BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Televisi dapat disebut kotak televisi.

Televisi berasal dari kata tele (bahasa Yunani) yang berarti jauh dan visio (bahasa Latin) yang berarti penglihatan. Jadi, televisi adalah media telekomunikasi yang dapat dilihat dari jauh. Penemuan televisi merupakan penemuan yang mampu mengubah peradaban dunia seperti halnya penemuan roda. Televisi menjadi penemuan fenomenal sejak dikomersialkan pada tahun 1930-an. Televisi telah merubah cara orang mendapatkan hiburan dan informasi dengan gambar bergerak yang bisa disiarkan secara langsung. Pada awal perkembangannya, televisi dikembangkan oleh para insinyur yang terkagum-kagum dengan penemuan telepon. Para insinyur itu berpikir, bila suara bisa dikirimkan melalui kabel, gambar bergerak pun pasti bisa dikirimkan dengan kabel. Perlahan-lahan, para insinyur mewujudkan harapan orang untuk menyaksikan pengiriman gambar bergerak itu. Semakin canggih teknologi yang ditemukan, maka teknologi pada televisipun semakin canggih. Berbagai jenis tv sudah beredar di dunia dengan fasilitas pendukungnya yang bermacam-macam. Sekarang ini teknologi layar tv semakin sempurna. Baik LCD, Plasma, maupun CRT. Semua itu terus dikembangkan demi kenyamanan para pengguna tv.

1.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana sejarah terciptanya televisi? 2. Apa saja jenis televisi sesuai dengan sejarah perkembangan tv?

1.3 Tujuan Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan paper ini yaitu agar pembaca mengetahui sejarah teciptanya televisi dan berbagai jenis televisi dari zaman dahulu hingga saat ini.

1

Masa ini adalah awal komunikasi elektronik. yaitu menggunakan pantelegraf. seperti halnya suara. Pada waktu itu televisi berfungsi sebagai hiburan dan sumber informasi berupa berita. Dan. Televisi adalah sebuah penemuan yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu. Penggagas pertama yang menggunakan istilah televisi adalah Constatin Perskyl dari Rusia (1900). Televisi adalah sebuah teknologi yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi informasi di seluruh dunia. yang menggunakan mekanisme pemindaian pendulum.1 Sejarah Televisi Pada 1930-an. 2 . kotak televisi yang dijual pertama kali sudah berfungsi sebagai alat penerima komunikasi utama di dalam rumah. itu telah terbukti pada penemuan selanjutnya. Pada 1907. tidak lama setelah penemuan telepon. George Carey (1876) membuat selenium camera yang bisa membuat seseorang melihat gelombang listrik dan akhirnya disebut sinar katoda. menampilkan dan menyiarkan gambar visual. pertama kali mengirim gambar menggunakan sistem pemindaian gambar. Pada tahun 1878. Hal tersebut membuat para penulis fiksi ilmiah berpendapat bahwa suatu hari nanti cahaya juga akan dapat dikirimkan melalui medium kabel. yang kemudian dikembangkan pada akhir abad ke-19. gambar pertama yang berhasil dikirimkan secara elektrik adalah melalui mesin faksimile mekanik sederhana.BAB II PEMBAHASAN 2. dua orang yang bernama Campbell Swinton dan Boris Rosing melakukan percobaan terpisah menggunakan sinar katoda untuk mengirim sebuah gambar. perdagangan. Berikut perkembangan televisi. Pada tahun 1881. dan institusi. konsep pertama pengiriman gambar bergerak yang menggunkan daya elektrik adalah konsep gabungan telepon dan gambar bergerak atau teleponskop. Pada awal perkembangannya. Awal munculnya televisi tidak dapat dilepaskan dari penemuan hukum elektromagnetik oleh Joseph Henry dan Michael Faraday pada 1831. Sebelumnya. televisi adalah gabungan teknologi optik mekanik dan elektronik yang digunakan untuk merekam.

yaitu sebuah proses mengubah gambar visual menjadi arus gelombang elektrik. Televisi jenis ini merupakan perkembangan dari sistem siaran analog ke sistem digital. hampir setiap teknologi pengiriman gambar menggunakan teknik pemindaian gambar. Televisi digital. Pada 1995. maupun CRT. Sebuah lembaga RCA memperkenalkan layar LCD pertama pada 1968. Sekitar 1920. 2. yaitu alat yang berfungsi menangkap siaran TV digital. maka menghasilkan jenis-jenis televisi sesuai dengan waktu penemuan televisinya.2 Jenis-jenis Televisi Televisi analog. Televisi jenis ini menginformasikan gambar dengan cara memvariasikan frekuensi dari sinyal. Sejak saat itu. Pada 2000-an. 1. Konsep ini dinamakan perasteran. penyempurnaan layar teknologi dilakukan baik LCD.Televisi warna diciptakan oleh Peter Goldmark pada 1940. Berikut ini beberapa jenis televisi sesuai dengan perkembangan sejarah televisi. transmisi. Dari sejarah perkembangan televisi tersebut. seorang mahasiswa bernama Julius Paul Gottlieb Nipkow atau lebih dikenal dengan Paul Nipkow membuat karya. Plasma. serta penerimaannya 3 . TV Mekanik Ini merupakan cikal bakal lahirnya televisi. Larry Weber sukses menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. yaitu sebuah piringan metal kecil yang bisa berputar dengan lubang-lubang di dalamnya. termasuk televisi. Pada 1994. John Logie Baird dan Charles Francis Jenkins menggunakan piringan yang diciptakan oleh Nipkow tersebut untuk menciptakan sistem dalam penangkapan gambar.

David Sarnoff meramalkan bahwa TV elektronik mempunyai masa depan yang cerah dalam penjualan nantinya. Fransworth dan Zworykin mulai memancarkan siaran dengan menggunakan sistem yang sepenuhnya elektronik. 4 . baik dalam penyiaran maupun penerimaannya. Vladimir Kosmo Zworykin dan Philo T. TV Elektronik Pada 1920. Farnsworth berhasil membuat TV elektronik dengan biaya yang murah dan terjangkau oleh masyarakat. perkembangan TV elektronik agak tersendat karena harga TV mekanik lebih murah dibandingkan TV elektronik. sehingga kebanyakan orang beralih dari TV mekanik ke TV elektronik. Pada 1935. Namun. 2. Vladimir Zworykin mendapat bantuan dari Senior Vice President dari RCA (Radio Corporation of America). karena Vladimir Zworykin merupakan pakar yang ada di masa itu.dengan membuat seluruh sistem televisi berdasarkan sistem gerakan mekanik. yaitu David Sarnoff.

TV RCA Pada 1939. Oleh sebab itu. Pada 1953. NTSC (National Television Standards Commitee) memutuskan untuk mengadakan standardisasi sistem transmisi siaran televisi yang ada di Amerika. 5 . Gene Slottow menciptakan sistem komputer PLATO di Universitas Illinois pada tahun 1964. baik dalam sistem warna maupun hitam putih dan NTSC menjadikannya sebagai standar untuk siaran komersial. TV Berwarna Pada 1940. 5. Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi warna mencapai 343 garis. Hal itu dikembangkan oleh Larry Weber sehingga pada 1975 Larry Weber dari Universitas Illonis berhasil membuat tampilan plasma berwarna. 4. RCA dan Zworyskin meluncurkan program regular televisinya di New York dengan mendemonstrasikan program mereka secara besar-besaran dan mendapatkan sambutan luar biasa. RCA mulai membangun sistem berwarna yang mampu diterima. pada 1941.3. Bitzer dan H. Plasma Diplay TV Donald L.

TV ini disiarkan dengan format berbeda dengan TV biasa. Pada TV biasa formatnya 4:3.Larry W eber tidak berhenti begitu saja. TV Resolusi Tinggi Televisi ini atau disebut juga high-definition television (HDTV) merupakan standar televisi digital internasional. Agar dapat mengaksesnya. sedangkan pada HDTV 16:9. Beberapa Perkembangan Baru 1. 2. Ia terus berusaha mengembangkan proyek layar plasma ini sehingga pada 1995 Larry Weber berhasil menciptakan layar plasma yang stabil dan cemerlang. Televisi ini acaranya lebih beragam dari pada stasiun televisi lokal. 6 . hanya dilakukan dengan menggunakan akses koneksi internet pada komputer Anda. TV online merupakan situs yang memiliki tayangan video secara terkonsep dan dapat diakses secara bebas oleh publik. Televisi Internet Televisi jenis ini biasa disebut TV online (televisi daring).

4. 7 . Televisi ini sudah mencakup teknologi Smart TV. LCD TV Layar Datar LCD (Liquid Crystal Display) merupakan jenis media yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utamanya.3. Saat ini. 3D TV Televisi juga semakin canggih karena menyesuaikan dengan teknologi mutakhir. LG Cinema 3D Smart TV LW6500 merupakan salah satu jejak terakhir sejarah perkembangan televisi yang akan terus berkembang. LCD sudah mendominasi jenis tampilan komputer maupun notebook. salah satunya adalah televisi LG Cinema 3D Smart TV LW6500. koneksi yang tak terbatas ke seluruh layanan internet. layar LED 3D. kacamata 3D yang nyaman. Sepanjang sejarah peradaban manusia. dan remote control yang futuristik.

Ketika tayangan yang ada di televisi di lihat oleh seseorang yang tidak sesuai dengan usianya. ada sebuah tayangan untuk orang dewasa. dampak negatifnya juga ada. yaitu kita dapat dengan mudah mengetahui berbagai macam informasi penting di dunia ini. Sekarang ini. 3. Misalnya. tapi ada seorang anak kecil yang menontonnya.2 Saran Kritik dan saran sangat penulis harapkan demi perbaikan paper ini agar bisa menambah wawasan pembaca. 8 . serta sebagai media hiburan ketika kita sedang jenuh atau penat. Semua itu terus dikembangkan demi kenyamanan para pemakai televisi. teknologi layar televisi semakin sempurna. Televisi yang mudah di dapatkan tersebut mempunyai dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Dampak positifnya banyak.BAB III PENUTUPAN 3. maka teknologi pada televisi pun semakin canggih.1 Kesimpulan Semakin canggih teknologi yang ditemukan. maupun CRT. Baik LCD. Plasma. Berbagai jenis televisi sudah beredar di dunia dengan fasilitas pendukungnya yang bermacam-macam. Akan tetapi. Hal tersebut dapat berdampak negatif pada anak tersebut jika tidak diawasi atau didampingi.