Manggis dan Beragam Khasiatnya

Health Topics

Buah manggis telah lama dikenal sebagai buah yang nikmat dan
menyegarkan, memiliki kandungan serat yang tinggi, sekaligus berkhasiat menyembuhkan sariawan dan mengatasi demam. Dijuluki “Ratu Buah-buahan Tropis”, manggis yang dipercaya berasal dari daerah Kepulauan Maluku di Indonesia ini telah dikonsumsi oleh berbagai lapisan masyarakat sejak dulu. Bagian dari buah manggis yang diketahui sangat penting—selain daging buahnya yang mengandung serat-serat alami yang membantu proses pencernaan dan juga sejumlah nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh—adalah kulitnya yang berwarna keunguan. Memang, beberapa teknik pengobatan tradisional yang dikenal di kawasan Asia Tenggara menggunakan kulit manggis untuk mengobati macam-macam penyakit, mulai dari mengatasi diare dan disentri, mencegah infeksi, hingga mengurangi radang dan pembengkakan.

Khasiat kulit manggis yang spektakuler boleh jadi berasal dari kandungan xanthone, sejenis senyawa organik, yang ditemukan dalam konsentrasi sangat tinggi di dalamnya. Berdasarkan penelitian di berbagai negara, xanthone diyakini merupakan salah satu kelompok zat antioksidan yang paling kuat yang bisa ditemukan di alam.
Xanthone dalam kulit buah manggis dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita, antara lain:
 

Membantu memulihkan kondisi sel-sel yang rusak akibat radikal bebas Menurunkan kemungkinan terjadinya penyakit jantung, penumpukan plak dalam pembuluh darah, hipertensi, dan pembekuan darah secara berlebihan (thrombosis) Mencegah efek degeneratif sel-sel tubuh dan kepikunan Menyebabkan vasorelaksasi, sehingga meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh

 

Daging buahnya. Dapatkan segera dan pertahankan gaya hidup sehat Anda. memulihkan luka pada saluran pencernaan. pada buah manggis tidak ada yang dibuang. kulit buah manggis haruslah diproses terlebih dahulu agar dapat bermanfaat bagi tubuh. Dengan Karena tidak bisa dikonsumsi secara langsung seperti halnya dengan daging buahnya. . yang tersedia di portal ini. Tak heran. menghilangkan kelelahan fisik. keberadaan xanthone dalam tubuh kita tentunya akan membawa dampak yang baik dan menyehatkan. Penelitian terbaru dari kulit buah manggis adalah bahwa zat xanthone di dalamnya berpotensi mencegah penyebaran HIV yang menyebabkan AIDS. Berbeda dengan buah lainnya. bijinya sampai kulitnya bisa diekstrak menjadi makanan dan mninuman kesehatan kelas premium. Bahkan pada kulit manggis. dan sumber penyakit lainnya  demikian. memperhalus kulit. menurunkan kadar gula dalam darah. Di samping itu. antiradang. mengurangi rasa nyeri. karena memang kandungan gizi di dalam buah manggis memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. khasiatnya melebihi daging buahnya karena mengandung antioksidan peling tinggi. antialergi yang sangat kuat potensinya Meningkatkan kekebalan tubuh untuk memerangi virus. di tengah kondisi kehidupan modern di mana kita sering sekali terpapar radikal bebas dan bahan kimia dalam jumlah yang berlimpah dari apa yang kita hirup dan kita konsumsi. Kulit Manggis Buah manggis disebut juga queen of fruits atau ratunya buah. Melalui proses-proses yang alami dan berteknologi tinggi. mencegah terbentuknya batu ginjal. kini SidoMuncul telah menghadirkan ekstrak kulit manggis dengan kandungan xanthone yang bermanfaat di dalamnya melalui produk SidoMuncul Sari Kulit Manggis. mencegah pengeroposan tulang.  Menghadirkan efek antidepresan untuk mengurangi stres Memiliki efek antioksidan. bakteri. dan mencegah pendarahan pada gusi. antikanker. kulit manggis juga telah terbukti membantu melangsingkan tubuh.

Dan pencegahan yang paling bagus adalah dengan manggis. kulit buah manggis dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. Xanthone pada kulit buah manggis yang bermanfaat sebagai antioksidan adalah alpha mangostin dan gamma mangostin. Zat antioksidannya bahkan melebihi vitamin E. Dijelaskan Dr. alzheimer. kandungan xanthone yang tertinggi. Ir. yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. sodium dan zat besi. Kanker yang dapat diobati oleh antioksidan kulit manggis ini adalah kanker payudara.Si. . kanker lambung. garsinon. spingomyolinase dan gartanin. di dalam kulit manggis terdapat daya antioksidan luar biasa yang mampu menangkal radikal bebas. Kedua antioksidan ini berperan sebagai imunitas. Selain itu. hipertensi dan trombosis. aterosklorosis (plak di pembuluh darah). Xanthone adalah substansi kimia alami. antikanker. antivirus.97 mg/ml). Berbagai Penyakit Manggis dapat membantu menghancurkan semua penyakit di dalam tubuh dan memperbaiki sistem antibodi di dalam tubuh. M. potassium. sifat kulit buah manggis adalah antiproliferasi yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker. Raffi Paramawati. kanker darah (leukimia). Dengan kandungan xanthone yang tinggi (123. antidiabetes dan antiradang. dapat mendorong sel kanker untuk melakukan apoptosis atau pemusnahan sel kankernya. stroke. Xanthone memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung. Xanthone juga dikatakan sebagai antibakteri karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tubercolosis (TBC) dan Staphylococcus aureus (bakteri penyebab infeksi dan gangguan pencernaan). yaitu 40 persen. kanker dan lain-lain. Kulit buah manggis pun dapat dijadikan obat kemotherapi dan mengurangi dampak dari kemotherapi. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat manggis dikatakan sebagai antikanker. antibiotic (ampisilin dan minosin). kanker paru-paru. serta kalsium. B2 dan C. mangostin.Buah manggis kaya vitamin B1. kandungan antioksidan pada manggis lebih tinggi. Manggis juga mengandung xanthone. Radikal bebas ini masuk melalui makanan yang dikonsumsi dan menjadi penyebab utama penyakit jantung. dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian. kanker kolon (usus besar)dan kanker hati. Kulit buah manggis dipercaya sebagai obat untuk asma. antijamur. Dalam kulit buahnya. flavonoid. Pasalnya. epicatechin.

dan anti-depresi. serta mancegah macam-macam penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh. xamthone Inilah minuman kesehatan kelas premium. Mencegah atau membantu penyembuhan penyakit Jantung. kulit buah manggis juga dapat mencegah penuaan dini. tetapi untuk wanita hamil dengan usia kandungan di bawah 6 bulan tidak disarankan untuk mengonsumsinya. kandungan antioksidannya dapat memperbaiki sel kulit yang telah rusak. . obat diabetes. 2. Minumlah 30 s/d 60 ml (6 s/d 12 sendok makan) sebelum tidur. gigi juga rambut. Pasalnya. Untuk pencegahan. disentri. pneumonia.obat kencing manis dan masih banyak yang lainnya. Dengan minum Xamthone di malam hari membuat tidur nyenyak dan bangun segar bugar. Anda pun akan terlihat awet muda karena antioksidan super yang berfungsi menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh kita yang rusak dan menjadi lebih baik. Dengan Minum Xamthone bisa dijadikan sebagai obat kanker. 4. HIV. Manggis sangat baik bagi wanita. Xanthone pada kulit manggis pun dipercaya untuk membantu penurunan berat badan karena dapat menstimulasi beberapa lemak di dalam tubuh. diare. Aturan Minum : 1. minum pagi hari dapat menambah tenaga ekstra. Kulit buah manggis dapat menekan perkembangan virus HIV sehingga penyebaran virusnya tidak meluas ke sel-sel lainnya. membantu meningkatkan hormon pria dan wanita. osteoporosis. brain and anti aging (health. menurunkan kadar kolestrol. Untuk awet muda atau anti aging. Konsumsi ramuan atau jus kulit buah manggis dapat membuat kulit terasa lebih kencang dan bersih. konsumsilah manggis setiap har The Miracle of Nature Amazing juice for health. ANDA TIDUR BEKERJA UNTUK ANDA. parkinson. obat Kanker dan Diabetes. Selama masa penyembuhan dianjurkan minum air putih lebih banyak. Stroke. Jika kondisi lelah atau sakit minum 2 atau 3 X sehari. minimal 8 (delapan) gelas per hari. asam urat. brain and anti aging depend on what you eat and drink) 3 (Tiga) Keunggulan Utama 1. bisul. Selain untuk kesehatan. 3. 3. bronchitis. 2. 75 MANFAAT XAMthone Plus Mengkonsumsi Xamthone Plus dalam dosis yang tepat mampu memberikan kesehatan yang sempurna dan vitalitas.jerawat. Khasiat kulit manggis pun dapat dikatakan sebagai obat untuk mengobati ketegangan pada otot atau sendi. sariawan. membantu pertumbuhan dan merawat tulang.

6. Bisa mencegah salah satu penyakit radang usus besar (diverticulitis). Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok. 26. Alat bantu dari sinergi tubuh. 16. 5. Membantu penurunan berat badan. meningkatkan kegembiraan dan menaikkan stamina. 21. 33. Memperbaiki komunikasi antar sel. Menyembuhkan kerusakan urat syaraf. Alat bantu untuk mata. 34. 7. 8. 28. 25. Membantu menyembuhkan borok/bisul. 11. Membantu mencegah penyakit jantung. Mengurangi resistensi insulin. Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson). Kesehatan Jantung 18. Memperkuat pembuluh darah. Alat bantu sistem getah bening. Dan biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse). 10. Mengagalkan kerusakan DNA. 31. 17. Kesehatan Pencernaan 23. Menurunkan tekanan darah tinggi. Membantu menghindari penyakit kemerosotan pada otak (dementia & Alzheimer`s). Menambah energi. 15. Menyembuhkan peradangan. 27. Kandungan anti peradangan dari manggis dapat mengurangi sisik dan gatal pada penyakit kulit. Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin. 22. Meringankan penyakit kulit kemerah-merahan/bersisik (psoriasis). Dapat meringankan peradangan usus besar ataupun kecil yang dikenal dengan Crohn`s disease. Membuat Lebih Awet Muda 29. Menurunkan kolesterol LDL. 13. 24. Memperlambat proses penuaan.Kesehatan tubuh yang menyeluruh: 1. 3. Meringankan sakit akibat carpal tunnel syndrome (penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. 19. 4. 32. 30. 14. Membantu mencegah arteriosclorosis. 2. 12. 20. 35. Meringankan wasir. Meringankan syndrome kelainan usus besar (IBS). Membantu mengatasi penyakit GERD (penyakit kronik yang ditandai dengan mengalirnya asam lambung ke dalam kerongkongan). Membantu menyembuhkan luka. Memperkuat sistem kekebalan. Menghilangkan penyakit kulit kering bersisik kronis (neurodermatitis). Memperbaiki kerusakan dari penggunaan obat penghilang rasa sakit (NSAID). 36. Meredakan sakit akibat radang sendi. 9. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah (hypoglycemia). Membantu menghentikan diare. . Membantu mencegah batu ginjal.

43. Alat bantu tidur yang alami. pembengkakan paru-paru (emphysema). 41. ketegangan otot dan sendi. 72. Meringankan sakit perut. Sebagai obat pencuci perut yang lembut. 42. 44. Membantu meringkan penyakit asma. 39. 65. dan radang paru-paru (pneumonia). 50. Menghilangkan bekas gigitan. 70. 58. 57. Meringankan kesulitan buang air kecil. Menurunkan pembengkakan saat menstruasi. Menyembuhkan luka tenggorakan. Meringankan radang tenggorokan (bronchitis). Membantu mengurangi migran (sakit kepala sebelah). Membantu mencegah penyakit sistem syaraf pusat (multiple sclerosis). 67. Bekerja sebagai obat penghilang rasa sesak/mampat pada hidung (decongestant). 68. Membantu menyembuhkan sariawan. Meringankan keseleo. 55. 53. Menurunkan demam. Bisa mencegah gangguan hyperaktif dan kurang perhatian (ADHD) dan alergi makanan. Meringankan sakit akibat penyakit menurunnya kepadatan tulang/pengapuran tulang (osteoporosis). . terbakar dan keracunan. Membantu mencegah disentri. Mengatasi sesak nafas. 45. 46. Mengurangi sakit gigi. Bisa mencegah kanker. 40.Kesehatan Keluarga 37. Meminimalkan gejala sakit sebelum menstruasi (PMS). Mengatasi Penyakit 66. 62. Meringkan sakit pada otot. 60. Menurunkan efek samping ketidaktoleranan laktosa. Membantu mencegah infeksi paru-paru dan pernafasan kronis (cyctic fibrosis). 51. Menghilangkan jerawat dan cacat pada kulit. 48. 71. 38. Kesehatan Pria 54. ligamen. Membantu mencegah kemandulan. 52. 49. Meningkatkan mood dan menurunkan depresi. Alat bantu kesehatan otot dan sendi. 59. Kesehatan Anak-Anak 63. 69. Memberantas penyakit TBC. Meringankan gejala menopause. Mengatasi keracunan makanan. Kesehatan Wanita 56. 47. 64. 61. Membantu mencegah pembesaran prostat. Meringankan penyakit inflamasi kronik (peradangan menahun) yang menyerang struktur tulang belakang dan terutama sendi panggul (Ankylosing Spondylitis). Membentuk gigi dan tulang yang lebih kuat. Mencegah penyakit gusi. Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stess. 73. atau tendon (fibromyalgia).

75. Mencegah gejala yang berhubungan dengan penyakit lupus.74. Mengurangi penyakit lemas otot yang parah (Myasthenia Gravis). .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful