EKOSISTEM
Unit of Sustainability

ORGANISASI KEHIDUPAN
BIOSFER EKOSISTEM KOMUNITAS POPULASI
ORGANISME
(INDIVIDU)

Species keseluruhan populasi yang apabila dipetemukan antara satu dengan yang lainnya dapat berkembang biak dan menghasilkan keturunan yang subur (fertil).

Keberlangsungan faktor biotik dalam ekosistem: • Reproduktif : mampu menghasilkan keturunan melalui perkawinan.INDIVIDU Individu merupakan organisme tunggal suatu species. → mencari makanan → membuat tempat tinggal → migrasi ke tempat yang lebih baik → mencari jodoh . Contoh: Seekor kuda. seekor kucing. sebatang pohon pinang. sebatang pohon mangga. dan seorang manusia. → Satuan (unit) tunggal species. • Adaptif : mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.

Species menyatakan individu-individu dari jenis tertentu.POPULASI sekelompok individu-individu dari species tertentu yg hidup di suatu areal tertentu.berada dalam populasi dan tempat yg berbeda .berada dalam populasi dan tempat yg sama atau . dapat … .

-Mahasiswa UIN SGD Bandung banyak yg menyewa rumah atau mengontrak tinggal di kec. .Padi tumbuh subur di sawah-sawah di Kabupaten Sumedang.POPULASI Contoh: . Cibiru dan kec. . .Penduduk kota Bandung dapat merasakan udara segar karena penghijauan kota. Cipadung.Harimau Sumatera masih banyak ditemui di hutanhutan provinsi Jambi.

Komunitas memiliki derajat keterpaduan yang lebih kompleks bila dibandingkan dengan individu dan populasi. semua organisme merupakan bagian dari komunitas dan antara komponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksinya. . Dalam komunitas.KOMUNITAS Kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain.

Komunitas tumbuhan dapat … . atau .membatasi (krn ketidakberadaannya) komunitas hewan.KOMUNITAS Species dalam suatu komunitas tergantung pada dan saling mendukung antara satu dan yg lainnya dalam berbagai macam cara.mendukung (krn keberadaannya). .

. Interaksi antara komunitas dan species lainnya. → the functional units of sustainable life on earth (satuan-satuan fungsional kehidupan yang sustainable di bumi) Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari ekosistem dengan interaksi yang terjadi antar organisme dan antara organisme dengan lingkungannya.EKOSISTEM Interaksi antara komunitas dan lingkungannya.

→Suatu eksosistem dapat beralih menjadi suatu ekosistem berikutnya melalui suatu transitional region yang dikenal sebagai ecotone. . Letak ekosistem yang satu berdampingan dengan yang lainnya. Contoh: areal rawa sering terbentuk di antara permukaan air terbuka di danau dan lahan kering. Ecotone ditempati oleh species-species yang distinctive (berbeda)/unik dengan ekosistem di sekitarnya.EKOSISTEM Sebuah ekosisten tidak pernal sepenuhnya terisolasi. Banyak species yang menempati dua atau lebih ekosistem pada waktu bersamaan.

EKOSISTEM Segala yang terjadi di dalam ekosistem akan berpengaruh terhadap ekosistem yang lain. ????? . Contoh: Hilang dan menciutnya hutan-hutan telah mengacaukan jalur migrasi dan berakibat penurunan drastis populasi burung penyanyi di Amerika Utara.

ada 2 jenis. but may look and act similar to species in other biomes. Berdasarkan pada iklim dan tipe tumbuhan di areanya. yaitu: 1.BIOMA Ekosistem-ekosistem yang serupa atau berhubungan dan membentuk jenis-jenis utama kelompok ekosistem. . Terrestrial Biomes (on land) 2. Ekosistem berkelompok/berinteraksi dalam cakupan yang lebih luas. Because of similar niches in each biome. Aquatic Biomes (in the water) The species that live in each biome are different.

dan organisme lainnya yang dominan hidup di tempat itu. Bioma merupakan wilayah utama yg karakteristiknya ditentukan oleh iklim.Ekosistem merupakan semua kehidupan dan faktor bukan kehidupan yang mempengaruhi organisme. Bioma disusun oleh beberapa individu ekosistem. tipe tanah. hewan. . dan tumbuhan.

Cold Desert .Cold Temperate forest .Hot Taiga .Hot Chaparral .Hot Polar ice .Moderate Tropical savanna .Cold .Moderate Temperate Grassland .Tipe-tipe Bioma • • • • • • • • • • Mountains .Moderate Tropical rainforest .Moderate Tundra .

Dipengaruhi oleh letak lintang dan ketinggian di permukaan Bumi.IKLIM Rata-rata cuaca dalam waktu yang lama (± 30 tahun). . • Makin tinggi tempat → temperatur makin dingin • Makin jauh tempat dari ekuator ke arah kutub utara/kutub selatan → temperatur makin dingin • Sebagian besar makanan di Bumi Tumbuh diantara 30-60 derajat ke arah kutub utara dan kutub selatan dari ekuator.

Curah hujan dinyatakan dalam sentimeter dan digambarkan sebagai histogram. Temperatur dinyatakan dalam derajat Celcius dan digambarkan sebagai kurva halus.Klimatogram Gambaran (grafik) yang menunjukkan rata-rata temperatur dan curah hujan setiap bulan. .

TUNDRA .Dominan vegetasi lumut .Lama siang di musim panas relatif tetap .Musim pertumbuhan sangat pendek .Nampak rawa dan danau .Dominan vegetasi tumbuhan berdaun jarum (seperti cemara dan pinus) .Terdapat di iklim sedang belahan Bumi Utara .Terdapat di sekitar kutub utara dan kutub selatan TAIGA .

PADANG RUMPUT .Terdapat 4 tipe Deciduous forest Evergreen forest Temperate rain forest Mixed evergreen and deciduous forests. dan hujan jarang. sangat kering. .iklim dan sinar matahari sangat berpengaruh pada masing-masing musim. . Menutupi seperempat daratan di Bumi.HUTAN IKLIM SEDANG . Pohon deciduous : pohon yang berguguran daunnya.Terdapat 2 tipe Tropical grasslands Panas sepanjang tahun.Dominan ditumbuhi rumput dan kurangnya pepohonan . Temperate grasslands Dingin di musim dingin dan panas di musim panas.

• Memiliki musim kering dan basah. . dan pohon berduri. • Ditumbuhi rumput. semak belukar. • Tumbuhan dan hewan kebanyakan aktif selama musim basah.Savanna • Ditemukan dekat ekuator antara hutan hujan tropis dan gurun. • Banyak ditemukan hewan gembala.

Sering disebut “scrub” (semak belukar) . Tumbuh diantara hutan dan padang rumput. berduri tajam.Chaparral Bioma terkecil. atau antara gurun dan padang rumput Banyak pepohonan dan tumbuhan yang mempunyai daun keras/kasar. dan benjolan.

Filipina. Asia Selatan. Amerika tengah dan Amerika Selatan. over half of the world's plant and animal species live here.. Guinea Baru. Ditemukan di Afrika tengah. . Semua fit dalam 7 persen tanah di Bumi. Banyak species tumbuhan dan hewan yang hidup disini.Hutan Hujan Menutupi setengah permukaan Bumi.

Understory – tingkatan terendah. kebanyakan gelap. cahaya tidak sampai ke tanah. ditumbuhi lumut .Hutan Hujan Lapisan hutan: Emergent layer – pohon-pohon tertinggi yang terlihat dari atas. tanpa tanah. Canopy – bagian atas pohon-pohon normal Lower canopy – epifit – ditumbuhi tanaman yang tumbuh pada tumbuhan lain.

• Curah hujan kurang dari 25 cm tiap tahun. • Lokasinya sering di daerah bagian kering gunung.6 juta mil persegi permukaan Bumi. • Tumbuhan: kaktus. • Memiliki sedikit bahkan tak ada vegetasi.Gurun Pasir • Terdapat 8. • Hewan : tikus. kadal . wilchectsia. semak. • Tempat terkering di Bumi. ular.

Biosfer Ekosistem global →semua species yang ada di Bumi ini dengan lingkungannya Faktor abiotik utama Biosfer -temperatur -air -sinar matahari -angin -batuan dan tanah -gangguan cuaca periodik .

Peran faktor biotik dalam ekosistem: • tumbuhan berperan sebagai produsen • hewan berperan sebagai konsumen • mikroorganisme berperan sebagai dekomposer (pengurai). baik tumbuhan. manusia. hewan.Faktor Biotik Faktor hidup meliputi semua makhluk hidup di bumi. maupun mikroorganisme. Keberadaan tingkatan organisme dalam ekosistem: • saling berinteraksi • saling mempengaruhi • membentuk suatu sistem yang menunjukkan kesatuan .

padang rumput. . kolam. atau area yg belum terganggu. binatang. terumbu karang.LAPANGAN BIOTA Biotic community (komunitas biota) Sekelompok tumbuhan. dan mikroba yg kita amati saat kita melakukan studi di hutan.

Moncong Trenggiling bermoncong kecil dan lidah panjang dengan bergetah untuk menangkap semut/serangga. Paruh Elang memiliki paruh yang kuat dengan rahang atas yang melengkung dan ujungnya tajam untuk mencengkeram mangsanya. b. . Adaptasi Morfologi Penyesuaian bentuk tubuh untuk kelangsungan hidupnya. Gigi-gigi khusus Gigi hewan karnivora : empat gigi taring besar dan runcing untuk menangkap mangsa. c.Macam-macam Adaptasi 1. serta gigi geraham dengan ujung pemotong yang tajam untuk mencabik-cabik mangsanya. Contoh: a.

Akar Akar tumbuhan gurun kuat dan panjang. memiliki daun yang berbentuk piala dengan permukaan dalam yang licin sehingga dapat menggelincirkan serangga yang hinggap.d. e. .berfungsi untuk menyerap air yang terdapat jauh di dalam tanah. misalnya kantong semar. Daun Tumbuhan insektivora (tumbuhan pemakan serangga). Sedangkan akar hawa pada tumbuhan bakau untuk bernapas.

c. Adaptasi Fisiologi Penyesuaian fungsi fisiologi tubuh untuk mempertahankan hidupnya. . Perubahan warna ini dipengaruhi hormon dan suhu serta keadaan sekitarnya. Mimikri pada kadal Kulit kadal dapat berubah warna karena pigmen yang dikandungnya. b.2. a. Kelenjar bau Musang dapat mensekresikan bau busuk dengan cara menyemprotkan cairan melalui sisi lubang dubur. Kantong tinta Cumi-cumi dan gurita menyemprotkan cairan hitam bila musuh datang.

Setiap tahun. b. Pura-pura tidur atau mati Pura-pura tidur atau mati pada tupai Virginia yang sering berbaring tidak berdaya dengan mata tertutup bila didekati seekor anjing. Setelah menjadi lebih besar mereka bergerak ke bagian hilir dan akhirnya ke laut. Ikan ini hidup di laut. Saat di sungai. Adaptasi tingkah laku Adaptasi yang didasarkan pada tingkah laku. Telur yang telah menetas untuk sementara tinggal di air tawar.3. ikan salem jantan mengeluarkan sperma di atas telur-telur ikan betinanya. Migrasi Ikan salem raja di Amerika Utara melakukan migrasi untuk mencari tempat yang sesuai untuk bertelur. Setelah itu ikan dewasa biasanya mati. . ikan salem dewasa yang berumur empat sampai tujuh tahun berkumpul di teluk disepanjang Pantai Barat Amerika Utara untuk menuju ke sungai. Contoh: a.

Misalnya serangga terdiri atas macam-macam jenis yang bentuknya berbeda dan beranekaragam. lembab. udara atau api. Aristoteles (384-322 SM). Ajaran Aristoteles yang penting adalah pol a berpikir berdasar logika untuk mencari kebenaran. air. panas. Terjadinya transmutasi itu disebabkan oleh kondisi: dingin.Pola pikir manusia pada zaman Yunani Plato (427-345 SM) Menurut Plato keanekaragaman yang tampak ini sebenamya hanya suatu duplikat saja dari semua yang kekal dan immatrial. Dalam kondisi lembab dan panas hule akan berwujud sebagai api. . maka bila suatu ruang tidak terisi oleh suatu benda akan diisi oleh sesuatu yang immatrial yaitu ether. hanya merupakan salinan atau duplikat belaka yang tidak sempuma. Yang benar adalah idea serangga. Zat tunggal itu tergantung kepada kondisinya. dan kering. Aristoteles berpendapat bahwa tidak ada ruang yang hampa. Dia juga sebagai orang pertama yang menyusun klasifikasi hewan yang ada di muka bumi ini. sedang dalam kondisi kering dan dingin berwujud sebagai tanah. Bukunya yang berhubungan dengan unsur dasar alam ini menyebutkan adanya zat tunggal yang disebut Hule. sehingga dapat berwujud tanah.

api. . Pythagoras terkenal sebagai ahli Matematika dan penemu dalil: kuadrat sisi miring suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat kedua sisi-sikunya (c2 = a2 + b2). Sehubungan dengan Alam semesta dia berpendapat bahwa bumi adalah bulat dan berputar. terbentuk bulat. diam seimbang tanpa tiang penyangga. karena itu seolah-olah benda-benda Alam lainnya termasuk matahari mengelilingi bumi. udara dan air sebagaimana yang diungkapkan oleh orang-orang sebelumnya.Ptolomeus (127-151 M) Buah pikirannya yang penting tentang bumi. Pythagoras (500SM) Seorang yang berpendapat bahwa unsur dasar semua benda sebenamya adalah empat yaitu : tanah. Dalil ini terkenal sebagai dalil Pythagoras. Kecuali itu terkenal dengan pemyataannya bahwa jumlah sudut suatu segitiga adalah 1800 . sebagai pusat sistem tatasurya (geosentris).

Bagian yang terkecil itu disebut Atomos atau atom dan karena kecilnya tidak tampak oleh mata. Kedua tenaga itu yang dapat mempersatukan atau memisahkan unsur-unsur itu. Empedokles (480-430 SM). Merupakan orang menyempurnakan ajaran Pythagoras tentang empat unsur dasar yaitu : tanah. air.Demokritos (460-370 SM). tidak lagi seperti konsep Demokritos. udara. . maka pada suatu saat sampai pada bagian yang terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Seorang yang berpendapat tentang unsur-unsur dasar benda. bila suatu benda dibagi terusmenerus. Dia memperkenalkan tentang tenaga penyekat atau daya tarik-menarik dan daya tolak menolak. dan api. Istilah atom sampai saat ini masih dipakai dengan perubahan konsep.

bila suatu benda dibagi terusmenerus. Empedokles (480-430 SM). Merupakan orang menyempurnakan ajaran Pythagoras tentang empat unsur dasar yaitu : tanah. .Demokritos (460-370 SM). Bagian yang terkecil itu disebut Atomos atau atom dan karena kecilnya tidak tampak oleh mata. maka pada suatu saat sampai pada bagian yang terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Istilah atom sampai saat ini masih dipakai dengan perubahan konsep. tidak lagi seperti konsep Demokritos. Seorang yang berpendapat tentang unsur-unsur dasar benda. udara. Kedua tenaga itu yang dapat mempersatukan atau memisahkan unsur-unsur itu. Dia memperkenalkan tentang tenaga penyekat atau daya tarik-menarik dan daya tolak menolak. dan api. air.