CONTOH PENILAIAN PRODUK Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : IPS : IV/1 :1.

Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi Kompetensi Dasar : 1.1. Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana :

Indikator Prosedur Asesmen :
-

Menggambar peta provinsi Bali Penilaian Produk (Product Assessment)

Materi Ajar : Menggambar peta Provinsi Bali menggunakan skala sederhana Penugasan
1. Buatlah peta Provinsi pencuri bersama kelompok belajarmu (maksimal 4

siswa) 2. Adapun alat dan bahan yang perlu dipersiapkan yaitu sebagai berikut. 1) Pensil 2) Drawing Pen 3) Pensil Warna 4) Penggaris 5) Kertas Manila

kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan KD provinsi : 1.Format Penilaian Produk Judul Kegiatan Mata pelajaran Kelas SK : : : : Menggambar Provinsi Bali IPS IV/1 1. menentukan alat dan bahan • Komponen yang digunakan lengkap dan baik Kemampuan menyeleksi dan menggunakan bahan: • Kemampuan menyeleksi dan menggunakan alat • Kemampuan menyeleksi dan menggunakan teknik • Kemampuan merangkai alat dengan benar dan teliti Kemampuan peserta didik membuat produk sesuai kegunaan/fungsi: • Produk memenuhi kriteria keindahan Skor 1 2 3 2 Pembuatan 3 Penilaian .1. “1”. 1 Aspek yang Dinilai Perencanaan Deskripsi Kemampuan merencanakan: • Menggali dan mengembangkan gagasan • Merencanakan komponen yang digunakan • Mendesain produk. “2”. “3”. dari tiap tugas yang dikerjakan siswa! No. Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana Nama siswa : ______________________________ Kelas : ______________________________ Waktu pengamatan : ______________________________ Berikan tanda (√ ) untuk setiap aspek pada kolom skor . Memahami sejarah.

tidak terampil dalam teknik kerja Tahap Akhir Skor 3 = Produk yang dihasilkan mempunyai estetika tinggi (perpaduan warna. tidak kreatif dalam mengembangkan ide 1 = Siswa mempunyai ketelitian dalam mempersiapkan alat-alat.• • Total Skor Nilai Siswa = (Estetika) Uji coba Produk Keaslian produk 40 × 100 Keterangan : Keterangan Skor: Tahap Persiapan Skor 3 = Siswa mempunyai ketelitian dalam mempersiapkan alat-alat. tidak terampil dalam memilih danmenggunakan bahan peralatan. terampil dalam teknik kerja 2 = Siswa mempunyai kejelian dan terampil dalam memilih danmenggunakan bahan peralatan. terampil dalam membuat perencanaan. tidak terampil dalam membuat perencanaan. kreatif dalam mengembangkan ide 2 = Siswa mempunyai ketelitian dalam mempersiapkan alat-alat. terampil dalam membuat perencanaan. terampil dalam mengevaluasi hasil kerjanya . tidak terampil dalam teknik kerja 1 = Siswa mempunyai kejelian. kerapian produk). tidak kreatif dalam mengembangkan ide Tahap Produksi Skor 3 = Siswa mempunyai kejelian dan terampil dalam memilih danmenggunakan bahan peralatan. keserasian dalam penempatan objek.

2 = Produk yang dihasilkan mempunyai estetika tinggi (perpaduan warna. keserasian dalam penempatan objek. keserasian dalam penempatan objek. tidak mempunyai kerapian produk). tidak terampil dalam mengevaluasi hasil kerjanya 1 = Produk yang dihasilkan mempunyai estetika (perpaduan warna. pembagian tugas dilakukan secara merata 2 = Anggota kelompok mempunyai kekompakan dalam bekerjasama. pembagian tugas tidak dilakukan secara merata 1 = Anggota kelompok tidak mempunyai kekompakan dalam bekerjasama. tidak terampil dalam mengevaluasi hasil kerjanya Kerjasama Skor 3 = Anggota kelompok mempunyai kekompakan dalam bekerjasama. pembagian tugas tidak dilakukan secara merata Kriteria Nilai A = 80 – 100 : Baik Sekali B = 70 – 79 : Baik C = 60 – 69 : Cukup D = ‹ 60 : Kurang . kerapian produk).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful