P. 1
Proposal Seminar Yudi

Proposal Seminar Yudi

|Views: 27|Likes:
Published by Rizal Fahmi

More info:

Published by: Rizal Fahmi on Dec 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2013

pdf

text

original

PEMAPARAN PROPOSAL SKRIPSI

KONTRIBUSI DAYA TAHAN DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA DADA PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN TAHUN 2008

OLEH Yudi Ikhwani 0606104020043
FA K U LTA S K E G U R U A N D A N I L M U P E N D I D I K A N U N I V E R S I TA S S Y I A H K U A L A DARUSSALAM BANDA ACEH 2010

JUDUL KONTRIBUSI DAYA TAHAN DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA DADA PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2008 .

Satu kekuatan cenderung untuk menahannya disebut hambatan yang disebabkan oleh air yang harus didesak maju. menurut Sukintoko dan Sukarno (1983:73) setiap kecepatan maju dalam berenang adalah hasil dari dua kekuatan. Peranan daya tahan jantung paru dalam berenang sangat mempengaruhi kerja kapasitas vital paru pada saat perenang menarik dan mengeluarkan napas. untuk itu penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian tentang masalah ini. 1983:107). diantaranya daya tahan dan kekuatan otot tungkai. kekuatan yang kedua ialah kekuatan yang mendorongnya maju disebut dorongan yang diperoleh dari gerakan atau tarikan lengan dan dorongan tungkai. Secara pemahaman sederhana daya tahan dan otot tungkai memberikan sumbangan terhadap kemampuan renang gaya dada. Tetapi gambaran tersebut memerlukan pembuktian secara ilmilah. Didalam Olahraga renang membutuhkan komponen fisik yang baik.LATAR BELAKANG MASALAH Renang gaya dada sering disebut dengan renang gaya katak. Daya tahan merupakan kemampuan seseorang dalam mempergunakan jantung paru dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus yang melibatkan sejumlah kontraksi otot-otot dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan renang gaya dada mirip sekali dengan gerakan katak pada waktu berenang dan gaya dada merupakan salah satu gaya renang tertua (Sukintoko dan Sukarno. sedangkan kekuatan otot tungkai mempunyai peranan yang penting juga terhadap renang. .

Hubungan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya dada pada mahasiswa Penjaskesrek Fkip Unsyiah angkatan 2008.TUJUAN PENELITIAN Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :  Hubungan daya tahan terhadap kemampuan renang gaya dada pada mahasiswa Penjaskesrek Fkip Unsyiah angkatan 2008.   Kontribusi daya tahan dan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya dada pada mahasiswa Penjaskesrek Fkip Unsyiah angkatan 2008. .

MANFAAT PENELITIAN Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dan bahan masukan bagi :  Guru penjas dalam mengajar penjas disekolah  Pelatih/Pembina khususnya cabang olahraga renang  Peneliti sendiri dalam menambah wawasan keilmuan dalam bidang olahraga .

HIPOTESIS Hipotesis adalah jawaban sementara yang kebenarannya harus dibuktikan melalui penelitian atau secara empiris. Sesuai dengan pendapat di atas. . hipotesis ini pada hakikatnya tidak lain adalah jawaban sementara atau dugaan sementara dari masalah penelitian. maupun dalam memberikan penjelasan suatu gejala yang diteliti. Sudjana (1989:37) mengatakan bahwa : Hipotesis dalam penelitian banyak memberikan manfaat baik dalam proses dan langkah-langkah penelitian. maka yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat kontribusi yang berarti antara daya tahan dan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya dada pada mahasiswa Penjaskesrek Fkip Unsyiah angkatan 2008.

. Sedangkan pendekatan yang digunakan untuk menjawab permasalahan adalah pendekatan korelasional. semua anggota kelompok yang dipilih sebagai subjek penelitian diukur mengenai jenis variabel yang diselidiki.JENIS PENELITIAN Penelitian diskriptif tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang”. Arikunto (1991:27) berpendapat bahwa “dalam penelitian korelasional. kemudian dihitung untuk diketahui korelasinya . peneliti memilih individu-individu yang mempunyai variasi dalam hal yang diselidiki. jadi penelitian ini termasuk kedalam penelitian diskriptif jenis korelasional.

Adapun sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Penjaskesrek Fkip Unsyiah angkatan 2008 yang telah lulus mata kuliah renang dengan nilai A dan B. Sampel merupakan bagian dari populasi atau yang mewakili dari populasi. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling atau sampel bertujuan.POPULASI DAN SAMPEL Populasi adalah keseluruhan subjek yang akan diteliti. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Penjaskesrek Fkip Unsyiah. .

Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: • Tes daya tahan • Tes kekuatan otot tungkai • Tes renang gaya dada 20 m .

penulis menggunakan rumus rata-rata yang dikemukakan oleh Sudjana (1996:67) sebagai berikut : X  X Ket: x n X n = Nilai Rata-rata yang dihitung = Jumlah skor X = Jumlah sample penelitian Besarnya kontribusi satu variabel X dengan variabel Y dapat dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Sudjana (1989:369) sebagai berikut : Dimana : r r N N xy  N XY    X  Y  = Korelasi yang dihitung 2 2 2 Banyaknya 2   Y penelitian  X = X  N  Y sampeldan y = Jumlah product x      .Teknik Analisis Data Untuk menentukan nilai rata-rata.

Pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik F sebagaimana yang dikemukakan oleh Sudjana (1992:385) adalah sebagai berikut: F= R2 / k (1  R ) /(n  k  1) 2 Dimana : R = Koefisien korelasi ganda k = Jumlah variabel independent n = Jumlah sampel .

TERIMA KASIH Wassalamu’alaikum .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->