Ecosystem : What are they and How do they work?

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka".
Q.S. Al-Imran (3) : 190-191

.Apakah fundamental natural processes (proses-proses alam yang mendasar) yang membuat kita semua dan organisme lain hidup? Kumpulan organisme hidup di dalam dunia (dijumpai didalam biosphere) berinteraksi antara satu dengan yang lainnya dan juga dengan lingkungan nonhidup (energi dan zat) yang melingkupi dunia ini disebut sebagai ecosphere .

Sustaining Life of Earth/Biosphere One-Way Energy Flow: All energy on earth comes from the sun (as high quality energy). Cycling of Matter: all matter moves via cyclic patterns. Returns into space as heat. Becomes low quality energy and radiates as heat. all matter on earth is essentially trapped here. . Moves through organisms by feeding interactions.

Aliran Energi dan Siklus Materi .

• Mengendalikan sistem-sistem iklim dan cuaca yang mendistribusikan panas dan air segar ke seluruh permukaan bumi. • Memasok energi untuk beberapa bakteri agar dapat men-synthesize (mengumpulkan dan menjadikan satu.Energi surya: • Menerangi. • Menghangatkan. mempersatukan) senyawasenyawa kimia yang membuatnya tetap hidup dan menjadi makanan untuk hampir seluruh organisme lain. . • Menggerakkan recycling bentukbentuk dasar zat. • Memasok energi untuk fotosintesis tumbuhan hijau.

serta permukaan bumi yang berbentuk tanah atau air. Sekitar 66 % energi suarya menghangatkan troposphere dan lahan. menguapkan air dan memutarkannya dalam ecosphere. Sekitar 23% diperangkap kebanyakan oleh tumbuhan hijau dan beberapa bakteri untuk membuat senyawasenyawa organik yang dibutuhkan sendiri serta organisme lain yang memakannya agar tetap dapat bertahan hidup. serta menjadikan adanya angin.Sekitar 34 % energi surya yang mencapai bagian terendah atmosfir (troposphere) segera dipantulkan balik ke angkasa oleh awan. zat-zat kimia. dan debu. .

Kebanyakan dari energi surya yang 66 % tidak terpantul kemana saja. dan kemungkinan menaikkan permukaan air laut rata-rata. nitrous oxide dan ozon. metan. . dan habitat-habitat kehidupan liar (wildlife). Efek rumah kaca yang diakibatkan oleh ini dapat merubah pola-pola iklim planet. CO2. Laju pada mana aliran panas melalui atmosfir ini dan kemudian ke angkasa dipengaruhi oleh keberadaan heat trapping gases (gas-gas yang dapat memperangkap panas) seperti uap air. namun ber-degradasi menjadi lower-quality infrared radiation (yang kita rasakan sebagai panas) pada saat dia berinteraksi dengan bumi. mengacaukan pola-pola pertumbuhan (tanaman) pangan. Kehidupan kita berdampak menambah kuantitas karbondioksida yang cukup banyak dan juga beberapa jenis lain heat trapping gases ke dalam troposphere.

SIKLUS AIR .

SIKLUS KARBON .

SIKLUS NITROGEN .

SIKLUS FOSFOR .

RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN SEL PROKARIOTA SEL BAKTERI SEL EUKARIOTA SEL TUMBUHAN SEL HEWAN .

RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN EKOSFER .

pohon-pohon jati yang ada di suatu hutan. atau bisa juga satu batang kayu. bisa juga 1 pohon. Contoh : Satu hutan. Tempat dimana populasi (atau organisme individual) hidup disebut habitat-nya. . Contoh-contoh populasi : seluruh ikan yang ada di kolam. Satu community tergantung pada ukuran (luasnya) tempat yang kita inginkan menjadi perhatian kita. kelompok tupai abu-abu yang ada di suatu hutan.RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN Population (populasi) : kelompok individu-individu (individuals) dari species yang sama yang menempati areal tertentu pada saat yang bersamaan. manusia yang ada di satu negara. atau manusia yang ada di dunia ini. Populasi-populasi (populations) dari semua species yang menempati suatu tempat tertentu membentuk apa yang disebut community atau biological community. bisa juga bagian kecil dari satu hutan.

RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN • Ekosistem : sebuah community yang terdiri dari berbagai species yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya serta juga berinteraksi dengan lingkungan non-hidup-nya yang terdiri dari : faktor-faktor fisik dan faktor-faktor kimiawi. kimiawi dan fisik yang terus berubah (dinamis) yang membuat suatu community berkesinambungan dan memungkinkannya ber-reaksi terhadap perubahan-perubahan kondisi lingkungan-nya. • Suatu ekosistem merupakan jaringan interaksi biologis. • Seluruh ekosistem yang ada di dunia membentuk ekosfer (ecosphere). .

khususnya vegetasi (tumbuh-tumbuhan). Contoh-contoh dari zona-zona vegetational berskala besar ini adalah : hutan-hutan. • Iklim merupakan faktor utama yang menentukan tipe-tipe dan keberadaan makhluk hidup. region-region besar ekologis yang di-habitat-i oleh tipe-tipe makhluk hidup tertentu. • Biolog telah membagi bagian terrestrial dari biosfir menjadi bioma.RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN • Climate (iklim) : pola umum kondisi-kondisi cuaca (weather conditions). . dan cuaca ekstrim (minimum dan maksimum) suatu areal dalam jangka waktu yang panjang. yang dapat dijumpai di areal lahan tertentu. khususnya tumbuh-tumbuhan. dan padang-padang rumput. gurun-gurun. variasi musiman.

RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN • Masing-masing bioma berisi sejumlah besar ekosistem yang komuniti-komuniti-nya telah menyesuaikan diri dengan perbedaanperbedaan kecil iklim. . • Bagian laut dan air tawar dari biosfir juga dapat dibagi menjadi zonazona makhluk hidup. masing-masing dibentuk oleh beberapa ekosistem. tanah dan faktor-faktor lingkungan lainnya yang ada dalam biome tersebut.

• Lainnya. seperti cyanobacteria Sebelumnya disebut sebagai blue-green algae = ganggang biru-hijau. Fotosintesis : inorganik → organik (dibantu sinar matahari) Kemosintesis : inorganik → organik (tanpa bantuan sinar matahari) .RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN Bakteri (bacteria) • Prokariotik • Uniseluler • Kebanyakan dekomposer Mendapat nutrien yang dibutuhkannya dengan cara menguraikan senyawa organik yang kompleks (rumit) yang terdapat dalam jaringan organisme hidup atau yang telah mati menjadi senyawa nutrien inorganik yang lebih sederhana.

amoeba. beberapa jenis alga (coklat emas dan kuning-hijau). protozoa. dan jamur kotoran .RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN Protista (Protists) • Eukariotik • Kebanyakan uniseluler seperti diatoms.

Kemudian fungi menyerap nutrien-nutrien yang dihasilkan. . molds.RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN Fungi (jamur) • Eukariotik • Kebanyakan multiseluer seperti : mushrooms. dan yeast. • Semuanya dekomposer Mengambil nutrien-nutrien yang dibutuhkan dengan mengeluarkan enzim-enzim yang menguraikan zat-zat organik yang terdapat dalam jaringan organisme hidup atau mati.

dan cone-bearing trees (conifers) seperti : firs. grasses. • Terrestrial plants : memperoleh air dan nutrien inorganik dari dalam tanah. karenanya mengurangi kehilangan air yang langka. rice. pohon-pohon tinggi berdaun lebar. biru. dan hijau). • Kebanyakan multiseluler seperti : algae (merah. Contoh : oak dan maple trees. dan sequoias. yang hidup di hutan-hutan hujan yang hangat dan lembab. Aquatic plants : memperoleh air dan nutrien inorganik dari dalam air Evergreens : mempertahankan keberadaan daunnya sepanjang tahun.RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN Plants (tumbuh-tumbuhan) • Eukariotik. flowers. dan trees. Deciduous plants : bertahan hidup dalam musim kering atau musim dingin dengan menggugurkan daunnya. Succulent plants : yang dapat bertahan hidup di tempat-tempat beriklim kering dengan tidak mempunyai daun. Contoh : cacti (kaktus). wheat. mosses. Kaktus menyimpan air dan mempergunakan sinar matahari untuk menghasilkan makanan yang dibutuhkannya dalam jaringan berdaging tebal (thick fleshy tissue) di batang dan ranting-ranting-nya. . redwoods. spruces. Contoh : ferns (pakis/paku). beans. cacti. pines. fern.

octopuses). • Multiseluler • Contoh : sponge (bunga karang). cats. . monkeys. oysters. shrimp. jellyfish. apes. arthropods (insects. salamanders). amphibians (frogs. fish. lobsters). snakes). mollusks (snail. humans). whales. birds. alligators. clams.RUANG LINGKUP EKOLOGI UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN Animals (binatang) • Eukariotik. lizards. bats. dan mammals (kangaroos. elephants. toads. crocodiles. rabbits. reptiles (turtles. porpoises.

Terima Kasih . wb.Wassalamu’alaikum wr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful