Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi

: Matematika : XI/1 : Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah

1
perbandingan

Kompetensi Dasar

: Menentukan dan menggunakan nilai trigonometri suatu sudut

Alokasi Waktu

: 7 × 45 menit (3 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menentukan perbandingan trigonometri suatu sudut ditentukan dari sisi-sisi segitiga siku-siku 2. Siswa dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut di berbagai kuadran

B. Materi Ajar 1. Perbandingan trigonometri 2. Perbandingan trigonometri di berbagai kuadran

C. Metode Pembelajaran 1. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan D. Langkah-langkah Kegiatan A. Kegiatan Pendahuluan 1. Berdoa dan salam pembuka . 2. Administrasi kelas (absensi siswa, kerapihan tempat duduk, dan kebersihan). 3. Apersepsi dan motivasi siswa. 4. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari nilai perbandingan trigonometri suatu sudut. 5. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai.

B. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbandingan trigonometri suatu sudut pada segitiga siku-siku. 2. Siswa bersama guru menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut pada segitiga siku-siku. 3. 4. 5. Siswa berfikir tentang materi/masalah yang disampaikan guru. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya

2

ELABORASI 1. Siswa diberikan tugas/latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. KONFIRMASI 1. Membahas tugas/latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskannya di depan. 2. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas/latihan soal dengan baik. C. Kegiatan penutup 1. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. 2. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa. 3. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. E. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat 2. Sumber Belajar

: Alat tulis pada umumnya. : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi nilai perbandingan trigonometri suatu sudut.

F. Penilaian 1. Indikator:   Menentukan perbandingan trigonometri suatu sudut ditentukan dari sisi -sisi segitiga siku-siku Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut di berbagai kuadran 2. Tehnik 3. Bentuk Instrumen 4. Contoh Instrumen NO : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis : Kunci Jawaban B Bobot Penilaian

3
Butir soal

12 1 A 16 D 5 C a. sin b. cos ABD = 20 BCD =

Perhatikan gambar di atas ini, kemudian tentukan nilai: a. sin b. cos Jika ABD BCD dan

sin α = 20 tg α =

2

, maka tentukan nilai dari sin α dan tg α ! Jika

,


sin α + sin β = 20

3

dan β sudut lancip, tentukan sin α + sin β! Jika

,


sin α + sin β = 20

4

dan β sudut lancip, tentukan sin α + sin β! Hitunglah nilai dari:

5 !

=

(√

√ )

20

Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi

: Matematika : XI/1 : Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah

4

Kompetensi Dasar Alokasi Waktu

: Mengkonversi koordinat kartesius dan kutub : 3 × 45 menit (1 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat memahami pengertian koordinat kartesius dan koordinat kutub. 2. Siswa dapat mengkonversi koordinat kartesius ke koordinat kutub atau sebaliknya sesuai prosedur dan rumus yang berlaku.

B. Materi Ajar 1. Koordinat kartesius dan kutub 2. Konversi koordinat kartesius dan kutub

C. Metode Pembelajaran 1. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan D. Langkah-langkah Kegiatan A. Kegiatan Pendahuluan 1. Berdoa dan salam pembuka . 2. Administrasi kelas (absensi siswa, kerapihan tempat duduk,kebersihan). 3. Apersepsi dan motivasi siswa. 4. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari koordinat kartesius dan koordinat kutub. 5. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai.

Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi operasi bilangan irasional. 3. 5. Membahas tugas/latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskannya di depan. Alat dan Sumber Belajar 1. 2. Siswa berfikir tentang materi/masalah yang disampaikan guru. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. Alat : Alat tulis pada umumnya.B. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas/latihan soal dengan baik. 2. 4. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. 3. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. 2. . C. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa. Siswa diberikan tugas/latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. KONFIRMASI 1. 5 E. 2. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya ELABORASI 1. Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai konsep sistem koordinat. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai koordinat kartesius dan koordinat kutub. Kegiatan penutup 1.

210°) ke dalam koordinat kartesius! 4 Ubahlah koordinat kartesius ( √ dalam koordinat kutub ) ke ( ( √ ) ) 25 √ ) ke ( ( Kunci Jawaban √ ) ) Bobot Penilaian 6 25 25 25 . Contoh Instrumen No 1 : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis : Butir Soal Ubahlah koordinat kutub (36. 120°) ke dalam koordinat kartesius ! 2 Ubahlah koordinat kartesius ( dalam koordinat kutub ! 3 Ubahlah koordinat kutub (48. Indikator:   Memahami pengertian koordinat kartesius dan koordinat kutub Mengkonversi koordinat kartesius ke koordinat kutub atau sebaliknya sesuai prosedur dan rumus yang berlaku 2. Tehnik 3. Bentuk Instrumen 4.F. Penilaian 1.

Tujuan Pembelajaran 1. 2. 4. 4. Metode Pembelajaran 1. . 3. Kooperatif (Think Pair and Share) Diskusi Tanya jawab Penugasan D. Kegiatan Pendahuluan 1. fungsi.kebersihan). 2. dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah 7 Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Menerapkan aturan sinus dan kosinus : 8 × 45 menit (3 pertemuan) A. kerapihan tempat duduk. Siswa dapat menggunakan aturan sinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga 2. Berdoa dan salam pembuka . 5. 2. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari aturan sinus dan kosinus. Apersepsi dan motivasi siswa. 3.Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI/1 : Menerapkan perbandingan. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. Siswa dapat menggunakan aturan kosinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga B. Langkah-langkah Kegiatan A. Materi Ajar 1. persamaan. Administrasi kelas (absensi siswa. Aturan sinus Aturan kosinus C.

KONFIRMASI 1. C. Siswa berfikir tentang materi/masalah yang disampaikan guru. : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi aturan sinus dan kosinus. Sumber Belajar : Alat tulis pada umumnya. 2. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya 8 ELABORASI 1. Membahas tugas/latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskannya di depan. 3. Siswa diberikan tugas/latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. Kegiatan penutup 1. 4. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. 2. 2. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai aturan sinus dan kosinus.B. E. Alat 2. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. 3. Alat dan Sumber Belajar 1. . Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas/latihan soal dengan baik. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan.

. 30° 25 Kunci Jawaban Bobot Penilaian 9 Pada segitiga ABC. 4 Segitiga ABC.. Contoh Instrumen No 1 : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis : Butir Soal Diketahui segitiga PQR. Tehnik 3..F.. jika √ 3 Segitiga PQR. 105° maka √ √ 25 25 . 25 . Indikator:   Menggunakan aturan sinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga Menggunakan aturan kosinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga. panjang . Panjang sisi b = . Bentuk Instrumen 4. Penilaian 1. 2.. Panjang sisi q = .. panjang . dengan sisi √ maka besar 2 .

5. fungsi. Siswa dapat menghitung luas segitiga dengan menggunakan rumus luas segitiga B. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. Kooperatif (Think Pair and Share) Diskusi Tanya jawab Penugasan D. 4. Metode Pembelajaran 1. Tujuan Pembelajaran 1. 2. dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Menentukan luas suatu segitiga : 5 × 45 menit (2 pertemuan) A. Materi Ajar 1.Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI/1 : 10 Menerapkan perbandingan. 4. 3. . Luas segitiga C. 3. kerapihan tempat duduk. Langkah-langkah Kegiatan A. Kegiatan Pendahuluan 1. Berdoa dan salam pembuka . Apersepsi dan motivasi siswa. 2. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari luas segitiga. Siswa dapat menentukan rumus luas segitiga. Administrasi kelas (absensi siswa. 2. persamaan.kebersihan).

Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi luas segitiga. Membahas tugas/latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskannya di depan. Siswa menyebutkan rumus luas segitiga.B. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. 2. 5. 2. Siswa diberikan tugas/latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. Kegiatan penutup 1. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. 11 Siswa bersama guru menemukan beberapa rumus luas segitiga yang terkait dengan fungsi trigonometri. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya ELABORASI 1. KONFIRMASI 1. 2. 3. C. E. Siswa berfikir tentang materi/masalah yang disampaikan guru. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. 2. 4. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa. . Alat : Alat tulis pada umumnya. 3. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas/latihan soal dengan baik. Alat dan Sumber Belajar 1.

Indikator:   Menentukan rumus luas segitiga.. Luas suatu segitiga ABC adalah 14 cm 2 ....F. Jika 5 lancip maka 30° 20 maka luas 20 . Luas segitiga 8 cm 2 20 Jika pada suatu segitiga ABC diketahui 4 √ segitiga ABC adalah . Bentuk Instrumen 4. Sebuah segitiga PQR dengan memiliki luas ... Diketahui sebuah segitiga ABC dengan 2 20 3 ABC tersebut adalah . Tehnik 3. Contoh Instrumen No Jika 1 segitiga ABC adalah .. .. Menghitung luas segitiga dengan menggunakan rumus luas segitiga : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis : 12 Butir Soal Kunci Jawaban maka luas 12 cm 2 √ Bobot Penilaian 20 2. Penilaian 1.

Materi Ajar 1. Penugasan D. Tujuan Pembelajaran 1. 5. Langkah-langkah Kegiatan A. persamaan. Kegiatan Pendahuluan 1. Rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut C. Siswa dapat menggunakan rumus trigonometri selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal. 2. kerapihan tempat duduk. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. Metode Pembelajaran 1. Siswa dapat menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut untuk menyelesaikan soal.Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI/1 : 13 Menerapkan perbandingan. Tanya jawab 4. 2. 3. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut. . Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. Administrasi kelas (absensi siswa. Apersepsi dan motivasi siswa. Diskusi 3. fungsi. B.kebersihan). Berdoa dan salam pembuka . 4. dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut Alokasi Waktu : 7 × 45 menit (3 pertemuan) A.

Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa.B. 2. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Membahas tugas/latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskannya di depan. Kegiatan penutup 1. Alat dan Sumber Belajar 1. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. E. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya ELABORASI 1. C. 14 Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas/latihan soal dengan baik. . 2. Alat : Alat tulis pada umumnya. Siswa diberikan tugas/latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. 2. Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut. 3. Siswa berfikir tentang materi/masalah yang disampaikan guru. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. 2. 4. 3. KONFIRMASI 1.

c.. d. Indikator:   15 : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis : Butir Soal Kunci Jawaban Bobot Penilaian Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut untuk menyelesaikan soal... c. ( (√ (√ √ ) √ ) e. Penilaian 1. Menggunakan rumus trigonometri selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal 2. b. (√ √ adalah . (√ √ ) d 10 Bentuk a. √ √ ) senilai dengan . √ ) c. Contoh Instrumen No Nilai dari 1 a. 6 ( √ ( √ adalah . Nilai dari 3 a. (√ ( √ √ ) e. √ c 10 Nilai dari 4 a. √ ) c.. e.. (√ √ ) e. √ √ e. d. √ b. √ ) e 10 (√ √ ) c 10 Rumus jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus .. 2 b. b. c.F. Tehnik 3. ( √ ( √ adalah . b.. (√ √ ) d 10 Nilai dari 5 a. √ ) d. e 10 adalah .. √ ) d. Bentuk Instrumen 4. √ ) d...

10 a. 2 Hasil dari 8 a. 1 b.berikut ini adalah benar. a.... e.. b. 4 adalah . e.. 0 d. d.. √ jika dinyatakan dalam c.. 5 a 10 ( ( ( ( ( – ) ) ) ) ) 16 Bentuk bentuk selisih atau jumlah sinus adalah . c. Hasil dari adalah . √ √ c. 0 d. – 1 e 10 a 10 .. 9 b. e.. e. 3 d. b. Hasil dari 7 a. d. KECUALI . c. e. √ b 10 ( ( ( ( ( ) ) ) ) ) adalah .. c. a. 1 b.

. 2. 3. 3. fungsi.Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI/1 : 17 Menerapkan perbandingan. 2. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai.kebersihan). Identitas trigonometri Persamaan trigonometri C. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari operasi pada bilangan irasional. Tujuan Pembelajaran 1. Berdoa dan salam pembuka . 4. 5. 2. Langkah-langkah Kegiatan A. persamaan. B. 2. dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : menyelesaikan persamaan trigonometri : 5 × 45 menit (2 pertemuan) A. Metode Pembelajaran 1. kerapihan tempat duduk. Materi Ajar 1. Administrasi kelas (absensi siswa. 4. Siswa dapat menentukan penyelesaian persamaan trigonometri. Apersepsi dan motivasi siswa. Kooperatif (Think Pair and Share) Diskusi Tanya jawab Penugasan D. Kegiatan Pendahuluan 1. Siswa dapat menggunakan identitas trigonometri dalam menyederhanakan persamaan atau bentuk trigonometri.

Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa. 2. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas/latihan soal dengan baik. 3. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Alat dan Sumber Belajar 1. 4. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai konsep dan sifat-sifat bilangan irasional dan menyederhanakan bilangan irasional. Alat : Alat tulis pada umumnya. C. Siswa berfikir tentang materi/masalah yang disampaikan guru. KONFIRMASI 1. 18 Siswa menyebutkan ruang lingkup bilangan rasional dan operasi pada bilangan rasional. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. 5. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan.B. . 2. E. Kegiatan penutup 1. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya ELABORASI 1. 2. Membahas tugas/latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskannya di depan. Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi identitas trigonometri dan persamaan trigonometri. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. 2. Siswa diberikan tugas/latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. 3.

Bentuk Instrumen 4.. * * + 25 4 Himpunan penyelesaian dari persamaan untuk adalah .F. penyelesaian dari persamaan Jika maka himpunan 25 2 penyelesaian dari persamaan adalah ..... Contoh Instrumen No Jika 1 maka himpunan adalah ... Tehnik 3. Indikator:   19 : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis : Butir Soal Kunci Jawaban * + Bobot Penilaian Menggunakan identitas trigonometri dalam menyederhanakan persamaan atau bentuk trigonometri Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri 2. Penilaian 1. * + 25 Himpunan penyelesaian dari persamaan 3 √ untuk adalah . + 25 ..

Langkah-Langkah Kegiatan A. Penugasan D. 3. 3. 2. Diskusi 3. Siswa dapat memahami perbedaan konsep relasi dan fungsi 2. Materi Ajar Relasi dan Fungsi C. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi : 2 X 45 menit (1 pertemuan) A. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai konsep relasi dan fungsi. Metode Pembelajaran 1. Berdoa dan salam pembuka. dan kebersihan). Tanya jawab 4. 4. Siswa dapat memberikan pengertian umum mengenai relasi. . 5. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. 2. Administrasi kelas (absensi siswa. Apersepsi dan motivasi siswa. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari konsep relasi dan fungsi. kerapihan tempat duduk. Siswa dapat memahami jenis-jenis fungsi dan contohnya B.Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI / 3 20 : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi. B. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Kegiatan Pendahuluan 1. Siswa dapat memberikan contoh relasi. Tujuan Pembelajaran 1.

Alat tulis pada umumnya . ELABORASI 1. Siswa mendiskusikan masalah mengenai relasi dan fungsi dalam kelompok. Teknik : Kuis dan tes . 21 5. Memahami perbedaan konsep relasi dan fungsi 2. KONFIRMASI 1.4. C. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. Penilaian 1. Siswa diberikan tugas atau latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai jenis-jenis fungsi beserta contohnya. Indikator 1. Kegiatan Penutup 1. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas atau latihan soal dengan baik. 2. Alat : . 6. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. Alat dan Sumber Belajar 1. 2. E. Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi konsep relasi dan fungsi. F. 3. Memahami jenis-jenis fungsi dan contohnya 2. Membahas tugas atau latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskan di depan.infokus 2.

7. (0. (5. 3} dipetakan ke B oleh fungsi tentukan pasangan berurutan dari relasi tersebut! Jawaban Bobot penilaian ( ) : {(– 1. 5.4).1).6). Himpunan A = { – 1. 7. (4.1). 3} dipetakan ke B oleh fungsi tentukan himpunan daerah hasilnya (range)! Jawaban Bobot penilaian : range = B = {– 1. 4. 17} : 25 3.17)} : 25 ( ) ( ) 4.7)} : 25 2. (3. 4. Himpunan A = { – 1. Diketahui A = {1. (2.– 1). (3. Contoh Instrumen : Pertanyaan tertulis : 22 1. Relasi A dan B dinyatakan oleh fungsi “a dua kurangnya dari b”. 8}. 2. 0. Tentukan pasangan berurutannya! Jawaban Bobot penilaian : {(1. Bentuk Instrumen 4. 5} dan B = {3. 6. tentukan rumus fungsi ( )! Jawaban Bobot penilaian . 3. 2. (1. 2. 1.3. Jika dengan : ( ) : 25 dan .7). 1. 0.3). (2. 1.5).

3. 5. Materi Ajar. Kegiatan Pendahuluan 1. Penugasan IV. 1. Siswa dapat menentukan fungsi invers dari suatu fungsi linier II. Fungsi Linier dan grafiknya 2. A. 1.kebersihan). . Diskusi 3.Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI / 3 23 : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi. Metode Pembelajaran. Siswa dapat menggambar grafik fungsi linier. Langkah-Langkah Kegiatan. 4. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Menerapkan konsep fungsi linier : 5 X 45 menit (2 pertemuan) I. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. 3. 2. Berdoa dan salam pembuka. kerapihan tempat duduk. 1. 2. Invers fungsi linier III. Administrasi kelas (absensi siswa. Apersepsi dan motivasi siswa. Tujuan Pembelajaran. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari konsep fungsi linier. Tanya jawab 4. Siswa dapat menentukan persamaan fungsi linier jika diketahui koordinat titik atau gradien atau grafiknya.

B. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa. Kegiatan Inti EKSPLORASI 24 1. 4. Siswa mendiskusikan temuannya dalam kelompok.Alat tulis pada umumnya . Siswa dapat membuat grafik fungsi linier. Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi fungsi linier. ELABORASI 1. C. 2. 5. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. Membahas tugas atau latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskan di depan. 2. Siswa berfikir tentang masalah atau materi yang disampaikan guru. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. Alat : . 3. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas atau latihan soal dengan baik. . Kegiatan Penutup 1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai fungsi linier dan invers fungsi linier. Siswa diberikan tugas atau latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. 3. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. Alat dan Sumber Belajar 1. KONFIRMASI 1.Mistar Matematika 2. 2. V.

1)! Jawaban : m 1 = 2. Bentuk Instrumen 4. Menggambar grafik fungsi linier 25 : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis ! : gradien = m = – 2 : 20 dan b. Tentukan persamaan garis yang sejajar dengan garis melalui titik (2. Tentukan fungsi invers Jawaban Bobot penilaian : : 20 . m2 = = Persamaan garis lurus = Bobot penilaian : 30 ( ) dari fungsi ( ) ( ) ( ) ! 4. Indikator a. m 2 = m 1 = 2 Persamaan garis lurus = Bobot penilaian : 30 3.0) dan tegak lurus garis Jawaban ! : m1 = . Menetukan fungsi invers dari suatu fungsi linier 2. Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik (0. Tentukan grsdien dari persamaan Jawaban Bobot penilaian 2. Teknik 3. c. Contoh Instrumen : 1. Penilaian 1. Menentukan persamaan fungsi linier jika diketahui koordinat titik atau gradien atau grafiknya.VI.

Diskusi 3.Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI / 3 26 : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. 2. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari konsep fungsi kuadrat dan grafiknya. 1. Langkah-Langkah Kegiatan. Siswa dapat menggambar grafik fungsi kuadrat II.kebersihan). Metode Pembelajaran. Siswa dapat memberikan contoh fungsi kuadrat. Penugasan IV. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Siswa dapat membahas contoh fungsi kuadrat dan grafiknya. 3. persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Menggambar fungsi kuadrat : 5 X 45 menit (2 pertemuan) I. kerapihan tempat duduk. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. Berdoa dan salam pembuka. Siswa dapat menentukan titik potong grafik fungsi dengan sumbu koordinat. Tanya jawab 4. A. 4. 2. B. Tujuan Pembelajaran. Administrasi kelas (absensi siswa. sumbu simetri dan nilai ekstrim suatu fungsi 3. Apersepsi dan motivasi siswa. . 1. Materi Ajar : Fungsi kuadrat dan grafiknya III. Kegiatan Pendahuluan 1. 5.

Mistar Matematika 2. V. Membahas tugas atau latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskan di depan. Siswa diberikan tugas atau latihan soal mengenai materi yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. . Alat : . 3. Alat dan Sumber Belajar 1. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang telah dipelajari kepada siswa. 2.2. Siswa dapat membuat grafik fungsi kuadrat. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. 5. 3.Alat tulis pada umumnya . C. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. cara membuat grafik fungsi kuadrat. dan pemecahan masalahnya. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas atau latihan soal dengan baik. Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi fungsi kuadrat dan grafiknya. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai persamaan kuadrat. unsure-unsur utama dalam grafik fungsi kuadrat. Siswa mendiskusikan temuannya dalam kelompok. KONFIRMASI 1. 4. Kegiatan Penutup 1. 27 2. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. 6. Siswa berfikir tentang masalah atau materi yang disampaikan guru. ELABORASI 1.

0) dan 40 (5. (0. Penilaian 1. Indikator a. (1. 5) c. Titik potong sumbu y c.VI. Contoh Instrumen : No Butir Soal 1 Tentukan pemetaan untuk x = 2 dari fungsi kuadrat y = x 2 – 5x + 7 Dari fungsi kuadrat y = x 2 – 6x + 5 Tentukan : a. 0) b. Sumbu simetri d. Bentuk Instrumen : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis 28 Kunci Jawaban Bobot Penilaian 30 f(2) = 1 4. Titik Ektreem Lukislah Sketsa grafik fungsi y = x 2 – 6x + 5 2 a. Menggambar grafik fungsi kuadrat b. Teknik 3.4 3 30 . Titik potong sumbu x b. x = 3 d. Menententukan persamaan fungsi kuadrat 2. y = .

kerapihan tempat duduk. Tanya jawab 4. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari materi fungsi kuadrat dan grafiknya. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. Langkah-Langkah Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Siswa dapat menentukan nilai ekstrim suatu fungsi kuadrat. Tujuan Pembelajaran. Mengulang pemahaman siswa tentang fungsi kuadrat dan grafiknya. 3. B. Penugasan IV. Memeriksa Tugas sebelumnya 6. Materi Ajar : Fungsi kuadrat dan grafiknya III. Metode Pembelajaran. 2. Siswa dapat menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsur lainnya. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. 5. 2. Administrasi kelas (absensi siswa. persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Menerapkan konsep fungsi kuadrat : 5 X 45 menit (2 pertemuan) I. Diskusi 3.Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI / 3 29 : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi. 1. Siswa dapat menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan fungsi kuadrat. Apersepsi dan motivasi siswa 4. 1.kebersihan) 3. II. Kegiatan Inti EKSPLORASI . 7. Berdoa dan salam pembuka .

2. Alat/Bahan : . Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yan g telah dipelajari kepada siswa. 5. 3. Siswa berfikir tentang materi atau masalah yang disampaikan guru. V. VI. Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi fungsi kuadrat dan grafiknya. KONFIRMASI 1. 2. Penilaian 1. 2. Membahas tugas atau latihan soal bersama dengan mempersilahkan beberapa perwakilan dari kelompok untuk menuliskan jawaban dan menjelaskan di depan. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara menentukan 30 persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur -unsur lainnya dan cara menentukan nilai ekstrim suatu fungsi kuadrat. C. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. Kegiatan Penutup 1. Bersama memberi nilai positif kepada siswa yang telah maju menjawab dan menjelaskan tugas atau latihan soal dengan baik.Alat tulis pada umumnya . ELABORASI 1.. Siswa dapat menggambar grafik fungsi kuadrat. Siswa diberikan tugas atau latihan soal mengenai mat eri yang telah diajarkan untuk didiskusikan dalam kelompok. 3. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. Alatdan Sumber Belajar 1.1. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. Indikator : . Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. 4.Mistar Matematika 2.

Contoh Instrumen : Kuis dan tes : Pertanyaan tertulis : No Butir Soal Kunci Jawaban grafiknya y = x 2 – 2x – 8 Bobot Penilaian 1 Tentukan persamaan kuadrat yang melalui titik (-2. Bentuk Instrumen 4. 0) dan memotong sumbu y pada (-8. 0) dan (4. Menentukan nilai ekstrim dengan menggunakan fungsi kuadrat 31 2.1. 0) ! 2 3 Tentukan nilai ektrim dari fungsi y = x 2 – 2x – 10 ! y = – 11 Tentukan luas maksimum dari persegipanjang yang 36 cm 2 ukuran kelilingnya 24 cm ! 30 30 40 . Teknik 3. Menggambar grafik fungsi kuadrat melalui titik ekstrim dan titik potong pada sumbu koordinat 2.

Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Menentukan grafik fungsi eksponen jika diketahui unsur -unsurnya. B. . Langkah-Langkah Pembelajaran A. Berdoa dan salam pembuka . II. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat : 1. Metode Pembelajaran a. Siswa bersama dengan guru membahas pengertian fungsi eksponen. persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Menerapkan konsep fungsi eksponen : 2 X 45 menit (1 pertemuan) I. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. Kooperatif (NHT) b. Kegiatan Pendahuluan 1. 5.kebersihan) 3. Siswa bersama dengan guru membahas grafik fungsi eksponen. Penugasan IV. 3. Tanya jawab d. 2. Menerapkan konsep fungsi eksponen pada program keahlian. Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari fungsi eksponen dan grafiknya.Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI / 3 32 : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi. kerapihan tempat duduk. Membahas contoh fungsi eksponen dan grafiknya. Materi Pokok : Fungsi eksponen dan grafiknya III. 2. 4. Apersepsi dan motivasi siswa 4. 2. Administrasi kelas (absensi siswa. Menentukan persamaan grafik fungsi eksponen. Diskusi c.

Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. 5. Kegiatan Akhir 1. Teknik 3. Bersama memberi nilai positif kepada kelompok yang telah menyelesaikan masalah/latihan soal secara benar. Bentuk Instrumen 4.Mistar Matematika 2. 2. Penilaian 1. 3. 2. Indikator   : Menggambar grafikfungsi eksponen Menentukan persamaan fungsi eksponen jika diketahui grafiknya : Kuis dan Tes : Pertanyaan tertulis 2. 4. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. Siswa memdiskusikan temuannya dalam kelompok. C. KONFIRMASI 1. V.Alat tulis pada umumnya . Siswa berfikir tantang masalah atau materi yang disampaikan oleh guru. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang dipelajari kepada siswa. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. Contoh Instrumen : No Butir Soal Kunci Bobot . Alat/Bahan Sumber Belajar 1. Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi fungsi eksponen dan grafiknya. ELABORASI 33 1. VI. Membahas masalah/latihan soal bersama dengan mempersilahkan tiap kelompok menjelaskan ke depan kelas.3. Siswa menyelesaikan masalah atau latihan soal tentang grafik fungsi eksponen dan persamaan fungsi eksponen yang diberikan oleh guru secara berkelompok. Alat/Bahan : .

Kooperatif (NHT) 2. Diskusi 3. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat : 1. Tanya Jawab 4. dengan x adalah banyaknya hari waktu bekerja. Penugasan IV. Menentukan persamaan grafik fungsi logaritma 4. persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Menerapkan konsep fungsi logaritma : 3 X 45 menit (1 pertemuan) I. Metode Pembelajaran 1. Menerapkan konsep fungsi logaritma pada program keahlian II. Materi Pokok :Fungsi logaritma dan grafiknya III. Menentukan grafik fungsi logaritma 3. Membahas contoh fungsi logaritma dan grafiknya 2.Soal 1 Tentukan f(3) dari fungsi eksponen f(x) = 2 x – 1 Lukislah Grafik fungsi eksponen f(x) = 2 x Jika banyaknya produksi suatu barang mengikuti bentuk fungsi f(x) = 2 x + 1 Jawaban f(3) = 7 Penilaian 20 34 2 3 40 1024 unit 40 unit barang . Tentukan banyaknya produksi jika dikerjakan selama 9 hari ! Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI / 3 : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi. Langkah-Langkah Pembelajaran .

Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari fungsi logaritma dan grafiknya. 3. Kegiatan Akhir 1. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. KONFIRMASI 1. Siswa berfikir tentang materi/masalah yang disampaikan guru. 2. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan.kebersihan). 5. Apersepsi dan motivasi siswa. Bersama memberi nilai positif kepada kelompok yang telah menyelesaikan masalah/latihan soal secara benar. Administrasi kelas (absensi siswa. Membahas masalah/latihan soal bersama dengan mempersilahkan tiap kelompok menjelaskan ke depan kelas. ELABORASI 1. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang dipelajari kepada siswa.A. 35 2. 3. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. Siswa bersama dengan guru menentukan penyelesaian masalah dengan fungsi logaritma 4. B. 2. 6. Kegiatan Pendahuluan 1. C. Siswa bersama dengan guru membahas pengertian fungsi logaritmadan sketsa grafik fungsi logaritma 2. Berdoa dan salam pembuka . Siswa bersama dengan gurumenentukan fungsi logaritma beserta grafiknya 3. 5. Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. . kerapihan tempat duduk. 4. Siswa menyelesaikan masalah/latihan soal tentang fungsi logaritma dan grafiknya yang diberikan oleh guru secara berkelompok. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1.

Penilaian 1. Bentuk instrumen 4. Alat/Bahan Sumber Belajar 1. Indikator    : Mendeskripsikan fungsi logaritma sesuai denganketentuan Menguraikan sifat-sifat fungsi logaritma Menggambar grafik fungsi logaritma : Kuis dan Tes : Pertanyaan tertulis : Kunci Jawaban Bobot Penilaian 2. VI. Soal Butir Soal 1 Tentukan f(3) dari fungsi logaritma f(x) = log f(3) = 1 (2x + 4) ! 30 30 2 Lukislah grafik fungsi f(x) = 2 log x ! 6 3 Beban tambahan biaya dari lamanya sebuah ribu/hari kerja mesin ditentukan dengan f(x) = 2 log (5x + 4 ) ribu/hari dengan x lamanya kerja mesin.Alat tulis pada umumnya . Teknik 3. Contoh instrumen No. Tentukan beban tambahan biaya kerja mesin jika telah bekerja selama 12 hari ! 40 .Mistar Matematika 2. Sumber Belajar 36 : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi fungsi logaritma dan grafiknya. Alat/Bahan : .V.

Guru menjelaskan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah mempelajari fungsi trigonometri dan grafiknya. Kegiatan Inti EKSPLORASI 1. Kooperatif (NHT) Diskusi Tanya jawab Penugasan : IV. persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat Kompetensi Dasar Alokasi Waktu : Menerapkan konsep fungsi trigonometri : 3 X 45 menit (1 pertemuan) I. kerapihan tempat duduk. Siswa bersama dengan guru membahas pengertian fungsi trigonometri dan grafik fungsi trigonometri . 4. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. 2. 2. Berdoa dan salam pembuka . Metode Pembelajaran 1. Apersepsi dan motivasi siswa 4. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1.kebersihan) 3.Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi : Matematika : XI / 3 37 : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi. Langkah-Langkah Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. 3. 5. Administrasi kelas (absensi siswa. Menerapkan konsep fungsi trigonometri pada program keahlian II. Menentukan grafik fungsi trigonometri 3. Menentukan persamaan grafik fungsi trigonometri 4. Membahas contoh fungsi trigonometri dan grafiknya 2. Materi Pokok :Fungsi trigonometri dan grafiknya III. B.

Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan dari semua pembahasan dan diskusi yang telah dilakukan. Guru menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkan hal yang mungkin dibutuhkan. Siswa berfikir tentang materi/masalah yang disampaikan guru. 2. Alat/Bahan : . VI. Bentuk Instrumen . KONFIRMASI 1. Siswa bersama guru memberikan contoh pemecahan masalah fungsi trigonometri 3. 3. Guru memberikan beberapa pertanyaan ulasan materi yang dipelajari kepada siswa. 5. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok. Indikator   : Mendeskripsikan fungsi trigonometri sesuai dengan ketentuan Menggambar grafik fungsi trigonometri : Kuis dan Tes : Pertanyaan tertulis 2.Alat tulis pada umumnya . Bersama memberi nilai positif kepada kelompok yang telah menyelesaikan masalah/latihan soal secara benar. Penilaian 1. V. Siswa menyelesaikan masalah/latihan soal tentang fungsi trigonometri dan grafiknyayang diberikan oleh guru secara berkelompok. C. 4. ELABORASI 1. Kegiatan Akhir 1. Alat/Bahan Sumber Belajar 1. Teknik 3.Mistar Matematika 2. Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.2. Membahas masalah/latihan soal bersama dengan mempersilahkan tiap kelompok menjelaskan ke depan kelas. 38 2. Sumber Belajar : Buku Paket Matematika XI SMK dan buku lain yang sesuai dengan materi fungsi trigonometri dan grafiknya.

. Siswadapatmenunjukkan pola bilangan dari suatu barisan dan deret. Soal Butir Soal : Kunci Jawaban Bobot Penilaian 39 1 1 Tentukan f(  ) dari f(x) = Sin x 4 1 2 2 30 2 Lukislah sketsa grafik fungsi f(x) = Cos x 30 3 Jika energi yang dibutuhkan untuk menaikan 25 barang seberat m dengan bidang miring ditentukan dengan f(x) = m. barisandanderetbilangan : 8 X 45 menit (4 pertemuan) I. tentukan energi yang dibutuhkan untuk menaikan barang seberat 50 kg dengan bantuan bidang miring bersudut 30 o ! 40 MataPelajaran Kelas/Semester StandarKompetensi : Matematika : XI / 3 : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah KompetensiDasar AlokasiWaktu : Mengidentifikasipola. Sin x . TujuanPembelajaran. Contoh Instrumen No. 1.4.

Kooperatif (Think Pair and Share) 2. A.Pola bilangan. 2. barisan. Administrasi kelas (absensi siswa. 3. Siswa dapat membedakan pola bilangan. kerapihan tempat duduk. 4. Diskusi 3. Berdoa dan salam pembuka . Guru menyampaikanmateridankompetensi yang ingindicapai. B. Langkah-Langkah Kegiatan. dan deret. sertanotasi sigma. Guru menjelaskanhal-hal yang diharapkandapatdicapaisiswasetelahmempelajaripolabilangan. barisandanderet. 40 II. Siswamendiskusikanhasiltemuannyadalamkelompok. barisan. 5. Tanya Jawab 4. Notasi Sigma III. Kegiatan Pendahuluan 1. 1. Siswamendengarkanpenjelasan untukmenuliskanderetbilangan. 1. Tiapkelompokmengemukananhasildiskusinya. KegiatanInti EKSPLORASI 1. 3. Siswamendengarkanpenjelasan guru mengenaipolabilangansuatubarisandanderetsertaperbedaanbarisandanderet. dan deret 2. Siswa dapat menuliskan suatu deret dengan notasi sigma. gurumengenainotasi sigma . Metode Pembelajaran. 5. 2.2. Apersepsi dan motivasisiswa. Penugasan IV.kebersihan) 3. 4. Siswaberfikirtentangmateriataumasalah yang disampaikan guru. MateriAjar.

2. barisan. danderetsertanotasi sigma barisan. KegiatanPenutup 1. Bersamamemberinilaipositifkepadasiswa telahmajumemjawabdanmenjelaskantugasataulatihansoaldenganbaik. Siswadiberikantugasataulatihansoalmengenaimateri telahdiajarkanuntukdidiskusikandalamkelompok. BentukInstrumen : Kuis dan tes :Pertanyaantertulis . Guru bersamadengansiswamenarikkesimpulandarisemuapembahasandandiskusi yang telahdilakukan. 3. Guru memberikanbeberapapertanyaanulasanmateri yang dipelajarikepadasiswa. Penilaian 1. 2. Indikator :  Mengidentifikasi pola bilangan. C. AlatdanSumberBelajar 1.MistarMatematika 2. SumberBelajar : BukuPaketMatematikaSMK kelas XIdanbuku lain yangsesuaidenganmateripolabilangan.Alat tulispadaumumnya . VI.ELABORASI 1. dan deret berdasarkan ciri -cirinya  Menyederhanakan suatu deret dengan menggunakan notasi Sigma 2. Alat : . Membahastugasataulatihansoalbersamadenganmempersilahkanbeberapape rwakilandarikelompokuntukmenuliskanjawabandanmenjelaskannyadidepa n. Teknik 3. Guru menjelaskanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnyadanmemintasisw amempersiapkanhal yang mungkindibutuhkan. 41 yang yang KONFIRMASI 1. V.

. 15. 7. 7... 13... b... 24. 4.. 4. 19. . ..... 3.. 12. 6. 2 n 1 + 4 + 20 7 + 10 + 13 48. 3. Contoh Instrumen No Butir Soal : Kunci Bobot 42 Jawaban Penilaian 1 Tentukanduasukuberikutnyadaribarisanbilanganberikut a... 16. a..4.. 3n + 30 1 b... . 9. . 96 2 Tentukanrumussukuke n daribarisanberikut a. .. 30  3i  2 i 1 5 4 Tuliskanderetbilanganberikutdalamnotasi sigma 2 + 8 + 14 + 20 + 26 + 32 + 38  6i  4 i 1 7 20 MataPelajaran Kelas/Semester : Matematika : XI / 3 . 10.... 3 Jabarkannotasi sigma sebagaiberikut : a.... 1.... 23 b. 11. b... ..

Guru menyampaikanmateridankompetensi yang ingindicapai. 1. Siswa dapat menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan deret aritmatika II. MateriAjar . Administrasi kelas (absensi siswa. Apersepsi dan motivasisiswa. Siswa dapat menjelaskan barisan dan deret aritmatika 2. Barisan dan deret aritmatika 2. Jumlah n suku suatu deret aritmatika III.StandarKompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah KompetensiDasar AlokasiWaktu : Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika : 10 X 45 menit (5 Pertemuan) 43 I. A. MemeriksaTugasterdahulu. 1. TujuanPembelajaran. 2. Ceramah 3. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. 4.kebersihan). 5. 3. Tanya jawab 5. Siswa dapat menentukan suku ke n suatu barisan aritmatika 3. Guru menjelaskanhal-hal yang diharapkandapatdicapaisiswasetelahmempelajaribarisandanderetaritmatika. kerapihan tempat duduk. Metode Pembelajaran. 1. 6. Suku ke n suatu barisan aritmatika 3. Diskusi 4. Langkah-Langkah Kegiatan. Siswa dapat menentukan jumlah n suku suatu deret aritmatika 4. Kegiatan Pendahuluan 1. Penugasan IV. Berdoa dan salam pembuka . .

Guru bersamadengansiswamenarikkesimpulandarisemuapembahasandandiskusi yang telahdilakukan. Guru menjelaskanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnyadanmemintasisw amempersiapkanhal yang mungkindibutuhkan. yang KONFIRMASI 1. 6. Membahastugasataulatihansoalbersamadenganmempersilahkanbeberapaper wakilandarikelompokuntukmenuliskanjawabandanmenjelaskannyadidepan. . Siswamendiskusikanhasiltemuannyadalamkelompok. Siswamemperhatikanpenjelasan guru 44 tentangcaramenentukansukuke -n guru barisanaritmatikadanmenentukanjumlah n sukuderetaritmatika. Guru memberikanbeberapapertanyaanulasanmateri yang dipelajarikepadasiswa. 4. 2. yang C. KegiatanInti EKSPLORASI 1. 3. Siswaberfikirtentangmateriataumasalah yang disampaikan guru. 5. 3. Bersamamemberinilaipositifkepadasiswa telahmajumemjawabdanmenjelaskantugasataulatihansoaldenganbaik.B. Siswamendengarkanpenjelasan gurumengenaipengertianbarisandanderetaritmetika. Siswadiberikantugasataulatihansoalmengenaimateri telahdiajarkanuntukdidiskusikandalamkelompok. Siswamemperhatikanpenjelasan tentangcaramenentukanpenyelesaianmasalahdenganmenggunakanbarisand anderetaritmetika. ELABORASI 1. 2. Tiapkelompokmengemukakanhasildiskusinya. KegiatanPenutup 1. 2.

000 200. Alat/Bahan 2..000 rupiah rupiahdengantabunganawalnya rupiahmakaberapatabungan Adi setelahsetahun ! . BentukInstrumen 4. 7. ContohInstrumen No ButirSoal :KuisdanTes :PertanyaanTertulis : KunciJaw aban BobotP enilaia n 1 2 3 Tentukanrumussukuke 101 daribarisan 3. AlatdanSumberBelajar 1. . 8. Tentukanjumlah 50 sukubarisan 4. 6. Indikator:   Menentukannilai suku ke-n suatu barisan aritmatika denganmenggunakan rumus Menentukan jumlah n suku suatu deret aritmatika dengan menggunakan rumus 2. Teknik 3.000 750. . Penilaian 1... 5.. VI. Jika adi menabungsetiapbulan 203 2650 30 30 40 50.Alat tulispadaumumnya : BukuPaketMatematikaSMK kelas XI danbuku 45 lain yangsesuaidenganmaterikonsepbarisandanderetaritmatika. SumberBelajar : ...V....

Berdoa dan salam pembuka . TujuanPembelajaran. Administrasi kelas (absensi siswa.MataPelajaran Kelas/Semester StandarKompetensi : Matematika : XI / 3 : Menerapkan konsep barisan dan deret 46 dalam pemecahan masalah KompetensiDasar AlokasiWaktu : Menerapkan konsep barisan dan deret geometri : 12 X 45 menit (6 Pertemuan) I. kerapihan tempat duduk. Suku ke-n suatu barisan geometri 3. Jumlah n suku suatu deret geometri 4. Penugasan IV. Kegiatan Awal 1. Siswa dapat menentukan suku ke-n suatu barisan geometri 3. 1. Siswa dapat menjelaskan deret geometri tak hingga 5.kebersihan). . Deret geometri tak hingga III. 1. Metode Pembelajaran. Tanya jawab 4. Diskusi 3. Langkah-Langkah Pembelajaran A. Siswa dapat menentukan jumlah n suku suatu deret geometri 4. Kooperatif (Think Pair and Share) 2. 2. Siswa dapat menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan deret geometri II. MateriPokok . Barisan dan deret geometri 2. 3. Siswa dapat menjelaskan barisan dan deret geometri 2. Apersepsi dan motivasisiswa. 1.

5. 2. . Siswadiberikantugasataulatihansoalmengenaimateri telahdiajarkanuntukdidiskusikandalamkelompok. KegiatanInti EKSPLORASI 1. Guru memberikanbeberapapertanyaanulasanmateri yang dipelajarikepadasiswa. yang yang C.4. 2. Siswamemperhatikanpenjelasan guru tentangcaramenentukansukuke -n barisangeometridanmenentukanjumlah n sukuderetgeometri. Guru menjelaskanhal- halyangdiharapkandapatdicapaisiswasetelahmempelajaribarisandanderetgeo metri. Membahastugasataulatihansoalbersamadenganmempersilahkanbeberapape rwakilandarikelompokuntukmenuliskanjawabandanmenjelaskannyadidepa n. 3. 5. Guru menyampaikanmateridankompetensiyangingindicapai. Siswaberfikirtentangmateriataumasalah yang disampaikan guru. Tiapkelompokmengemukakanhasildiskusinya. Siswamendengarkanpenjelasan mengenaibarisandanderetgeometrisertaperbedaaannyadenganderetaritmati ka. Siswamemperhatikanpenjelasan guru tentangcaramenentukanpenyelesaianmasalahdenganmenggunakanbarisand anderetgeometri. 47 guru B. KONFIRMASI 1. KegiatanPenutup 1. 4. Guru bersamadengansiswamenarikkesimpulandarisemuapembahasandandiskusi yang telahdilakukan. Bersamamemberinilaipositifkepadasiswa telahmajumemjawabdanmenjelaskantugasataulatihansoaldenganbaik. 2. 6. ELABORASI 1. Siswamendiskusikanhasiltemuannyadalamkelompok.

demikianseterusnya... Penilaian 1.. AlatdanSumberBelajar 1. Guru menjelaskanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnyadanmemintasis wamempersiapkanhal yang mungkindibutuhkan. Menentukannilai suku ke-n suatu barisan geometri dengan menggunakan rumus 2. SumberBelajar : .. Indikator: 1. ! 4 Didalamsebuahsegitigasamasisi buatsegitigasamasisilain titiksudutnyaterletakpadatengahtengahtiapsisi. Alat 2.3. Teknik 3. BentukInstrumen 4. 48 lain V. Menentukanjumlah n suku suatu deret geometri dengan menggunakan rumus 3. ABC : 243 2 suatu deret geometri dengan :Kuisdantes :PertanyaanTertulis : KunciJawaban BobotPenilaian 11 3072 3 20 6 1820 5 30 20 di 48 3 yang 30 . ContohInstrumen No ButirSoal 1 Tentukansukuke daribarisangeometridengansukuawal danrasionya 2 ! 2 Tentukanjumlah sukuderetgeometridengansukuawal danrasionya 3 ! 3 Tentukanjumlahtakhinggaderetgeometri 81 + 27 + 9 + . VI..Alat tulispadaumumnya.. : BukuPaketMatematika XI SMK danbuku yangsesuaidenganmateribarisandanderetgeometri.. Menentukan jumlah suku tak hingga menggunakan rumus 2..

Tentukanjumlah luas yang terjadi jika segitiga ABC sisinya 12 cm ! 49 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful