CONTOH PENILAIAN PRODUK Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : IPS : IV/1 :1.

Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi Kompetensi Dasar : 1.1. Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana :

Indikator Prosedur Asesmen :
-

Menggambar peta provinsi Bali Penilaian Produk (Product Assessment)

Materi Ajar : Menggambar peta Provinsi Bali menggunakan skala sederhana Penugasan
1. Buatlah peta Provinsi pencuri bersama kelompok belajarmu (maksimal 4

siswa) 2. Adapun alat dan bahan yang perlu dipersiapkan yaitu sebagai berikut. 1) Pensil 2) Drawing Pen 3) Pensil Warna 4) Penggaris 5) Kertas Manila

1. Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana Nama siswa : ______________________________ Kelas : ______________________________ Waktu pengamatan : ______________________________ Berikan tanda (√ ) untuk setiap aspek pada kolom skor . kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan KD provinsi : 1.Format Penilaian Produk Judul Kegiatan Mata pelajaran Kelas SK : : : : Menggambar Provinsi Bali IPS IV/1 1. menentukan alat dan bahan • Komponen yang digunakan lengkap dan baik Kemampuan menyeleksi dan menggunakan bahan: • Kemampuan menyeleksi dan menggunakan alat • Kemampuan menyeleksi dan menggunakan teknik • Kemampuan merangkai alat dengan benar dan teliti Kemampuan peserta didik membuat produk sesuai kegunaan/fungsi: • Produk memenuhi kriteria keindahan Skor 1 2 3 2 Pembuatan 3 Penilaian . “2”. Memahami sejarah. dari tiap tugas yang dikerjakan siswa! No. 1 Aspek yang Dinilai Perencanaan Deskripsi Kemampuan merencanakan: • Menggali dan mengembangkan gagasan • Merencanakan komponen yang digunakan • Mendesain produk. “3”. “1”.

terampil dalam membuat perencanaan. tidak kreatif dalam mengembangkan ide Tahap Produksi Skor 3 = Siswa mempunyai kejelian dan terampil dalam memilih danmenggunakan bahan peralatan. kerapian produk). tidak terampil dalam memilih danmenggunakan bahan peralatan. keserasian dalam penempatan objek. terampil dalam teknik kerja 2 = Siswa mempunyai kejelian dan terampil dalam memilih danmenggunakan bahan peralatan.• • Total Skor Nilai Siswa = (Estetika) Uji coba Produk Keaslian produk 40 × 100 Keterangan : Keterangan Skor: Tahap Persiapan Skor 3 = Siswa mempunyai ketelitian dalam mempersiapkan alat-alat. tidak terampil dalam membuat perencanaan. kreatif dalam mengembangkan ide 2 = Siswa mempunyai ketelitian dalam mempersiapkan alat-alat. tidak terampil dalam teknik kerja 1 = Siswa mempunyai kejelian. terampil dalam mengevaluasi hasil kerjanya . tidak kreatif dalam mengembangkan ide 1 = Siswa mempunyai ketelitian dalam mempersiapkan alat-alat. terampil dalam membuat perencanaan. tidak terampil dalam teknik kerja Tahap Akhir Skor 3 = Produk yang dihasilkan mempunyai estetika tinggi (perpaduan warna.

pembagian tugas dilakukan secara merata 2 = Anggota kelompok mempunyai kekompakan dalam bekerjasama. tidak terampil dalam mengevaluasi hasil kerjanya Kerjasama Skor 3 = Anggota kelompok mempunyai kekompakan dalam bekerjasama. tidak mempunyai kerapian produk). tidak terampil dalam mengevaluasi hasil kerjanya 1 = Produk yang dihasilkan mempunyai estetika (perpaduan warna. pembagian tugas tidak dilakukan secara merata Kriteria Nilai A = 80 – 100 : Baik Sekali B = 70 – 79 : Baik C = 60 – 69 : Cukup D = ‹ 60 : Kurang . keserasian dalam penempatan objek.2 = Produk yang dihasilkan mempunyai estetika tinggi (perpaduan warna. pembagian tugas tidak dilakukan secara merata 1 = Anggota kelompok tidak mempunyai kekompakan dalam bekerjasama. keserasian dalam penempatan objek. kerapian produk).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful