produk utama dari jarak pagar yang terdiri dari cruide jatropha oil (CJO). minyak jarak murni atau pure plant oil (PPO)dan biodiesel.

Minyak CJO dapat diaplikasikan sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah. Hasil dari press dan penyaringan berupa minyak mentah jarak pagar atau CJO (cruide jatropha oil). Dapat dibakar langsung dengan spesifikasi kompor tertentu atau dicampur dengan minyak tanah untuk menurunkan viskositasnya .dari jarak pagar. Seperti kapasitas. Inti buah jarak yang telah kering dimasukan kedalam mesin press. Beberapa industri pengolahan bahan bakar cair mengikutkan cangkang inti biji untuk proses. jumlah rendeman dan inti buah murni atau campuran. sehingga tidak diperlukan proses pengelupasan cangkang dari inti buah. produknya berupa minyak cair dan membutuhkan penyaringan untuk menghilangkan sludge dari hasil ekstraksi. Ekstraksi minyak jarak dari inti buah atau inti buah dan cangkang dilakukan dengan menggunakan alat pengepresan bisa menggunakan press tipe hidrolik (hydraulic pressing) maupun press tipe ulir (expeller pressing). Masing masing jenis press memiliki kelebihan dan kekurangan.

.

65 %.Gambar 1. B. Produk pendamping dari proses ini adalah bungkil dan sludge yang akan diproses kembali menjadi bahan bakar padat ataupun gas. Bahan Bakar Padat (Solid Biofuels) Dalam bagian biji jarak pagar yang terdiri dari inti biji dan cangkang memiliki kandungan minyak 25 . Melalui proses pemurnian dengan menggunakan esterifikasi dan transesteriikasi akan dihasilkan bahan bakar cair berupa biodiesel.35 % sehingga masih menyisakan bagian limbah yaitu sludge dan bungkil sebesar 75 . Sedangkan melalalui proses deasifikasi atau penetralan akan dihasilkan minyak jarak murni atau pure plant oil (PPO). Limbah tersebut dapat diproses . Proses pengolahan jarak pagar menjadi bahan bakar cair.

Proses ini menghasilkan gas produk berupa metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2) serta beberapa gas yang jumlahnya kecil. Proses pengolahan jarak pagar menjadi bahan bakar padat C. Sedangkan proses non-karbonisai limbah hasil proses ekstraksi langsung dilakukan densifikasi dibentuk briket menggunakan alat press tipe hidrolik maupun ulir. Hasil densifikasi berupa briket yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar padat. Pada proses karbonisasi. Proses ini bisa diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu anaerobic digestion kering dan basah. baik karbonisasi maupun nonkarbonisasi. . seperti H2. Pada anaerobik kering memiliki kandungan biomassa 25 .menjadi bahan bakar pada dengan proses densifikasi. volatile mater (zat terbang) serta tar. Bahan Bakar Gas (Anerobic Digestion) Proses anaerobic igestion yaitu proses dengan melibatkan mikroorganisme tanpa kehadiran oksigen dalam suatu digester. dimasukan kedalam reaktor karbonisasi untuk menghilangkan moisture (kandungan air). Perbedaan dari kedua proses anaerobik ini adalah kandungan biomassa dalam campuran air. sebelum limbah diproses densifikasi. N2.30 % sedangkan untuk jenis basah memiliki kandungan biomassa kurang dari 15 % (Sing dan Misra. dan H2S. 2005). Briket langsung dibakar kedalam tungku atau kompor Gambar 2.

Limbah jarak pagar. dimana zat ini adalah salah satu bahan kimia yang dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan seperti obat obatan dan bahan kosmetik B. bungkil dan sludge selain dapat dijadikan bahan bakar padat dengan densification seperti diatas. Kekurangan Biodiesel dari Jarak . daging buah jarak pagar dapat juga dimasukan kedalam digester untuk menghasilkan biogas. PENUTUP A. Kelebihan Biodiesel dari Jarak Produk sampingan dari biodiesel adalah Glyserin. Selain itu. juga dapat di konversi kedalam bahan bakar gas melalui proses anaerobic digestion.

maka harga maksimum biji jarak adalah Rp 1000/kg. 2. Permainan jarak adalah permainan sampingan. Bila harga biodiesel harus lebih rendah daripada minyak diesel (petrol-based). penghasilan dari minyak jarak sangat tidak bersaing (bila anda memiliki berhektar-hektar lahan. Produktivitas paling optimis 5 ton/ha/tahun. apakah anda akan mengejar penghasilan Rp 5jt/tahun/hektar?) 6. Tips Tanaman Jarak termasuk tanaman beracun. dan inilah ekonomi gerilya (ekonomi kerakyatan). 18/02/2006). tenaga kerja. Atau harga per kg biji kering jarak pagar sekitar Rp 500 – Rp 800 (Basuki. belum diperhitungkan (Kompas. pun proses biodiesel. Pengadaan bibit unggul jarak belum menunjukkan hasil yang memadai (agrobisnis besar memerlukan bibit unggul dalam jumlah besar) 5. 3. karena dalam proses pengolahan minyak jarak menjadi minyak biodiesel diperlukan bahan baku lain misalnya Etanol dan Caustic Soda (NaOH) sebagai bagian dari proses esterifika (Basuki. Rp 4300/liter. C. Diketahui 1 liter biodiesel membutuhkan 3-4 kg biji jarak kering. terutama bijinya mengandung racun forbol yang dapat menyebabkan muntah / pencahar yang sangat . dimana biaya bibit (Rp 3. 13/09/2006). biaya lahan.1. Belum ada bukti cukup keberhasilan monokultur jarak dalam luasan yang besar 4. pupuk. 13/09/2006).5jt/ha). Total biaya pengolahan (esterifikasi dsb) + total biaya produksi untuk menghasilkan minyak biodiesel per liternya adalah Rp 3500. Pada tingkat potensi produksi yang tinggi. Jadi potensi pendapatan maksimum adalah Rp 5jt/ha/tahun.

A. Puslitbang Perkebunan .Bogor. Pengembangan dan Pemanfaatan Jarak pagar ( Jatropha curcas L. Pusat Penelitian dan Pengambangan Perkebunan. DAFTAR PUSTAKA Alamsyah.kuat apabila biji jarak pagar termakan. Dilarang keras mendekatkan biji jarak dengan makanan apalagi memberikan kepada anak-anak untuk mainan dikhawatirkan biji akan dimakan oleh anak. 2006. 2007.). 2006.N. Budidaya Tanaman Jarak pagar (Jatropha curcas L ) Sebagai sumber alternatif Biofuel . Anonim. Anonim. Biodesel Jarak Pagar. Bogor. Agromedia Pustaka. . Jakarta.

Potensi. 2006. ( Diakses 14 November 2012). Petunjuk Budidaya Jarak pagar. 2006. Biodesel. 2012. . Minyak jarak&alternatif bioenergi.uns. Trubus Agrisarana. Surabaya. 2012.kamase.ac.id/2009/04/02/minyak-jarak-alternatif-bioenergi/. Budidaya Tanaman Jarak Pagar.org/pdf/108183.kamase. http://www. www. http://blog.ac. Susilo. Inovasi dan Technologi. (Diakses 14 November 2012).id/aivonnewriellazhiezha/2011/05/01/potensi-jarak-pagarsebagai-tanaman-energi-di-indonesia/. ( Diakses 14 November 2012). (Diakses 14 November 2012). Agromedia.dokumen. B.org.org/?p=5.ub. POTENSI JARAK PAGAR SEBAGAI TANAMAN ENERGI DI INDONESIA. Prihandana. Suntoro. 2009. Kekurangan. dan Kelebihan Jarak Pagar.Dokumen. 2008. Jakarta. R dan Hendroko.staff. http://suntoro. Nugroho Agung Pambudi. http://www.R.